Tulisan oleh "Ian Kamajaya" (12 buah)

Artikel

Pelajar Kristen (Bagian 2)

“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.” – Mazmur 119:9-11

Selengkapnya...

Artikel

Christian Engineers in a Sinful World (Bagian 1)

Seorang Kristen dipanggil untuk memuliakan Tuhan di dalam semua aspek hidupnya. Martin Luther mengatakan, “Dunia adalah biaraku.” Senada dengannya, Abraham Kuyper mengatakan, “Tidak ada sepetak area pun dalam seluruh aspek kehidupan manusia di mana Yesus tidak berkata, ‘Ini milik-Ku’.” Baik Martin Luther maupun Abraham Kuyper, sebagaimana Rasul Paulus di dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, mengenali bahwa kehidupan kita di dunia ini tidak dibagi berdasarkan kehidupan sakral dan sekuler, aspek hidup rohani dan non-rohani.

Selengkapnya...

Artikel

Christian Engineers in a Sinful World (Bagian 2)

Apakah yang diakibatkan oleh zaman modern dan kapitalisme pada dunia engineering ketika keduanya bertemu? Di satu sisi, hal ini mengakibatkan perkembangan yang luar biasa pada kemungkinan diciptakannya produk-produk engineering dibandingkan masa-masa sebelumnya. Dorongan dari worldview zaman modern yang “mendewakan” sains telah mengakibatkan kemajuan teknologi yang begitu pesat yang tidak pernah terbayangkan dalam zaman-zaman sebelumnya. Kita dapat mengambil contoh dari bidang kesehatan. Sampai akhir abad ke-19, usia rata-rata hidup manusia (life expectancy) adalah sekitar 30 tahun, baik itu di negara yang paling maju maupun negara terbelakang. Akan tetapi, karena kemajuan dunia kesehatan yang begitu pesat dalam 150 tahun terakhir, usia rata-rata hidup manusia di negara-negara maju seperti Jepang, telah mencapai lebih dari 80 tahun. Pada tahun 2012, panti-panti jompo di Jepang mencatat lebih dari 50.000 penghuninya berusia 100 tahun atau lebih. Di sini kita melihat bagaimana perkembangan teknologi dunia sangat dipengaruhi oleh worldview di belakangnya. Jadi, zaman modern dan sistem ekonomi kapitalisme tidak membuat manusia kehilangan daya inovasinya. Sebaliknya, keadaan demikian mendukungnya, engineering menjadi semakin maju dari zaman ke zaman.

Selengkapnya...

Artikel

Christian Engineers in a Sinful World (Bagian 3)

Permasalahan yang ditimbulkan oleh zaman ini adalah kumpulan engineer yang “jinak”. Hal ini berarti bahwa para engineers berpartisipasi di dalam rencana yang bukan dibangun bagi kemuliaan Tuhan dan demi menjadi berkat bagi sesama oleh karena mereka telah “dijinakkan” melalui satu dan lain hal oleh karena dosa dan kelemahan, melalui konteks zaman ini.

Selengkapnya...

Artikel

Christian Engineers in a Sinful World (Bagian 4)

Ketiga, marilah kita berusaha untuk membangun sebuah komunitas engineer yang mau mengikut Tuhan dengan sungguh-sungguh di mana kita berada. Kita tahu bahwa di zaman ini, perpecahan di kalangan engineering semakin kuat disebabkan oleh spesialisasi keahlian tiap engineer. Hal ini membuat seorang engineer Kristen sering harus menjalani “sendiri”

Selengkapnya...

Artikel

Reformation 500: Keimaman Semua Orang Percaya dan Panggilan Hidup Kristiani

Salah satu sumbangsih terbesar yang dihasilkan oleh Reformasi Protestan pada abad ke-16 di Eropa bagi kekristenan adalah doktrin Keimaman Semua Orang Percaya. “Tidak ada perbedaan mendasar di antara jemaat biasa dan pendeta, para bangsawan dan para uskup, yang sakral dan yang sekuler, selain dari jenis pekerjaan yang mereka lakukan—bukan dalam hal status (rohani) mereka.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk WRF General Assembly 2019 yang telah diadakan pada 8-12 Agustus 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
kehidupan sebenarnya adalah mudah & simple dari mulai bayi kita tidak terasa & mulai terasa arti hidup ketika...

Selengkapnya...

Shalom Pak Pendeta. 1.Bagaimanakah saya boleh membeli buku hasil penulisan bapak? kerana saya berada di Malaysia...

Selengkapnya...

baik

Selengkapnya...

saya mau bertanya aja, kalau di katakan bahwa "when they were created, human can be self-centered",...atau...

Selengkapnya...

Terima kasih untuk renungan tentang kasih Allah.

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲