Tulisan oleh "Kenneth Hartanto" (6 buah)

Artikel

Theology and Counselling Psychology

Sam Harris, salah satu pilar gerakan atheisme baru (new atheism), pernah mengatakan bahwa keberhasilan di dalam bidang sains sering kali datang dengan mengorbankan dogma keagamaan atau theologi, dan sebaliknya. Kutipan di atas sebenarnya merupakan suatu manifestasi dari semangat Zaman Pencerahan (Age of Enlightenment) yang meninggikan supremasi rasio dan kemampuan manusia. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, orang mulai menganggap theologi sebagai sesuatu yang kuno, sempit, dan hanya berguna untuk ranah spiritual saja.

Selengkapnya...

Artikel

Doctrine of the Knowability of God

Doctrine of the knowability of God sering dianggap sebagai salah satu doktrin yang paling sentral di dalam kekristenan. Jika Allah tidak dapat dikenal, maka penyembahan kepada-Nya menjadi sesuatu yang mustahil.

Selengkapnya...

Artikel

Natal dan Reformasi: Kebebasan Beragama, Reformasi, dan Radikalisme

Kebebasan beragama masih menjadi salah satu hal yang paling banyak diperbincangkan dan salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh masyarakat dunia. Contohnya adalah kasus-kasus berbau SARA yang merebak di Indonesia belakangan ini.

Selengkapnya...

Artikel

The Significance of Soli Deo Gloria

Jika kita perhatikan baik-baik, Reformasi merupakan sebuah gerakan yang begitu agung, suatu bentuk intervensi Tuhan di dalam sejarah umat manusia. Demikian juga semangat yang dikobarkan oleh gerakan ini, sangatlah krusial bagi keberlangsungan dan keutuhan sejarah keselamatan. Secara singkat, semangat gerakan ini salah satunya tercermin dalam “Lima Sola.”

Selengkapnya...

Artikel

Education and Pragmatism

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world!” Kutipan ini dikatakan Nelson Mandela berkenaan dengan signifikansi dari pendidikan bagi umat manusia. Pada umumnya, orang akan setuju dengan kutipan di atas karena kita percaya bahwa melalui pendidikan kehidupan manusia dapat diubah menjadi lebih baik. Tidak banyak yang menganalisis dan mengkritisi filsafat di balik sistem pendidikan zaman sekarang, apalagi membandingkan dengan yang Alkitab nyatakan tentang tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Selengkapnya...

Artikel

Henokh: Setia Hidup bersama Allah

Henokh merupakan satu tokoh Alkitab yang sangat menarik. Di satu sisi, Henokh dicatat di dalam Alkitab hanya sebanyak tiga kali, yaitu di Kejadian 5, Ibrani 11, dan Yudas 14.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di Sumatra Utara yaitu di kota Kisaran, Rantauprapat, Pematangsiantar, dan Tarutung pada 7-10 Mei 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Mungkin Mordekhai boleh disebut sebagai orang yang tunduk kepada hukum kerajaan, tetapi dia bukanlah orang yang...

Selengkapnya...

Hallo pak Stephen Tong, saya mau bertanya apakah kita percaya terlebih dahulu baru menerima roh kudus? Atau roh kudus...

Selengkapnya...

Salam. Terima kasih sebelumnya, saya sangat terberkati dengan pesan yang disampaikan. Namun alangkah baiknya definisi...

Selengkapnya...

Sangat memberkati. Mohon berbagi renungan harian nya. Terima kasih banyak Tuhan Yesus memberkati

Selengkapnya...

Menurut saya, Yang harus kita tanyakan dalam diri kita adalah apakah musik puji-pujian/lagu yg kita bawakan tersebut...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲