Tulisan oleh "Howard Louis" (7 buah)

Artikel

Yesus Terang Dunia

Filsuf Yunani yang bernama Diogenes terkenal sebagai seorang filsuf yang bertempat tinggal di dalam tong kayu (barrel). Ia tidak memiliki rumah untuk pulang, ke mana pun ia pergi pasti membawa tong kayu tersebut. Setiap hari, ia bangkit dari tong kayu, menyalakan lampu minyaknya dan berjalan mengelilingi kota sambil berkata-kata, “Gelap, gelap! Mengapa begitu gelap?!” Orang-orang yang melihat dia berpikir bahwa dia adalah orang gila. “Bagaimana mungkin di tengah siang bolong begini, ia mengatakan bahwa hari begitu gelap?

Selengkapnya...

Artikel

Early Trinitarianism

Tritunggal merupakan salah satu doktrin tersulit untuk dipahami manusia. Seperti yang Agustinus pernah katakan, doktrin ini adalah wilayah yang berbahaya dalam pengertian dan kepercayaan. Sebabnya adalah, jika kita tidak menangkap keseluruhan doktrin, kita dapat masuk ke dalam pandangan yang salah mengenai Allah dan hal ini sudah sangat banyak sekali terjadi dalam sepanjang sejarah manusia. Pengertian ini akan mencemari pelayanan, ibadah, harmoni, kedamaian, bahkan dapat menyebabkan perpecahan gereja.

Selengkapnya...

Artikel

Paul’s Writing on Preexistence of Christ

Tanpa kepercayaan dan iman kepada preexistence Kristus, maka kekristenan tidak akan dikenal seperti yang kita kenal hari ini. Doktrin ini merupakan salah satu fondasi dasar bagi iman Kristen. Sebab, tanpa pemahaman yang benar dalam doktrin ini, seluruh pengajaran yang lain pun akan menjadi tidak ada bedanya dengan pemikiran lainnya di dunia ini.

Selengkapnya...

Artikel

A Brief History on Calvin Theology in Public Square

Di tengah zaman yang sedang bergulir ini, kita sulit menemukan kembali suara kekristenan yang lantang diserukan untuk diperdengarkan kepada orang banyak. Usaha menggantikan iman Kristen, khususnya Reformed Theology, dengan pemikiran dunia bagaikan menggantikan pijakan beton dengan pijakan plastik yang kosong dan lemah. Gereja-gereja menjadi eksklusif dan tak berani terjun ke dalam dunia yang gelap ini. Celakanya, gereja pun dibawa menjadi salah satu tempat hiburan bagi manusia postmodern. Sedang disimpan di mana pelita yang menyinari seluruh kota?

Selengkapnya...

Artikel

A Brief History on Calvin Theology in Public Square (Bagian 2)

Pada artikel kali ini, penulis akan meneruskan pembahasan mengenai konteks sejarah yang mempersiapkan ledakan di zaman Reformasi, yang dipuncakkan oleh Calvin, sehingga pengaruhnya dapat mendunia bahkan masih dirasakan hingga saat ini.

Selengkapnya...

Artikel

The Nature of Reformed Dogmatics

Doktrin atau dogma atau pengajaran firman Tuhan, sering kali dipandang sebelah mata. Kegiatan atau seminar pembinaan doktrin, dan juga kelas-kelas theologi, tidak terlalu diminati. Sehingga terjadi perbedaan yang kontras antara kelas atau seminar pembinaan iman dibanding dengan acara seperti perayaan Natal, acara kebersamaan, outing, “kepang” (kebaktian padang), dan sebagainya.

Selengkapnya...

Artikel

Sola Fide: Faith from the Perspective of Justification

Disadari atau tidak, manusia sering kali melakukan usaha pembenaran atau membenarkan diri. Kita tidak suka jikalau kita divonis bersalah mulai dari kasus yang kecil hingga berat. Segala macam cara kita lakukan sebagai usaha pembelaan kita, dengan tujuan bahwa kita dinyatakan benar. Di dalam dunia psikologi, ini adalah bagian dari defense mechanism manusia.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Amatir Bicara: Kadang-kadang Allah memakai Iblis untuk mencapai maksud-maksud ilahi-Nya dengan mengizinkan Iblis...

Selengkapnya...

Inilah seharusnya y dimiliki setiap orang percaya, bukan menjadi suatu komunitas "VIV". Karena sering yg...

Selengkapnya...

Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲