Tulisan oleh "Eunice Girsang" (3 buah)

Artikel

Keutamaan Kristus dan Toleransi

Kebanyakan masyarakat yang tinggal di Efesus bukanlah orang Yahudi, banyak dari mereka adalah etnis Frigia dan para pendatang dari bangsa Yunani setelah Asia Kecil ditaklukkan oleh Aleksander Agung. Maka, tidak heran jika kebanyakan jemaat Kolose bukanlah orang Yahudi, ini dapat dilihat dari ayat-ayat yang ditulis Paulus. Paulus menyuruh jemaat Kolose untuk berhati-hati agar tidak tertawan oleh filsafat yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia.

Selengkapnya...

Artikel

Singing and Congregational Singing

Beberapa waktu lalu ada seorang YouTuber yang memperlihatkan kebiasaan ia makan bersama keluarga. Di sana ia menunjukkan, bagaimana sewaktu kecil, setiap kali sebelum makan, ia selalu berdoa, atau menyanyikan sebuah lagu pendek, dengan lirik yang dikenal sebagai nursery rhymes. Kalau kita menelusuri lebih dalam, nursery rhymes yang tertua yang masih dinyanyikan hingga sekarang berasal dari abad ke-16. Nursery rhymes kadang digunakan untuk menghibur anak-anak, namun banyak juga yang mendidik, seperti mengajarkan anak berhitung, ataupun mengenal alfabet. Kita bisa melihat, bahwa sejak dahulu, sudah disadari bahwa musik memiliki kemampuan untuk mempermudah kita menghafal dan mengerti sebuah rangkaian kata. Kita mungkin tidak mengingat semua isi buku yang pernah kita baca sewaktu kecil, tetapi sering kali kita mengingat lagu-lagu yang kita nyanyikan atau dengarkan sewaktu kecil.

Selengkapnya...

Artikel

Adil = Sama Rata?

Dunia belakangan ini makin heboh memperjuangkan kesetaraan, khususnya kesetaraan hak. Manusia modern makin sadar bahwa kita tidak boleh memperlakukan sesama dengan berbeda hanya karena ia memiliki jenis kelamin, agama, ataupun ras yang berbeda. Maka dunia sedang berlomba-lomba menuntut agar orang-orang yang berpikiran “konservatif” juga memperlakukan semua orang secara sama tanpa memandang bulu.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Sidang Tahunan Sinode (STS) GRII yang diadakan pada tanggal 28-30 Desember 2020. Berdoa kiranya melalui STS ini, setiap cabang GRII dapat mengerti visi dan misi Gerakan Reformed Injili dan dimampukan Tuhan untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya demi mencapai visi dan misi tersebut. Berdoa untuk setiap pemimpin Gerakan Reformed Injili, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dalam memimpin dan melayani zaman ini dengan kepekaan dan pengertian akan kehendak dan isi hati Tuhan.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲