Tulisan oleh "Ev. Maya Sianturi" (89 buah)

Ponder

Jugun Ianfu

Pernah mendengar nama di atas? Seorang jurnalis perempuan Hilde Janssen bersama sahabatnya fotografer Jan Banning, warga Belanda, baru-baru ini menggelar pameran foto mengenai para jugun ianfu Indonesia. Pameran ini mengungkapkan kembali luka lama dan trauma akibat pendudukan Jepang selama Perang Dunia Kedua.

Selengkapnya...

Artikel

Let's Take Time to Ponder...

Teroris, Nasionalisme dan Pancasila

Selengkapnya...

Ponder

Perang

Selasa Hitam atau Black Tuesday terjadi pada tanggal 29 Oktober 1929. Hari itu pasar saham Amerika, Wall Street, hancur. Berapa banyak di antara kita yang masih dapat mengingat atau bahkan mengetahui tentang hari itu? Selasa Hitam hanyalah salah satu akibat yang terkait dengan Perang Dunia I, perang yang disebut oleh Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson, sebagai “the war to end all wars”.

Selengkapnya...

Ponder

Eat, Pray, Love

Informasi dari Wikipedia menyebut buku Eat, Pray, Love sebagai novel laris New York Times selama 187 minggu. Seperti kebanyakan novel laris, sering kali ada perusahaan film yang tertarik untuk melayarlebarkannya. Dalam kasus ini, hak ciptanya dibeli oleh perusahaan film terkenal, Columbia Pictures. Salah satu hal yang sangat menarik dari novel ini adalah biaya perjalanan selama setahun untuk penulisan buku tersebut ditanggung oleh si penerbit!

Selengkapnya...

Ponder

Baobab

Jika Anda termasuk kaum pencinta pohon (tree lover), Baobab pasti bukan nama yang asing di telinga Anda. Di Indonesia komunitas pencinta pohon rasanya belum ada. Komunitas penggemar tanaman hias ada, juga komunitas penggemar anjing atau kucing, bahkan ada komunitas penggemar ayam laga. Mengapa kali ini saya mengangkat tema tentang pohon?

Selengkapnya...

Ponder

Chivalry & Calvary

Sejarah selalu menyimpan hal-hal yang menarik untuk direnungkan. Salah satu bagian sejarah yang sangat memikat untuk ditelaah adalah Abad Pertengahan yang dimulai tahun 500 M. Menilik tahun dimulainya Abad Pertengahan, itu berarti empat belas tahun setelah keruntuhan Kekaisaran Romawi Barat. 

Selengkapnya...

Ponder

I La Galigo

Siapa yang tidak menyukai cerita? Hidup itu sendiri adalah sebuah cerita yang dipenuhi oleh banyak cerita. Di antara sekian banyak cerita, cerita yang menjadi mitologi atau myth yang dianggap sebagai cerita utama, metanarasi. Mengapa? Karena mitologi atau mitos adalah cerita-cerita sakral. Mitologi bercerita tentang penciptaan dunia, kemunculan para dewa dan manusia pertama, petualangan para pahlawan, natur surga dan dunia orang mati serta akhir masa alias kiamat.

Selengkapnya...

Ponder

Lisa, Lupus, dan Lacan

Sebuah sms masuk, menggetarkan telepon selular saya di hari Sabtu. Dari Lisa Lukman. Tangan-Nya menekanku siang dan malam. Tubuhku disesah-Nya. Tidak sedikit pun Dia memberi kelegaan padaku.

Selengkapnya...

Ponder

Teacher's Prayer

Dear God,
Help me to see each of my children as uncut diamond;
needing only enough pressure to knock off the rough edges
so that the brilliance You have placed in each of their hearts will always shine through.

Sebelum menjadi seorang guru, saya menemukan doa di atas tertulis di sebuah pembatas buku. Pikir saya waktu itu, alangkah indah doa ini. Maka saya membeli pembatas buku itu dan menyelipkannya di dalam Alkitab. Ternyata hari ini saya telah menjadi seorang guru dan doa di atas menjadi bagian dari doaku.

Selengkapnya...

Ponder

Indonesia

Apa arti Indonesia bagi Anda? Sesuatu yang selama ini Anda terima begitu saja atau Anda mulai memikirkan keindonesiaan Anda karena adanya goncangan-goncangan yang belakangan menghantam negara ini? Sama seperti kita seringkali menerima begitu saja kekristenan kita sampai kemudian sejumlah masalah menggugat iman kita. Coba Anda mengambil sejenak waktu untuk memikirkan pertanyaan saya tadi.

Selengkapnya...

Ponder

Transformasi

Catatan Pinggir dari Goenawan Mohamad di Tempo edisi 17 Juli 2011 bercerita tentang dua Juli yang penting dalam sejarah yaitu Juli 1776 (Revolusi Amerika) dan Juli 1789 (Revolusi Perancis). Disebutkan di situ bahwa lewat kedua revolusi tersebut dan revolusi lainnya, manusia ingin mengubah sejarah, melakukan perubahan. Tapi masalahnya transformasi yang dikehendaki ternyata hanya seperti sebuah pose, sebuah adegan.

Selengkapnya...

Ponder

Le massacre de la Saint-Barthélemy

Apa yang terjadi ketika agama dan politik bersatu? Pembantaian manusia. Paling tidak itulah fakta yang disodorkan oleh Perang Agama Perancis (French Wars of Religion) pada tahun 1559-1598. Lalu, pernahkah Anda membayangkan Paris, ibukota Perancis yang tersohor sebagai kota budaya dan fashion itu, berlumuran darah serta bergelimang jasad manusia?

Selengkapnya...

Ponder

Food Court

Jalan-jalan di mal, ujung-ujungnya biasanya adalah mencari makan di food court. Di sana tersedia banyak ragam dan pilihan makanan, maka pasti akan memudahkan bukan? Ternyata tidak! Beragamnya makanan yang tersedia, berbagai macam pilihan makanan yang ada justru sering kali membuat bingung. Bingung mau makan apa. Itulah ironi zaman konsumerisme.

Selengkapnya...

Ponder

Love Story

Ada sebuah film yang menceritakan tentang kisah cinta anak perempuan Victor Hugo yang berakhir tragis. Judulnya The Story of Adele H. Kemungkinan besar saya masih mengingat film yang saya tonton semasa SMA tersebut adalah karena kisah cintanya tidak berakhir bahagia. Berbeda dengan film-film Hollywood umumnya. Jika Anda ingin mengetahui sinopsis dari film tersebut, Anda dapat membacanya dari internet.

Selengkapnya...

Ponder

David Brainerd

Satu tahun telah berlalu. Satu tahun yang dilalui dengan berbagai macam peristiwa, perasaan, dan pergumulan. Satu tahun yang bisa dilewati karena adanya topangan anugerah dan pemeliharaan Tuhan. Memasuki tahun yang baru ini, sekali lagi saya ingin mengajak para pembaca untuk melihat seluruh kehidupan di hadapan Dia yang telah menciptakan kehidupan.

Selengkapnya...

Ponder

Xin (信)

Di dalam sebuah acara perpisahan, seorang teman membagikan kisah cintanya. Saya sangat terkesan. Anda ingin mendengarnya? Singkatnya begini: teman saya itu telah menjalin sebuah hubungan asmara yang berlangsung selama 9 tahun sebelum menikahi pasangannya. Hubungan panjang itu tidak hanya ditandai dengan banyak pergumulan untuk saling menyesuaikan diri, tetapi yang paling mengesankan adalah usahanya untuk tetap teguh memelihara kesetiaan cintanya.

Selengkapnya...

Ponder

Ides of March

Judul di atas bukan nama sebuah film yang saat ini sedang beredar di Jakarta. Ides of March atau dalam bahasa Latinnya Idus Martias adalah sebutan untuk tanggal 15 Maret pada kalender Romawi. Penanggalan Romawi memakai kata idus yang berarti ‘setengah’ untuk menyebutkan tanggal yang berada di setiap pertengahan bulan. Ides of March awalnya merupakan sebuah hari yang dikhususkan untuk memperingati dewa Mars dengan mengadakan parade militer.

Selengkapnya...

Ponder

A Tale of Two Cities

Tahun ini dunia literatur merayakan 200 tahun kelahiran pengarang terbesar Inggris di era Ratu Victoria, Charles Dickens (7 Februari 1812 – 9 Juni 1870). Judul di atas memang adalah salah satu karya terbaik sastrawan besar tersebut. Ulasan majalah Tempo tanggal 25 Maret 2012 tentang Dickens dan karya-karyanya membuat ketertarikan saya akan novel A Tale of Two Cities muncul kembali.

Selengkapnya...

Ponder

The Scream

Baru-baru ini media massa ramai memberitakan tentang lukisan The Scream yang memecahkan rekor lukisan termahal dunia senilai hampir 120 juta dolar di rumah lelang Sotheby's New York. Sebagai penikmat seni yang amatir, Google banyak membantu saya mendapatkan beberapa akses untuk mempelajari sedikit tentang lukisan adikarya Edvard Munch (1863–1944) tersebut. Siapa Edvard Munch?

Selengkapnya...

Ponder

14 Juli 1789

Ingatkah Anda akan tanggal di atas? Atau Anda hanya ingat tanggal 14 Juli saja karena hari itu adalah ulang tahun orang tua, pacar, atau anjing kesayangan Anda? Tanggal di atas adalah hari dimulainya Revolusi Perancis yang ditandai dengan peristiwa jatuhnya penjara Bastille persis pada tanggal tersebut. Tanggal di atas sekaligus menjadi La Fête Nationale (The National Celebration) karena Perancis memang tidak memiliki hari kemerdekaan.

Selengkapnya...

Ponder

Mutiara dan Dawn Stefanowicz

Bila berkesempatan pergi ke Lombok, mampirlah ke Teluk Nara, tepatnya ke Autore Pearl Culture. Mutiara dari tempat ini termasuk yang paling elok. Lucunya, peternakan ini dimiliki oleh perusahaan induknya yang berpusat di Australia. Autore sendiri merupakan produsen dan distributor mutiara terbesar kedua di dunia yang produknya pernah digunakan oleh artis-artis ternama Hollywood.

Selengkapnya...

Ponder

Perdana Menteri Indonesia, Seorang Kristen Kalvinis!

Kaget? Silakan membacanya sekali lagi untuk meyakinkan diri Anda. Oh ya, tentu saja judul di atas tidak mengalami kesalahan pengetikan. Ide untuk menulis tentang Mr. Amir Sjarifoeddin Harahap datang dari profile picture BB seorang teman yang diberi keterangan bahwa ia seorang Kristen Kalvinis. Saya pun memutuskan untuk melakukan sebuah penelitian kecil mengenai Bung Amir, demikian ia disapa.

Selengkapnya...

Ponder

40 Years of Silence

“Those who don’t remember the past are condemned to repeat it,” demikian kalimat pembuka Robert Lemelson, sang sutradara film 40 Years of Silence, an Indonesian Tragedy dalam situs resmi film ini. Ucapan di atas adalah ungkapan dari George Santyana yang dikutip oleh Lemelson sebagai penanda dari tujuan pembuatan film tersebut. Anda tentu bertanya-tanya tentang apakah isi film tersebut, meski dari judulnya sendiri sedikit banyak kita dapat memperkirakannya.

Selengkapnya...

Ponder

nosce te ipsum

Salah satu kata-kata bijak yang sangat terkenal adalah ‘Kenalilah dirimu sendiri’. Know thyself dalam bahasa Inggris atau nosce te ipsum dalam bahasa Latin. Pepatah ini terukir di halaman depan Kuil Dewa Apollo di Delfi. Menurut Wikipedia, tidak pernah diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menyatakan ungkapan ini. Kemungkinan besar, pepatah ini adalah sebuah peribahasa yang memang telah beredar luas di zaman Yunani Kuno.

Selengkapnya...

Ponder

Gonjang-Ganjing Berita

Sebuah kisah nyata yang selalu saya jadikan ilustrasi di dalam pembahasan tentang pengaruh media adalah tentang Taichi Takashita. Beberapa tahun yang lalu, sebuah situs berita menceritakan bagaimana pria Jepang tadi mengadakan sebuah petisi online. Untuk apa? Ia ingin mendapat dukungan online untuk menikahi sebuah karakter anime yang bernama Mikuru Asahina.

Selengkapnya...

Ponder

Shekinah dan Palungan

Berasal dari bahasa Ibrani, shekinah berarti kehadiran dan secara khusus menunjukkan kepada kehadiran Ilahi. Bagi orang Yahudi kehadiran Ilahi ini terutama dalam Bait Suci di Yerusalem. Sedangkan dalam iman Kristen, shekinah merujuk pada kemuliaan Tuhan, karena kehadiran Tuhan dan kemuliaan Allah bersifat sinonim. Ayat referensi yang umum dipakai untuk menyatakan hal ini adalah Keluaran 24:15-17. Di dalam Perjanjian Baru, salah satu ayat referensi yang digunakan ialah Lukas 2:9.

Selengkapnya...

Ponder

Ying Zheng

Sebagian pembaca mungkin ada yang tidak mengenal nama di atas. Jika saya mengganti judul di atas dengan Qin Shi Huangdi mungkin sebagian pembaca ada yang mengetahui nama ini. Tetapi saya juga percaya ada sebagian lagi yang tidak mengenal kedua nama itu. Ying Zheng adalah nama kecil dari Qin Shi Huangdi, kaisar pertama Cina yang menyatukan seluruh wilayah Cina dalam kekuasaannya. Dialah yang melakukan penyatuan Tembok Cina yang terkenal itu.

Selengkapnya...

Ponder

Confession

Dalam film Flight yang diperankan oleh aktor kawakan Denzel Washington, dikisahkan tentang seorang pilot bernama Kapten William “Whip” Whitaker. Kapten pecandu alkohol dan kokain ini menjadi pahlawan karena berhasil melakukan pendaratan darurat pesawat yang diterbangkannya. Selain harus menghadapi cuaca buruk saat lepas landas, Kapten Whip harus mengatasi bencana besar saat pesawat bersiap untuk mendarat. Kerusakan pada sistem hidrolik membuat pesawat nyaris tak terkendali.

Selengkapnya...

Ponder

Profound Mystery

Di dalam penciptaan, sebelum kejatuhan dalam dosa, Tuhan mengatakan bahwa tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja. Dasar inilah yang menjadi dorongan keinginan untuk menikah. Setelah kejatuhan manusia dalam dosa, keinginan ini juga tidak hilang. Penebusan Kristus pun tidak menggeser kerinduan ini, meskipun ada yang diberi karunia untuk tidak menikah. Namun demikian, setiap orang percaya suatu kali akan menghadiri hari pernikahannya. Pernikahan terbesar sepanjang masa. Pernikahan teragung yang pernah ada. Pernikahan Anak Domba Allah. Pernikahan Kristus dengan Gereja-Nya.

Selengkapnya...

Ponder

Renaissance

Renaisans atau kelahiran kembali (rebirth) adalah sebuah periode yang membawa Eropa pada kebangkitan kebudayaan setelah mengalami masa stagnasi. Sebuah pendapat mengaitkan kemunculan Renaisans dengan kejatuhan Konstantinopel pada tahun 1453. Sejak keruntuhan Romawi Barat, Konstantinopel menjadi pusat kebudayaan Kristen. Tetapi sewaktu Turki Ottoman merebut kota ini, banyak ilmuwan dan ahli-ahli Gerika yang mengungsi ke Eropa khususnya Italia. Mereka melarikan diri karena ingin menyelamatkan manuskrip klasik mereka yang berharga.

Selengkapnya...

Ponder

Pseudo

Manusia secara lahiriah menyukai kepalsuan. Apalagi di era media dan teknologi digital dewasa ini. Apa saja kalau perlu dipalsukan. Mulai dari hidung palsu, arloji, tas, dan berbagai barang bermerek lainnya dengan berbagai tingkat kelihaian memalsukannya (ada KW1 sampai entah KW berapa) hingga berita palsu (hoax). Tetapi istilah pseudo sebenarnya lebih tepat dilekatkan dengan konsep atau ide seperti ilmu palsu (pseudo-science), realitas palsu (pseudo-reality) sampai ilah palsu (Rm. 1:25). Luar biasa, bukan?

Selengkapnya...

Ponder

The Thinker

Beberapa waktu yang lalu murid-murid kelas 12 mendapat tugas PKN, menganalisa sebuah artikel Ahmad Sidqi berjudul “Indonesia Tanpa Arah; Refleksi Kebangsaan Indonesia 2012”. Persoalan menarik yang diangkatnya ke permukaan adalah masalah kekritisan pemahaman visi dan misi Pancasila. Masalah bangsa yang mulai kehilangan gagasan pikiran yang berpijak pada ideologi Pancasila sehingga tak lagi memiliki arah. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah perlunya membangun pemikiran yang kritis.

Selengkapnya...

Ponder

Hope

Pernahkah Anda melihat lukisan Hope karya George Frederic Watts? Replikanya ada di Sophilia Fine Art Center. Anda bisa melihatnya di sana atau meminta mbah Google untuk menunjukkannya. Lukisan klasik ini menarik banyak perhatian pada zamannya. Tetapi penggambaran tentang pengharapan yang melankolis tersebut mendapat kritikan dari G. K. Chesterton. Ia mengusulkan bahwa judul yang lebih pas untuk lukisan Watts adalah Despair. Ada benarnya apa yang dikatakan oleh Chesterton. Namun di sisi lain, Watts juga tidak salah karena realitas kadang begitu sulit sehingga pengharapan nyaris identik dengan keputusasaan. Masih ingat kisah pengharapan dalam mitologi Yunani? Cerita ini dimulai dengan Prometheus yang mencuri api dari Zeus sehingga membuatnya menciptakan kotak Pandora. Waktu kotak itu dibuka, semua kejahatan terlepas ke dunia dan pengharapan yang ada di dasar kotak, tetap tinggal. Seperti itulah kira-kira pesan lukisan Hope.

Selengkapnya...

Ponder

Restless Heart

Monica bukan seorang perempuan yang beruntung untuk zamannya, apalagi menurut ukuran zaman sekarang. Meski ia dilahirkan di tengah keluarga Kristen, entah mengapa orang tuanya menikahkannya dengan seorang pria kafir. Selain harus menghadapi suaminya yang sering menghina imannya, ia juga harus berhadapan dengan ibu mertua yang tidak menyukai dirinya. Maka lengkaplah sudah penderitaan Monica. Tetapi Monica bukan sembarang perempuan. Ia adalah seorang perempuan saleh yang gigih bertekun dalam doa dan bersandar pada Tuhan.

Selengkapnya...

Ponder

Discernment

Istilah Bahasa Inggris di atas sangat menarik hati saya. Alkitab yang membuatnya. Hal tersebut merupakan salah satu konsep kebenaran yang paling mendasar yang diajarkan oleh Kitab Suci. Apa itu discernment? Bahasa Indonesia menerjemahkannya sebagai ketajaman.

Selengkapnya...

Ponder

Siklus

Setahun berlalu demikian cepat, seperti sebuah kibasan tangan. Hari berganti hari, minggu berganti minggu, dan tahun berganti tahun, terus berjalan, seperti sebuah siklus yang tak berhenti. Benarkah?

Selengkapnya...

Ponder

Entrusted

Perumpamaan talenta yang dituturkan Yesus dari Nazaret dalam Matius pasal 25 kembali menggugah pikiran saya akhir-akhir ini. Anda masih dapat mengingat kisahnya dengan baik, bukan? Saran saya, cobalah sekali lagi membacanya dengan teliti. Ceritanya memikat dan sekaligus mendorong kita untuk memikirkan ulang tidak hanya etos kerja kita selama ini tetapi juga gaya manajemen yang kita hidupi.

Selengkapnya...

Ponder

Lü Buwei

Salah satu sejarah peradaban yang menyediakan banyak kebijaksanaan adalah Sejarah Cina. Catatan sejarah Cina paling tidak sudah sepanjang 3.000 tahun yang diisi dengan kehadiran satu dinasti dan digantikan oleh dinasti lain. Siklus Dinasti… Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari setiap kehadiran pemerintahan sebuah dinasti. Tapi kali ini saya akan menyoroti tentang hierarki sosial yang ada dalam sejarah masyarakat Han, karena demikianlah orang-orang di daratan Cina menyebut diri mereka.

Selengkapnya...

Ponder

Kekuasaan

Ingar-bingar kampanye para caleg untuk memenangkan Pemilu 2014 sungguh memusingkan kepala. Bukan karena ingar-bingar itu sendiri, tetapi cara dan pendekatan untuk mendapatkan kekuasaan sangat menyebalkan. Jarang sekali ada usaha untuk meningkatkan kesadaran politik rakyat banyak dan menawarkan program kerja yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selengkapnya...

Ponder

Spice Trail

Sebuah film produksi BBC bercerita tentang perjalanan rempah-rempah dalam sejarah. Film ini terdiri dari tiga bagian, di mana bagian kedua secara khusus berbicara tentang cengkeh dan pala. Bisa ditebak, seri kedua ini mengisahkan tentang Kepulauan Maluku yang menjadi sumber kedua jenis rempah tersebut.

Selengkapnya...

Ponder

Berhala

Manusia sebagai gambar dan rupa Allah tidak bisa menolak pernyataan Tuhan akan kehadiran diri-Nya. Ada semacam kesadaran akan Allah, sensus divinitatis – kata Calvin – yang tidak bisa dipungkiri oleh manusia. Maka, apa pun jenis kelaminnya, sukunya, rasnya, dan di mana pun seseorang berada serta dari abad berapa pun dirinya, ia akan menjadikan sesuatu sebagai tuhannya. Menakjubkan, bukan?

Selengkapnya...

Ponder

Skandal Watergate dan Tanggung Jawab Moral

8 Agustus 1974 pukul 9 malam, Presiden Richard Nixon menyampaikan pidato pengunduran diri yang disiarkan melalui televisi secara nasional. Nixon menjadi presiden pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang pernah mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan. Mengapa Nixon melakukan hal itu?

Selengkapnya...

Ponder

Mid Autumn Festival

Mid Autumn merupakan perayaan terbesar kedua di Tiongkok setelah Spring Festival. Perayaan ini juga dikenal sebagai Moon Festival, saat di mana bulan purnama bersinar paling terang. Pada malam tersebut, dilakukan upacara penyembahan terhadap bulan sekaligus acara menatap bulan. Nama lain yang diberikan pada perayaan ini adalah Mooncake Festival karena tradisi menikmati kue bulan dilakukan bersamaan dengan peristiwa tersebut.

Selengkapnya...

Ponder

Samson

Orang Kristen umumnya familier dengan nama hakim yang satu ini. Hakim ke-12 ini lebih populer dibandingkan hakim pertama, Otniel. Kisah Samson, sinar mentari demikian arti namanya, memang menempati halaman Alkitab lebih banyak dibanding Otniel dan hakim lainnya. Ibarat peringkat lagu, Samson ada di tangga pertama para hakim.

Selengkapnya...

Ponder

Great Expectation

Ingatkah Anda akan sebuah perkataan bijak expect the worst, hope for the best? Mengapa peribahasa ini muncul? Karena masalah dalam ekspektasi adalah kendala psikologis yang akan dihadapi seseorang ketika ekspektasinya tidak terpenuhi.

Selengkapnya...

Ponder

Resolusi Tahun Baru 2015

Memasuki tahun yang baru, salah satu tradisi yang biasa dilakukan adalah membuat resolusi tahun baru. Seolah-olah hanya tahun baru yang menjadi waktu yang pas untuk membuat solusi hidup. Yang ada pada akhirnya adalah resolusi tahun baru yang tidak lagi baru. Atau bisa juga menjadi resolusi tahun baru yang dibarui. Dengan kata lain, resolusi yang tidak pernah menjadi solusi.

Selengkapnya...

Ponder

World Marriage Day

Tujuan dari World Marriage Day adalah untuk menghormati kedudukan suami dan istri sebagai fondasi dari keluarga, unit dasar dari masyarakat. Hari itu seluruh masyarakat diajak untuk menghargai keindahan dari kesetiaan suami dan istri, pengorbanan mereka, dan sukacita hidup pernikahan.

Selengkapnya...

Ponder

Harta

Prinsip Harta. Menyingkapkan rahasia memberi dengan sukacita adalah sebuah buku yang berisi 6 kunci prinsip harta yang perlu diketahui seorang Kristen. Buku ini mau mengajarkan bagaimana seharusnya sikap mental seorang Kristen terhadap harta. Bolehkah seorang Kristen mengumpulkan harta?

Selengkapnya...

Ponder

Self Righteousness

Tidak terasa perayaan Jumat Agung datang lagi di awal bulan April ini. Jumat Agung adalah hari yang sangat penting dalam kehidupan orang percaya. Jika perayaan Natal bisa dilakukan sepanjang bulan Desember, Jumat Agung diperingati hanya satu kali. Karena itu sayang sekali, jika perayaan Jumat Agung ini berlalu tanpa sebuah refleksi diri di hadapan salib-Nya.

Selengkapnya...

Ponder

The Beloved

Tokoh yang satu ini memang selalu memikat. Kalau ada semacam tangga lagu populer untuk tokoh populer Alkitab sepanjang sejarah, mungkin dia berada dalam posisi 5 teratas. Dia sering diasosiasikan dengan sang Mesias, yang melalui perjanjian anugerah, menjadi keturunannya.

Selengkapnya...

Ponder

Reminder

Tahukah Anda bahwa Alkitab memiliki reminder yang menurut saya tidak pernah menyebalkan, bahkan selalu membawa sukacita? Cobalah untuk menanyakan daftar hewan atau tumbuhan apa saja yang ada di dalam Alkitab pada mesin pencari di internet. Daftar tersebut mungkin terasa biasa saja, meski seharusnya membuat Anda tercengang ketika merenungkannya lebih jauh. Mengapa? Karena Tuhan memakai hal-hal yang kita rasa biasa untuk menyatakan anugerah-Nya yang luar biasa!

Selengkapnya...

Ponder

Japanese Food & Self Identity

Makanan Jepang alias Japanese Food memang sudah mendunia. Tidak saja terkenal enak, tetapi juga terkenal mahal. Mengapa? Karena kualitas dan cara penyajiannya.

Selengkapnya...

Ponder

Agustus

Melalui pernyataan Injil Lukas kita mengetahui bahwa Yesus lahir di masa pemerintahan kaisar Romawi, Agustus. Siapa Agustus?

Selengkapnya...

Ponder

Imago Dei

Kisah penciptaan selalu menarik. Dan kisah penciptaan menjadi semakin menarik saat dibandingkan dengan kisah penciptaan lainnya. Pernahkah Anda menyelidiki mitologi penciptaan dari peradaban kuno seperti Sumeria, Mesir Kuno, Yunani, India, dan Tiongkok misalnya?

Selengkapnya...

Ponder

The Legacy

Menurut pendengaran saya, kata legacy (warisan) termasuk kata yang amat indah. Entah mengapa kata warisan sering kali dikaitkan dengan harta, uang, atau rumah. Padahal ada warisan yang jauh lebih berharga seperti hak kesulungan, tradisi, atau kisah sejarah. Tentu saja warisan yang paling berharga adalah sejarah keselamatan (Injil) dan juga generasi penerus yang mewarisi kebenaran.

Selengkapnya...

Ponder

Safety First

Setiap kali naik pesawat, Anda dapat menemukan Kartu Petunjuk Keselamatan diselipkan di kantung kursi. Sebelum take off, Anda diminta untuk memasang safety belt. Lalu ada demo keselamatan penerbangan yang menuntut perhatian para penumpang. Selain itu, kita pasti paham bahwa setiap penerbangan seharusnya memiliki petunjuk teknis yang ketat mengenai aturan keselamatan penerbangan. Tidak ada penumpang yang menginginkan “arisan nyawa” di udara.

Selengkapnya...

Ponder

Merayakan Kematian

Kematian itu menakutkan, terlepas dari apakah Anda di dalam Tuhan atau tidak. Mengapa? Karena kematian adalah sesuatu yang tidak diketahui, an unknown. Tidak ada orang yang bisa menceritakan kepada kita pengalamannya atas kematian. Lazarus sudah lama mati dan Alkitab tidak menuliskan perasaan Lazarus menjelang kematian dan apa yang dialaminya selama 4 hari dalam kubur. Satu-satunya hal yang dapat memberi keyakinan dan kelegaan dalam menghadapi kematian adalah fakta bahwa Tuhan kita, Yesus Kristus, pernah mati dan telah bangkit dari kubur, mengalahkan maut untuk selamanya.

Selengkapnya...

Ponder

Terkecoh

Tuhan itu dahsyat! Tidak hanya kuasa-Nya, keadilan-Nya, dan kasih-Nya, tetapi juga sense of humour yang dimiliki-Nya. Sense of humour yang tiada bandingnya karena penuh bijaksana dan tentu saja menyatakan kemuliaan-Nya.

Selengkapnya...

Ponder

What Defines You?

Meski tidak sepenuhnya setuju dengan spirit di baliknya, tulisan Farina Situmorang, pemilik perusahaan konsultan pemasaran, di medium.com menarik untuk disimak. Artikel ini membahas tentang lima pelajaran hidup yang direfleksikannya saat mendengar penyanyi kesukaannya, Justin Bieber. Lucu? Menurut saya, patut dihargai. Jika lagu pop Bieber bisa memberikan refleksi yang menarik, bagaimana respons kita saat mendengar lagu himne? Atau saat mendengar firman Tuhan? Apa yang melintas di benak kita?

Selengkapnya...

Ponder

Takut TUHAN

Sebagian dari para pembaca yang budiman pasti tahu kalau Bapak Pdt. Stephen Tong suka mengingatkan kita untuk takut Tuhan. Tentu saja itu bukan kalimat temuan beliau. Kita tahu itu adalah kutipan dari buku kebenaran, Alkitab. Mengapa harus takut Tuhan? Memangnya manusia tidak takut Tuhan sehingga diperintahkan untuk takut Tuhan?

Selengkapnya...

Ponder

Shame

Apa itu malu atau shame? Sebuah perasaan sosial yang menyakitkan akibat tindakan seseorang yang tidak sesuai aturan sosial atau kebiasaan yang ada? Menurut Alkitab, malu lebih dari sekadar perasaan. Malu adalah sebuah kesadaran yang menyakitkan akan kenyataan bahwa sebagai orang berdosa kita telanjang di hadapan Allah (Kej. 3:7).

Selengkapnya...

Ponder

Tidak Layak

Kerendahan hati itu selalu menarik, yang palsu sekalipun. Tentu saja kesejatian tidak ada bandingnya. Salah satu kisah kerendahan hati yang asli dapat ditemui dalam diri Rut, khususnya saat ia pertama kali berhadapan dengan Boas. Boas memperhatikan kehadirannya. Boas menanyakan perihal dirinya. Boas berbicara dengannya. Boas bahkan memintanya untuk memungut jelai di ladangnya dan memerhatikan dirinya.

Selengkapnya...

Ponder

Panggilan

Sejak penciptaan, manusia telah diberikan dua lapis panggilan oleh Tuhan, Sang Pencipta. Kejadian 1:26-28 mencatat bahwa Tuhan memberikan perintah untuk memenuhi bumi dengan beranak cucu dan mengelola alam ciptaan Tuhan. Sampai kejatuhan manusia ke dalam dosa, dua lapis mandat Tuhan ini tetap ada dan harus dikerjakan. Tidak yakin? Coba pikirkan skenario berikut ini.

Selengkapnya...

Ponder

Perspektif: Debora dan Barak

Sebuah video yang dibuat oleh Prager University menarik perhatian saya. Video itu berjudul War on Boys. Isinya tentang hasil penelitian lembaga yang bersangkutan mengenai salah satu masalah dasar yang dihadapi Amerika Serikat yaitu anak laki-laki semakin tidak diperlakukan sebagai anak laki-laki. Akibatnya? Statistik menunjukkan anak laki-laki mulai ketinggalan dalam pendidikan dan anak-anak perempuan didorong maju. Akibat berikutnya? Anda mestinya dapat memperkirakannya.

Selengkapnya...

Ponder

Dress to Kill or Dress to Live?

Pangan, sandang, papan adalah kebutuhan dasar. Pemerintah di belahan dunia mana pun secara umum akan berusaha menyediakan tiga kebutuhan dasar tersebut bagi warganya. Menariknya, kejatuhan manusia dalam dosa adalah karena “salah makan” yang berakibat kehilangan pakaian kemuliaan dan diusir dari tempat tinggal yang sangat nyaman, mengelana di luar Firdaus.

Selengkapnya...

Ponder

Helicopter Parenting

Julie Lythcott-Haims bekas dekan khusus mahasiswa baru di Stanford University mengajukan sebuah kasus agar para orang tua berhenti melakukan helicopter parenting. Menurutnya gaya pengasuhan anak tersebut sudah mewabah dan cenderung merusak anak-anak mereka.

Selengkapnya...

Ponder

A Man Named Luther (1)

Pada tahun 2003 sebuah film yang mengisahkan kehidupan Luther diluncurkan. Namun ada sejumlah ketidakakuratan yang terdapat di film tersebut. Berbeda genre dengan film tersebut, tahun 2015 Lutheran Hour Ministries membuat sebuah film dokumenter tentang Luther. Film ini sebenarnya dimaksudkan sebagai sebuah studi Alkitab tentang sang Reformator.

Selengkapnya...

Ponder

A Man Named Luther (2)

Sering kali kita melihat segala macam bentuk “keberhasilan” seseorang tanpa mau memperhitungkan berapa panjang perjuangan yang dihadapinya. Kita lupa untuk memikirkan dengan serius berapa banyak kesulitan yang harus dilaluinya sampai tiba pada pencapaian tersebut.

Selengkapnya...

Ponder

Pada Mulanya

The Bible Project adalah sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi menolong orang Kristen melihat Alkitab sebagai sebuah kisah yang utuh yang memimpin kepada Kristus. Untuk itu mereka membuat video, podcast, dan study guide. Setiap video yang dibuat menjelaskan latar belakang dan garis besar setiap kitab serta kaitan antarkitab dengan gamblang.

Selengkapnya...

Ponder

The Mighty Project

Membaca Alkitab memang seperti membaca kisah bersambung. Akhir dari setiap episode (baca: kitab) sering digantung, membuat kita penasaran untuk mencari tahu tentang cerita berikutnya.

Selengkapnya...

Ponder

The Day of Atonement

Episode Keluaran tidak hanya dimulai dengan tragedi tetapi juga dihiasi dengan peristiwa yang menyedihkan. Israel sebagai umat pilihan sungguh tak tahu diri. Mereka bertikai dengan Tuhan, sang Pembebas yang welas asih.

Selengkapnya...

Ponder

Padang Belantara

Membaca kisah bangsa Israel di movement keempat dari Pentateukh yakni Kitab Bilangan, seolah menonton sebuah film yang menegangkan. Mungkin inilah bagian paling mencekam mengenai kisah bangsa Israel yang dituliskan oleh Musa. Bacalah kitab ini dan jadilah tercengang!

Selengkapnya...

Ponder

Alpha Omega Point

Akhirnya... Finally… Anda tentu paham kan makna istilah ini? Ya, akhirnya, setelah berputar-putar 38 tahun di padang belantara dan melewati serangkaian masalah yang menyesakkan jiwa, umat Israel akan segera melangkah masuk Tanah Perjanjian.

Selengkapnya...

Ponder

Excess Baggage

Pernah mendengar seseorang mengatakan, “Saya punya masa lalu.” Ya, tentu saja setiap orang punya masa lalu, tetapi mestinya kita bisa menebak konteks yang dimaksudkannya. Ia bukan sekadar punya masa lalu, tetapi masa lalunya itu adalah masa lalu yang buruk. Kelam...

Selengkapnya...

Ponder

Baca, Tulis, Hitung

Apa sih sebenarnya yang menjadi tujuan pendidikan? Secara mendasar bagi saya jawabannya adalah membaca, menulis, dan berhitung. Tujuan pendidikan bukan untuk naik kelas, lulus sekolah, masuk perguruan tinggi, lulus, dan mendapat pekerjaan. Itu semua adalah konsekuensi logis dari kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Masih tidak percaya?

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲