Tulisan oleh "Hendrik Sugiarto" (12 buah)

Resensi

Total Truth

Permasalahan mendasar yang dialami banyak orang Kristen saat ini adalah tidak dapat melihat bahwa kekristenan adalah kebenaran di seluruh aspek kehidupan dan bukan hanya dalam bidang spiritual saja. Hal ini mengakibatkan banyak orang Kristen kehilangan imannya ketika berhadapan dengan worldview yang “kelihatannya” lebih kuat dan komprehensif dalam menjawab realitas dunia. Serangan yang terus-menerus dari kaum humanis-materialis semakin membuat banyak orang Kristen mengabaikan dan menjauhi realm intelektual. Hal ini membuat kekristenan semakin terdesak wilayahnya ke bidang spiritualitas saja, sedangkan kaum “sekuler” dengan leluasa menguasai banyak bidang dan memiliki posisi untuk berbicara di mata dunia.

Selengkapnya...

Resensi

Foundation of Christian Education

Antitesis... mungkin itulah kata yang cocok untuk merangkum isi buku ini dalam satu kata. Secara umum, buku ini terus-menerus mengontraskan sistem pemikiran Kristen dengan sistem pemikiran non-Kristen di dalam aspek pendidikan. Antitesis yang muncul antara sistem pendidikan Kristen dan non-Kristen dimulai dari hal yang sangat mendasar, bukan hanya di tingkat permukaan maupun aplikasi saja. Perbedaan di antara keduanya bersifat theologis. Perbedaan ultimat yang mengutubkan dua sistem pendidikan ini adalah bahwa sistem Kristen akan selalu mempresuposisikan Tuhan sejati sebagai fondasi pendidikannya, sedangkan sistem non-Kristen akan mempresuposisikan ilah lain.

Selengkapnya...

Resensi

Lectures on Calvinism

Calvinisme adalah suatu sistem pemikiran yang sangat konsisten dan komprehensif untuk memahami seluruh aspek kehidupan di dunia ini, bahkan Abraham Kuyper menyebutnya sebagai suatu sistem kehidupan. Calvinisme muncul sebagai akibat dari Gerakan Reformasi yang mengembalikan kekristenan ke bentuk yang sebenarnya. Sistem pemikiran ini adalah satu-satunya sistem yang bisa mewakili kekristenan untuk bersaing dengan worldview lain. Calvinisme dipandang melampaui sistem Lutheran, Anabaptis, Methodist, dan lain-lain sebagai wakil dari kekristenan secara konsisten. Kuyper membagi sistem pemikiran utama dunia ke dalam lima sistem pemikiran yaitu Islamisme, Romanisme, Paganisme, Modernisme, dan Calvinisme.

Selengkapnya...

Artikel

Eskatologi dalam Kerangka Metanarasi Biblikal

Pengharapan eskatologis (future) akan menentukan bagaimana cara hidup, berpikir, bahkan bertheologi pada saat ini (present) karena di situlah terletak seluruh pengharapan kita. Semua orang mempunyai cerita metanarasinya sendiri dan melalui cerita mereka, setiap orang berusaha mengonstruksi sebuah janji eskatologis yang ditawarkan kepada para pengikutnya. Melalui janji-janji tersebut, mereka telah berhasil untuk menggerakkan banyak manusia untuk melakukan revolusi-revolusi untuk mewujudkan utopia mereka masing-masing.

Selengkapnya...

Artikel

Calvin dan Calvinisme: Pengaruhnya terhadap Peradaban Manusia (Bagian 1)

Para ahli sejarah tentunya akan setuju bahwa Reformasi adalah salah satu titik kunci yang menentukan arah sejarah dunia, salah satu pilar terpenting yang menopang kebudayaan Barat. Di antara semua tokoh Reformasi, harus diakui bahwa Calvinlah orang yang paling berpengaruh. Calvin dan pemikirannya, Calvinisme (atau lebih dikenal dengan istilah Reformed), tidak dapat disangkal telah mengubah seluruh struktur peradaban manusia. Charles Spurgeon pernah berkata, “Among all those who have been born of women, there has not risen a greater than John Calvin; no age, before him ever produced his equal, and no age afterwards has seen his rival.” Seperti sebuah intervensi ilahi, Calvinisme tiba-tiba muncul dalam sejarah.

Selengkapnya...

Artikel

Calvin dan Calvinisme: Pengaruhnya terhadap Peradaban Manusia (Bagian 2)

Magnum opus Ernst Troeltsch, The Social Teaching of the Christian Churches, menjabarkan lima karakteristik pemikiran Calvin yang tidak dimiliki oleh sistem pemikiran mana pun, yaitu: predestinasi, peranan individu, komunitas kudus, etika Calvinisme, dan pandangan sosial tentang kesetaraan. Inilah yang membuat dampak Calvinisme telah berhasil menembus ikatan-ikatan masyarakat pada masa itu bahkan dampaknya melampaui sistem pemikiran yang lain. Masa Reformasi selamanya akan dikenang di mana gereja telah berhasil menjalankan tugasnya di tengah-tengah dunia yang pengaruhnya masih bisa kita rasakan sampai sekarang. Dalam edisi kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai dampak pemikiran Calvin dan Calvinisme pada bidang-bidang yang lain.

Selengkapnya...

Resensi

An Introduction to Systematic Theology

Banyak orang Kristen belajar theologi sistematika tanpa memikirkan fondasi yang mendasari semuanya itu. Hal ini mengakibatkan terdapatnya gap yang cukup besar antara theologi sistematika dan epistemologi di dalam pemikiran orang Kristen tersebut. Kita tidak mempunyai basis yang cukup untuk menjelaskan bagaimana konsep-konsep theologi sistematika dapat kita ketahui. Melalui epistemologi Reformed – di mana konsep pengetahuan analogi sebagai satu-satunya kemungkinan adanya pengetahuan – buku ini mempertahankan theologi sistematika. Selain itu di dalam buku ini, kita bisa melihat adanya kombinasi yang organik antara theologi sistematika dan apologetika, suatu keutuhan antara pengetahuan dan praktika.

Selengkapnya...

Artikel

Nabi, Nubuat, dan Injil

Pernahkah terbersit di pikiran kita, kira-kira hal apakah yang Yesus bicarakan bersama murid-murid-Nya setelah Ia bangkit? Setelah Ia bangkit, Yesus memiliki waktu kira-kira sekitar 40 hari bersama murid-murid-Nya.

Selengkapnya...

Artikel

Calvinisme dan Transformasi Politik

Salah satu transformasi sosial yang paling terasa dari Reformasi Protestan (khususnya calvinisme) terlihat dari sistem perpolitikan modern. Hampir seluruh pemerintahan di dunia saat ini memakai sistem demokrasi yang berformat republik. Tercatat 147 dari 206 negara di dunia memakai republik sebagai nama resminya, belum lagi negara yang tidak memakai istilah republik tapi faktanya melakukan sistem perpolitikan ini.

Selengkapnya...

Artikel

Yakub, Sang Penikung yang Tertikung (Bagian 2)

Bayangkan jika apa yang Anda harap-harapkan akhirnya ditikung oleh orang lain, entah itu beasiswa, pekerjaan, atau misalnya pujaan hati Anda yang menikah dengan orang lain. Sedih, kesal, marah–semua perasaan bercampur aduk menjadi satu. Lagi-lagi, tema tikung-menikung kita jumpai pada babak selanjutnya dalam kisah kehidupan Yakub: pencarian pasangan hidup. Kali ini kita akan melihat bagaimana pernikahan Yakub harus berakhir dengan ditikung oleh orang yang dekat dengannya.

Selengkapnya...

Artikel

Yakub, Sang Penikung yang Tertikung (Bagian 3)

Dalam keluarga, relasi, pekerjaan, sekolah, atau mungkin pelayanan, kadang kita bisa terperangkap dalam situasi penuh frustrasi dan persaingan. Tragedi saling merampas antaranggota keluarga sering kita dengar.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk SPIK Keluarga 2019 dengan tema “Rahasia Pacaran & Pernikahan Kristen” yang telah diadakan pada tanggal 7 Maret 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
saya mendoakan senor rekan pelayanan saya yang sakit kanker, segala cara telah dilakukannya, hanya tinggal menunggu...

Selengkapnya...

Trimakasih pak Tong arttikelnya, sangat mencerahkan dan membuka wawasan berpikir, Gbu

Selengkapnya...

Apakah tidak ada fitur Text-to-Speech?

Selengkapnya...

cukup mengedukasi. TYM

Selengkapnya...

Sebetulnya bukan karena mereka menyembunyikan identitas mereka maka Ester menjadi ratu dan menyelamatkan bangsa...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲