Tulisan oleh "Budiman Thia" (10 buah)

Artikel

Tujuh Celaka (Bag. I)

Dalam Alkitab terdapat banyak kata yang kedengarannya negatif sekali, seperti: kutuk, sundal, celaka, dan lain-lain. Firman hidup dan yang menghidupkan ini mengapa banyak berisi kata-kata yang bersifat negatif?

Selengkapnya...

Artikel

Cyber Game

Bagi penggemar game tentu tidak asing lagi dengan istilah MMORPG, Xbox 360, PS3, PSP, dan lain-lain. Mungkin pada saat artikel ini diterbitkan, istilah-istilah tersebut sudah outdated. Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknologi hiburan (entertainment technology) juga berkembang pesat, di samping itu peminatnya juga melonjak drastis. Bayangkan, pada peluncuran pertama “World of Warcraft” di Amerika, terjual dua ratus ribu lebih keping CD dalam waktu 24 jam. Game (baca: cyber game) menjadi hiburan yang sangat diminati oleh remaja, pemuda, dan dewasa. Bahkan game juga menjadi industri dan profesi yang profesional di beberapa negara. Tahun yang lalu, tepatnya pertengahan November, Singapura dipercayakan menjadi tuan rumah World Cyber Game (WCG) Grand Final. Para penggemar game berbondong-bondong datang menyaksikan “atlet-atlet” negaranya turut bertanding dalam WCG tersebut.

Selengkapnya...

Artikel

Jonathan Edwards: Seorang Revivalist

Jonathan Edwards merupakan seorang theolog, pengkhotbah, dan revivalist di Amerika bagian utara, tepatnya di Northampton, Massachusetts. Dia menjadi orang penting yang memulai Kebangunan Rohani pertama (Great Awakening) di Amerika pada tahun sekitar 1730-1740.

Selengkapnya...

Artikel

George Whitefield: The Gospel Rover

George Whitefield lahir di Gloucester, Inggris pada tgl 16 Desember 1714. Ayahnya meninggal pada waktu George Whitefield berusia 2 tahun dan ibunya harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Pada tahun 1732, George diterima di Pembroke College di Oxford. Pada masa ini dia bertemu dengan John dan Charles Wesley di dalam klub yang dipelopori mereka: “Holy Club”. Klub ini didirikan pada tahun 1729 di mana menjadi cikal bakal lahirnya Gereja Methodist. Di dalam klub ini, para mahasiswa secara disiplin melatih diri untuk melayani, berdoa, membaca Alkitab, dan bersekutu.

Selengkapnya...

Artikel

Cornelius Van Til

Pada umumnya ketika kita mendengar nama Cornelius Van Til, kita segera mengasosiasikan nama tersebut dengan apologet besar di abad ke-20. Lahir sebagai putera keenam bagi pasangan Ite Van Til dan Klasina Van der Veen di Grootegast, Belanda. Pada umur sepuluh tahun, Van Til dan keluarganya pindah ke Indiana, Amerika Serikat.

Selengkapnya...

Artikel

Andrew Gih, 20th Century Chinese Revivalist

Andrew Gih lahir di Shanghai pada tanggal 10 Januari 1901 sebagai anak sulung. Ayahnya, Ji Youren, adalah seorang Konghucu terpelajar dan ibunya seorang Buddha yang taat menjalankan norma keagamaan. Pada usia 12 tahun, ayahnya meninggal dunia sehingga Andrew Gih harus membantu ibunya mencari nafkah. Karena merasa minder dengan teman-teman seusianya yang fasih berbahasa Inggris, maka pada usia 18 tahun dia mencoba mendaftar di sekolah menengah Bethel Mission. Sekolah tersebut merupakan sekolah misi Kristen sehingga mengharuskan setiap murid mengikuti chapel dan mempelajari Alkitab. Namun Andrew Gih sama sekali tidak tertarik dengan agama, dia hanya ingin belajar bahasa Inggris.

Selengkapnya...

Artikel

Paulus, Sang Penginjil

Paulus adalah seorang Yahudi diaspora yang lahir di Tarsus, provinsi Kilikia. Tarsus merupakan sebuah kota yang cukup terkenal (Kis. 21:39). Dia dilahirkan di dalam keluarga Yahudi yang cukup berada. Keluarganya mengusahakan bisnis membuat tenda di Tarsus dan mungkin karena pengabdian orang tua atau leluhurnya kepada pemerintah Roma, maka keluarga ini dianugerahkan kewarganegaraan Romawi. Paulus sendiri memperoleh kewarganegaraan ini sejak lahir (Kis. 22:28).

Selengkapnya...

Artikel

Konsep Kovenan di dalam Kitab Yeremia: "Aku Akan Menjadi Allahmu dan Kamu Akan Menjadi Umat-Ku"

Kitab Yeremia merupakan kitab yang sarat dengan nuansa kovenan. Kata kovenan (berit) sendiri muncul sebanyak 23 kali di dalam buku ini. Selain kata kovenan, kata “mendengarkan,” (shama), “tidak mendengarkan,” (lo shama) “hukum,” (torah), “perintah,” (tsavah) yang merefleksikan pemikiran akan kovenan, muncul berulang kali.

Selengkapnya...

Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di kota pertama yaitu Kabanjahe pada tanggal 23 April 2019. Berdoa untuk rencana 100 kota yang akan dikunjungi di seluruh penjuru Indonesia dan 50 kota di luar negeri. Berdoa untuk Pdt. Dr. Stephen Tong, kiranya Tuhan memberikan kuasa untuk memenangkan jiwa-jiwa dan kekuatan untuk memberitakan Injil di masa tua beliau. Berdoa untuk setiap persiapan di kota-kota yang akan dikunjungi sehingga kemuliaan Tuhan dinyatakan sekali lagi di zaman ini.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Satu sisi kehidupan Daud akan pengenalan kepada Allah yang meneguhkanku dan membuat saya bertobat, apapun yang...

Selengkapnya...

saya bertanya saja. apa kalau saya beribadah menggunkan drum saya masuk neraka?

Selengkapnya...

Yang saya pahami, Langit yang baru dan Bumi yang baru adalah tempat tinggal manusia2 yg telah diselamatkan, dan...

Selengkapnya...

5 Tahun yg Lalu,saya Mengalami Suatu Dorongan Yg Begitu Kuat Melalui Firman ini,Saya Juga sempat Pergi...

Selengkapnya...

saya mendoakan senor rekan pelayanan saya yang sakit kanker, segala cara telah dilakukannya, hanya tinggal menunggu...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲