Tulisan oleh "Diana Samara" (11 buah)

Artikel

The Boy in the Striped Pyjamas

A Boy, THE Boy, or MY Boy?

Selengkapnya...

Artikel

Mendesain Hidup

My Way in Your Name

Selengkapnya...

Artikel

Ideal = Tidak Bisa Diaplikasikan?

Ketika penciptaan (creation), manusia sepenuh-penuhnya ideal menjalankan firman Tuhan, sesuai dengan apa yang Tuhan mau karena manusia adalah imago Dei (peta teladan Allah) yang “sungguh amat baik”. Tidak ada suatu gap antara keberadaan dunia tempat di mana Adam dan Hawa tinggal yang membuat mereka harus berpikir keras dan mengeluarkan “kebijaksanaan”-nya untuk membuat agar firman Tuhan dapat diaplikasikan sesuai kondisi saat itu. Yang ada adalah seluruh yang dipikirkan mereka, seluruh yang dirasakan, seluruh yang dikehendaki, seluruh yang dikerjakan, seluruhnya ideal, sesuai dengan yang Tuhan mau. Namun semuanya itu menjadi suram ketika manusia jatuh ke dalam dosa. Tidak ada lagi yang ideal dalam hidup manusia, dalam arti manusia tidak lagi mempunyai pikiran, perasaan, kehendak, dan tindakan yang sesuai dengan maunya Tuhan.

Selengkapnya...

Artikel

Creation of Man

Berbeda dengan segala ciptaan yang ada, manusia diciptakan spesial adanya. Terkagumkah Anda akan ciptaan Allah ini? Seluruh alam semesta dan isinya diciptakan Allah “hanyalah” dengan firman-Nya. Ketika Allah berfirman “Jadilah…” maka “Jadilah…” Tak ada bentukan dari tangan Allah. Tak ada hembusan dari nafas Allah.

Selengkapnya...

Artikel

Antara Beranak Cucu dan Mengatur Jumlah Anak

Manusia diperintahkan untuk “beranak cucu dan bertambah banyak sampai memenuhi bumi” di dalam Kejadian 1:28. Perintah ini tidak hanya ditujukan kepada orang Kristen saja, tetapi juga untuk non-Kristen, karena perintah ini diberikan baik sebelum kejatuhan manusia ke dalam dosa (Kej. 1) dan juga setelah peristiwa air bah (Kej. 9); yaitu setelah manusia jatuh ke dalam dosa. Lalu bagaimanakah dengan Kontrol Kelahiran melalui Program Keluarga Berencana (KB)? Apakah pandangan Alkitab berkaitan dengan hal ini?

Selengkapnya...

Artikel

Perbedaan Anugerah Umum dan Anugerah Khusus

Anugerah di dalam Theologi Reformed dibagi di dalam dua kategori, anugerah umum dan anugerah khusus (anugerah keselamatan). Apakah arti sesungguhnya dari anugerah? Apa perbedaan dan keunikan dari masing-masing anugerah tersebut?

Selengkapnya...

Artikel

René Descartes, Model Biomedik, New Age Movement, dan Alkitab: Suatu Tinjauan terhadap Dunia Kedokteran Masa Kini

Dunia kedokteran terus berkembang seiring dengan munculnya konsep-konsep baru yang menawarkan jalan untuk kesembuhan bagi manusia yang sering kita sebut sebagai pasien. Salah satunya adalah pemikiran René Descartes yang memengaruhi konsep dalam dunia kedokteran sehingga memunculkan model biomedik. Dunia menyodorkan berbagai cara tetapi tidak pernah bisa memberikan solusi yang tuntas. Alkitab memberikan cara pandang yang berbeda di dalam sakit penyakit dan penyembuhan pasien. Artikel ini akan membahas hal-hal yang disebutkan di atas.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur kita diizinkan untuk melihat pekerjaan Tuhan melalui Gerakan Reformed Injili selama tahun 2017. Bersyukur untuk jiwa-jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui pelayanan mandat Injil.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Apakah hubungan Alkitab dengan iman dengan Alkitab?

Selengkapnya...

Jangan Kuatir, ini etis, tidak kasar, bukan ftnah atau kebencian. Mengenai meniru Allah membalas dengan kasih, saya...

Selengkapnya...

kami sangat bersyukur materi2 yang disajikan semoga bermanfaat bagi generasi pemuda gereja

Selengkapnya...

saya sangat bersyukur dengan materi ini dan ini merupakan hal yang penting untuk disampaikan dan diajarkan kepada...

Selengkapnya...

Shalom, Saya butuh penjelasan otentik soal Kristologi Yesus soal bagaimana dwi natur bisa bekerja bersamaan dalam...

Selengkapnya...

© 2010, 2018 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲