Tulisan oleh "Andi Soemarli Rasak" (9 buah)

Artikel

Memicu Anugerah Umum: Menjembatani Wahyu Umum kepada Wahyu Khusus

Ada satu keunikan theologi Reformed yang membedakannya dengan bentuk-bentuk theologi Protestan lainnya, yakni pengajaran mengenai anugerah umum. Tetapi sering kali orang-orang Reformed sendiri mengabaikan pengajaran ini di dalam prakteknya.

Selengkapnya...

Artikel

We are Priests: Do We Realize It?

Kekudusan manusia di sini bisa dilihat dari dua perspektif: pertama, kekudusan (kekhususan) manusia dari ciptaan-ciptaan yang lain; kedua, kemiripan moral manusia dengan moral Allah.

Selengkapnya...

Artikel

Penghiburan dalam Pergumulan Pengikut Kristus

“Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa .... Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa” (Ibrani 2:17; 4:15).

Selengkapnya...

Artikel

Injil, Kebangkitan Kristus, dan Keselamatan Kita

“Apa itu Injil?” Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang harus terus-menerus kita gumulkan sebagai pengikut Kristus. Kehidupan Kristen bukanlah dimulai dengan Injil, “percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat”, lalu dilanjutkan dengan “pengajaran-pengajaran yang lebih dalam dari Injil”. Keseluruhan kehidupan Kristen adalah pengalaman dari keutuhan Injil.

Selengkapnya...

Artikel

Maria dan Calvin

Masa itu adalah masa kegelapan. Umat Allah, biji mata kesayangan-Nya, telah dibuang dan dipermalukan di hadapan bangsa-bangsa selama hampir 500 tahun. Pergolakan-pergolakan sosial terjadi untuk melawan berbagai bangsa yang menjajah Israel, namun tidak ada hasil yang signifikan.

Selengkapnya...

Artikel

Menjadi Manusia: Mengenal Pendidikan Klasik

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk memperkenalkan secara singkat tentang pendidikan klasik dan kemudian menganalisis secara singkat kelebihan dan kekurangannya dari perspektif Theologi Reformed. Adalah harapan penulis bahwa aspek-aspek positif dari pendidikan klasik dapat dipertahankan di dalam pendidikan Kristen saat ini, sebagai harta yang TUHAN Allah berikan kepada umat-Nya di dalam anugerah umum.

Selengkapnya...

Artikel

Kepekaan Seorang Nabi

Allah yang sejati, Allah Alkitab, adalah Allah yang sekaligus transenden dan imanen. Sifat transendensi Allah itu berarti bahwa Allah berbeda secara esensial dari ciptaan-Nya. Ia berada di atas sana, jauh dari jangkauan manusia. Sifat imanensi Allah itu berarti bahwa Allah itu dekat, hadir, menopang seluruh ciptaan-Nya, dan bahkan berinteraksi secara dinamis dengan ciptaan-Nya. Rasul Paulus menulis, “… segala sesuatu ada di dalam Dia (Kristus)”

Selengkapnya...

Artikel

Dua Puluh Lima Tesis mengenai Filsafat Pendidikan Sekolah Kristen

Dengan kesadaran penuh bahwa tidak ada filsafat pendidikan yang netral, dan bahwa institusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk mendeklarasikan kepercayaan filsafatnya secara publik, maka kami mengakui filsafat pendidikan kami yang kami sarikan dari narasi besar Kristen yang didasarkan kepada Kitab Suci.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk kondisi masyarakat pada masa pandemi COVID-19 ini, di dalam masa sulit ini kiranya Tuhan berbelaskasihan dan memberikan kekuatan untuk menghadapi setiap tantangan baik dalam masalah ekonomi, kesehatan, sosial, dan lainnya. Kiranya gereja diberikan kepekaan untuk dapat melayani jiwa-jiwa yang membutuhkan penghiburan dan pertolongan dalam masa sulit ini.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2020 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲