Tulisan oleh "Ezra Yoanes Setiasabda" (10 buah)

Liputan & Wawancara

Liputan NRETC 2008

Selengkapnya...

Artikel

Biblical Theology

Awal sejarah Biblical Theology sebagai suatu disiplin dapat ditelusuri kepada Johann P. Gabler. Di upacara pelantikannya sebagai profesor di University of Altdorf (Jerman) pada tahun 1787, Gabler menekankan kepentingan suatu disiplin yang bukan hanya berfokus pada pernyataan-pernyataan dogma ataupun confessions standar, tetapi yang menelusuri sejarah setiap kitab dan yang dipercayai penulisnya.

Selengkapnya...

Artikel

Christ The Perfect Sacrifice

Tema Yesus sebagai Anak Domba adalah tema umum dalam pengajaran akan keselamatan. Tidak sedikit gereja dan pengkhotbah yang memakai tema ini dalam kebaktian maupun dalam penginjilan pribadi. Akan tetapi, apa sih yang dimaksud dengan “Anak Domba Allah” (The Lamb of God)?

Selengkapnya...

Artikel

I am Your God and You are My People

Sepanjang covenant antara Allah dan manusia yang tercatat dalam Alkitab, ada satu kalimat yang berulang kali muncul yaitu “Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku.” Sounds familiar?

Selengkapnya...

Artikel

What Did You Expect?

Beberapa tahun belakangan ini, kita sering menjumpai gambar di Facebook ataupun situs internet lainnya yang melukiskan banyaknya pandangan di dunia ini dari perspektif orang yang berbeda-beda. Biasanya, kontras yang paling menyolok dan yang paling lucu adalah antara What you think you do dan What you actually do. Mereka berbeda 180 derajat! Sering kali kita dikecewakan karena realitas yang ada sangatlah berbeda dengan harapan (expectation) yang kita terus impikan. Demikian juga orang Israel tidak dapat menerima Yesus sebagai seorang Mesias karena Yesus bukanlah Mesias yang didambakan oleh mereka. Apa yang menjadi harapan mereka?

Selengkapnya...

Artikel

Pemberitaan Kematian

Pada hari Minggu terakhir sebelum Yesus mati di atas kayu salib, Yesus masuk ke Yerusalem menunggangi seekor keledai. Ini suatu peristiwa yang sangat penting di mana banyak orang mengelu-elukan dan berteriak “Hosana” kepada Juruselamat yang datang.

Selengkapnya...

Artikel

Komunitas Saling Menegur

Kita tidak mungkin dapat hidup sendiri di dalam dunia ini dan memang Tuhan menyatakan, “Tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja” (Kej. 2:18). Sayangnya, banyak sekali masalah yang kita hadapi berurusan dengan relasi dan salah satu pergumulan yang kita sebagai orang Kristen alami adalah untuk menyatakan kesalahan dengan kasih. Kita sering khawatir memikirkan cara yang tepat untuk menegur saudara-saudara kita.

Selengkapnya...

Artikel

The Myth of Science Neutrality

“Kalau ngomong tentang sains, lebih baik kita jangan bawa agama ke dalamnya!” Kalimat ini sering kali kita dengar. Celakanya, banyak dari kita bahkan memiliki mindset seperti ini. Bukankah kita, sebagai orang Kristen, tetap harus objektif ketika berbicara tentang sains? Kita harus netral, bukan bicara dari pandangan orang Kristen, tetapi bicara tentang data yang ada, dari hasil eksperimen yang ada.

Selengkapnya...

Artikel

Reformation 500: Reformasi dan Kebangkitan Sains Modern

Revolusi sains di abad 16 dan 17 merupakan momen sejarah yang penting bagi perkembangan budaya Barat. Begitu banyak ilmuwan berpengaruh yang dihasilkan pada masa itu dan penemuan-penemuan mereka terus dipelajari hingga hari ini. Metodologi sains yang kita pakai di institusi riset juga lahir pada zaman ini.

Selengkapnya...

Artikel

Rend Your Hearts, Not Your Garments

Pemuda Kristen Reformed sering kali identik dengan “kesibukan pelayanan yang tiada henti”. Sedemikian cintanya kepada Tuhan sehingga satu per satu pelayanan dikerjakan dengan sepenuh hati. Wah, kalau dipuji, rasa capai langsung hilang dan hati rasanya begitu nyaman. Tetapi, bagaimana kalau hanya cercaan yang datang?

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk WRF General Assembly 2019 yang telah diadakan pada 8-12 Agustus 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Shalom Pak Pendeta. 1.Bagaimanakah saya boleh membeli buku hasil penulisan bapak? kerana saya berada di Malaysia...

Selengkapnya...

baik

Selengkapnya...

saya mau bertanya aja, kalau di katakan bahwa "when they were created, human can be self-centered",...atau...

Selengkapnya...

Terima kasih untuk renungan tentang kasih Allah.

Selengkapnya...

Asumsikan ada terbatas banyaknya bilangan genap jika dan hanya jika terdapat M yang merupakan bilangan terbesar dari...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲