Tulisan oleh "Daniel Gandanegara" (10 buah)

Artikel

Pinggang Tetap Berikat dan Pelita Tetap Menyala

Sudah beberapa menit Anton tertegun di ruangan studionya. Tampak dari raut wajahnya bahwa ia sedang merenung. Matanya menghadap ke kanvas yang masih putih kosong berukuran 75cm x 90cm. Kuas, cat minyak, dan palet yang biasa dipakai untuk melukis masih tergeletak di atas meja di samping kanvas tersebut. Kedua tangan Anton sedang memegang satu buku yang tidak terlalu tebal. Buku itu adalah catatan harian Anton. Bagian halaman yang sedang terbuka saat itu adalah catatan Anton mengenai hal-hal yang ia pelajari saat bible study bersama teman-teman kelompok kecil hari Minggu yang lalu. Perikop Alkitab yang ia pelajari adalah Lukas 12:35-48. Dari apa yang telah ia pelajari tersebut, Anton terdorong untuk mengekspresikannya ke dalam bentuk lukisan.

Selengkapnya...

Artikel

Jurus Unta Lewat Lubang Jarum

Di dalam dunia persilatan dan juga di dalam dunia olahraga bela diri istilah “jurus” adalah istilah yang tidak asing lagi. Dari berbagai macam jurus yang terkenal, sebagian besar memiliki nama yang diasosiasikan dengan binatang seperti jurus harimau menerkam, jurus rajawali terbang, jurus ular melilit, jurus kijang berlari, dan sebagainya. Dengan mengetahui nama suatu jurus kita dapat lebih mudah mengerti bentuk-bentuk gerakan dari jurus tersebut karena memang gerakan-gerakannya sesuai dengan nama yang diasosiasikan dengannya.

Selengkapnya...

Artikel

Evaluasi

Seperti biasa akhir tahun adalah saat kita mengevaluasi kehidupan kita sepanjang satu tahun yang sudah kita lalui. Berbicara tentang evaluasi akhir tahun maka salah satu cara yang paling sering dilakukan orang-orang pada umumnya adalah mengukur "keberhasilan" atau "kesuksesan" baik secara pribadi maupun secara kelompok. Sepertinya sudah menjadi konsensus umum bahwa pengukuran "kesuksesan" tersebut dinilai dari seberapa jauh kita mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.

Selengkapnya...

Resensi

Membaca Diary dan Surat Seorang Hamba Tuhan

Judul: “Ketetapan Hati dan Nasihat bagi Petobat Muda” Judul asli: Jonathan Edward’s Resolutions and Advice to Young Converts Penulis: Jonathan Edwards Pengantar dan Penyunting: Stephen J. Nichols Penerbit: Momentum Tebal: 64 halaman Cetakan: Ke-1 (2005)

Selengkapnya...

Artikel

Apakah Alkitab tidak bisa salah?

Sadarkah kita bahwa kita hidup di dalam zaman yang menghadapi tantangan dari berbagai doktrin atau pengajaran yang salah? Tentu itu bukanlah hal yang baru, karena dari sejarah gereja kita juga dapat melihat bagaimana doktrin yang benar sangat penting untuk ditegakkan dan diteruskan ke generasi-generasi berikutnya.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk KKR Natal yang telah diselenggarakan di tujuh kota pada bulan Desember, yaitu di Bandung, Medan, Batam, Denpasar, Kupang, Surabaya, dan Jakarta. Kiranya momen Natal boleh menjadi momen banyak orang kembali kepada Tuhan, mengingat kasih-Nya yang besar, dan bertekad hidup di dalam kebenaran-Nya. Berdoa agar Terang yang sudah masuk ke dalam dunia terus menerangi seluruh aspek hidup orang yang beriman kepada-Nya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲