Tulisan oleh "Juan Intan Kanggrawan" (35 buah)

Resensi

7 Perkataan Salib

Judul: 7 Perkataan Salib Penulis: Pdt. Dr. Stephen Tong Penerbit: Lembaga Reformed Injili Indonesia Tebal: 151 halaman Cetakan: Pertama, Juli 1992

Selengkapnya...

Artikel

Jauh tetapi Dekat, Dekat tetapi Jauh

Orang majus, Simeon, dan Hana. Tiga “nama” ini membuat aku termenung dan terheran-heran. Pertanyaan-pertanyaan berkecamuk di kepalaku. Mengapa dari sekian banyak orang yang tinggal di Betlehem, akhirnya malah orang yang menempuh perjalanan begitu jauh dari Timur yang datang untuk menyembah Yesus? Mengapa orang-orang yang tinggal di Betlehem, yang begitu dekat, yang mungkin setiap hari bisa bertemu muka, sama sekali tidak sadar bahwa penggenapan janji yang sudah dinantikan selama ribuan tahun sebenarnya sedang berada di tengah-tengah mereka?

Selengkapnya...

Artikel

Kembali!

Celaka! Benar-benar celaka! Kenapa aku baru tahu sekarang dan tidak kusadari lebih awal?! Kenapa selama ini aku merasa baik-baik saja seolah tidak ada masalah? Padahal kesalahan yang begitu besar sudah kerap kali kulakukan tanpa sadar. Bahkan bukan hanya aku yang melakukannya, tetapi juga anggota keluarga, teman-teman, dan seluruh lingkunganku. Sepertinya murka yang benar-benar panas membara dan hukuman yang sungguh berat tidak dapat lagi terhindarkan. Celakalah aku!!! (Seraya mengerang, meratap, dan merobek-robek pakaian).

Selengkapnya...

Artikel

Kisah-kisah

Harry Potter, Naruto, One Piece. Inilah segelintir dari kisah-kisah yang begitu digemari anak muda beberapa tahun belakangan ini. Sadar atau tidak, hidup kita begitu dekat dan melekat dengan kisah-kisah ataupun cerita-cerita. Tidak berlebihan kalau kisah-kisah tersebut akhirnya akan sangat mempengaruhi karakter kita, khususnya yang kerap kali kita dengar sejak masa kanak-kanak. Dari kecil, kita mungkin sudah begitu akrab dengan cerita mengenai si Kancil, Cinderella, Tiga Babi Kecil, ataupun Kelinci dan Kura-Kura. Beranjak ke SD dan SMP, kita mulai menikmati cerita-cerita komik.

Selengkapnya...

Artikel

Dimensi-Dimensi Kebangkitan

Kebangkitan… Inilah satu kata yang begitu menggugah, memberikan inspirasi, menggerakkan, dan memberikan pencerahan. Suatu kata yang mengubah pergerakan roda sejarah, menutup lembaran panjang suatu era, mempersatukan bangsa yang begitu besar dan majemuk, dan merangsang dobrakan yang belum pernah ada sebelumnya. Namun juga tidak jarang, istilah yang begitu agung ini akhirnya hanya dijadikan topeng atau diselewengkan begitu rupa untuk melahirkan hal-hal yang begitu bobrok dan busuk. Kita sebagai orang Kristen kerap kali mendengar kata ini, khususnya pada momen-momen menjelang Paskah. Namun sudahkah kita masing-masing memikirkan bobot, kekentalan makna yang begitu luar biasa, dan sekaligus unsur kebahayaan dari satu kata tadi, yakni “kebangkitan”?

Selengkapnya...

Artikel

Hidup Kristen dan Persekutuan

Allah Tritunggal adalah Allah yang memiliki relasi persekutuan yang begitu sempurna. Sejak mulanya, ketiga pribadi Allah, yakni Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus sudah saling mengasihi dan memiliki persekutuan yang indah dan mesra. Inilah yang menjadi dasar bahwa manusia memerlukan hidup berkomunitas dan berelasi dengan orang lain. Karena manusia dicipta sesuai dengan peta dan teladan Allah maka sifat-sifat Allah juga turun kepada manusia, termasuk sifat untuk bersekutu.

Selengkapnya...

Artikel

Ke manakah Kita Berlari?

Siang itu, matahari di bumi Kalimantan bersinar begitu terik menyengat. Ilalang dan rumput liar terhampar di samping jalan yang sepi, mendaki, berbatu, berpasir, berlubang, dan yang lebarnya hanya dapat memuat sekitar satu setengah mobil. Di hari seperti itu, seorang pemuda harus berjalan kaki sambil memanggul tas ranselnya yang cukup berat sejauh kira-kira 7 km menuju tempat tujuannya. Tiba-tiba dari arah berlawanan, datang tiga truk besar pengangkut batu bara yang lebarnya sudah memakan lebih dari setengah jalan tersebut. Sang pemuda itu pun berjalan lebih menepi untuk menghindari hempasan truk yang bagaikan raksasa itu. Dalam sekejap mata, pandangan pemuda tersebut mendadak menjadi kabur dan matanya terasa begitu pedih! Apakah yang sedang terjadi? Ternyata, tembok debu cokelat pekat setinggi 3 meter dengan panjang belasan meter telah tercipta akibat lajuan cepat tiga truk besar tersebut di atas tanah di musim kemarau yang terik.

Selengkapnya...

Artikel

Menghidupi Panggilan sebagai Pemuda-Pemudi Kristen

Dalam edisi pertama di tahun 2012 ini, buletin PILLAR akan kembali membahas tema besar mengenai pemuda dan gerakan. Dalam bagian awal artikel ini, pertama-tama saya akan menyoroti identitas dan natur pemuda/i terlebih dahulu. Sungguh menarik, Alkitab memberikan gambaran yang begitu transparan, lengkap dengan segala kelebihan dan kelemahan dari seorang muda. Dari sana, kemudian saya akan menggali beberapa nasihat, prinsip, dan tuntunan yang Alkitab berikan kepada orang muda. Biarlah melalui artikel singkat ini, kita boleh sekali lagi sama-sama menyadari, mendoakan, dan menghidupi peran dan tanggung jawab kita sebagai pemuda-pemudi Kristen.

Selengkapnya...

Artikel

Pengajaran dari Jemaat di Laodikia

Beberapa tahun lalu saya pernah berbincang-bincang dengan kawan-kawan yang dengan sengaja menghindar untuk membaca kitab Wahyu. Saat saya mempertanyakan alasannya, saya mendapatkan jawaban yang bervariasi. Mulai dari ketidakmengertian makna karena banyaknya tanda-tanda dan kentalnya unsur simbolis, sampai pada ketakutan akan masa penyiksaan karena teman saya ini memegang pandangan pra-milenialisme yang kuat. Padahal, kitab Wahyu juga adalah bagian dari Alkitab, wahyu Tuhan yang cukup dan lengkap bagi umat percaya. Jadi tidak seharusnya kita melewatkan pembacaan kitab ini.

Selengkapnya...

Artikel

William Farel: Sang Pengkhotbah yang Dinamis

William Farel adalah seorang penginjil dari Perancis dan telah mendirikan gereja Reformed di beberapa kanton di Swiss, yakni Neuchâtel, Berne, Geneva, dan Vaud. Ia adalah anak sulung dari enam bersaudara. Farel dilahirkan dalam keluarga yang cukup mapan, namun karena situasi yang semakin memburuk, ia akhirnya harus menjalani masa-masa hidup yang sangat miskin dan sulit. Dalam tahun-tahun awal Reformasi di Perancis, ia belajar di bawah seorang pastor Katolik yang pro-reformasi, bernama Jacques Lefèvre d’Étaples. Lefèvre adalah seorang yang sangat meyakini doktrin justification by faith, namun ia masih tidak meninggalkan Katolik Roma.

Selengkapnya...

Artikel

Kristologi dan Ratapan Komunal

Kitab Ratapan mungkin adalah salah satu kitab yang agak “terlupakan” oleh kebanyakan orang Kristen. Terlebih lagi zaman sekarang, kita sudah sangat jarang melihat sekelompok orang yang menangisi suatu hal dengan begitu pedih dan syahdu. Mungkin suasana seperti ini hanya dapat kita rasakan di tempat pemakaman atau rumah duka. Padahal jika kita menggali kitab Ratapan lebih dalam, kita akan menemukan makna yang begitu indah, relevan, dan signifikan.

Selengkapnya...

Artikel

Sejarah Periode Bapa-bapa Gereja: Sebuah Gambaran Singkat

Melalui sejarah Gereja, kita akan sama-sama melihat pimpinan dan pemeliharaan Tuhan yang begitu nyata atas Gereja-Nya. Berbagai perubahan zaman telah dilalui, lengkap dengan segala jenis keunikan dan tantangannya. Gereja telah dan terus-menerus ditopang dari berbagai bentuk penganiayaan, ajaran sesat, hinaan kaum-kaum yang menolak firman Tuhan, dan segala kerusakan moral. Melalui artikel ini, mari kita sama-sama menghitung kembali dan mensyukuri anugerah Tuhan yang begitu indah dan besar atas Gereja-Nya.

Selengkapnya...

Artikel

Pengantar Wawasan Kristen

Setiap manusia pasti memiliki suatu struktur pikiran dan kumpulan proposisi yang ia percayai. Hal ini bisa terbentuk dari banyak faktor seperti pengalaman hidup, pendidikan, masyarakat sekitar, nilai-nilai yang ditanamkan sejak kecil, pembawaan, dan lain-lain. Struktur pikiran ini akhirnya membentuk jaringan yang bersifat saling menopang. Jika kita terus menelusuri struktur-struktur ini, akhirnya sampailah kita pada fondasi yang tidak perlu ditopang lagi oleh proposisi atau struktur apa pun. Inilah yang kita kenal dengan istilah presuposisi. Sedangkan yang disebut worldview adalah suatu cara pandang yang kita gunakan dalam melihat dan menginterpretasi seluruh realitas.

Selengkapnya...

Artikel

Kejatuhan dalam Dunia Pendidikan Masa Kini

Maksud utama artikel ini sebenarnya sederhana, yakni mengajak pembaca untuk bersama-sama memikirkan kembali beberapa pertanyaan dasar. Siapakah itu guru? Apa itu mengajar? Apa tujuan akhir dari mengajar? Pembahasan akan terpusat dalam menjawab tiga pertanyaan dasar tersebut. Beberapa perspektif seperti perkembangan konsep pendidikan sepanjang sejarah dan pandangan dari beberapa tokoh penting akan digunakan untuk memperkaya pengulasan dalam tulisan ini.

Selengkapnya...

Artikel

Jadi, Apa yang Harus Aku Kerjakan Sekarang?

Sebagai orang Kristen, kita tentunya harus menjalankan setiap panggilan kita dengan setia, gentar, dan tidak boleh lalai. Allah adalah Allah yang terus bekerja sepanjang sejarah dan terus memilih dan memanggil pelayan-pelayan-Nya. Tidak ada seorang pun yang bisa merasa dirinya begitu istimewa, penting, dan tidak tergantikan. Dalam kitab 1 Raja-Raja 19 dikisahkan bahwa Elia yang melarikan diri dari Izebel dan sebetulnya tidak terlalu berbuat apa-apa, justru merasa bahwa dirinya sedang giat melayani Tuhan.

Selengkapnya...

Artikel

Perenungan mengenai Peran Civil Society di Negara Demokrasi

Dalam Roma 13 dan 1 Petrus 2, Alkitab dengan jelas memaparkan hak dan peran pemerintah. Pemerintah memang mendapatkan otoritas yang sangat tinggi, namun kita tidak boleh lupa bahwa otoritas itu berasal dari Allah. Jadi, Allah berhak menerima pertanggungjawaban bahkan berhak mencabut otoritas itu dari pemerintah. Sebagai orang Kristen, kita juga diperintahkan untuk takut dan taat kepada pemerintah.

Selengkapnya...

Artikel

Hukum: Penghayatan Melalui Perspektif Pribadi dan Intensi

Hukum di seluruh dunia dibedakan menjadi dua, yakni yang berasal dari wahyu umum dan wahyu khusus. Dalam perspektif wahyu umum, kita bisa mengerti bahwa semua orang (juga yang tidak mengenal Tuhan) sadar bahwa hukum sangatlah penting dan diperlukan dalam masyarakat. Bahkan dalam kebudayaan-kebudayaan kuno sekalipun, hukum sudah muncul dalam kebudayaan tersebut. Namun dalam perspektif wahyu khusus, hanya Sepuluh Hukum yang langsung bersumber dari Allah. Maka tidak ada konstitusi lain di seluruh dunia yang dimulai dengan kalimat “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku”.

Selengkapnya...

Artikel

Potensi dan Tantangan Kehidupan Bergereja dalam Konteks Masyarakat Urban

Gereja pada masa permulaan pernah menghadapi situasi yang mirip dengan konteks masyarakat di kota besar zaman sekarang. Perlu diingat bahwa jemaat mula-mula dirintis dalam kota besar Yerusalem dan memiliki anggota jemaat yang terdiri dari banyak etnis dan golongan. Dengan jumlah awal jemaat 3.000 orang dan semakin hari semakin bertambah secara pesat, beberapa tantangan pun mulai muncul. Timbul sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka terabaikan.

Selengkapnya...

Artikel

Home and Loneliness: A Reflection on Incarnation

"Home." Di dalam istilah ini, terkandung aspek asal/sumber, keberadaan, relasional, penerimaan, kehangatan, atmosfer kedamaian, intimasi, kerinduan untuk berdiam, peristirahatan, sentralitas dalam hati, kerinduan/dorongan untuk kembali/pulang, dan berbagai kekayaan aspek lainnya.

Selengkapnya...

Artikel

Pemuda dan Seruan

Pemuda. Inilah suatu periode hidup manusia yang penuh dengan berbagai potensi dan sekaligus kebahayaan. Pemuda penuh dengan segala kekuatan, semangat, vitalitas, daya eksplorasi, dan inovasi. Di saat yang sama, pemuda sangat rentan dengan idealisme yang naif, gejolak gelombang emosi, dan kekurangan pengalaman.

Selengkapnya...

Artikel

Perenungan mengenai Ideologi Pancasila (1)

Sebagai orang Kristen di Indonesia, kita sadar bahwa kita memiliki status dwi-warga negara. Kita memiliki status warga negara Kerajaan Sorga dan sekaligus warga negara Indonesia. Tentunya status sebagai dwi-warga negara ini memiliki keunikan, potensi, dan tantangan tersendiri. Pada kesempatan ini, penulis akan sedikit merenungkan keterkaitan antara dua aspek ini. Secara spesifik, penulis akan merenungkan ideologi Pancasila dari perspektifnya sebagai orang Kristen di Indonesia.

Selengkapnya...

Artikel

A Reflection on Risk Management

Kita saat ini hidup di dalam era global di mana ada keterkaitan, konektivitas, dan kompleksitas relasi yang begitu tinggi, sekaligus semakin derasnya kemungkinan-kemungkinan perubahan, ketidakpastian, dan risiko-risiko yang mungkin dihadapi. Hal ini tentunya memiliki signifikansi dan pengaruh yang sangat besar terhadap seluruh lapisan masyarakat dan institusi-institusi yang ada.

Selengkapnya...

Artikel

Lay Ministry Community

Dr. Tim Keller menekankan suatu konsep yang ia sebut Lay Ministry Community. Mereka adalah sekelompok orang awam yang mendapatkan pelatihan dan bimbingan secara lebih personal, sehingga mereka mampu menjalankan sesuai fungsi dan takaran mereka secara aktif dan dinamis.

Selengkapnya...

Liputan & Wawancara

KIN Remaja 2015

Sesi yang begitu padat dari pagi sampai malam dilalui satu per satu. Firman Tuhan disampaikan dengan penuh bobot, keberanian, kesungguhan, dan kelimpahan. Aspek-aspek yang dibahas mulai dari eksistensi Allah, keunikan kekristenan dibandingkan agama-agama lain, doktrin Tritunggal, kesungguhan ibadah di hadapan Tuhan, kaitan iman dan rasio, doktrin pilihan, kebahayaan dan tantangan zaman ini, dan panggilan hidup sebagai remaja dan pemuda. Banyak remaja yang dikoreksi, ditegur, digugah, dan dicerahkan.

Selengkapnya...

Artikel

Penghayatan Pastoral mengenai Doktrin Pilihan

Begitu mendengar Doktrin Pilihan, rasio kita yang sudah jatuh dalam dosa langsung secara otomatis mengajukan pertanyaan, keberatan, keraguan, dan bahkan berbagai serangan. Mulai dari pertanyaan mengenai di manakah kebebasan atau tanggung jawab manusia, seberapa detail Allah menetapkan berbagai aspek hidup, kecurigaan mengenai Allah yang bersifat diktator, tuduhan bahwa Allah tidak adil, Allah sebagai penyebab dosa, perdebatan single/double predestination, sengaja dikontraskan dengan aspek doa dan penginjilan, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya...

Artikel

Universitas Reformed Injili: Sebuah Harapan

Kita akan sedikit mengingat kembali dua prinsip dasar seputar dunia pendidikan. Prinsip pertama adalah mengenai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Tujuan pendidikan bukanlah sebagai batu loncatan untuk mencari kerja, menjadi ajang pamer kehebatan/kepintaran, ataupun sarana kompetisi untuk mencari nilai yang tertinggi. Pendidikan seharusnya membawa seluruh pelajar untuk semakin mengenal Allah.

Selengkapnya...

Artikel

New Calvinism di Indonesia

Gerakan Reformasi yang dimulai pada tahun 1517 terus mengalami perkembangan. Tuhan telah membangkitkan begitu banyak orang yang setia sepanjang sejarah untuk melayani-Nya. Dalam konteks kita saat ini, ada berbagai wacana, analisis, dan perbincangan mengenai New Calvinism, yakni bagaimana prinsip dan spirit reformasi terus digumulkan dan diterapkan sesuai dengan pergumulan zaman ini. Majalah TIME sendiri pernah membahas bahwa New Calvinism termasuk salah satu ide yang memberikan signifikansi dan kontribusi besar terhadap dunia.

Selengkapnya...

Artikel

Refleksi mengenai Remaja-Pemuda melalui Tradisi Bar-Mitzvah

Refleksi mengenai tradisi “Bar Mitzvah” (Anak Taurat) yang lebih dekat ke tradisi Yudaisme dibandingkan Protestan, atau lebih spesifik lagi Calvinis. Namun penulis tetap merasa bahwa ada hal-hal yang menarik dan relevan yang kita bisa pelajari sama-sama sebagai orang Kristen (dan lebih luas lagi sebagai manusia yang hidup di bumi ini).

Selengkapnya...

Artikel

Our Deep Longing for the Supreme King

Semua masyarakat setidaknya memiliki kerinduan akan sosok pemimpin yang agung, bijaksana, adil, dan memerhatikan kesejahteraan rakyat. Tidak peduli orang tersebut adalah orang Kristen atau bukan.

Selengkapnya...

Artikel

Kristus Sebagai Nabi, Imam, dan Raja: Sebuah Refleksi dalam Hidup Sehari-hari

Bibit pemikiran mengenai Kristus sebagai Nabi, Imam, dan Raja diduga sudah muncul dalam pemikiran Bapa Gereja Eusebius dari Kaisarea. Memang sebelum Reformasi, ada beberapa pembahasan yang menyoroti aspek-aspek dari raja, imam, atau nabi secara terpisah. Namun Yohanes Calvin yang kemudian diakui sebagai tokoh yang secara unik mengembangkan pemahaman ini secara komprehensif dan terstruktur. Khususnya dalam melihat Kristus sebagai penggenapan sempurna dari tiga jabatan penting ini. Dengan demikian, orang-orang percaya sudah sewajarnya hidup dengan meneladani Kristus sebagai contoh yang sempurna.

Selengkapnya...

Artikel

Jembatan: Refleksi mengenai Jurang Lintas Generasi dalam Kitab Ezra

Artikel ini ditulis sebagai refleksi pribadi penulis dalam perenungan mengenai Kitab Ezra, secara khusus berkenaan dengan tema “Jurang antara dua generasi”. Nantinya, aplikasi perenungan ini bisa sangat beragam dan terkait dengan lingkup keluarga, pekerjaan, gereja, sampai negara.

Selengkapnya...

Artikel

Head and Heart: A Brief Reflection about Jonathan Edwards

Penulis tergerak menulis artikel ini sebagai bentuk refleksi ketika mendatangi dan memerhatikan kondisi beberapa persekutuan kampus dan gereja di Jakarta dan Singapura. Persekutuan-persekutuan dan gereja-gereja tersebut memiliki fokus, program, dan penekanan yang berbeda-beda. Ada yang memerhatikan aspek emosi, pujian, kegiatan sosial, pergumulan relasional, kebersamaan, pengajaran doktrin, ataupun penginjilan pribadi.

Selengkapnya...

Artikel

Reformation 500: Fungsi Interpretasi dalam Konteks Postmodern

Zaman ini adalah zaman di mana inovasi dan teknologi berkembang dengan begitu pesatnya. Hampir tidak ada bagian hidup yang tidak tersentuh oleh dahsyatnya perkembangan ini. Perkembangan-perkembangan terjadi di berbagai bidang, baik itu bioteknologi, teknologi informasi, transportasi, manufaktur, dan media. Contoh-contohnya begitu nyata di sekeliling kita.

Selengkapnya...

Artikel

Reformation 500: Pandangan Estetika Jonathan Edwards

Pada artikel ini, penulis akan membahas mengenai bidang filsafat seni. Cakupan pembahasan secara spesifik adalah membahas pemikiran estetika dari Jonathan Edwards. Mengenai prinsip estetika, Alkitab sendiri menekankan keharmonisan dan keterkaitan antara aspek kebenaran, kemuliaan, keadilan, kesucian, kemanisan, keindahan, dan kebajikan.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Amatir Bicara: Kadang-kadang Allah memakai Iblis untuk mencapai maksud-maksud ilahi-Nya dengan mengizinkan Iblis...

Selengkapnya...

Inilah seharusnya y dimiliki setiap orang percaya, bukan menjadi suatu komunitas "VIV". Karena sering yg...

Selengkapnya...

Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲