Tulisan oleh "Ev. Jimmy Pardede" (13 buah)

Artikel

Cur Deus Homo

Why God Became Man? (Disadur dari Anselm’s Cur Deus Homo, Book First, Chp. 1 to 10)

Selengkapnya...

Artikel

CHRISTMAS: APOCALYPSE

Membaca ayat-ayat dalam Wahyu 12 dan kerumitan simbol-simbol fantastis yang ada di dalamnya... Manakah yang bisa dikaitkan dengan kisah Natal dalam bagian ini? Satu-satunya kelahiran yang ada di dalamnya hanyalah kelahiran dari seorang yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi. Apakah kaitan kelahiran ini dengan ketentraman sebuah palungan di tengah kesunyian kota kecil bernama Betlehem? Pada sekitar abad ke-6 hingga abad ke-4 SM tidak ada perempuan yang bertarung dengan naga di kota Betlehem. Siapapun yang pernah membaca Kitab Matius, Lukas, atau menyaksikan drama Natal Sekolah Minggu tahu persis bahwa tokoh-tokoh seputar Natal adalah Gembala, Orang Majus dari Timur, Maria, Yusuf, beberapa sapi dan domba, dan tentu saja… Bayi Yesus. Tidak ada perempuan yang berdiri lebih tinggi dari bulan dan berselimutkan matahari hadir di Betlehem. Apalagi naga! Tapi benarkah kedua tokoh ini tidak ada??

Selengkapnya...

Artikel

Yang Telah Mati Dan Hidup Kembali (Bagian 1)

Di dalam Yohanes 11 dikisahkan bahwa Lazarus mati. Tetapi sebelum dia mati, Tuhan Yesus mengatakan bahwa penyakitnya itu tidak akan membawa kematian. Lalu setelah itu Lazarus mati. Lazarus mati?

Selengkapnya...

Artikel

Yang Telah Mati Dan Hidup Kembali (Bagian 2)

Danse Macabre: Beberapa tulang belulang manusia menari-nari di sekitar orang-orang yang masih hidup. Satu meniup bagpipe-nya dan yang lain tampak begitu “hidup” dan menari-nari sambil menggaet tangan orang-orang yang masih hidup. Dan lihatlah orang-orang yang masih hidup itu. Mereka terlihat begitu mati. Masih hidup, tetapi tanpa ekspresi.

Selengkapnya...

Artikel

Mengapa Gereja Perlu Kebangunan Rohani?

Mengapa gereja masih perlu kebangunan rohani? Bukankah gereja sudah terdiri dari orang-orang yang sudah Kristen? Oh, tetap perlu… karena meskipun Kristen toh mereka belum menjadi orang Kristen yang sungguh-sungguh. Tetapi orang Kristen yang sungguh-sungguh itu seperti apa sih? Yang sudah yakin masuk surgakah? Yang rajin pelayanankah?

Selengkapnya...

Artikel

Mengapa Gereja Perlu Kebangunan Rohani? (Bagian 2)

Tuhan memanggil Israel keluar dari Mesir. Setelah itu Tuhan memberikan Taurat kepada mereka di Gunung Sinai. Peristiwa luar biasa yang sangat spektakuler. Peristiwa yang juga membuat heran. Mengapa? Sebab Allah menyatakan diri sekaligus menyembunyikan diri-Nya. Allah memberikan firman-Nya, suatu pernyataan diri-Nya yang demikian intim sehingga tidak diberikan kepada siapapun kecuali umat-Nya. Tetapi pada saat yang sama juga gunung itu dipenuhi asap. Gelap gulita melingkupi puncak Gunung Sinai ketika firman diberikan sehingga tidak seorang pun dapat tahan. Tidak seorang pun dapat melihat dengan jelas. Semuanya tersembunyi di dalam kegelapan.

Selengkapnya...

Artikel

Mengapa Gereja Perlu Kebangunan Rohani? (Bagian 3)

Dalam buku IV Institutes, salah satu pembahasan Calvin adalah mengenai gereja yang ada di dunia ini, gereja yang kelihatan, local church. Gereja ini berfungsi sebagai ibu yang memelihara orang-orang yang telah dilahirkan oleh Roh Kudus di dalam Kristus. Gereja ini mempunyai tugas untuk membuat seluruh jemaat bertumbuh ke arah Sang Kepala, yaitu Kristus. Gereja mengasuh, mendidik, menumbuhkan anak-anak Allah agar setiap mereka terus bertumbuh. Tetapi gereja juga adalah pengantin Kristus. Gereja dipelihara oleh Allah dan dijaga oleh Allah. Ada periode di mana dia seperti begitu jauh dan terhilang. Tetapi periode ini tidak pernah terjadi tanpa adanya pengharapan akan pemulihan. Tuhan tetap membangunkan kembali gereja-Nya.

Selengkapnya...

Artikel

Kristus yang Berdaulat atas Segala Sesuatu: Abraham Kuyper dan Penebusan Masyarakat Sosial

Memasuki abad ke-20, dunia memasuki suatu periode yang memerlukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti “Mengapa perdamaian dunia tidak bisa terwujud?” “Mengapa ada kemiskinan?” atau “Bagaimanakah sistem pemerintahan yang paling menjamin adanya kebebasan, keadilan, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat?” Gereja-gereja mulai memberikan sumbangan besar bagi pemikiran-pemikiran ini.

Selengkapnya...

Artikel

Bait Allah Sejati

“Rombak Bait Allah ini…”
Ketika Yesus Kristus membersihkan Bait Allah dari para pedagang di dalam Yohanes 2, Dia membuat diri-Nya menjadi musuh beberapa kelompok orang. Yang pertama tentu saja para pedagang. Tetapi bukan respons mereka yang dicatat oleh Yohanes. Justru respons dari orang-orang Yahudi yang dicatat oleh Yohanes. Orang-orang Yahudi yang dimaksudkan di sini adalah pemimpin-pemimpin agama yang mempunyai otoritas di Bait Suci, Yerusalem, sebagaimana dapat kita lihat dalam Yohanes 1:19. Mereka inilah yang protes terhadap apa yang dilakukan Tuhan Yesus, tetapi mereka tidak marah karena Tuhan mengusir para pedagang. Mereka juga tidak mempertanyakan apakah tindakan Tuhan Yesus benar atau tidak, yang mereka pertanyakan adalah mengenai otoritas. Mengapa Yesus berani melakukan hal ini? Siapakah Dia?

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk WRF General Assembly 2019 yang telah diadakan pada 8-12 Agustus 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Shalom Pak Pendeta. 1.Bagaimanakah saya boleh membeli buku hasil penulisan bapak? kerana saya berada di Malaysia...

Selengkapnya...

baik

Selengkapnya...

saya mau bertanya aja, kalau di katakan bahwa "when they were created, human can be self-centered",...atau...

Selengkapnya...

Terima kasih untuk renungan tentang kasih Allah.

Selengkapnya...

Asumsikan ada terbatas banyaknya bilangan genap jika dan hanya jika terdapat M yang merupakan bilangan terbesar dari...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲