Tulisan oleh "Chias Wuysang" (10 buah)

Artikel

Van Til & Evangelism

Setiap orang Kristen yang menginjili pasti memiliki pengalaman entah itu kegagalan maupun keberhasilan. Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk melaksanakan tugas panggilan ini. Ada orang Kristen yang selalu berdebat dengan lawan bicaranya, ada lagi yang diam di mulut tetapi mencoba menunjukkannya lewat hidup, ada juga orang yang berteman dalam waktu yang lama dan pelan-pelan memberitakan Injil, dan lain-lain. Pertanyaannya adalah cara mana yang harus kita pilih agar penginjilan menjadi efektif?

Selengkapnya...

Artikel

Christ

The Special Revelation and the Special Man

Selengkapnya...

Artikel

Kehilangan

Manusia berdosa adalah manusia yang terhilang dan mencari sesuatu yang hilang. Manusia mencari identitasnya di atas dunia ini, mencari wibawa akan dirinya, mencari perasaan aman di dalam dirinya, dan mencari arah yang kekal. Inilah kehilangan-kehilangan di dalam diri manusia yang sedang dicari terus-menerus karena telah menjadi kebutuhan yang mutlak bagi dirinya. Apa saja aktualisasi dari setiap kehilangan ini? Secara umum orang akan mengatakan uang, posisi, pasangan hidup, otoritas, kebebasan, dan sebagainya. Inilah yang dikejar manusia untuk mendapatkan identitas, wibawa, rasa aman, dan arah yang pasti.

Selengkapnya...

Artikel

His Mind and His Madness

Seorang anak martir kelahiran 185 M di Alexandria mendapatkan pendidikan terbaik di zamannya, dia adalah Origen yang dijuluki sebagai "Iron Man". Ia dipengaruhi oleh pemikir-pemikir yang besar, baik dari pihak gereja yaitu Clement of Alexandria dan juga dari pihak filsuf yaitu Ammonius Saccas, yang adalah pendiri Neoplatonisme. Pada umur 18 tahun ia diangkat oleh Bishop Demetrius of Alexandria untuk mengajar katekisasi. Ia adalah pembaca Alkitab yang ulung. Orang ini sangat mencintai Alkitab dan sungguh-sungguh menjalankannya. Ia menjadi seorang asketis. Dalam hal ini memang dia melakukan kesalahan yang ia sendiri mengakuinya di kemudian hari yaitu ia mengebiri alat kelaminnya sendiri agar tidak lagi melakukan dosa seksual.

Selengkapnya...

Artikel

John Knox - The Thundering Scot

John Knox lahir sekitar awal tahun 1500-an. Ada yang mengatakan tahun 1510, di mana seharusnya pada tahun 2010 gereja seharusnya mengingat ulang tahun ke-500 John Knox. Walaupun mungkin tidak seheboh tahun 2009 saat merayakan 500 tahun John Calvin. Tentu bukan untuk mengangkat kehormatan manusia-manusia itu melainkan bagaimana gereja belajar melihat jejak kaki Tuhan di masa lampau di dalam kehidupan teladan-teladan iman yang telah selesai bertanding tersebut. Dalam Ibrani 13:7 dikatakan, “Remember your leaders, who spoke the word of God to you. Consider the outcome of their way of life and imitate their faith. Jesus Christ is the same yesterday and today and forever.”

Selengkapnya...

Artikel

Redemption: A Task of "From" and "To"

Dua tahun yang lalu, tahun 2011, saya menonton sebuah mini documentary di Youtube. Isinya adalah cuplikan anak-anak muda bergaya Metal yang berada di arena konser musik Rock/Metal. Mereka diwawancara dan dengan entengnya mereka berkata bahwa mereka tidak suka segala sesuatu yang berbau agama. Yah, kita dapat membayangkan bagaimana gaya mereka menjawabnya. Namun yang membuat saya kaget adalah isi acara konser musik tersebut. Di tengah lagu-lagu keras yang dibawakan oleh beberapa kelompok band, diikuti dengan reaksi penonton yang begitu liar, dorong-mendorong, melakukan moshing/surfing (bertiduran di atas tangan-tangan banyak penonton yang mengangkat), ada selipan acara yang tidak biasa. Apakah itu? Di sana ada khotbah, kesaksian pertobatan, dan talk show. Seorang mengatakan, “The presentation changes, but the Word doesn’t change”. Para penonton dengan tenang dan dengan mata yang penuh ketakjuban, sebagian menangis, menyaksikan kesaksian seorang remaja perempuan yang bertobat dari dunia prostitusi dan menerima Tuhan. Itulah The Whosoevers Movement.

Selengkapnya...

Artikel

The Marks And Source Of Biblical Boldness

Kebanyakan orang Kristen lupa bahwa Allah yang mengutusnya adalah Allah yang besar. Orang Kristen pada umumnya masih kagum akan kebesaran Tuhan di dalam alam semesta, khususnya ketika melihat hal-hal yang menakjubkan, misalnya ketika sedang travel ke suatu tempat.

Selengkapnya...

Artikel

Kebenaran Sang Raja Segala Raja

Kaum intelektual baik dia Kristen maupun non-Kristen mempunyai pertanyaan yang sering kali mendapat jawaban yang tidak memuaskan. Pertanyaan itu adalah: “apakah Alkitab itu benar dan satu-satunya kitab suci yang memberitakan Allah yang sejati dan satu-satunya?”

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk SPIK Keluarga 2019 dengan tema “Rahasia Pacaran & Pernikahan Kristen” yang telah diadakan pada tanggal 7 Maret 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
saya mendoakan senor rekan pelayanan saya yang sakit kanker, segala cara telah dilakukannya, hanya tinggal menunggu...

Selengkapnya...

Trimakasih pak Tong arttikelnya, sangat mencerahkan dan membuka wawasan berpikir, Gbu

Selengkapnya...

Apakah tidak ada fitur Text-to-Speech?

Selengkapnya...

cukup mengedukasi. TYM

Selengkapnya...

Sebetulnya bukan karena mereka menyembunyikan identitas mereka maka Ester menjadi ratu dan menyelamatkan bangsa...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲