Tulisan oleh "Lukas Yuan Utomo" (81 buah)

Resensi

Alergi Manusia terhadap Dosa

Judul : Tidak Seperti Maksud Semula Subjudul : Suatu Ikhtisar Populer tentang Dosa Pengarang : Cornelius Plantinga, Jr. Penerjemah: Ellen Hanafi Penerbit : Momentum Tahun : 2004 (cetakan pertama) Tebal : xviii + 214 halaman

Selengkapnya...

Artikel

Ketetapan Hati Seorang Yohanes Calvin

Pergumulan dengan Tuhan melalui Keluarga dan Sahabat

Selengkapnya...

Artikel

Paskah: Manusia Dalam Krisis

“Paskah lagi, Paskah lagi. Kapan aku bisa ada masa ’ketenangan’? Baru selesai KKR Natal, sekarang sudah langsung siap-siap untuk KKR Paskah. Paskah kan berarti sudah lewat. Pasca kan? Ngapain ini yang sudah lewat diurusin? Bukankah Paskah berasal dari kata Passover yang artinya dilewati dan memang kejadiannya sudah lewat lama sekali?”

Selengkapnya...

Artikel

Kebangkitan Saya Sekarang

Ketika mendiskusikan tentang Revival atau Kebangunan Rohani, kami sadar ada beberapa istilah penting yang mirip dengan kebangunan dan kadang digunakan secara bergantian sehingga kami bertanya-tanya di manakah letak perbedaannya. Misalnya istilah bahasa Indonesia berikut ini: Kebangunan, Kebangkitan, dan Kesadaran. Belum lagi selama proses penulisan ini saya menjadi teringat beberapa istilah lagi dalam bahasa Inggris seperti vivification (aktif dan penuh vitalitas), quickening (hidup dan kelahiran), dan resurrection (kebangkitan).

Selengkapnya...

Artikel

Doa Pusat Hidup

Saya percaya banyak dari kita akan melakukan refleksi dan merenung ketika diperhadapkan dengan fenomena (slice of life and reality) dan membuat kita bertanya: Tuhan mau kita menjadi seperti apa? Atau, apa yang seharusnya kita lakukan? Pdt. Billy Kristanto di dalam sharing-nya berulang kali mengatakan bahwa panggilan itu digerakkan karena melihat kebutuhan, melihat ladang yang menguning. Apa yang Tuhan mau nyatakan kepada kita? Kita yang sederhana dan terbatas di tengah-tengah dunia yang luas dan kompleks ini. Juga kita yang kompleks dan berimajinasi ideal tinggi di tengah-tengah dunia yang rutin dan banal ini.

Selengkapnya...

Artikel

Hening dan Bening

Edisi Pillar bulan September 2011 ini mengambil tema: Puasa, tetapi saya tidak akan membahas tema Puasa secara langsung karena artikel-artikel lainnya sudah membahas dengan sangat baik dan lengkap di edisi kali ini. Bulan September 2011 ini juga bertepatan dengan bulan Ramadhan bagi orang muslim tetapi saya percaya alasan pemilihan tema ini lebih berkait kepada rangkaian tema spiritual discipline yang sudah dibahas oleh Pillar beberapa bulan ini yaitu Saat Teduh dan Berdoa.

Selengkapnya...

Artikel

Natal: Sebuah Berita

Berita kelepasan merupakan berita yang paradoks. Berita kelepasan menyebabkan Yesus yang bebas harus terbelenggu. Pada saat Yesus datang untuk memberikan comfort kepada umat-Nya, Ia lahir di tengah-tengah discomfort. Mungkin tempat tidur pertama-Nya berjerami kasar dan menusuk punggung-Nya menembus lampin. Mungkin tempat tidur pertama-Nya tanpa jerami tapi dari batu dingin yang keras. Makanan sisa bahkan kotoran binatang pasti sangat mengganggu peristiwa kelahiran Yesus yang disertai dengan air dan darah. Tubuh yang kecil dan darah yang mengalir berada dalam ruangan yang sama dengan bekas makanan dan kotoran binatang. Kelahiran Yesus tidak bisa dipisahkan dengan kedatangan Yesus untuk mati.

Selengkapnya...

Artikel

Pemuda dan Pengharapan

Buletin Pillar mengambil tema “Pemuda dan Gerakan Reformed Injili” pada tahun baru 2012. Sesuatu yang “Baru” menimbulkan pengharapan yang adalah jangkar bagi kehidupan dan elemen dasar kehidupan. Pengharapan yang benar akan memberikan kekuatan bagi kehidupan untuk melewati berbagai macam krisis. Ibrani menyatakan bahwa pengharapan di dalam Kristus adalah sauh (jangkar) yang kuat dan aman bagi jiwa kita. Sauh yang dilabuhkan sampai ke belakang tabir oleh Kristus di hadapan takhta Allah. Kristus memberikan perjanjian yang baru, hidup yang baru, dan pengharapan yang baru.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Tahun Baru

Tahun 2013 telah datang dan tahun 2012 telah menjadi sejarah. Ada orang yang tidak dapat melewati tahun 2012 dan ada orang yang khawatir tentang ramalan kiamat 2012. Tahun 2012 menyimpan banyak peristiwa dengan terpilihnya Obama untuk kedua kali, Pilkada untuk Jakarta Baru, mendaratnya Curiosity* di Mars, ditemukannya Higgs Boson*, dan lain sebagainya. Di tengah- tengah Gerakan Reformed Injili, tahun 2012 dimulai dengan sukacita sesudah menggenapkan KKR Regional untuk 1 juta siswa dan dimulainya KPIN di berbagai kota, dan diakhiri dengan genapnya target 1,5 juta jiwa selama tahun 2012. Sekarang, di tahun 2013 dengan target 1,5 juta jiwa yang sama, apakah respons kita? Dan bagaimana dengan kehidupan Kristen kita masing-masing?

Selengkapnya...

Artikel

Gereja Tuhan

GEREJA. Apa yang muncul di dalam benak kita ketika mendengar kata ini? Apakah deretan kata berikut ini muncul: Kemayoran, Pondok Indah, Bintaro, Kelapa Gading, Karawaci, Singapura, Melbourne, dan seterusnya? Atau deret ini yang muncul: Lutheran, Reformed, Presbyterian, Methodist, Baptist, Pentakosta, Karismatik, dan seterusnya? Gereja bukanlah sebatas deretan nama lokasi atau aliran yang kelihatan tetapi Gereja didirikan oleh Tuhan sendiri dengan pedih hati, cucuran air mata, dan penderitaan-Nya. Gereja dilahirkan dengan kematian-Nya yang ditandai dengan air dan darah, dan Gereja disucikan dengan air dan Firman oleh Tuhan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Ibadah Sehari-Hari

Di dalam renungan mingguan PILLAR yang lalu dalam rangka tahun baru Cina, kita mengingat hari Paskah sebagai tahun baru bangsa Israel. Paskah merupakan peringatan ditebusnya bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir oleh TUHAN Allah agar mereka dapat beribadah kepada-Nya.

Karena itu, sesudah orang Israel keluar dari Mesir, TUHAN memberikan berbagai macam aturan untuk menyelenggarakan ibadah melalui Musa yang melihat pola ibadah dari surga tersebut. Para pembaca yang pernah merenungkan lima kitab pertama (pentateukh) di Alkitab pasti mengenal kemah pertemuan, tabut perjanjian, mezbah ukupan, kandil, meja roti sajian, bejana pembasuhan, dan mezbah korban bakaran.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kesetiaan Tuhan

Tiga bulan pertama di tahun 2013 memungkinkan saya membagikan berkat renungan mingguan dengan tema Paskah. Karena Paskah itu adalah tahun baru bagi bangsa Israel yang keluar dari Mesir, maka bulan Januari (tahun baru umum) membawa kita mengingat Paskah (http://www.buletinpillar.org/renungan/tahun-baru). Demikian halnya dengan bulan Februari (tahun baru Imlek) yang terkadang ditandai dengan budaya dan konsep hidup dan konsep Allah yang penuh takhayul, kita dapat mengingat Paskah sekali lagi di mana bangsa Israel dipanggil keluar untuk beribadah kepada Tuhan yang sejati (http://www.buletinpillar.org/renungan/ibadah-sehari-hari).

Pada bulan Maret menjelang Jumat Agung dan Paskah ini, saya mengajak kita sekali lagi merenungkan kesetiaan Tuhan di dalam Paskah. Melanjutkan perenungan ibadah sehari-hari dengan korban pagi dan petang, para pembaca yang pernah merenungkan kitab Imamat mungkin masih mengingat lima jenis korban: Korban Bakaran (burnt), Korban Sajian (grain), Korban Keselamatan (peace), Korban Penghapus Dosa (sin), dan Korban Penebus Salah (guilt). Persembahan Korban Penebus Salah dituntut oleh Tuhan bagi seseorang yang berubah setia terhadap TUHAN dan tidak sengaja berbuat dosa.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

The Festivals

Masih di dalam masa mengingat momen Paskah, kita menuju ke hari raya Pentakosta. Para pembaca Pillar yang pernah membaca 5 kitab Pentateukh Musa pasti mengetahui ada berbagai macam hari raya di dalamnya. Di dalam Imamat 23, kita dapat menemukan berbagai macam hari raya bangsa Israel sebagai berikut:
1. Sabat (Sabbath) - Imamat 23:3
2. Roti Tidak Beragi (Passover) - Imamat 23:4-8
3. Buah Sulung (Firstfruits) - Imamat 23:9-14
4. Tujuh Minggu (Weeks) - Imamat 23:15-21
5. Serunai (Trumpets) - Imamat 23:23-25
6. Pendamaian (Atonement) - Imamat 23:26-32
7. Pondok Daun (Booths) - Imamat 23:33-36

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Pentakosta

Sesudah merenungkan tentang Paskah selama tiga bulan pertama dalam kaitannya dengan tahun baru di Januari, tahun baru Imlek di Februari, dan Jumat Agung di Maret, dan diikuti oleh Buah Sulung sebagai kelanjutan dari Paskah di April (http://www.buletinpillar.org/renungan/the-festivals), saya mengajak pembaca Pillar sekalian untuk memikirkan tentang hari Pentakosta di bulan Mei ini.

Di dalam Imamat 23, kita dapat menemukan berbagai macam hari raya bangsa Israel, di antaranya adalah:
1. Roti Tidak Beragi (Passover) - Imamat 23:4-8
2. Buah Sulung (Firstfruits) - Imamat 23:9-14
3. Tujuh Minggu (Weeks) - Imamat 23:15-22

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kemurahan dan Kekerasan Allah

Para pembaca Pillar yang pernah membaca Lima Kitab Musa (Pentateukh) pasti mengetahui ada berbagai macam hari raya di dalamnya. Di dalam Imamat 23, kita dapat menemukan berbagai macam hari raya bangsa Israel sebagai berikut:
  1. Sabat (Sabbath) - Imamat 23:3
  2. Roti Tidak Beragi (Passover) - Imamat 23:4-8
  3. Buah Sulung (Firstfruits) - Imamat 23:9-14
  4. Tujuh Minggu (Weeks) - Imamat 23:15-21
  5. Serunai (Trumpets) - Imamat 23:23-25
  6. Pendamaian (Atonement) - Imamat 23:26-32
  7. Pondok Daun (Booths) - Imamat 23:33-36

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

The Feast of Trumpets: The Day of Remembrance

Bulan lalu kita sudah membahas tentang Rosh Hashanah yaitu tahun baru bangsa Yahudi saat ini yang berasal dari tradisi hari raya Serunai. Hari Raya Serunai, Pendamaian, dan Pondok Daun menurut kalender umum jatuh pada bulan September – Oktober dan kita akan membahas hari-hari raya ini beberapa bulan ke depan. Sesungguhnya apakah yang dapat kita pelajari dari Hari Raya Serunai?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

The Day of Atonement (1) – Fasting

Indonesia sebagai negara berpenduduk agama Islam terbesar di dunia pasti mengetahui bahwa umat Islam sedang dan akan selesai menunaikan ibadah puasa pada hari raya Idul Fitri tanggal 8 Agustus 2013. Mengenai hari raya dan puasa, saya ingin mengajak pembaca PILLAR untuk memikirkan salah satu hari raya bangsa Israel yang tercatat di dalam kitab Musa, yaitu: Pendamaian. Di dalam lima kitab Taurat Musa, Hari Raya Pendamaian merupakan satu-satunya hari di sepanjang tahun diadakan puasa bersama secara nasional. Apa signifikansinya?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

The Day of Atonement (2) – Substitution

Kambing hitam adalah kata yang sudah umum digunakan. Tetapi tidak semua dari kita mengerti kesulitan menanggung beban orang lain. Menjadi kambing hitam adalah sesuatu yang berat. Dijadikan kambing hitam dan difitnah adalah hal yang sangat menyakitkan. Inilah yang akan kita pelajari bulan ini.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

The Feast of Booths: The Joyful Day of Thanksgiving

Hari Raya Pondok Daun (The Feast of Booths) disebut juga Hari Raya Panen karena merayakan akhir dari masa panen buah dan kacang-kacangan musim panas. Bangsa Israel belajar mengucap syukur dan bersukacita atas anugerah Tuhan yang telah dikaruniakan kepada mereka di dalam tanah Kanaan dengan tempat tinggal tetap. Tuhan memimpin mereka selama empat puluh tahun di padang gurun seperti musafir di mana mereka tidak mempunyai tempat tinggal tetap. Mereka harus tinggal di pondok/tenda/kemah termasuk Kemah Suci yang juga berpindah-pindah selama di padang gurun.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

The Sabbath: The Moment of Rest and Worship

Di tengah-tengah kehidupan kota besar yang hectic menjenuhkan penuh dengan hutan beton atau kota kecil yang lamban membosankan kurang hiburan, apakah kita masih senantiasa dapat beraktivitas dengan hati tenang beribadah di dalam Dia? Kiranya visi bapa Abraham yang merindukan tanah air sorgawi juga kita miliki. Kita yang mendapat bagian dari perjanjian (kovenan) di dalam Kristus, Anak Allah yang tunggal, juga mendapatkan berkat yang sama yaitu: Allah tidak malu disebut Allah kita, karena Dia telah mempersiapkan sebuah kota bagi kita.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

The Jubilee: The Hopeful Day of Liberation

Tahun Yobel (the Jubilee Year) muncul setiap 50 tahun sekali di dalam sejarah Israel. Sesudah melewati 49 tahun (7 kali tahun Sabat yang masing-masing adalah 7 tahun), maka datanglah tahun Yobel di tahun ke-50. Di dalam hidup kita, 50 tahun diperingati sebagai tahun emas, setengah abad, suatu periode hidup yang tidak pendek. Mulai dari kemerdekaan 50 tahun, ulang tahun 50 tahun, pernikahan 50 tahun, perusahaan berdiri 50 tahun, dan seterusnya. Umumnya, 50 tahun digambarkan dengan suasana bahagia, termasuk tahun Yobel juga berwarna cerah bagi bangsa Israel yang menantikan hari pembebasan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Natal: Adakah Tempat Bagi-Nya?

Di tengah-tengah carut-marutnya kehidupan, baik di kota besar atau desa kecil, apakah hati kita turut carut-marut? Alkitab berkata semua manusia berdosa. Lidah mereka merayu-rayu dan kerongkongan mereka itu kuburan menganga. Apakah Tuhan dan firman-Nya di dalam Kitab Suci berbohong? Sesungguhnya jika kita mengaku kita tidak ada dosa, kita menjadikan Dia pendusta. Memang kita adalah pendosa, tetapi apakah benar gambaran firman Tuhan bahwa bibir kita berbisa dan mulut kita penuh sumpah serapah?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Banjir

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong. Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Sesudah itu, pada hari yang kedua, Allah memisahkan air yang di atas bumi dan di bawah bumi dan menamainya cakrawala. Sesudah itu, pada hari yang ketiga, Allah memisahkan air lagi dan mengumpulkannya pada suatu tempat dan menamai kumpulan air itu laut dan yang kering itu darat.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kelud

Kemelut yang diletuskan oleh Kelud minggu lalu menorehkan impresi ke benak sebagian orang. Gunung yang sangat lincah ini meletus berkali-kali hanya di dalam satu abad saja. Ratusan ribu warga di dalam radius 10 km dari Kelud harus meninggalkan rumah dan pekerjaannya dan jutaan manusia lainnya di pulau Jawa tidak terhindar dari hujan abu. Sebagian bangkrut, sebagian sakit, dan jutaan rugi karena transportasi lumpuh, aktivitas ekonomi mati karena dampak dari Kelud.

Ketika terkena dampak bencana Kelud dan menjadi sakit, ada bagian Alkitab yang menarik perhatian saya yaitu: Confirm to your servant your promise, that you may be feared (Ps. 119:38 - ESV).

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Tahun Politik

Tahun 2014 adalah tahun politik di Indonesia. Media massa sudah ramai memberitakan berbagai kampanye yang dilakukan menjelang pemilu legislatif tanggal 9 April 2014. Belum lagi genap satu minggu, ada tambahan kandidat presiden dari salah satu partai bersayap nasionalis, yang menambah ketatnya persaingan politik di Indonesia. Presiden yang terpilih akan memegang tampuk kepemimpinan tertinggi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Jumat Agung

Yohanes 14:19b adalah ayat yang membawa Ravi Zacharias bertobat. Ravi, seorang penginjil internasional, datang ke Indonesia hari minggu lalu membawakan sharing pengalamannya. Ayat yang dibaca oleh ibunya yang Kristen KTP dan tidak mengerti ayat Alkitab ini menggugah hati Ravi yang sedang terbaring di rumah sakit dan membuatnya kembali kepada Tuhan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Ibu Yang Dikasihi Tuhan

Sekitar pukul 10 pagi, seorang ibu terlihat kelelahan dan keriput di wajahnya basah oleh keringat. Sesudah bangun pukul 5 pagi, dia bergegas menyiapkan kopi untuk suami tercinta dan membuat makanan untuk anak-anak yang akan sekolah. Sang suami masih tertidur lelap dan anak-anak masih senyap di dalam mimpi. Pukul 6 tiba, dia harus membangunkan suami dan mendisiplin anak-anak untuk segera bangun, mandi, berganti pakaian, makan, dan berangkat ke sekolah. Pukul 7 ketika suami membaca koran, dia menyiapkan dan merapikan barang-barang keperluan suami serta pakaian kantor agar suami dapat berangkat ke kantor pukul 8 dengan baik.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Tidak Akan Binasa

Beberapa minggu ini pikiran dan jiwa kita dibawa kembali mengingat tragedi Tiananmen Square 1989 (25 tahun lalu) dan tragedi Jakarta Riot 1998 (16 tahun lalu).

Tiananmen Square (Juni 1989)
Di tengah-tengah rentetan senapan otomatis yang mewarnai udara, berlaksa-laksa penduduk Beijing termasuk para lansia berada di tempat terbuka untuk menghentikan tentara. Sebuah tank telah melindas truk yang terbalik dan menghancurkan seseorang. Saksi mata melihat mayat-mayat berlumuran darah terbaring di jalanan. Beberapa tentara berdiri di dalam truk dan menangis.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kebangkitan

Indonesia bangsa yang besar, Indonesia bangsa yang bermartabat, Indonesia bangsa yang luhur. Indonesia adalah bangsa yang bercita-cita. Almarhum Presiden Soekarno pernah berkata, “Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit... Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” Tetapi mengapa sekarang cita-cita luhur bangsa dihunjamkan ke bumi bak meteor oleh korupsi? Setanlah yang sesungguhnya dilemparkan dari sorga ke bumi oleh Tuhan tetapi mengapa bangsa kita juga terpuruk?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Putra Terbaik Alam Semesta

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

Dua paragraf di atas merupakan alinea pertama dan ketiga dari Pembukaan UUD 1945. Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia bukanlah pemberian penjajah melainkan perjuangan putra-putri terbaik bangsa. Kemerdekaan yang diperjuangkan dengan pertumpahan darah menyatakan keluhuran dan martabat bangsa. Hari kemerdekaan bangsa Indonesia adalah 17 Agustus 1945.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Berjaga-jaga

Langit tanpa bintang dan berasap kerap kali menggelayuti kota besar sebagai dampak kemajuan teknologi. Langit dan skyline kota besar bertabur lampu gemerlap sebagai lambang kehebatan dan pencapaian manusia. Kota demi kota berlomba-lomba meningkatkan perekonomian agar meroket. Kota-kota besar menjadi powerhouse yang tidak tidur menyibukkan diri dengan perdagangan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Doa Daniel dan Visi Kerajaan Allah

Daniel adalah seorang figur yang digambarkan oleh Alkitab sebagai figur yang benar, berintegritas, dan tidak bercacat cela. Dia menjadi kesaksian yang baik dalam pengabdiannya kepada Nebukadnezar (kerajaan Babel) dan Darius (kerajaan Media-Persia).

Ketika saya merenungkan doa Daniel ini, saya tergerak untuk membagikannya kepada para pembaca PILLAR sekalian. Doa ini menunjukkan seorang Daniel dengan kualitas pemimpin atau raja (benar, berintegritas, dan tidak bercacat cela) yang ternyata memiliki hati yang rendah hati.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Dasar Kehidupan Berkomunitas

Baru-baru ini kita menyaksikan gejolak dan manuver politik pasca pemilu Presiden yang terjadi di tubuh DPR RI. Setiap pihak pasti memiliki agenda sendiri yang sah-sah saja dan merasa mewakili rakyat walaupun belum tentu rakyat merasa diwakili. Tetapi yang lebih mendasar dari fenomena ini adalah apa sebenarnya dasar kehidupan sosial dan masyarakat?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Nilai Manusia

Harga BBM baru saja naik dan menimbulkan gejolak di banyak tempat. Mahasiswa juga melakukan protes. Sebelum harga BBM dinaikkan, di banyak daerah pun sudah terjadi kelangkaan BBM. Apa yang terjadi dengan bangsa kita?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Pengharapan dan Mimpi

Kota-kota metropolitan, megapolitan, dan kosmopolitan di seluruh dunia seperti Jakarta, Singapore, Hong Kong, New York merayakan Natal dengan shopping spree. Tetapi shopping spree tidaklah menjawab kebutuhan kekosongan hati masyarakat. Shopping spree hanyalah memuaskan keinginan mata dan hati konsumtif manusia saja.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Seandainya…

Ada kejadian nyata menyakitkan yang menimpa sebuah keluarga orang percaya ketika anaknya harus mati kecelakaan di dalam mobil. Anak itu pergi bersama teman-temannya dan mobilnya ditabrak oleh pengendara yang tidak bertanggung jawab. Orang tuanya percaya kedaulatan Allah tetapi fakta yang menggigit seperti ular berbisa ini tidak bisa tidak menimbulkan pertanyaan bukan saja di otak mereka tetapi di lubuk sukma mereka yang terdalam. Mengapa ini terjadi? Seandainya saya tidak mengizinkan dia pergi, seandainya saya lebih disiplin melarang dia keluar malam, seandainya saya menemani mereka pergi, seandainya saya sendiri yang menyetir untuk mereka, bukan hari ini dia pergi, seandainya sedikit pagi dia pulang, seandainya mereka lebih berhati-hati, seandainya mereka menyetir dengan lebih waspada dan sigap, seandainya mereka menghindar tepat waktu, dan seterusnya.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Penghiburanku

Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Ajarlah Kami Berdoa

Sebagai manusia, kita hidup dicipta dengan tubuh dan jiwa. Terkadang tubuh kita terasa aktif, penuh sukacita, dan gairah; terkadang juga tubuh kita terasa pasif, penuh apatis, dan lamban. Mau tidak mau, hal ini dipengaruhi dan memengaruhi jiwa kita yang dicipta untuk mengasihi Tuhan sepenuhnya. Bagaimana sebaiknya kita manusia hidup di hadapan Tuhan dengan sifat kita yang berubah-ubah ini?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

KAM

Singapura baru saja kehilangan founding father-nya yang mengubahnya dari rawa-rawa menjadi metropolis. Lee Kuan Yew, seorang pragmatis yang tidak terikat oleh salah satu ideologi selalu memikirkan apa yang terbaik untuk negaranya dan mengabdikan hidup sepenuhnya untuk negaranya. Suatu jasa yang terbukti tiada tara bagi kesejahteraan warga Singapura dan Asia Tenggara di mana Singapura menjadi oasis bagi negara-negara di Asia Tenggara.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kasih dari Kayu Salib

Oleh belas kasihan Tuhan, kita mendapatkan pengertian dari firman-Nya yang agung. Biarlah kita mengingat betapa besarnya kasih Tuhan. Betapa tinggi, panjang, lebar, dan dalamnya kasih Tuhan, khususnya di masa sesudah Paskah dan menunggu Pentakosta.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Doa

Doa itu sejauh lutut bertelut. Doa itu sejauh jiwa berharap dan hati berbisik. Doa itu sejauh tangan terulur. Doa itu tidak jauh dari kita, sehingga kita harus naik ke langit ketujuh atau turun ke dunia orang mati. Doa itu hanya sejauh doa. Doa itu dekat di hati dan dekat di mulut. Tetapi kenapa doa begitu sulit kita lakukan?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Penghiburan Sejati

Hari ini salah seorang saudara yang kami kasihi kehilangan anaknya karena kecelakaan. Suatu tragedi yang memukul kami semua dan mendukakan hati.

Merenungkan kematian tidak bisa dilepaskan dari kehidupan, demikian juga sebaliknya. Kematian adalah akhir kehidupan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Doa dan Injil

Yesus berkata: Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Sebagai seorang Kristen, kita percaya akan kedaulatan Allah dan pemeliharaan-Nya. Dan terkadang kita malah tergoda untuk tidak berdoa karena hal tersebut. Bagaimana dengan kehidupan doa pribadi kita?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Fokus Doa

Yesus mengajar kita bagaimana harus berdoa. Ketika para murid bertanya, “Tuhan, ajarlah kami berdoa”, Yesus mengajar kita berdoa Doa Bapa Kami. Doa Bapa Kami adalah doa yang tidak bertele-tele. Doa yang lengkap menyatakan kemuliaan Allah dan kebutuhan manusia. Sering kali ketika bergumul dalam doa di kehidupan ini, dalam perjalanan mengikut Tuhan selama hidup, kita bingung bagaimana harus berdoa.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Ibadah

Psalm 46:8-10
Come, behold the works of the LORD,
how he has brought desolations on the earth.
He makes wars cease to the end of the earth;
he breaks the bow and shatters the spear;
he burns the chariots with fire.
Be still, and know that I am God.
I will be exalted among the nations,
I will be exalted in the earth!”
The LORD of hosts is with us;
the God of Jacob is our fortress.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Doa dan Hati yang Tenang

Di dalam konteks kehidupan perkotaan, kita tidak terlepas dari masalah perkotaan yang menghadang kita, misalnya: kemacetan, polusi, dan kejahatan. Ini menyebabkan hidup kita menjadi tidak menentu dan terburu-buru. Kewaspadaan sangatlah diperlukan di dalam kita berjaga-jaga. Tetapi di sisi lain, kekhawatiran dan kegelisahan juga akhirnya mau tidak mau mengganggu kita karena situasi di sekeliling kita ini. Bagaimana kita belajar di hadapan Tuhan menyikapi kekhawatiran?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Tuhan Yesus Datang

Di tengah-tengah kehidupan kota besar yang bising, penuh tuntutan, dan kompetisi, nilai-nilai kehidupan tradisional perlahan tergerus. Keramahan dan rasa saling percaya tidak lagi terwujud secara nyata di dalam masyarakat. Sebagian keramahan dan kepercayaan yang ada pun mungkin palsu. Manusia menjadi tertekan dan tidak lagi (atau tidak ada waktu lagi) saling menghargai. Apakah dengan tidak adanya waktu menyebabkan manusia bebas dari tuduhan tersebut, karena hati nurani dan pikirannya tidak sadar dirinya terbawa oleh arus zaman ini?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Waktu dan Musafir

Di dalam 10 tahun belakangan, waktu berlalu dengan sangat cepat bagi mereka yang hidup di perkotaan. Perubahan besar dan dinamika hidup yang tidak berhenti, ada di sekitar kita. Banyak orang merasa restless dan berusaha mencari ketenangan. Pariwisata menjadi industri yang berkembang di mana-mana ditandai dengan munculnya budget airlines dan budget hotel. Restoran mewah banyak menggunakan nama-nama seperti desa, kampoeng, dan bamboo tidak seperti dulu di mana restoran menunjukkan kesan yang mewah dan modern.

Selengkapnya...

Hanya Untuk Percobaan

Waktu dan Musafir

Di dalam 10 tahun belakangan, waktu berlalu dengan sangat cepat bagi mereka yang hidup di perkotaan. Perubahan besar dan dinamika hidup yang tidak berhenti, ada di sekitar kita. Banyak orang merasa restless dan berusaha mencari ketenangan. Pariwisata menjadi industri yang berkembang di mana-mana ditandai dengan munculnya budget airlines dan budget hotel. Restoran mewah banyak menggunakan nama-nama seperti desa, kampoeng, dan bamboo tidak seperti dulu di mana restoran menunjukkan kesan yang mewah dan modern.

Selengkapnya...

Artikel

Natal: Suatu Panggilan yang Nyata bagi Gereja

Dua ribu tahun yang lalu, ada seorang pemuda pergi merantau menempuh perjalanan berhari-hari dari kampung halamannya menuju ke kota lain. Di dalam kota yang baru, dia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, orang-orang baru, dan teman-teman baru. Di sana dia mendapatkan pacar dan berteman untuk beberapa waktu lamanya. Tidak disangka-sangka, ketika mereka sudah bertunangan, pacarnya ternyata tiba-tiba hamil.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Natal: Berita Damai

Apabila kita mempelajari sejarah, ada dua jenis kebudayaan yang melukiskan kehidupan manusia. Kehidupan yang nomaden dan sedenter (settled). Di dalam kebudayaan Timur, di Tiongkok juga ada yang disebut kebudayaan kuda dan kebudayaan sapi. Kebudayaan kuda cenderung nomaden dan berperang sedangkan kebudayaan sapi cenderung sedenter dan damai. Di dalam kebudayaan Barat, kontras antara kehidupan peperangan dan damai juga dilukiskan dengan baik oleh Leo Tolstoy di dalam novelnya yang berjudul War and Peace.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Tangan Tuhan

Hanya di dalam waktu satu minggu, Jakarta diguncang oleh dua kasus pembunuhan berencana yang menimpa warganya. Pembunuhan oleh racun sianida dan pembunuhan oleh bom teroris. Dengan semakin kompleksnya keadaan kota besar, segala sesuatu menjadi tidak menentu dan tidak bisa dikontrol. Inilah realitas urbanisasi besar-besaran yang dirasakan di berbagai kota besar dunia, tidak hanya di Jakarta. Arus perubahan yang sangat cepat membuat batasan-batasan tradisional, institusi, kekuatan kontrol otoritas tidak lagi seperti dulu dengan munculnya internet dan transportasi.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Wait

Di dalam kehidupan kota besar yang penuh dengan kesempatan dan tantangan, waktu bergulir seperti angin. Dalam sekejap mata, hari yang kita alami sekarang tiba-tiba menjadi kemarin atau bahkan bulan lalu. Di tengah-tengah ritme kehidupan kota besar yang cepat, kita kadang kesulitan menjadi manusiawi dan kehilangan ritme yang tepat untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Standar

Jerry Bridges, penulis buku Pursuit of Holiness dan Discipline of Grace, baru saja meninggal dunia minggu lalu pada usia 86 tahun. Kutipan yang terkenal dari beliau adalah:

"Your worst days are never so bad that you are beyond the reach of God’s grace.
And your best days are never so good that you are beyond the need of God’s grace."

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Mengenal Kehendak-Nya

Ditinggalkan orang yang kita kasihi tentu saja akan membuat kita terhenyak. Terkadang kita merasa waktu berlalu begitu cepat. Terkadang kita merasa kuat dan sepertinya tidak merasa apa-apa, tetapi beberapa jam atau hari kemudian baru kita sadar atau syok bahwa orang yang kita kasihi itu sudah tiada. Tidak sedikit orang yang merespons dengan termangu-mangu dan menatap dunia dengan pandangan kosong. Terkadang kita tidak siap memproses hal ini dan dengan pikiran yang kosong, hanya bisa menengadah ke langit.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Tuhan itu Baik

Tuhan itu baik. Dia setia kepada perjanjian-Nya. Dia bukan hanya membantu umat-Nya untuk bertumbuh mengenal-Nya lebih dalam, tetapi Dialah yang memulai dan memimpin seluruh proses perjalanan iman seseorang. Puji Tuhan!

Abram dipanggil keluar dari Ur ketika dia berumur 75 tahun. Dia mendapatkan janji dari Tuhan, pertama, untuk mendapatkan keturunan banyaknya seperti bintang di langit dan pasir di laut. Keturunannya akan menjadi satu bangsa yang besar. Kedua, untuk mendapatkan tanah perjanjian, yakni Kanaan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Pengampunan

Hari Lebaran banyak ditandai dengan ucapan “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Kita patut menghargai iktikad baik dari teman-teman Muslim kita yang berjuang untuk hidup suci selama satu bulan penuh.

Bagaimana dengan kita sebagai orang Kristen?

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kesaksian dan Status Pengikut Kristus

Yoh 15:27 mengatakan bahwa kita harus bersaksi karena kita dari semula bersama-sama dengan Kristus. Jadi, apabila dari semula kita tidak bersama-sama dengan Kristus, barulah kita tidak perlu bersaksi. Kristus mengasihi kita dengan mengirimkan Roh Penghibur dan tugas kesaksian kita adalah bersaksi bersama-sama dengan Dia.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Memuliakan Allah

Ketika kita naik mobil, kita ingin naik mobil yang mantap dan stabil. Ketika mobil itu dipakai untuk berlari kencang di jalan tol, mobil itu tidak akan oleng tertiup angin. Kita ingin mobil yang berbobot, bukan mobil yang tertiup angin.

Ketika kita ingin membeli sesuatu di toko online, kita ingin barang yang dibeli merupakan barang yang berbobot sesuai dengan bobot aslinya. Kita tidak ingin menerima barang yang kelihatannya besar, ongkos kirim mahal, tetapi ketika dibuka isinya kosong.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Menaati Tuhan

Suatu hari di kelas sedang mempelajari Bahasa Inggris, dan untuk mengetes para muridnya guru tersebut menanyai setiap murid yang hadir.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Doa Bagi Bangsa

Di dalam hidup yang berliku-liku ini, sering kali kita tersesat di tengah-tengah tumpukan masalah yang ada. Jiwa kita tertekan melihat lingkungan sekitar kita yang tidak bertuhan, yang tidak mengenal Tuhan, dan tidak memiliki kasih di dalam kehidupan. Apabila kita melihat keluarga besar yang menghina Tuhan, kolega kita yang hidupnya tidak memedulikan adanya Tuhan, dan masyarakat kita yang tidak berseru dan berharap kepada Tuhan, jiwa kita seharusnya sedih dan meratap.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Mazmur 127

Di dalam Mazmur 127 ini kita belajar dari TUHAN bahwa semuanya berasal dari TUHAN. Rumah tangga (ay. 1), pekerjaan (ay. 2), dan anak (ay. 3-5), semuanya berasal dari TUHAN. Rumah tangga akan berkembang menjadi masyarakat (kota), pekerjaan akan mendatangkan makanan (roti), dan anak akan memberi masa depan (anak panah).

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Hina dan Mulia

Kita sedang berada di dalam masa antara Natal dan Tahun Baru. Natal merupakan kedatangan Tuhan Yesus yang pertama kali untuk memberitakan Tahun Baru (rahmat) kepada yang sengsara, remuk hati, dan ditawan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Bertahan di Dunia Orang Fasik

Di dalam kehidupan ini tidak ada yang sempurna. Kita melihat ketidakadilan dan ketidaksalehan di mana-mana. Bahkan tanpa anugerah Tuhan, jika kita melihat ke dalam hati kita, ketidakadilan dan ketidaksalehan itu ada. Bersyukur karena Tuhan telah melahirbarukan hati kita sehingga kita dimampukan untuk berbuat saleh, adil, baik, berkenan, dan yang sempurna. Semua orang sedalam-dalam hatinya mengerti apa itu saleh dan adil tetapi semua orang juga tahu sedalam-dalam hatinya mereka tidak berdaya.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Pengudusan Kita

Raja Daud di dalam Mazmur 108 ini menunjukkan teladan orang yang hatinya senantiasa bersyukur dan berdoa. Raja Daud bersyukur atas apa? Bersyukur (ay. 7-10) karena Tuhan sudah berjanji melalui firman-Nya bahwa Dia akan beria-ria karena kita milik kepunyaan- Nya. Bersyukur bahwa Dia juga akan beria-ria menghancurkan musuh-musuh kita yang menjadi tempat cuci-cuci dan tempat sandal sepatu-Nya.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Psalm 11

Ada beberapa perbedaan kata-kata yang digunakan di dalam terjemahan bahasa Inggris dan di dalam terjemahan bahasa Indonesia untuk Mazmur 11 dan yang menjadi perenungan kali ini saya ambil dari versi bahasa Inggrisnya.

The Lord is in His Holy Temple and in the Lord I take refuge
Keberadaan Tuhan di dalam bait-Nya yang kudus menjadi dasar kita dapat berlindung kepada-Nya. Karena kita dipisahkan (dikuduskan) oleh-Nya dan menjadi milik kepunyaan-Nya sendiri. Kesayangan Allah sendiri. Di dalam pergumulan kita hidup bagi Tuhan dan melayani Tuhan, ada saat di mana kita mengalami tantangan dan keraguan. Hal ini terjadi karena memang kita hidup di dunia yang masih belum sempurna dan ada orang-orang yang melawan Tuhan.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Psalm 13: How Long, O Lord?

Berapa lama lagi ya TUHAN? Di dalam pergumulannya, Daud berseru kepada TUHAN, “Berapa lama” sebanyak empat kali. Terkadang ketika kita berada di dalam masa penantian untuk menunggu kelepasan, kita hanya bisa berseru dan berharap kepada TUHAN. Kita berdoa kepada-Nya dan memohon.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Mazmur 18

Di tengah-tengah keadaan yang tidak pasti belakangan ini, seperti terorisme dan radikalisme, sesungguhnya tempat pertolongan, tempat perlindungan, dan tempat kita bernaung adalah Allah kita yang hidup. TUHAN adalah kekuatan kita, gunung batu, dan kota benteng kita.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Mazmur 23

TUHAN adalah Gembalaku. Ini adalah mazmur yang sangat terkenal dan diketahui oleh banyak sekali orang Kristen. Mazmur yang dinaikkan Daud kepada Tuhannya yang disadarinya betul bahwa Tuhannya akan membela dirinya di dalam masa-masa yang paling sulit sekalipun. Daud yang dirinya juga sebagai seorang gembala mengerti betul ikatan batin antara gembala dengan kawanan domba yang digembalakannya. Dan dia menghidupi hal itu dengan penuh kesadaran dan perasaan bersyukur karena Tuhan merupakan Gembalanya yang akan melepaskannya dari mulut singa dan cakar beruang.

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Mazmur 27

Mazmur 27 dimulai dengan kesaksian dan proklamasi iman akan TUHAN yang adalah Terang dan Keselamatan. Oleh-Nya kita mendapatkan keamanan dari rasa takut dan kekokohan dari rasa gemetar. Bagaimana dengan kehidupan kita hari-hari ini? Apakah kita menghadapi perasaan demikian seperti yang juga digumuli oleh Daud? Daud mendapatkan jawabannya dari Allahnya dan rumah Allahnya (sanctuary).

Selengkapnya...

Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kebahagiaan

Dalam hidup berliku-liku, penuh keluh dan kesah... Itu adalah judul lagu yang sering diberikan ketika seseorang bergumul untuk menjadi saluran berkat di tengah dunia berdosa ini. Ketika kita menjadi saluran berkat, ada hambatan, ada tantangan, bahkan sering ada penolakan. Hati kita susah, karena keinginan baik kita terhambat. Pada saat demikian, biarlah kita memohon kepada Tuhan hati yang rela dan senantiasa berpegang kepada Tuhan.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲