Tulisan oleh "Adhi Prasetya" (3 buah)

Artikel

Philipp Melanchthon: Refleksi mengenai Tubuh Kristus

Phillippp Schwartzerdt (1497-1560) lahir di Bretten dalam keluarga seorang pembuat baju zirah. Pada tahun 1511 ia mendapat gelar sarjana di Universitas Heidelberg. Ia ditolak untuk mengambil gelar Master of Arts di universitas yang sama karena usia yang terlalu muda. Maka ia pindah ke Tübingen dan menyelesaikan gelarnya di sana pada tahun 1514. Melanchthon adalah ganti dari nama belakang Schwartzerdt menggunakan bahasa Yunani karena ia masuk ke dalam tradisi humanisme Kristen dari pamannya, Johannes Reuchlin. Pada tahun 1518 ia mendapatkan gelar Professor of Greek Literature di Wittenberg. Di sini ia berkerabat dengan Desiderius Erasmus dan tokoh yang mencantumkan namanya dalam sejarah Reformasi, Martin Luther.

Selengkapnya...

Artikel

Pemuridan: Suatu Refleksi

Siapa itu murid Kristus? Mungkin kita akan langsung teringat akan kedua belas rasul. Selama pelayanan-Nya 3,5 tahun di dunia, Kristus menaruh waktu yang banyak bagi para rasul. Ia tidak memilih mereka dari kaum yang terdidik (Farisi dan ahli Taurat), Ia tidak memilih mereka dari golongan yang sama, dan mereka bukan raja maupun bangsawan. Ia berjalan bersama mereka, memberikan instruksi, menghardik musuh, menyembuhkan, dan membagikan kesusahan hati-Nya kepada mereka. Ada waktu, kasih, dan kebijaksanaan yang Tuhan nyatakan kepada mereka.

Selengkapnya...

Artikel

Pemuda dan Tantangan Dunia Kerja

Ketika memikirkan mengenai pekerjaan, kita akan menemui berbagai istilah seperti job, vocation, calling. Secara spesifik mengenai istilah vocation, sering kali dimengerti sebagai sebuah pekerjaan di mana seseorang merasa cocok dengan pekerjaan itu. Akan tetapi, jika kita tarik akar katanya, pengertian vocation sebetulnya lebih dekat dengan istilah panggilan. Ketika kita merenungkan mengenai panggilan, berarti ada yang memanggil dan ada yang dipanggil.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Sidang Tahunan Sinode (STS) GRII yang diadakan pada tanggal 28-30 Desember 2020. Berdoa kiranya melalui STS ini, setiap cabang GRII dapat mengerti visi dan misi Gerakan Reformed Injili dan dimampukan Tuhan untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya demi mencapai visi dan misi tersebut. Berdoa untuk setiap pemimpin Gerakan Reformed Injili, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dalam memimpin dan melayani zaman ini dengan kepekaan dan pengertian akan kehendak dan isi hati Tuhan.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲