Tulisan oleh "Elvis Ratta" (1 buah)

Artikel

Martin Bucer - Reformator Strasbourg: Konsep Teologi dan Pelayanannya

Berbicara mengenai tokoh-tokoh Reformasi gereja di abad ke-16, kita mengenal Martin Luther, Ulrich Zwingli, John Calvin, Guilhem Farel (William Farel), Philipp Melanchthon, dan lain-lain. Tetapi mungkin kita tidak begitu akrab dengan salah satu tokoh reformator di Jerman yang bernama Martin Bucer. Artikel ini membahas pemikiran-pemikiran theologis dari Martin Bucer sebagai seorang reformator Strasbourg yang mewakili suatu tipe dari theologi reformatoris. Juga bagaimana Martin Bucer ternyata banyak memberikan pengaruh terhadap kehidupan dan pemikiran theologi John Calvin. Kita dan gereja-gereja Reformed lainnya dapat belajar banyak dari Martin Bucer, khususnya tentang caranya menulis mengenai gereja, dan kegigihannya berjuang untuk keesaan gereja. Di dalam gerakan Reformasi oleh Bucer di Strasbourg, hal ini banyak ia lakukan di dalam karya-karyanya melalui tulisan-tulisan, khotbah, dan juga dalam diskusi-diskusi yang dihadirinya. Jonathan W. Zophy menuliskan dalam bukunya mengenai kota Strasbourg: sebuah kota komersial yang sibuk dan makmur, berpenghuni sekitar 20.000 orang dan terletak di antara negara Jerman, Perancis, Swiss, dan negara-negara kecil lainnya.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk pelayanan Tim Aksi Kasih (TAK) GRII untuk COVID-19 yang telah melayani pembagian Alat Pelindung Diri (APD) untuk 213 rumah sakit/puskesmas dan pembagian sembako di 31 provinsi di Indonesia. Berdoa kiranya melalui pelayanan ini, gereja dapat menjadi saluran kasih.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2020 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲