Tulisan oleh "Andre Winoto" (12 buah)

Artikel

The Two Towers

Berbicara mengenai teknologi dalam abad ini bukanlah merupakan sesuatu yang asing bagi kita. Teknologi telah berkembang dengan sedemikian pesat dan telah menjadi bagian dalam kehidupan kita, khususnya bagi setiap generasi muda pada zaman ini. Hari ini, dapat kita jumpai banyak anak-anak sekolah yang sudah sedemikian mahirnya dalam menggunakan gadget-gadget canggih yang dimilikinya. Bahkan anak balita pun ada yang sudah memiliki iPad sebagai mainannya sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini merupakan salah satu gejala dan arus zaman yang sangat signifikan dalam kebudayaan manusia saat ini.

Selengkapnya...

Artikel

Silent Night... Silent Heart...

Di berbagai belahan dunia, momen Natal selalu menjadi hiburan yang fantastis bagi banyak orang. Namun, di tengah-tengah begitu gemerlapnya suasana Natal yang kita alami setiap tahun, berapa banyak orang yang sadar akan seberapa sunyinya sebuah malam pada saat Natal itu pertama kali hadir di dunia ini. Seberapa sunyinya pintu-pintu penginapan yang ada di sebuah kota bernama Betlehem.

Selengkapnya...

Artikel

A Fragrance of Oppression: Christianity: The First 300 Years

Ketika kita hendak berbicara mengenai kisah Gereja Mula-mula, satu hal yang tidak dapat dilupakan dan yang telah menjadi konteks lahirnya perkembangan kekristenan adalah: penganiayaan. Ya, perkembangan kekristenan lahir di tengah-tengah konteks penganiayaan yang sangat hebat. Sekitar 300 tahun awal (67-300 AD), orang Kristen telah menghadapi banyak penganiayaan di bawah kekuasaan Kerajaan Romawi. Namun, kisah siksaan, tekanan, serta penganiayaan yang terjadi selama tiga abad tersebut justru telah memiliki dampak bagi pertumbuhan iman umat Allah sepanjang zaman sampai saat ini. Segala usaha yang dilakukan (penganiayaan, siksaan, tekanan) untuk menghancurkan kekristenan justru dipakai Tuhan untuk menyatakan keharuman, kemuliaan, dan kuasa-Nya sebagai Allah yang sejati.

Selengkapnya...

Artikel

Creation Regained

Sebagian orang Kristen mungkin terjebak dalam pandangan bahwa hal paling puncak dan terpenting dalam hidup kekristenan adalah “yang penting asal saya sudah diselamatkan”. Pandangan ini tidak 100% salah, namun pandangan yang hanya berhenti pada keselamatan diri dari hukuman, sedang mereduksi makna keselamatan yang sesungguhnya. Dengan demikian, tidak sedikit orang Kristen pada zaman ini yang kehilangan identitas dirinya sebagai umat Allah, sebagai manusia yang dilahirbarukan, dan tidak tahu apa yang harus dia kerjakan dalam dunia ini.

Selengkapnya...

Artikel

Did God Really Say All This?

Suatu ketika, seorang pemuda memandangi Alkitab kecilnya. Alkitab ini dia dapatkan ketika dia menghadiri sebuah kebaktian kebangunan rohani di kotanya. Dia membuka halaman demi halaman, melihat cetakan tinta di atas kertas-kertas yang tipis yang sudah agak lecek. Kemudian dalam hatinya dia berkata, “Benarkah ini adalah perkataan Tuhan? Bukankah ini hanyalah sebuah buku, yang dicetak oleh sebuah pabrik, dijual di toko, dan bahkan dapat di-download secara gratis? Kalaupun benar ini adalah perkataan Tuhan yang tidak bersalah, bukankah ini dibuat oleh manusia, orang-orang yang berdosa, yang bisa salah?

Selengkapnya...

Artikel

Saved To Serve

Pada setiap zaman, manusia selalu bergumul dengan tema penyelamatan. Tidak ada manusia yang menjalani hidupnya tanpa pernah mengalami konflik, masalah, bahaya, derita, dan sebagainya. Kesengsaraan, keterpurukan, kesulitan, dan penderitaan merupakan realitas yang memang dihadapi oleh setiap umat manusia dan mereka merindukan sebuah aksi penyelamatan. Entah mereka akan berharap pada orang lain yang bisa menolong mereka atau mereka akan berusaha menolong diri mereka sendiri sebagai seorang manusia yang independen, mereka semua menginginkan perubahan dari kondisi mereka yang tidak menyenangkan. Sehingga, sepanjang peradaban umat manusia, muncul berbagai kisah penyelamatan yang berakar dari berbagai cara pandang.

Selengkapnya...

Artikel

Suatu Makna dari Akhir: Perenungan akan misi kehidupan yang sejati

Kehidupan merupakan berkat dari Tuhan yang sangat berharga. Akan tetapi, di balik kehidupan yang kita jalani hari demi hari, sering kali kita tidak lepas dari berbagai masalah yang menghantui di dalamnya. Berbagai masalah selalu saja kita jumpai tiap hari.

Selengkapnya...

Artikel

Reformation 500: Reformasi dan Kebangkitan Sains Modern

Revolusi sains di abad 16 dan 17 merupakan momen sejarah yang penting bagi perkembangan budaya Barat. Begitu banyak ilmuwan berpengaruh yang dihasilkan pada masa itu dan penemuan-penemuan mereka terus dipelajari hingga hari ini. Metodologi sains yang kita pakai di institusi riset juga lahir pada zaman ini.

Selengkapnya...

Artikel

Thanos dan Yesus

Film Avengers: Infinity War mengisahkan Thanos, seorang tokoh antagonis yang menjadi momok bagi para jagoan Marvel. Tidak ada satu pun anggota Avengers yang bisa menghentikan aksi Thanos ini. Ia telah menjentikkan jari dan keinginannya telah terkabul.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di Bangka dan Belitung pada tanggal 25-28 Juni 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Syalom, terdapat kesalahan penulisan ayat pd bagian penutup artikel yg berjudul "Jealous Love" di atas....

Selengkapnya...

Mungkin Mordekhai boleh disebut sebagai orang yang tunduk kepada hukum kerajaan, tetapi dia bukanlah orang yang...

Selengkapnya...

Hallo pak Stephen Tong, saya mau bertanya apakah kita percaya terlebih dahulu baru menerima roh kudus? Atau roh kudus...

Selengkapnya...

Salam. Terima kasih sebelumnya, saya sangat terberkati dengan pesan yang disampaikan. Namun alangkah baiknya definisi...

Selengkapnya...

Sangat memberkati. Mohon berbagi renungan harian nya. Terima kasih banyak Tuhan Yesus memberkati

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲