Tulisan oleh "Calvin Bangun" (5 buah)

Artikel

Food is Good but God is Better

Puasa sudah dikenal dalam gereja sebagai salah satu bentuk latihan rohani (spiritual exercise) atau disiplin rohani (spiritual discipline) yang sering disandingkan dengan doa. Sejarah gereja mencatat sejumlah tokoh-tokoh besar melakukannya seperti: Martin Luther dan John Calvin (tokoh Reformator), John Knox dan John Owen (Kaum Puritan), Jonathan Edwards dan Charles Wesley (pengkhotbah kebangunan rohani), dan masih banyak raksasa iman yang lain. Kehidupan mereka menunjukkan puasa berperan penting dalam kerohanian dan pelayanan mereka.

Selengkapnya...

Artikel

Eskatologi dan Metanarasi

Setiap orang atau kelompok percaya pada dan memegang sebuah cerita besar (grand story) atau metanarasi. Metanarasi ini yang menaungi segala yang dihadapinya di dunia ini. Tanpa metanarasi atau apa yang dipercayai tentang dunia, seseorang tidak dapat memahami kehidupan dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya. Metanarasi seperti sebuah payung yang menghubungkan semua peristiwa dalam hidup menjadi sebuah gambaran yang koheren. Dengan metanarasilah manusia dapat melihat posisinya di dunia ini.

Selengkapnya...

Artikel

Martin Luther dan Hak Asasi Manusia

Gagasan Hak Asasi Manusia (HAM) terkenal dan memiliki tradisi yang panjang dalam kebudayaan Barat. Terlepas dari pro dan kontra terhadap gagasan HAM, warisannya bagi dunia tidak dapat diabaikan yaitu penghormatan yang tinggi terhadap martabat manusia. Gagasan ini menyatakan bahwa setiap orang memiliki hak bawaan (inherent rights) yang dimilikinya sejak dilahirkan dan yang harus dihormati serta diakui oleh semua orang. Hak-hak ini tidak dapat dipisahkan dari kemanusiaannya. Pengaruh gagasan ini sangat besar dalam sejarah seperti: lahirnya negara-negara merdeka, munculnya demokrasi modern, dan terbentuknya pengadilan kriminal internasional (International Criminal Court).

Selengkapnya...

Artikel

Dietrich Bonhoeffer

Dampak sekularisme menyebabkan gereja hanya berperan di wilayah privat sedangkan negara berperan di wilayah publik. Apakah gereja tidak memiliki peran apa pun dalam publik karena statusnya sebagai lembaga agama? Apakah gereja harus diam terhadap masalah-masalah sosial dan politik di dalam masyarakat? Dietrich Bonhoeffer akan menjawab dengan tegas, “Tidak.”

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di Bangka dan Belitung pada tanggal 25-28 Juni 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Syalom, terdapat kesalahan penulisan ayat pd bagian penutup artikel yg berjudul "Jealous Love" di atas....

Selengkapnya...

Mungkin Mordekhai boleh disebut sebagai orang yang tunduk kepada hukum kerajaan, tetapi dia bukanlah orang yang...

Selengkapnya...

Hallo pak Stephen Tong, saya mau bertanya apakah kita percaya terlebih dahulu baru menerima roh kudus? Atau roh kudus...

Selengkapnya...

Salam. Terima kasih sebelumnya, saya sangat terberkati dengan pesan yang disampaikan. Namun alangkah baiknya definisi...

Selengkapnya...

Sangat memberkati. Mohon berbagi renungan harian nya. Terima kasih banyak Tuhan Yesus memberkati

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲