Tulisan oleh "Redaksi Pillar" (183 buah)

Pokok Doa

Februari 2010

Mulai tanggal 31 Januari 2010, khotbah Pdt. Dr. Stephen Tong akan ditayangkan setiap hari Minggu, pk. 15.00-16.00 WIB di jaringan:

  1. SUN TV (Indovision Ch. 83, Top TV Ch. 83, OkeVision Ch. 101)
  2. Deli TV Medan
  3. ...

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2010

1. Bersyukur untuk KKR Medan 2010 yang telah diadakan pada tanggal 22 – 24 Juli 2010. Bersyukur untuk sekitar 12.000 siswa yang hadir pada KKR Siswa, sekitar 10.000 orang yang hadir dalam 3 hari KKR Umum, dan lebih dari 1.700 orang yang hadir dalam Seminar Khusus...

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Oktober 2010

Edisi Oktober ini Pillar terus melanjutkan rajutan tema yang semakin terjalin tentang kaitan antara wahyu umum dan wahyu khusus, namun edisi ini akan difokuskan kepada Penginjilan atas dasar keutuhan dan keluasan wahyu.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Oktober 2010

1. Bersyukur untuk untuk pelayanan Pdt. Dr. Stephen Tong dalam memimpin rangkaian KKR dan NRECUS di Amerika Serikat pada bulan September 2010. Berdoa kiranya Tuhan memberikan kekuatan kepada beliau di dalam pelayanan selanjutnya...

Selengkapnya...

Meja Redaksi

November 2010

Seperti yang kita ketahui selama beberapa edisi terakhir ini Pillar mengulas tema “Keutuhan Wahyu”, di edisi November ini kita akan dibawa melihat tema besar tersebut dalam metode implikasi Cornelius Van Til. Mungkin bagi sebagian besar kita nama tersebut masih asing ataupun kalau pernah dengar kebesaran namanya tanpa benar-benar mengetahui hasil pemikiran dan kontribusi hidupnya bagi kerajaan Allah. Beberapa Artikel akan mengulas tentang metodenya dengan kaitan di dalam bidang akademis maupun semua bidang kehidupan lainnya hingga kehadiran Allah nyata di dunia ini melalui kita yang menghidupi keberadaan kita sebagai anak-anak Allah yang hidup.

Selengkapnya...

Pokok Doa

November 2010

1. Bersyukur untuk sesi tanya jawab yang diselenggarakan oleh STEMI di NUS dan NTU, Singapura pada bulan Oktober yang lalu. Bersyukur untuk para mahasiswa yang telah mengikuti acara ini, kiranya melalui acara tanya jawab ini banyak jiwa dapat dimenangkan bagi Kristus. Berdoa untuk KKR Papua yang diselenggarakan pada tangal 5 - 9 November 2010. Berdoa untuk Pdt. Stephen Tong di dalam pelayanan beliau, kiranya Tuhan memberikan kekuatan, kuasa, dan hati yang senantiasa berkobar di dalam pelayanan, bersyukur juga untuk pelayanan beliau yang selama ini telah menjangkau banyak jiwa...

Selengkapnya...

Pokok Doa

Desember 2010

Bersyukur untuk rangkaian KKR yang telah diadakan oleh STEMI dan dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong selama bulan November 2010 di Papua, Ambon, dan Singapura.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Desember 2010

Merry Christmas!” Bulan ini kita akan sering sekali bertukar sapa dan mengucapkan salam tersebut. Namun bukankah salam “Merry Christmas” sudah terkesan klise dan kehilangan makna sesungguhnya? Pada edisi Desember ini Pillar menampilkan beberapa artikel yang membahas tentang Natal dalam makna yang semula dan yang sesungguhnya, Christmas is really about CHRISTmas! “Kristus! Bukan kita!“ seperti juga ditulis dalam artikel “Christmas: Apocalypse”.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Januari 2011

STOP PRESS!! NEW WEBSITE - www.buletinpillar.org. Di tahun baru ini Pillar online sudah diupdate dengan tampilan dan fungsi-fungsi yang baru. Kalian dapat mengirimkan komentar dan masukan ataupun berdiskusi pada setiap artikel yang terdapat di website. Jangan lupa visit dan jadikan favourite di komputer Anda, ok! Silahkan memberikan masukan ataupun saran-saran yang membangun yah. Selamat berpartisipasi dalam website Pillar yang baru.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Januari 2011

Bersyukur untuk rangkaian KKR Natal yang telah diadakan oleh STEMI yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong selama bulan Desember 2010 di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Singapura, dan Malaysia. Bersyukur juga untuk rangkaian KKR Regional yang telah diadakan selama tahun 2010 ini.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Februari 2011

Berita: STEMI akan mengadakan Asian Faith Consultation dengan tema “Menghadapi Krisis di Abad ke-21” dalam bahasa Mandarin dan Inggris di Cisarua, Jawa Barat, Indonesia, pada tanggal 25 - 27 April 2011.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Februari 2011

Pillar menyongsong Paskah di bulan April akan mulai membahas tema “Kebangkitan” selama tiga edisi mendatang. Kebangkitan – suatu tema sentral bagi iman kita, yang sepertinya kita sudah terlalu terbiasa dengan kata tersebut dan mungkin di dalam hati terbersit, “ah itu mah udah tahu, apa lagi yang bisa dibahas sih?” Kerendahan hati adalah barang langka sekarang ini, namun untuk tiga edisi mendatang dan selanjutnya ketika kita membaca buletin Pillar, Anda memerlukan “barang langka” tersebut untuk benar-benar mengerti kedalaman makna “kebangkitan Yesus” dan dampaknya bagi hidup kita secara pribadi.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Maret 2011

Berita: Asia Pacific Consultation on Christian Faith: Christian Faith and The 21st Century Crisis (dalam bahasa Inggris dan Mandarin) akan diadakan di Cisarua pada tanggal 25 - 27 April 2011.

Doa:1. Bersyukur untuk beberapa KKR Regional yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur dan Flores pada bulan Februari 2011...

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Maret 2011

Ketika kita berhadapan dengan artikel-artikel bertemakan Paskah, kemungkinan kita sudah mengetahui bahwa sebagian besar artikel tersebut akan membahas tentang kematian dan kebangkitan Kristus serta aspek penebusan Kristus bagi kita dari dosa. Hal tersebut memang tidak salah, namun belumlah merupakan gambaran yang komplit. Pada edisi Maret ini, kita patut bersyukur karena banyak penulis yang menuliskan tentang aspek-aspek lain dari Paskah. Artikel “Resurrected Life” tidak hanya memberikan pengertian akan pengalaman penebusan, tetapi juga pengertian akan arti hidup baru dalam Kristus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

April 2011

Dalam bulan April ini kita akan merayakan Jumat Agung, kematian Yesus Kristus di kayu Salib. Kata “kematian” adalah kata yang tabu untuk dibahas, tema yang gelap dan menakutkan, serta bukan sesuatu yang gampang untuk kita renungkan. Tema itulah yang banyak diusung oleh para penulis artikel di edisi ini. Namun berbeda dari apa yang mungkin orang duga, bahwa setelah membaca semua artikel ini kita seharusnya menjadi lebih depresi, frustasi, dan lebih takut mati. Tidak!! Kenapa? Karena mereka semua membahas kematian, suatu tema yang gelap tersebut dalam suatu “terang” yang baru: Terang kebangkitan Kristus. Jumat Agung tidaklah lengkap dan final tanpa kemenangan Kristus di hari minggu Paskah.

Selengkapnya...

Pokok Doa

April 2011

Berita: Asia Pacific Consultation on Christian Faith: Christian Faith and the 21st Century Crisis akan diadakan dalam bahasa Inggris dan Mandarin di Cisarua pada tanggal 25 - 27 April 2011. Untuk informasi dapat menghubungi: 081 7000 3000 (bahasa Inggris), 081 7000 0300 (bahasa Mandarin) atau info@apccf.stemi.ws. Website: http://apccf.stemi.ws

Selengkapnya...

Pokok Doa

Mei 2011

NRETC (National Reformed Evangelical Teen Convention) akan diadakan pada hari Kamis-Minggu, 23-26 Juni 2011 di RMCI Kemayoran, Jakarta, dengan pembicara Pdt. Dr. Stephen Tong dan rekan-rekan. Untuk informasi dapat menghubungi (+62-21) 7000 3000 atau (+62-878) 8080 4567.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Mei 2011

Salam Pembaca Pillar yang setia,

Selengkapnya...

Sersan & TKB

TKB October 2005

Patung David (dibuat tahun1504) adalah sebuah hasil ukiran zaman renaissance oleh seorang pemahat terkenal Michelangelo Buenarotti. Statistik tahun 2003 menunjukkan masih ada sekitar 6500 unreached people groups (UPG)dengan populasi sebanyak 3.4 millyar. Tema buku ‘The Return of The Prodigal Son‘ yang ditulis oleh Henry Nouwen, diambil dan diinspirasikan oleh lukisan Rembrandt

Selengkapnya...

Sersan & TKB

TKB Maret 2006

Pada tahun 1947 dan tidak lama setelahnya, ditemukan kurang lebih 800 naskah-naskah dan fragmen-fragmennya di daerah sekitar Khirbat Qumran, Laut Mati. Oleh karena itu, naskah-naskah ini dikenal sebagai naskah Laut Mati (Dead Sea Scrolls).

Selengkapnya...

Sersan & TKB

TKB April 2006

George Whitefield dilahirkan di Gloucester, Inggris. Ia dibesarkan dalam keluarga ‘single parent’ di mana ayahnya meninggal saat ia berusia dua tahun. Pada tahun 1733 ia bertobat, lalu tidak lama setelahnya ia mendaftarkan diri ke Oxford University dan bergabung dengan Wesley bersaudara, John dan Charles.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juni 2011

Menurut Calvin, doktrin yang sejati (true doctrine) tidak bisa dipisahkan dari kesalehan sejati (true piety). Rupanya di dunia modern ini kedua hal yang tak terpisahkan itu seakan-akan dua kutub yang berseberangan. Yang dipandang Orang Saleh sering kali bukan mereka Yang Mendalami Theologi, dan sebaliknya. Pillar edisi Juni hingga November 2011 akan membahas tema-tema spiritualitas. Artikel-artikel tersebut akan menjadi cermin bagi kita, apakah kehidupan spiritualitas kita seimbang dengan pengertian theologi kita? Apakah kedua hal itu seimbang atau pincang?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juni 2011

Berdoa untuk acara NRETC yang akan diadakan pada tanggal 7 - 10 Juli 2011 di RMCI. Berdoa untuk setiap remaja yang dipersiapkan untuk mengikuti acara ini, kiranya diberikan hati yang rindu untuk mendengarkan dan mempelajari firman Tuhan serta melalui acara ini dapat dipersiapkan untuk menjadi pahlawan-pahlawan iman di masa kini. Berdoa untuk setiap hamba Tuhan yang akan membawakan firman Tuhan, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka sehingga dapat menularkan semangat yang membara dalam memperjuangkan dan menyatakan iman di zaman ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juli 2011

Setelah bulan lalu membahas tentang doa, bulan ini Pillar melanjutkan seri spiritualitas dengan tema: Saat Teduh. Ketika membaca kata “Saat Teduh”, hal apakah yang terbersit? Apakah momen kita membaca Alkitab di pagi hari selama kira-kira setengah jam? Artikel-artikel di edisi ini mau membongkar konsepsi tersebut dan menyadarkan bahwa saat teduh adalah lebih dari konsepsi kita yang sempit itu, saat teduh adalah suatu pemupukan batin, bahkan suatu kehidupan Kristen itu sendiri. Apakah engkau ingin kehidupan kerohanianmu disegarkan? Apakah engkau sudah menemukan kebahagiaan bertemu dengan Sang Kekasih Jiwamu setiap engkau bersaat teduh?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juli 2011

Berdoa untuk STT Reformed Injili Internasional, khususnya di dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Berdoa kiranya setiap mahasiswa baru yang diterima dapat dipersiapkan dengan baik di dalam pelayanan mereka kelak. Berdoa juga untuk rangkaian seminar dan kuliah intensif yang akan diadakan sepanjang bulan Juli - Agustus 2011. Berdoa kiranya setiap peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang mengikuti kuliah ini mendapatkan berkat dan menjadi bekal di dalam pelayanan mereka.

Selengkapnya...

Sersan & TKB

Saat Teduh

Saat teduh tidak bisa tidak dikaitkan dengan membaca Alkitab. Alkitab adalah buku yang paling banyak dicetak dalam sejarah dan juga buku yang paling banyak diterjemahkan (lebih dari 1200 bahasa dan dialek). Kita dapat membaca dan membeli Alkitab dengan leluasa di zaman ini. Padahal di dalam sejarah, setiap tokoh Kristen yang memulai penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Belanda, Jerman, dan lain-lain mendapatkan penganiayaan dan banyak yang mati martir karenanya. Kita akan melihat 2 tokoh yang menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Inggris: John Wycliffe dan William Tyndale. 

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Agustus 2011

Kalian yang mengikuti seri tema spiritualitas Pillar selama beberapa bulan terakhir ini mungkin ingat di edisi yang lalu Pillar membahas tema doa dan kemudian saat teduh. Lalu tema apakah yang akan dilanjutkan setelah kita mempunyai hubungan vertikal yang intim dengan Tuhan? Tentunya hubungan kita yang baik dengan Tuhan tidak bisa tidak akan tercermin dengan hubungan horizontal kita di dalam persekutuan sesama orang percaya. Salah satu artikel yang berjudul “kosmopolitanisme” mengingatkan kita semua ketika kita melihat konteks persekutuan, bukan hanyalah dalam lingkup gereja kita saja, atau bahkan negara kita, namun kita adalah warga negara Kerajaan Sorga. Siapkah kita bersekutu di dalam Tuhan?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Agustus 2011

Bersyukur untuk rangkaian Seminar dan Kuliah Intensif oleh Prof. Gerald Bray dan Prof. Lane Tipton yang telah diadakan sepanjang bulan Juli dan Agustus 2011.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

September 2011

Pillar edisi September ini membahas suatu disiplin spiritualitas yang kerap dilupakan atau diabaikan oleh gereja: Puasa. Kata “puasa” ini sering didengar dan sering dibaca di Alkitab tetapi sangat jarang dihayati atau bahkan dijalani dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu artikel-artikel edisi ini mencoba menampilkan makna dan tujuan yang sesungguhnya dari berpuasa, juga rajutan sejarah tentang puasa dari Perjanjian Lama hingga eskatologi, maupun banyak pembahasan lainnya yang membuat kita bertanya-tanya, kalau begitu mengapa masih banyak orang Kristen yang tidak berpuasa? Bagaimana dengan kita, apakah kita puas dengan progress kehidupan rohani kita? Kalau tidak puas, puasa dapat…. Dapat apa? Bacalah sendiri semua artikel edisi ini sebelum menjawab pertanyaan tersebut.

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2011

1. Berdoa untuk NREC US dengan tema “Iman, Pelayanan, dan Pengetahuan” yang diadakan di Pasadena, California, pada tanggal 2 - 5 September 2011. Bersyukur untuk kesempatan para pemuda di Amerika Serikat yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara ini dan mendengarkan firman Tuhan. Kiranya Roh Kudus membangkitkan pemimpin masa depan melalui rangkaian acara ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Oktober 2011

Seperti yang pembaca bisa baca di bagian berita di bawah halaman pertama, STEMI akan mengadakan dua KKR besar di Bandung pada bulan November dan di Jakarta pada bulan Desember 2011. Pillar akan memuat tema-tema seputar penginjilan selama 3 edisi dari Oktober–Desember untuk membakar semangat dan api penginjilan agar kita juga digerakkan Roh Kudus berbagian dalam pekerjaan baik yang Tuhan sudah siapkan bagi setiap kita.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Oktober 2011

Bersyukur untuk anugerah dan pernyertaan Tuhan selama 22 tahun dalam memelihara GRII. Berdoa kiranya GRII semakin dipakai oleh Tuhan dalam mengobarkan api penginjilan dengan memberitakan Firman yang sejati. Berdoa untuk setiap hamba Tuhan yang melayani di GRII, kiranya Roh Kudus memelihara dan mengurapi mereka di dalam pelayanan mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

November 2011

Puji Tuhan, Tuhan terus memimpin buletin PILLAR hingga edisi ke-100. Edisi ini bertemakan tentang penginjilan. Amanat Agung adalah amanat yang Tuhan Yesus titahkan kepada setiap kita, yang sudah ditebus oleh darah-Nya, tanpa terkecuali. Ada tiga miskonsepsi umum yang kerap tidak dimengerti oleh kebanyakan orang, mau tahu? Baca artikel “Amanat Agung: Miskonsepsi dan Tantangan”.

Selengkapnya...

Pokok Doa

November 2011

1. Berdoa untuk KKR Pdt. Dr. Stephen Tong - Jakarta 2011. Berdoa kiranya setiap jemaat memiliki hati yang rindu untuk dapat membawa jiwa menghadiri acara ini. Berdoa kiranya setiap jemaat digerakkan untuk memiliki hati yang rindu untuk turut serta berbagian dalam acara ini. Berdoa untuk setiap orang yang turut berbagian dalam membagikan acara KKR ini, kiranya Tuhan memberikan hikmat dan membukakan jalan bagi mereka dalam mempublikasikan acara ini kepada berbagai kalangan di sekitar mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Desember 2011

Apakah makna Natal bagi kita? Natal di akhir tahun memang suatu masa yang menggembirakan bagi pusat-pusat perbelanjaan dan para konsumen di akhir tahun, tapi apakah kita akan mengakhiri tahun 2011 dengan belanja ini dan itu ataukah kita merenungkan Natal yang adalah suatu berita (baca artikel Natal: Sebuah Berita), merenungkan bagaimana kita sebagai imago Dei mengerti tujuan kita dicipta sesuai teladan Sang Raja yang inkarnasi 2.000 tahun yang lalu, merenungkan bagaimana kita bisa seperti Maria dan Calvin yang menyimpan setiap firman Tuhan di dalam hati kita, merenungkan siapa yang akan kita undang untuk menerima love story yang sudah kita alami dengan mengajak mereka ke KKR Pdt. Dr. Stephen Tong - Jakarta 2011 di Gelora Bung Karno?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Desember 2011

1. Bersyukur untuk rangkaian KKR Regional selama bulan November yang diadakan di Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Papua. Bersyukur untuk setiap orang yang telah mendengarkan Injil, kiranya Roh Kudus memelihara iman setiap orang yang telah mengambil keputusan untuk menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi mereka. Bersyukur untuk lebih dari 900.000 jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui pelayanan KKR Regional sepanjang tahun 2011 ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Januari 2012

Sudah menjadi tradisi buletin Pillar untuk membahas tema tentang Pemuda dan Gerakan Reformed Injili di setiap awal tahun. Mengapa? Karena kita semua berada di dalam panggung sejarah. Sebagian besar manusia hanya memainkan peran untuk digeser dan ditelan oleh sejarah dan hanya sebagian kecil yang memengaruhi atau menciptakan sejarah. Hanya kita yang berkait dengan rencana Tuhan yang kekal yang mempunyai harapan untuk dipakai oleh-Nya untuk mengubah arah sejarah sesuai maksud-Nya. Semua artikel dalam edisi ini menantang kita untuk mempelajari sejarah (dan tentunya termasuk mengerti sejarah Gerakan Reformed Injili yang dipelopori oleh Pdt. Dr. Stephen Tong) sehingga kita bisa hidup menantang zaman yang berdosa ini dan mampu hidup sesuai dengan arah yang Tuhan mau. Para pemuda/i, apakah di awal tahun 2012 ini kita berani menjawab tantangan tersebut? Tuhan menantikan jawabanmu.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Januari 2012

Bersyukur untuk tahun 2011, untuk apa yang telah diizinkan Tuhan terjadi di dalam kehidupan kita. Kiranya kita dapat melihat anugerah dan pekerjaan Tuhan di dalam momen-momen sepanjang 2011. Berdoa kiranya Tuhan memimpin kita di dalam tahun yang baru ini dengan iman Theologi Reformed untuk menjalani mandat Injil dan mandat budaya.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Februari 2012

1. Berdoa untuk KKR Regional yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2012 ini. Berdoa untuk rencana 1,3 - 1,5 juta jiwa yang akan dijangkau melalui KKR Regional ini. Berdoa kiranya melalui rangkaian KKR Regional di berbagai penjuru Indonesia, banyak jiwa dibawa kembali kepada Tuhan dan mendapatkan pengertian akan firman Tuhan yang benar dan kokoh melalui Theologi Reformed. Berdoa dan bersyukur juga untuk KKR Regional yang telah dimulai di beberapa tempat, berdoa untuk setiap hamba Tuhan dan para aktivis yang melayani di dalam pemberitaan firman, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dan memelihara mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Februari 2012

Apakah Anda sudah siap mati? Atau siap menerima kedatangan Kristus kedua kalinya? Artikel-artikel dalam edisi ini akan mempersiapkan Anda untuk menjawab kedua pertanyaan “mengerikan” di atas dengan hati yang lebih siap. Kedua pertanyaan tersebut di atas juga menjadi dua aspek besar dari tema Pillar bulan ini dan bulan mendatang: eskatologi. Suatu tema yang jarang dibahas, namun begitu penting dalam kehidupan perjalanan iman kita. Siapkah Anda bertemu dengan Sang Penciptamu? Siapkah Anda bertemu dengan Juruselamatmu?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Maret 2012

1. Bersyukur untuk pelayanan Pdt. Stephen Tong selama bulan Februari - Maret 2012 di Amerika Serikat, Kanada, dan Taiwan yang sudah berjalan dengan baik. Berdoa kiranya Roh Kudus memberkati pelayanan ini sehingga menjadi berkat bagi generasi muda Kristen di dalam menghidupi dan menjalankan visi dan misi Gerakan Reformed Injili.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Maret 2012

Kita yang hidup di kota besar yang selalu “on the move” tidak terbiasa untuk menunggu atau menanti. Penantian terkesan sebagai sesuatu yang mengganggu atau menyiksa. Tapi sadarkah kita bahwa hidup kita ini adalah hidup dalam penantian? Menanti apa? Kenapa harus menanti? Berapa lama penantian ini berakhir? Bagaimana sikap kita menanti?

Selengkapnya...

Meja Redaksi

April 2012

Memang sangat menarik pembahasan tentang eskatologi (akhir zaman) dan bisa tidak habis-habis dibahas, namun kita harus mengakhiri pembahasan eskatologi di edisi April ini. Setelah tiga edisi pembahasan eskatologi, kiranya kekayaan dan kelimpahan firman Tuhan yang digali dalam berbagai artikel dari berbagai sudut pandang dapat memberikan pengertian, kesungguhan, kesetiaan, dan ketulusan kita dalam menantikan kedatangan Kristus kedua kali. Mari kita berjuang menghidupi pengertian eskatologi yang benar! Maukah dan siapkah Anda?

Selengkapnya...

Pokok Doa

April 2012

1. Bersyukur untuk SPIK Keluarga 2012 yang telah diadakan pada tanggal 23 Maret 2012 di RMCI, Kemayoran, Jakarta. Bersyukur untuk sekitar 3.000 orang yang telah menghadiri acara ini dan juga untuk relay ke berbagai daerah baik di Indonesia maupun luar negeri. Berdoa kiranya melalui SPIK ini banyak keluarga memperoleh berkat di dalam pergumulan membentuk karakter kristiani bagi anak-anak. Berdoa untuk kelanjutan rangkaian SPIK Keluarga 2012 ini yang akan diadakan di beberapa kota lainnya.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Mei 2012

Setelah beberapa bulan di belakang kita membahas doktrin, beberapa bulan ke depan PILLAR akan membahas tokoh-tokoh sejarah gereja terutama Bapa-bapa Gereja abad permulaan (2nd - 4th century). Suatu kontinuitas yang sangat baik untuk kita melihat bagaimana setiap doktrin Kristen bukan hanya untuk dibahas tetapi dihidupi bahkan dipertahankan dengan nyawa seperti Bapa-bapa Gereja di abad awal yang menghadapi penganiayaan atas iman mereka. Edisi ini akan membahas Bapa-bapa Gereja dari abad ke-2 yaitu Polycarpus, Justin Martyr, dan Irenaeus. Edisi berikutnya akan membahas Bapa-bapa Gereja dari abad ke-3 dan seterusnya.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Mei 2012

Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional yang telah diadakan di 5 kota di Kalimantan Timur. Kiranya melalui rangkaian kebaktian ini, bangsa Indonesia dapat kembali mengenal firman, kesaksian, dan pertobatan yang sejati. Berdoa juga untuk rangkaian Kebaktian Pembaruan Iman Nasional yang akan diadakan pada akhir Mei 2012 sampai dengan pertengahan Juni 2012 di Kalimantan Tengah, Sulawesi, dan NTT.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juni 2012

Pada pembukaan artikel tentang Clement dari Roma terdapat satu kutipan yang menyatakan bahwa kita hidup di zaman yang sudah melupakan sejarah. Kenalkah kamu dengan beberapa nama berikut: Clement dari Roma, Origen, Cyprianus? Kalau kamu baru pertama kali mendengarnya maka kutipan tersebut dengan akurat menggambarkan kondisi umum manusia sekarang termasuk kita sebagai pemuda Kristen.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juni 2012

1. Bersyukur untuk rangkaian KPIN Banjarmasin dan Kalimantan Tengah yang telah diadakan pada tanggal 28 Mei 2012 - 1 Juni 2012. Berdoa untuk rangkaian KPIN NTT dan Sumba sepanjang bulan Juni 2012. Berdoa kiranya melalui firman yang diberitakan dan kesaksian akan pertobatan yang disampaikan dapat membawa lebih banyak jiwa lagi untuk bertobat dan memperbarui iman mereka di hadapan Tuhan.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juli 2012

Ada satu kutipan yang sangat terkenal dari seorang filsuf Jerman, Georg Wilhelm Friedrich Hegel, “Aus der Geschichte lernt man nur, dass man aus der Geschichte nichts lernt” (Dari sejarah manusia belajar bahwa manusia tidak belajar dari sejarah). Tentunya pembahasan tentang sejarah Bapa-bapa Gereja selama beberapa edisi terakhir ini bertujuan untuk kita mengerti sejarah dan mendapatkan hikmat dari pelajaran sejarah tersebut.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juli 2012

1. Bersyukur untuk rangkaian KPIN NTT dan Sumba yang telah diadakan pada tanggal 4-14 Juni 2012. Berdoa bagi puluhan ribu orang yang telah mendengarkan berita Injil dan yang telah menerima panggilan Tuhan untuk bertobat. Berdoa kiranya setiap jiwa yang telah mengambil keputusan untuk memperbarui iman mereka diberikan kekuatan dan disertai oleh Roh Kudus dalam kehidupan kerohanian mereka selanjutnya dan dimampukan untuk memelihara iman mereka sampai kepada kesudahan.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Agustus 2012

1. Bersyukur untuk NRETC VI yang telah diadakan pada tanggal 5 - 8 Juli 2012. Bersyukur untuk sekitar 1.000 pemuda/remaja yang telah mengikuti acara ini dari seluruh penjuru Indonesia. Bersyukur untuk setiap pembicara yang telah menyampaikan firman Tuhan di dalam setiap sesi, berdoa kiranya melalui setiap sesi yang diikuti, setiap pemuda/remaja mendapatkan berkat dan bekal dalam menghadapi tantangan hidup terutama dalam pergaulan di sekolah maupun dalam lingkungan mereka. Berdoa kiranya Roh Kudus menyertai mereka untuk menemukan identitas diri sebagai pemuda/remaja Kristen yang berintegritas dan berani  berjuang melawan arus zaman.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

September 2012

Bapa Gereja Agustinus masih menjadi tokoh sentral yang dibahas dalam edisi ini terutama mengenai pandangannya tentang bahasa dan pekerjaan. Semua artikel ditulis oleh para penulis yang berbeda-beda tanpa pernah berjanjian, namun di dalam tangan Tuhan ternyata ketika kita membaca semuanya bisa terlihat ada jalinan organis yang terkait dengan indah dan saling melengkapi.

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2012

1. Bersyukur untuk Stasiun Televisi Reformed 21 yang telah diinaugurasikan pada tanggal 17 Agustus 2012. Berdoa kiranya melalui stasiun televisi ini Theologi Reformed dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat dan memberitakan kabar baik keselamatan bagi bangsa Indonesia.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Oktober 2012

1. Bersyukur untuk KPIN yang telah dilaksanakan di Jambi, Palembang, Denpasar, dan Surabaya sepanjang bulan September 2012. Bersyukur untuk puluhan ribu jiwa yang telah mendengarkan firman Tuhan dan menerima panggilan untuk bertobat dan mempersembahkan hidup bagi Tuhan.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Oktober 2012

Ada satu kutipan yang sangat terkenal dari seorang filsuf Jerman, Georg Wilhelm Friedrich Hegel, “Aus der Geschichte lernt man nur, dass man aus der Geschichte nichts lernt” (Dari sejarah manusia belajar bahwa manusia tidak belajar dari sejarah). Tentunya pembahasan tentang sejarah Bapa-bapa Gereja selama beberapa edisi terakhir ini bertujuan untuk kita mengerti sejarah dan mendapatkan hikmat dari pelajaran sejarah tersebut.

Selengkapnya...

Sersan & TKB

Pra Reformasi: Para Pembuka Jalan bagi Reformasi

Reformasi Protestan dimulai ketika Luther memakukan 95 tesis di pintu Schlosskirche di kota Wittenberg, Jerman, pada tahun 1517. Luther bukanlah orang pertama yang meneriakkan Reformasi, 110 tahun sebelumnya ada Jan Hus di Bohemia yang menyerang moral para uskup dan Paus serta melawan penjualan indulgensia, yaitu surat pengampunan dosa. Dia dihukum bakar sampai mati pada tahun 1415 di Konstanz, Jerman. Pengikutnya masih melanjutkan ajarannya dan dikenal dengan nama gereja Moravia.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

November 2012

Di dalam bahasa Inggris ada pepatah terkenal “Berdiri di atas pundak para raksasa” (Standing on the shoulders of giants) yang berarti bahwa kita sebenarnya adalah kurcaci yang berdiri di atas pundak raksasa. Maksud kalimat ini adalah kita bisa melihat lebih dari mereka, bukan berdasarkan kehebatan kita tetapi karena kita dibawa tinggi dan dibangkitkan dengan ukuran raksasa mereka. Edisi PILLAR kali ini membahas beberapa raksasa pada zaman Reformasi (Jan Hus, Farel, Calvin, John Owen, dan kaum Puritan lainnya) yang memungkinkan kita melihat cakrawala pekerjaan Tuhan dengan lebih luas dan lebih limpah pada zaman kita karena apa yang sudah mereka kerjakan pada zaman mereka.

Selengkapnya...

Pokok Doa

November 2012

1. Bersyukur untuk KPIN yang telah dilaksanakan di beberapa kota di Taiwan, Tuban, Tulungagung, dan Kediri sepanjang bulan Oktober 2012. Bersyukur untuk penyertaan dan pekerjaan Roh Kudus dalam memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus di dalam setiap kebaktian. Bersyukur untuk penyertaan dan urapan Roh Kudus terhadap Pdt. Dr. Stephen Tong dalam memberitakan firman Tuhan dan Ev. Michael Liu yang memberikan kesaksian.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Desember 2012

Jingle dan Ding Dong Natal telah mendengung di telinga kita dan sekali lagi akhir tahun telah tiba. Liburan? Jalan-jalan? NREC? Konser? Belanja? Makan? Dst.. Dst...

Selengkapnya...

Pokok Doa

Desember 2012

1. Bersyukur untuk KPIN yang telah dilaksanakan di beberapa kota sepanjang bulan November 2012. Berdoa kiranya melalui KPIN Tuhan membangkitkan anak-anak-Nya di seluruh penjuru Indonesia agar bangkit melanjutkan perjuangan Gerakan Reformed Injili dalam melawan arus zaman.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Januari 2013

Selamat Tahun Baru 2013! Awal tahun merupakan saat yang paling tepat untuk merenungkan jejak-jejak langkah kita di belakang sekaligus merencanakan mimpi-mimpi baru di depan. Artikel “Renungan Agustinus tentang Waktu” mengajak kita semua untuk merenung dan menyadari bahwa di tengah euforia kebahagiaan tahun baru, sebenarnya masa hidup kita di bumi semakin berkurang.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Januari 2013

1. Bersyukur untuk KKR Regional dan KPIN yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2012 dan telah menjangkau lebih dari 1,8 juta jiwa. Berdoa untuk rangkaian KKR Regional dan KPIN yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2013 ini, kiranya melalui kedua acara ini, bangsa Indonesia memperoleh kebangunan rohani, pengertian iman, dan pertobatan yang sejati, serta hidup Kristiani yang bersaksi. Berdoa kiranya Roh Kudus membakar hati setiap kita untuk semakin giat dan rajin dalam memberitakan Injil kepada keluarga dan orang-orang di sekitar kita.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Februari 2013

Darah kaum martir yang belum kering menyirami jalan salib… itulah sepenggal kalimat dari lagu yang diciptakan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong. Dalam 4 bulan ini (Februari–Mei) PILLAR akan membahas tema sejarah Gereja. Sejarah yang berdarah, penuh dengan darah kaum martir yang setia terhadap jalan salib. Namun darah kaum martir dan kesetiaan jemaat mula-mula itulah bukti kesetiaan Tuhan terhadap Gereja-Nya sepanjang sejarah hingga sekarang.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Februari 2013

1. Bersyukur untuk KKR dan seminar yang diadakan oleh STEMI dan dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong di Amerika Serikat pada akhir Januari dan awal Februari 2013. Bersyukur untuk setiap orang yang telah mendengarkan Injil melalui KKR ini. Berdoa kiranya Roh Kudus mengurapi Pdt. Dr. Stephen Tong dalam jadwal pelayangan yang padat dan memelihara kesehatan dan kesucian hidup dalam pelayanan beliau, dan kiranya pelayanan beliau dapat menjadi berkat bagi umat Tuhan di seluruh dunia.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Maret 2013

Dalam edisi Maret ini, kita akan membahas tentang Abad Pertengahan. Bagi kebanyakan dari kita mungkin ini adalah masa yang kurang dikenal. Ada yang hanya tahu tentang Bapa Gereja Agustinus dan selanjutnya langsung loncat ke tokoh Reformasi Martin Luther, John Calvin, dan lain-lain. Tapi seperti mata rantai yang saling berkait satu sama lain, ada sekitar 1.000 tahun penghubung antara masa Bapa-Bapa Gereja dengan periode Reformasi di abad ke-16. Di setiap zaman Tuhan bekerja dengan cara-Nya yang berbeda. Mari kita melihat bagaimana Tuhan berkarya pada setiap zaman, termasuk pada zaman yang sering kali disebut sebagai “The Dark Ages”.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Maret 2013

1. Bersyukur untuk KPIN yang telah diadakan di Ambon dan Papua selama bulan Februari 2013. Bersyukur untuk 38 kota yang telah dijangkau melalui KPIN sampai pada bulan Februari 2013. Bersyukur untuk setiap panitia yang telah melayani dengan giat untuk mendukung terlaksananya rangkaian KPIN di Ambon dan Papua.

Selengkapnya...

Sersan & TKB

Serba-serbi Paus

Paus yang adalah pemimpin tertinggi umat Katolik berkedudukan di Vatikan, dekat Roma. Paus diakui umat Katolik sebagai penerus kepemimpinan Rasul Petrus, pemimpin pengikut Kristus di dunia. Hingga kini telah ada 265 Paus. Di dalam sejarah, mayoritas Paus berasal dari Italia, terutama dari abad-abad terakhir, selebihnya kebanyakan dari negara-negara Eropa lain. Tapi ada pula beberapa Paus yang berasal dari Syria dan Afrika Utara pada abad-abad awal kekristenan.

Selengkapnya...

Pokok Doa

April 2013

1. Bersyukur untuk KPIN yang telah diadakan di Pulau Nias dan Kalimantan Barat selama bulan Maret 2013. Bersyukur untuk 45 kota yang telah dijangkau melalui KPIN sampai bulan Maret 2013. Berdoa untuk rencana STEMI menjangkau 100 kota di seluruh Indonesia melalui KPIN untuk memberikan pengertian pertobatan yang sejati, pemberitaan firman yang sejati, dan hidup suci yang sejati dalam kehidupan orang Kristen.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Mei 2013

Transkrip Pdt. Dr. Stephen Tong seri Sepuluh Hukum telah selesai. Sekarang PILLAR akan membahas khotbah-khotbah beliau tentang Pertobatan Nikodemus. Zaman Reformasi telah dibahas di edisi yang lalu, namun gaung pengaruhnya tetap berkumandang hingga hari ini. Kaum Puritan melanjutkan untuk sekitar 150 tahun, dan kemudian ada gerakan Nadere Reformation dan juga Great Revival di Amerika abad ke-18 yang tokoh terkenalnya, Jonathan Edwards akan dibahas secara khusus di edisi ini.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Mei 2013

Berdoa untuk SPIK Keluarga 2013 yang akan diadakan pada tanggal 25 Mei 2013. Berdoa kiranya melalui SPIK Keluarga, setiap peserta dapat mengerti prinsip firman Tuhan dalam membesarkan dan merencanakan masa depan anak sehingga dapat bertumbuh dalam terang firman Tuhan.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juni 2013

Jika sejarah gereja periode awal dan abad pertengahan banyak ditandai dengan penganiayaan dan perlawanan melawan bidat-bidat serta perumusan pengakuan iman dan doktrin, maka sejarah gereja dalam periode modern sepertinya tidak hanya berurusan dengan doktrin tetapi juga berurusan dengan problema sosial dan masyarakat. Bonhoeffer melakukan perlawanan politik terhadap Hitler, Abraham Kuyper melakukan reformasi di bidang pendidikan, politik selain pemurnian gereja. Mereka adalah para tokoh raksaksa Kristen yang menjadi teladan dalam benar-benar menggumuli identitas umat Kristen yang “di dalam dunia tetapi bukan berasal dari dunia”. Jadi apakah Anda terlalu bernikmat dalam dunia dan melupakan panggilan Allah menjadi garam dan terang dunia? Atau justru terlalu takut tercemar oleh dunia sehingga berlindung aman dalam tempurung kehidupan bergereja?    

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juni 2013

1. Bersyukur untuk SPIK Keluarga dengan tema “Merencanakan Pergaulan, Studi, dan Keuangan Anak” pada tanggal 25 Mei 2013. Bersyukur untuk sekitar 6.400 orang yang menghadiri acara ini di berbagai kota baik di Indonesia maupun di luar negeri. Berdoa kiranya melalui seminar ini, setiap orang tua diberi hikmat untuk mendidik anak di dalam segala aspek kehidupan mereka sehingga dapat bertumbuh sesuai dengan kehendak Allah di dalam kehidupan mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juli 2013

Edisi PILLAR kali ini akan membahas tema worldview. Entah kita sadari atau tidak, setiap kita memandang dunia ini dan segala sesuatu dengan suatu worldview tertentu. Pertanyaannya adalah bukan apakah kita memiliki suatu worldview atau tidak, tetapi pertanyaannya adalah worldview apa yang menjadi cara pandang kita dan yang kita hidupi? Apakah Christian worldview ataukah worldview dunia yang bertentangan dengan firman Tuhan? Dua artikel dalam edisi ini mempunyai judul yang seharusnya menjadi pertanyaan awal kita dalam jalan mencari jawabannya bersama Tuhan: Di tengah-tengah “unseen danger”, “how should I then live?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juli 2013

1. Bersyukur untuk KPIN Minahasa yang telah berlangsung dari tanggal 27 Juni-3 Juli 2013 di Bitung, Manado, Langowan, Tondano, Tomohon, dan Airmadidi. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan dan juga untuk jiwa-jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui rangkaian KPIN ini. Berdoa bagi jiwa-jiwa yang telah dijangkau melalui KPIN ini, kiranya Roh Kudus memelihara dan menyertai mereka di dalam kehidupan mereka dan memampukan mereka untuk menghidupi pertobatan mereka sebagai saksi Kristus dan rajin memberitakan Injil.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Agustus 2013

1. Bersyukur untuk KPIN Sulut yang telah diadakan pada tanggal 27 Juni-3 Juli 2013. Bersyukur untuk ribuan jiwa yang telah mendengarkan dan berespons pada firman Tuhan dalam rangkaian KPIN Sulut 2013. Berdoa untuk Pdt. Dr. Stephen Tong dan Ev. Michael Liu dalam memberitakan Injil melalui rangkaian KPIN di sisa 40 kota lainnya. Kiranya Tuhan menyertai dan memelihara mereka di dalam pelayanan ini. Berdoa untuk setiap orang yang mendukung rangkaian KPIN, kiranya Tuhan memimpin mereka dalam menghadapi peperangan rohani yang sangat berat ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Agustus 2013

Ada theolog yang berkata bahwa doktrin penciptaan adalah doktrin yang paling penting (bukannya doktrin keselamatan?) untuk kita mengerti, kemudian dia memberikan beberapa alasannya, salah satunya yang akan dibahas panjang lebar dalam artikel “Creation Regained”: Redemption is Re-creation.

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2013

1. Berdoa dan bersyukur untuk KPIN Sulawesi Tengah dan KPIN Kepulauan Riau yang dilaksanakan pada akhir Agustus dan awal September 2013. Berdoa untuk setiap orang yang mempersiapkan acara ini, kiranya Roh Kudus memelihara api pelayanan yang murni dan setiap jiwa yang mendengarkan kesaksian dan firman yang diberitakan.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

September 2013

Edisi ini akan membawa kita semua seperti masuk ke dalam terowongan. Bayangkan kita sedang mengemudi mobil dalam cuaca yang indah, sambil ditemani pemandangan pohon-pohon yang rindang dan bunga-bunga yang bermekaran di sepanjang sisi jalanan lalu kemudian anda memasuki sebuah terowongan. Cuaca indah yang terang langsung berubah menjadi kegelapan, pepohonan dan bunga-bunga lenyap diganti menjadi lumut-lumut menjijikan yang menempel di langit-langit terowongan. Edisi lalu kita membahas indahnya ciptaan Tuhan dan edisi bulan ini manusia dikelilingi kegelapan terowongan dosa yang gelap dan seakan-akan tanpa pengharapan. Namun seperti setiap terowongan akan membawa kita kepada terang yang menanti di ujung, bertahanlah dan baca terus.. kegelapan dosa akan ditelan oleh terang Kristus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Oktober 2013

PILLAR edisi ini membahas tema “Penebusan”, tema yang sangat dekat dengan kita sebagai umat tebusan. PILLAR kembali menampilkan sisi-sisi kekayaan tema sentral ini yang sering terlewatkan, khususnya bagaimana penebusan menjadi kacamata hidup kita. Ada yang membahas dari sisi historis tentang rajutan karya penebusan Kristus, ada yang menyoroti dari sudut pendidikan maupun pembacaan firman Tuhan. Fokusnya adalah tidak cukup sekadar kita mengerti tentang penebusan tapi juga yang jauuuuhhh lebih sulit yaitu menghidupinya secara nyata dalam setiap aspek kehidupan kita.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Oktober 2013

1. Bersyukur untuk Kebaktian HUT GRII ke-24 yang telah diadakan pada tanggal 29 September 2013. Bersyukur untuk pimpinan Tuhan selama 24 tahun ini. Berdoa kiranya GRII dapat menjadi gereja yang memuliakan Tuhan, bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan, dan tidak berhenti dalam mengabarkan Injil. Berdoa untuk Pdt. Dr. Stephen Tong dalam memimpin GRII dan Gerakan Reformed Injili, kiranya Roh Kudus memberikan kekuatan dalam membawa zaman ini kembali kepada firman dan pengajaran yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Doakan agar setiap mimbar Reformed Injili di seluruh dunia tetap bersatu hati dalam menjalankan mandat Injil dan mandat budaya.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

November 2013

Setiap akhir akan dimulai lagi dengan sebuah awal. Akhir tahun akan disusul dengan awal tahun, akhir masa sekolah disusul dengan awal masa bekerja, dan sebagainya. Edisi ini akhirnya sampai di tema terakhir dari Cosmic Drama (C-F-R-C) yaitu Consummation. Namun akhir drama ini juga disusul dengan suatu awal bagi era baru yang akan sama sekali berbeda dari era sekarang ini. Sebelum pembahasan tentang eskatologi dari hidup manusia secara individu, PILLAR sengaja menaruh artikel “Bait Allah Sejati” di awal, menyatakan bahwa memang tema eskatologis dari Bait Allah sebagai gambaran besar dari tubuh Kristus. Anda bisa membaca seluruh artikel ini dalam hitungan menit bagi yang cepat dan hitungan jam bagi yang lama. Setelah selesai baca, biasanya Anda akan berkata… akhirnya selesai habis dibaca! Namun sadarkah Anda… akhir baca, awal dari lebih berjuang untuk hidup secara eskatologis menggenapi rencana Tuhan bagimu dalam zaman ini. Sudahkah engkau mengakhiri perjuanganmu? Kalau belum, AWALI PERJUANGANMU SEKARANG!

Selengkapnya...

Pokok Doa

November 2013

Bersyukur untuk pelayanan Pdt. Dr. Stephen Tong selama bulan Oktober 2013 di berbagai kota di Taiwan. Bersyukur untuk setiap jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui pelayanan beliau baik di kota besar maupun di kota-kota kecil di Taiwan dan berdoa kiranya Roh Kudus memimpin mereka dalam pengenalan mereka akan Tuhan di dalam kehidupan mereka.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Desember 2013

1. Bersyukur untuk Konvensi Injil Nasional (KIN) yang telah diadakan pada tanggal 4-10 November 2013. Bersyukur untuk lebih dari 2.000 orang yang menghadiri KIN 2013. Berdoa kiranya melalui momen ini, Tuhan membangkitkan dan mengobarkan api dan semangat penginjilan di hati setiap peserta serta memampukan mereka untuk memberitakan Injil Kristus ke seluruh penjuru Indonesia.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Desember 2013

Natal adalah peristiwa kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang kita rayakan setiap tahun. Sesuatu yang rutin biasanya dan cenderung melumpuhkan indra kita akan signifikansi peristiwa tersebut. Sejarah dunia, yang dibelah menjadi BC dan AD oleh peristiwa Natal, kini mencoba melupakan signifikansi dan menggantikannya dengan perayaan hedonis dan komersial belaka.

Selengkapnya...

Liputan & Wawancara

Konvensi Injil Nasional - Jakarta 2013

KIN diadakan pada tanggal 4–10 November 2013 di Reformed Millennium Center Indonesia (RMCI), Kemayoran, Jakarta. Peserta KIN terdiri dari para hamba Tuhan, penginjil, dan guru-guru yang sudah terjun ke dalam penginjilan dari seluruh Indonesia. Proses persiapan dan pendaftaran peserta menjadi sesuatu yang sangat sulit mengingat hampir 80 persen dari peserta berasal dari luar kota Jakarta. Panitia harus menyeleksi pendaftaran, kemudian juga menyediakan penerbangan dan tempat penginapan, terutama bagi para peserta yang mempunyai kemampuan ekonomi yang sangat terbatas. Bagi para panitia sendiri mempersiapkan hal ini bukanlah suatu hal yang mudah karena sebagian dari mereka harus mengorbankan waktu dan mengambil cuti dari pekerjaan sehari-hari mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Januari 2014

Selamat Tahun Baru 2014!! Di tengah-tengah kebahagiaan dan sukacita menyambut awal yang baru, ada sekelompok orang yang sambil bersyukur menciduk air sukacitanya dengan tangan dan mata yang was-was, tidak dengan lupa diri berlutut seperti anjing menjilat air. Mengapa was-was di tengah pesta pora?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Januari 2014

1. Bersyukur untuk KKR Regional 2013 yang telah selesai pada bulan Desember 2013 dengan menjangkau lebih dari 1,8 juta jiwa di seluruh penjuru Indonesia. Berdoa untuk setiap jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui pelayanan KKR Regional ini, kiranya mereka sungguh-sungguh memperoleh kebangunan rohani. Berdoa untuk masa depan kekristenan di Indonesia, kiranya Tuhan berbelaskasihan kepada bangsa ini dan membangkitkan banyak orang untuk memberitakan Injil di seluruh penjuru Indonesia. Berdoa kiranya di tahun yang baru ini setiap kita dibangkitkan untuk dapat memberitakan Injil kepada jiwa-jiwa, mulai dari orang-orang terdekat kita sampai ke ujung bumi ke mana Tuhan mengutus kita.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Februari 2014

Bersyukur untuk Sidang Sinode GRII yang telah diadakan pada akhir tahun 2013 yang lalu. Bersyukur untuk setiap evaluasi dan keputusan yang telah diambil melalui Sidang Sinode ini. Berdoa kiranya Tuhan berkenan atas seluruh pelayanan sepanjang tahun 2013 dan perencanaan serta pengembangan pelayanan di masa yang akan datang Tuhan terus memberikan kepekaan akan pimpinan-Nya.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Februari 2014

Tema edisi ini adalah Kovenan. Allah berelasi dengan umat-Nya dengan diadakannya kovenan di sepanjang alur sejarah mulai dari Adam pertama hingga digenapi oleh Adam kedua. Allah yang berjanji adalah juga Allah yang akan menepati semua janji-Nya. Tema Kovenan ini akan sangat membantu kita untuk melihat alur benang merah isi seluruh Alkitab secara holistik dan berlanjut, sehingga kita tidak lagi melihat Alkitab sebagai kumpulan 66 kitab tanpa suatu kesatuan organik. Kiranya semua artikel dalam edisi ini bukan hanya membawa kita memahami, tetapi juga membawa kita berlutut dan bersyukur karena anugerah Allah yang demikian besar. Allah yang kudus yang tidak harus mengikat janji dengan kita, orang berdosa, telah mengadakan kovenan dengan kita. Puji Tuhan!

Selengkapnya...

Liputan & Wawancara

Seputar Gerakan Reformed Injili – Piano Recital

Pada bulan Januari 2014,  Aula Simfonia Jakarta mempersembahkan 2 buah Piano Recital yang masing-masing dipentaskan oleh pemuda dan pemudi yang sangat berbakat.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Maret 2014

Berdoa untuk Konvensi Injil Nasional (KIN) Pendidikan Kristen bagi Guru Sekolah Minggu dan Guru Agama yang akan diadakan pada bulan November 2014.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Maret 2014

Dalam perencanaan tema besar 2014, diputuskanlah tahun ini akan dibahas artikel-artikel berdasarkan Biblical Theology.

Selengkapnya...

Pokok Doa

April 2014

Berdoa untuk KIN bagi Guru Sekolah Minggu dan Guru Pendidikan Agama Kristen yang akan diadakan pada tanggal 3-7 November 2014 di RMCI. Kiranya melalui KIN ini, setiap guru dapat mengerti akan panggilan seorang guru. Berdoa kiranya Tuhan mempersiapkan guru-guru yang akan menghadiri acara ini dan kiranya Tuhan membangkitkan mereka untuk memberitakan Injil bagi anak-anak, generasi muda bangsa Indonesia.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

April 2014

Tidak terasa tiga bulan sudah berlalu dengan cepat di tahun 2014. Tema besar di tahun 2014 adalah Biblical Theology, dan selama dua edisi terakhir, PILLAR telah membahas konsep Covenant dan Deliverance. Tema bulan April ini adalah People, kita sebagai umat pilihan Allah.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Mei 2014

Tema besar dari edisi ini tidaklah sulit ditebak karena hampir setiap judul dari artikel-artikel di dalam menuliskan tentang bangsa atau umat dikaitkan dengan Taurat atau Hukum. Di edisi-edisi sebelumnya, PILLAR telah membahas tentang Covenant, Deliverance, dan juga People. Maka edisi ini membahas segala sesuatu yang berkenaan dengan janji Tuhan bagi umat-Nya. 

Selengkapnya...

Pokok Doa

Mei 2014

1. Berdoa untuk NRETC yang akan diadakan pada tanggal 26-29 Juni 2014. Kiranya Tuhan mengirimkan remaja-remaja yang akan dibentuk dan dipakai Tuhan di masa akan datang sebagai laskar-Nya. Berdoa untuk setiap panitia dan hamba Tuhan yang mempersiapkan acara ini.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juni 2014

1. Berdoa untuk NRETC yang akan diadakan pada tanggal 26-29 Juni 2014. Kiranya melalui setiap acara yang dipersiapkan, para remaja dapat mengerti panggilan hidup dan identitas diri mereka sehingga mereka boleh mengerti kehendak Tuhan.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juni 2014

Zaman sekarang ada gereja-gereja yang senang sekali mendengar nubuat, apalagi kalau nubuat yang diberitakan itu seru dan bombastis. Namun ada baiknya kita melihat apa yang dimaksud dengan nubuat.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juli 2014

1. Bersyukur untuk NRETC yang telah dilaksanakan pada tanggal 26-29 Juni 2014. Bersyukur untuk lebih dari 1.000 remaja yang menghadiri acara ini. Berdoa kiranya setiap peserta mengerti akan panggilan hidup mereka di dalam keluarga, pendidikan, pekerjaan, gereja, dan di dalam setiap aspek kehidupan mereka lainnya, serta diberikan kemampuan oleh Tuhan untuk dapat memperjuangkan panggilan mereka. Berdoa juga untuk para remaja yang menerima panggilan untuk menjadi hamba Tuhan di dalam NRETC ini, kiranya Roh Kudus memelihara pertumbuhan iman mereka serta keteguhan akan panggilan mereka.

Selengkapnya...

Liputan & Wawancara

NRETC 2014

National Reformed Evangelical Teen Convention (NRETC) terus diadakan dari tahun ke tahun, termasuk juga di tahun 2014 ini dengan tema “Identitas dan Panggilan Hidup”. Di dalam NRETC kali ini, para remaja difokuskan untuk menggumuli panggilan hidup mereka. Selain menggumuli tentang panggilan hidup, para remaja juga diajarkan bagaimana mereka harus mencerminkan seluruh hidup mereka sebagai anak-anak Allah yang telah ditebus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juli 2014

Setelah beberapa tema utama Perjanjian Lama dibahas dalam PILLAR edisi-edisi sebelumnya, PILLAR akan membahas tema-tema penting dalam Perjanjian Baru mulai edisi ini.

Selengkapnya...

Liputan & Wawancara

Wawancara dengan Bapak Johan Murjanto

Dalam rangka Konvensi Injil Nasional bagi Guru Sekolah Minggu dan Guru Pendidikan Agama Kristen (KIN GSM), kali ini PILLAR akan mewawancarai Ketua Pelaksana KIN GSM tahun 2014 ini. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana KIN tahun 2013. Mari kita simak apa saja yang menjadi pergumulan panitia dalam mempersiapkan KIN GSM dan bagaimana tuntunan Tuhan bekerja setiap saat.

Selengkapnya...

Liputan & Wawancara

Konser Bach, Beethoven, & Brahms di Aula Simfonia Jakarta

Pada tanggal 19 Juli 2014 diadakan konser Bach, Beethoven, dan Brahms di Aula Simfonia Jakarta. Konser kali ini bertujuan untuk menunjukkan tiga komposer yang terpenting di sepanjang sejarah yang sering dikenal dengan tiga B (Bach, Beethoven, dan Brahms).

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Agustus 2014

Bulan Juli 2014 akan dikenang oleh rakyat Indonesia sebagai suatu momen penting dalam sejarah demokrasi bangsa ini karena di bulan tersebut ratusan juta rakyat memilih presiden mereka yang akan memimpin mereka selama lima tahun mendatang.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Agustus 2014

1. Berdoa untuk KKR Regional 2014 yang akan dilaksanakan di berbagai tempat di Indonesia untuk menyambut tahun ajaran baru 2014/2015. Berdoa untuk setiap tim yang akan melayani daerah-daerah terpencil di berbagai tempat.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

September 2014

Kamu sudah yakin masuk sorga? Diselamatkan = (sekadar) masuk sorga? Misi Kerajaan Allah disempitkan sedemikian rupa. Masalah hidup mati jauh lebih besar daripada “masuk sorga”.

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2014

1. Bersyukur untuk KPIN Filipina yang telah diadakan di Davao, Cebu, dan Manila pada tanggal 23-26 Juli 2014 dan KPIN Malaysia yang diadakan di kota Kinabalu, Kudat, Tawau, dan Sandakan pada tanggal 18–22 Agustus 2014. Bersyukur untuk puluhan ribu jiwa yang telah mendengarkan pemberitaan Injil melalui rangkaian KPIN di kedua negara ini, berdoa kiranya setiap mereka memperoleh pembaruan iman di dalam kehidupan kerohanian mereka.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Oktober 2014

Berdoa untuk KIN bagi Guru Sekolah Minggu dan Guru Pendidikan Agama Kristen yang akan diadakan pada tanggal 11-16 November 2014. Berdoa untuk setiap orang yang telah mendaftarkan diri dan diterima untuk mengikuti acara ini, kiranya Tuhan mempersiapkan mereka untuk dapat menerima setiap firman yang diberitakan sehingga mereka dibangkitkan untuk dapat memberitakan Injil dan membangun karakter setiap anak didik mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Oktober 2014

Di dunia postmodern ini, salah satu tema yang paling sering dibahas adalah konsep “komunitas”. Sekarang ada komunitas motor, komunitas alumni sekolah XYZ, dan lain-lain, yang dibentuk dengan dasar dan tujuan yang beragam, namun ada satu kesamaan: semuanya tidak abadi. Bahkan komunitas terdekat dan tersakral sekalipun, yakni pernikahan, akan dibubarkan oleh kematian. Namun ada satu komunitas yang akan melampaui batasan ruang dan waktu sejarah dunia ini: Komunitas Kerajaan Allah.

Selengkapnya...

Pokok Doa

November 2014

1. Bersyukur untuk KPIN Sulawesi Tenggara 2014 dan KPIN Semarang 2014 yang telah diadakan pada bulan Oktober 2014. Bersyukur untuk jiwa-jiwa yang telah datang mendengarkan Injil. Berdoa kiranya Tuhan memeliharakan iman mereka. Berdoa untuk KPIN Australia 2014 yang akan diadakan pada tanggal 20-22 November 2014. Kiranya Tuhan memberkati dan memelihara pelayanan tim STEMI di kota-kota di Australia ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

November 2014

Mulai edisi ini, PILLAR memuat seri baru dari Khotbah Pdt Dr. Stephen Tong “Memuliakan Allah” yang akan membantu kita semua memahami dan menjalani tujuan dan alasan kita diciptakan Allah tersebut. Di tema kali ini “The Returning King” mengakhiri seluruh rangkaian tema besar Kingdom of God yang sudah dibahas pada beberapa edisi yang lalu. Apakah akhir dari semua ini?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Desember 2014

1. Bersyukur untuk KIN bagi Guru Sekolah Minggu dan Guru Pendidikan Agama Kristen yang telah diadakan pada tanggal 11-16 November 2014. Bersyukur untuk lebih dari 3.000 peserta yang telah menghadiri acara ini, kiranya api penginjilan yang telah dikobarkan terus membara.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Desember 2014

Dunia merayakan Hari Natal dengan cara dan makna yang berbeda-beda, namun di tengah hiruk pikuk Natal, Kristus datang inkarnasi sebagai yang terasing dan tersendiri.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Januari 2015

Setiap awal tahun kita mengucapkan salam tahun baru, tetapi apakah benar-benar ada sesuatu yang baru yang harus kita rayakan? Jangan-jangan kita hanya mengulang-ngulang kegagalan kita, masalah kita, yang sebenarnya sudah usang dan basi sejak bertahun-tahun.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Januari 2015

1. Bersyukur untuk KKR Regional 2014 yang telah menjangkau lebih dari 1,6 juta jiwa di seluruh penjuru Indonesia. Bersyukur Tuhan telah membangkitkan banyak orang untuk berbagian di dalam pemberitaan Injil melalui KKR Regional ini.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Februari 2015

1. Berdoa untuk KKR Regional 2015 yang akan dimulai pada Februari 2015 ini. Berdoa untuk pelatihan-pelatihan pengkhotbah awam yang diadakan di berbagai tempat di GRII, kiranya Tuhan menggerakkan semakin banyak pengkhotbah awam untuk dapat dilatih untuk memberitakan Injil di seluruh penjuru Indonesia.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Februari 2015

PILLAR Edisi Februari sampai beberapa edisi berikutnya akan mengajak kita menikmati peranan firman Tuhan melalui Theologi Reformed dalam menerangi aspek-aspek hidup manusia. Dengan prinsip “wahyu khusus menjadi kacamata untuk melihat wahyu umum dalam dunia berdosa” kita diajak merenungkan peranan manusia dalam organisasi, pemikiran bangsa Indonesia berkaitan dengan Pancasila, wahyu Allah akan Diri-Nya melalui Angka Tiga, bagaimana menafsir dan melihat ke dalam suatu sistem, sampai kepada isu IT (Teknologi Informasi) mutakhir masa kini dalam pelayanan kita.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Maret 2015

Pada edisi ini kita melihat banyak artikel dengan judul bidang-bidang studi seperti Engineering, fisika, filsafat, dan bahasa. Ada apakah gerangan?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Maret 2015

Berdoa untuk KIN Jakarta 2015 bagi Remaja dan Pemuda Mahasiswa. Kiranya firman yang diberitakan dapat menegakkan iman, menuntun kepada pengenalan akan Allah yang benar, serta kepekaan akan kehendak Tuhan.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

April 2015

Edisi ini kita akan melanjutkan tema integrasi iman Kristen dengan bidang-bidang kehidupan.

Selengkapnya...

Pokok Doa

April 2015

1. Bersyukur untuk SPIK bagi Generasi Baru “Predestinasi dan Kebebasan” yang telah diadakan pada tanggal 14 Maret 2015 di RMCI-Kemayoran, Jakarta, dan relay ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri. Bersyukur untuk setiap orang yang telah menghadiri acara ini, berdoa kiranya melalui SPIK generasi muda Kristen dapat dimenangkan kembali untuk mengerti akan doktrin yang benar dan mampu menerapkan di dalam setiap aspek kehidupan mereka serta berdoa kiranya Roh Kudus memimpin mereka di dalam perjuangan mereka menantang zaman.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Mei 2015

Berdoa untuk KIN 2015 bagi Remaja dan Pemuda Mahasiswa. Berdoa untuk penjangkauan oleh seluruh tim humas di seluruh penjuru Indonesia. Berdoa untuk sharing visi yang dilakukan di berbagai tempat kepada berbagai sinode, gereja, kampus, sekolah, dan pelayanan mahasiswa Kristen, kiranya melalui sharing visi ini, banyak pemuda remaja dapat mengerti akan pentingnya KIN.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Mei 2015

Ketika manusia jatuh dalam dosa, salah satu efek dosa adalah pemisahan. Bukan hanya memisahkan relasi manusia dari Penciptanya, tetapi juga memisahkan hidup manusia menjadi kepingan-kepingan fragmen yang seakan-akan tidak saling berhubungan, misalnya pembagian artifisial sakral-sekuler. Namun manusia diciptakan sebagai makhluk yang utuh.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juni 2015

Pillar edisi kali ini mengangkat suatu tema yang sering kali dicap sebagai tema yang berat, mustahil dimengerti, dan sulit dilihat relevansinya dalam hidup: tema Allah Tritunggal. Mengapa demikian? Karena kita hanya melihat kesulitannya tanpa melihat keagungan dan pengaruhnya dalam hidup kita. Ada dua artikel yang mencoba membawa kita masuk ke pengertian yang lebih mendalam. Yang pertama “Early Trinitarianism” memberikan kita survei historis sehingga kita dapat melihat perjuangan Bapa-bapa Gereja Mula-mula yang dengan gigih mempertahankan doktrin ini sehingga kita dapat meneladani mereka. Yang kedua “Tritunggal dan kerendahan hati” menggali dan membahas doktrin ini di dalam konteks yang menyentuh spiritualitas dan bahkan hal yang kita jumpai sehari-hari.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juni 2015

Berdoa untuk KIN Jakarta 2015 bagi remaja. Bersyukur untuk para remaja yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti KIN Remaja 2015 dan berdoa untuk persiapan hati mereka untuk mengikuti acara ini.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juli 2015

1. Bersyukur untuk KIN 2015 bagi Remaja dengan tema “Remaja dan Hidup yang Menang” pada tanggal 24-28 Juni 2015 yang telah diikuti oleh sekitar 3.200 peserta. Bersyukur untuk setiap firman Tuhan yang telah diberitakan melalui mimbar.

Selengkapnya...

Artikel

Editorial: Konvensi Injil Nasional Jakarta 2015 Bagi Pemuda & Mahasiswa

Pertobatan merupakan suatu momentum yang terpenting di dalam kehidupan orang Kristen di dunia ini. Di dalam pertobatan, dosa kita secara efektif ditebus di atas kayu salib dan hidup kita diubah oleh Kristus. Kapan manusia mulai bertobat? Ada yang mengalami pertobatan ketika masih kecil, mungkin karena dilahirkan di dalam keluarga Kristen. Ada juga yang bertobat di masa tua, di atas ranjang rumah sakit ketika sudah mendekati ajalnya. Tetapi kebanyakan orang bertobat di saat masa remaja dan masa pemuda, karena pada masa inilah manusia mulai mencari identitas diri dan memikirkan akan hidup mereka. Karena itulah, masa remaja dan pemuda merupakan masa-masa emas untuk bertemu dengan Kristus. 

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Agustus 2015

Bacaan yang baik adalah yang memutarbalikkan atau mengoreksi apa yang lazim dipercaya oleh kebanyakan orang. Edisi kali ini pembaca akan banyak dibalikkan perspektifnya. Artikel “pemilihan” menunjukkan bahwa doktrin pemilihan Allah yang kerap menimbulkan perdebatan sengit ternyata adalah doktrin yang sangat menghiburkan hati. Sains yang sering dipakai untuk menyerang iman Kristen ternyata justru bukan teman bagi mereka yang tidak percaya.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Agustus 2015

2. Berdoa untuk KPIN yang akan diadakan pada akhir bulan ini di Malang Selatan. Berdoa kiranya Tuhan memelihara hamba-Nya Pdt. Dr. Stephen Tong dalam memberitakan firman yang menggugah hati anak-anak Tuhan untuk bertobat kembali kepada hidup yang kudus di seluruh penjuru Indonesia maupun di luar negeri. Demikian juga untuk Ev. Michael Liu dalam memberikan kesaksian pertobatan hidupnya. Berdoa juga untuk rencana KPIN di Selandia Baru dan Australia yang akan diadakan pada bulan September 2015, kiranya berkat Tuhan dicurahkan melalui firman yang diberitakan di tempat-tempat tersebut sama seperti yang telah terjadi di tempat-tempat lainnya dan banyak jiwa yang bertobat dan menyerahkan hidupnya bagi Kristus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

September 2015

Tema predestinasi memang mengundang polemik atau perdebatan. Namun sayangnya banyak yang berdiri di salah satu pihak berdebat, ngotot, marah, menghina, melecehkan, menuduh pihak yang lain tanpa benar-benar mengerti apa yang dia sendiri yakini dan posisi pihak satunya. Berdebat tanpa pemahaman yang menyeluruh bukan hanya ekspresi kesempitan hati tetapi juga arogansi.

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2015

1. Bersyukur untuk KIN 2015 bagi Pemuda dan Mahasiswa yang telah diadakan pada tanggal 4-9 Agustus 2015. Bersyukur untuk sekitar 3.200 peserta yang telah menghadiri acara ini. Berdoa kiranya Roh Kudus memeliharakan hati dan tekad setiap peserta dalam memperjuangkan iman mereka dalam keseharian dan kiranya melalui KIN ini Tuhan membangkitkan sekelompok pemuda Kristen yang akan menjadi pemimpin dengan pengertian akan firman Tuhan yang benar dan semangat untuk memberitakan Injil di masa depan baik dalam kehidupan bergereja maupun dalam kehidupan bernegara.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Oktober 2015

Edisi kali ini melanjutkan tema predestinasi bulan lalu, yaitu setelah dipilih dan ditetapkan, lalu apa? Penetapan kita bukan menjadi tujuan lalu kita berpuas diri, toh sudah selamat. Orang Kristen ditebus keluar dari dunia yang berdosa, untuk berkarya dan menebus kembali semua aspek dalam ciptaan yang sudah jatuh tersebut.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Oktober 2015

1. Bersyukur untuk Gospel Rally yang telah diadakan di Selandia Baru, Australia, Singapura, dan Amerika Serikat.
Bersyukur untuk pimpinan dan urapan Roh Kudus dalam pekerjaan Tuhan ini sehingga banyak jiwa menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi mereka serta menyerahkan diri untuk melayani Tuhan di dalam hidup mereka. Berdoa kiranya Tuhan tetap memakai hamba-Nya Pdt. Dr. Stephen Tong di dalam memberitakan Injil di seluruh penjuru Indonesia dan dunia serta membawa jiwa-jiwa untuk kembali kepada Kristus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

November 2015

Manusia dan segala pencapaiannya seiring berlalunya waktu dilupakan oleh sejarah. Tetapi ada momen-momen sejarah yang tidak mungkin dihapus dari ingatan sejarah. Salah satu momen terpenting dalam sejarah gereja adalah momen Reformasi Protestan. Setiap tanggal 31 Oktober diperingati hari di mana Martin Luther memakukan 95 tesis sebagai pencetus terbitnya Reformasi gereja yang segera meluas. 

Selengkapnya...

Pokok Doa

November 2015

1. Bersyukur untuk KKR yang telah diadakan di Manila, Filipina. Bersyukur untuk puluhan ribu jiwa yang menghadiri KKR tersebut dan untuk firman Tuhan yang telah diberitakan. Berdoa kiranya Roh Kudus memimpin dan menyegarkan kerohanian setiap orang yang  telah mendengarkan firman Tuhan. Berdoa juga untuk pelayanan Pdt. Stephen Tong di dalam memenangkan jiwa bagi Kristus, kiranya Roh Kudus senantiasa memimpin, mengurapi, dan memenuhi beliau dengan kuasa-Nya di dalam pelayanan pemberitaan firman.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Desember 2015

Natal!!! Setiap anak-anak menyambut Natal dengan antusias... Namun dengan berlalunya waktu, mengapa orang dewasa tidak memiliki antusiasme yang hangat dan menggebu-gebu lagi? Ahhh... anak-anak kan menantikan hadiah.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Desember 2015

Bersyukur untuk KPIN yang telah menjangkau 123 kota dan KKR Regional yang telah menjangkau lebih dari 1,8 juta jiwa di seluruh penjuru Indonesia. Berdoa kiranya setiap orang yang telah mendengarkan Injil boleh mengalami pimpinan Tuhan dalam hidup mereka.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Januari 2016

Berdoa untuk rencana pelayanan dalam tahun 2016. Kiranya Tuhan terus memimpin Gerakan Reformed Injili dan juga membangkitkan lebih banyak lagi pelayan untuk pekerjaan-Nya demi menjangkau lebih banyak jiwa lagi bagi kemuliaan Kristus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Januari 2016

Selamat Tahun Baru 2016! Tahun 2015 sudah digeser oleh sejarah, juga ribuan orang lainnya yang tidak mampu menyeberang ke 2016. Kita mungkin melewati malam pergantian tahun dengan doa penuh pengharapan dengan resolusi tahun baru yang harus dipenuhi di 2016. Tapi apakah yang lebih baik dan apakah yang menjadi tujuan dari semua resolusi selain “Knowing the True Christ”? Artikel ini mungkin tidak sepraktis yang kita inginkan, tetapi semua yang praktis harus bersumber dari pengenalan yg sejati akan Kristus.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Februari 2016

1. Berdoa untuk Rangkaian KKR Regional 2016 yang telah dimulai pada akhir bulan Januari 2016 dan akan diadakan di berbagai tempat di Indonesia pada bulan Februari 2016 ini. Berdoa untuk setiap tim yang telah dan sedang mempersiapkan diri untuk KKR Regional ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Februari 2016

Apa bedanya minyak dengan garam ketika dituangkan ke dalam segelas air? garam akan larut ke dalam air sedangkan minyak hanya ngambang di atas, terpisah dan tidak larut. Tragedi dalam kehidupan orang Kristen adalah kebenaran-kebenaran alkitab yang kita pelajari atau kotbah-kotbah dan tulisan-tulisan Kristen yang didengar dan dibaca menjadi seperti minyak dalam cawan kehidupan kita, ngambang-ngambang di atas tapi orang Kristen tidak tahu bagaimana melarutkannya dalam kehidupan sehari-hari. Emang ada kaitannya doktrin dengan kerjaan sehari-hari? misalnya doktrin Allah Tritunggal dengan ekonomi atau ilmu teknik sipil?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Maret 2016

1. Berdoa untuk KPIN Australia 2016 yang akan diadakan pada tanggal 17-22 Maret 2016 di kota Melbourne, Sydney, dan Perth.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Maret 2016

Theologi Reformed sering diidentikkan sebagai Theology of Life karena keluasan dan keterkaitannya dengan segala aspek kehidupan manusia, baik dalam membangun kehidupan orang percaya maupun manusia pada umumnya. Pernahkah kita memikirkan aplikasi kalimat di atas di dalam bidang ekonomi, politik, dan makna hidup kita?

Selengkapnya...

Pokok Doa

April 2016

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman (KPI) Australia yang telah diadakan pada tanggal 17-22 Maret 2016. Bersyukur untuk setiap jiwa yang telah menghadiri KPI Australia ini, terutama komunitas orang-orang berbahasa Mandarin di Australia.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

April 2016

Sering kali ketika pemimpin-pemimpin politik diwawancarai tentang suatu topik tertentu, jawabannya sangat “politically correct” tetapi tidak lebih dari sekadar basa-basi yang tidak ada isinya.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Mei 2016

Edisi Mei ini membahas beberapa aspek kehidupan seperti aspek akademis, sains, dan seni, ekonomi, pekerjaan, dan lainnya. Semua aspek kehidupan tersebut penting, namun yang lebih penting dari semua itu adalah kehidupan itu sendiri.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Mei 2016

Berdoa untuk NRETC 2016 yang akan diadakan pada tanggal 23-26 Juni 2016. Berdoa untuk setiap remaja yang akan hadir di dalam acara ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juni 2016

Bulan Mei yang lalu kita dipenuhi dengan sukacita besar. Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK) “Kristus: Imam, Nabi, & Raja” dihadiri lebih dari 5.800 orang yang haus ingin mengerti Kristus sebagai titik pusat iman orang Kristen, dan juga sekitar 2.000 lebih orang juga yang mendengarkan secara relay dari 20 lebih kota di berbagai penjuru dunia.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juni 2016

1. Bersyukur untuk KPIN Sumut 2016 yang telah diadakan di kota Sibolga, Balige, dan Tarutung pada tanggal 23-25 Mei 2016. Bersyukur untuk jiwa-jiwa yang telah mendengarkan berita Injil. Kiranya Roh Kudus membangkitkan dan mengobarkan api penginjilan dalam hati setiap orang yang telah menghadiri acara ini. Kiranya Tuhan membangkitkan lebih banyak lagi orang-orang untuk dapat meneruskan semangat Nommensen yang telah membawa Injil ke tanah Batak kira-kira 150 tahun yang lalu dan banyak jiwa dimenangkan bagi Kristus di masa mendatang.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juli 2016

1. Bersyukur untuk NRETC 2016 yang telah berlangsung pada tanggal 23-26 Juni 2016 dengan tema “Aku dan Zamanku”. Bersyukur untuk sekitar 1.500 remaja yang telah menghadiri NRETC ini. Bersyukur untuk setiap pembicara yang telah memberitakan kebenaran firman Tuhan dan juga sekitar 500 remaja yang menerima panggilan Tuhan untuk menyerahkan dirinya menjadi hamba Tuhan. Kiranya Roh Kudus terus memelihara mereka dalam menggumuli, mempersiapkan diri, dan merealisasikan panggilan hidup mereka sepulangnya dari NRETC ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juli 2016

Tidak terasa 6 bulan 2016 sudah terlewatkan. Apakah setengah jalan 2016 yang sudah kita lalui ini penuh makna ataukah hanyalah kekosongan dan penyesalan belaka?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Agustus 2016

1. Berdoa untuk KKR Regional yang sedang dilaksanakan di berbagai daerah di penjuru Indonesia selama bulan Agustus. Berdoa untuk setiap jiwa yang akan dijangkau melalui KKR Regional ini, kiranya Tuhan membangkitkan jiwa-jiwa untuk hidup bagi Kristus melalui pemberitaan firman. Berdoa kiranya Roh Kudus mengurapi setiap orang yang membawakan firman Tuhan dan memberikan hikmat kebijaksanaan kepada mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Agustus 2016

Bergantung... kita tidak suka bergantung, kita sukanya mandiri. Manusia adalah ciptaan, diciptakan sepenuhnya bergantung pada Allah, namun fakta dalam dunia mempertontonkan manusia terus-menerus menolak bergantung pada Allah. Ada tiga artikel yang akan menunjukkan hanya dengan bergantung pada Tuhanlah, dunia ini ada pengharapan. Tiga artikel ini membahas tentang ekonomi, konseling, dan kebahagiaan.

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2016

1. Bersyukur untuk rangkaian KPIN Sumbar 2016 yang telah diadakan di kota Bukittinggi dan Padang pada tanggal 11 dan 12 Agustus 2016, serta KPIN Jateng 2016 yang telah diadakan di kota Magelang dan Salatiga tanggal 19 dan 20 Agustus 2016. Bersyukur untuk setiap jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui rangkaian KPIN ini, kiranya Roh Kudus bekerja di dalam pertobatan mereka dan memampukan mereka untuk hidup bagi Kristus. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan melalui Pdt. Dr. Stephen Tong dan berdoa kiranya Tuhan tetap memakai hamba-Nya di dalam pelayanan pengabaran Injil baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Berdoa untuk pelayanan Pdt. Dr. Stephen Tong selama bulan September 2016 untuk memenangkan jiwa bagi Kristus di beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

September 2016

Berapa besarkah probabilitas pembaca menyimak kolom Meja Redaksi ini? Mungkin tidak terlalu besar. Lalu kenapa memangnya? Artikel “Allah dan Probabilitas” menunjukkan ternyata dengan mempelajari probabilitas, kita bisa mengenal karakter Allah seperti kesetiaan dan independensi Allah.

Selengkapnya...

Transkrip

Doa Bapa Kami – Bagian 13: Lepaskanlah Kami dari pada Yang Jahat (1)

Di dalam ajaran Agustinus ada kalimat yang seperti mirip, “Allah dicari di mana? Aku mencari Engkau di luar, akhirnya aku sadar bahwa Engkau ada di dalam aku, maka aku berputar arah dari mencari Tuhan di luar menjadi mencari Tuhan di dalam. Ketika aku mencari Allah yang berada di dalam diriku, akhirnya kutemukan Engkau lebih dalam dari sedalam-dalamnya aku, sehingga aku takluk kepada-Mu.”

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Oktober 2016

Zaman berganti dan waktu terus menggeser apa yang ada sekarang ke masa lalu. Pergantian zaman bisa menimbulkan gap antargenerasi seperti yang dibahas oleh artikel “Jembatan: Sebuah Refleksi mengenai Jurang Lintas Generasi dalam Kitab Ezra”. Artikel biografi tentang seorang misionaris bernama Henry Martyn dimulai dengan sebuah deklarasi di dalam pergantian zaman, “pekerjaan Allah yang sesungguhnya tidak pernah padam”. Bukan hanya tidak padam, tetapi diteruskan dan menjadi berkat bagi zaman-zaman seterusnya, walaupun kerap kali terlupakan. Itulah yang terjadi pada warisan pemikiran John Calvin bagi dunia, siapa yang masih ingat sumbangsih sistem demokrasi ternyata dibidani oleh pemikiran Calvin? Mari jangan lupakan sejarah, karena ketika kita melihat tangan pemeliharaan Tuhan akan masa lalu, seharusnya membuat kita semakin beriman menapaki masa depan karena Allah kita adalah Allah yang sama dan Allah yang setia menuntun umat-Nya sepanjang masa.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Oktober 2016

1. Bersyukur untuk rangkaian Seminar dan KKR yang telah diadakan STEMI dan dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong di berbagai kota dan universitas di Amerika Serikat pada tanggal 16-28 September 2016. Berdoa untuk setiap orang yang telah mendengarkan Injil dan dimenangkan kembali bagi Kristus, kiranya Roh Kudus membimbing mereka dalam pengenalan akan Kristus dalam kehidupan mereka.

Selengkapnya...

Pokok Doa

November 2016

1. Bersyukur untuk rangkaian KPIN Jabar 2016 yang telah diadakan di Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon pada tanggal 25-27 Oktober 2016. Bersyukur untuk pimpinan dan penyertaan Tuhan dalam rangkaian KPIN ini yang telah menjangkau 134 kota. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan, kiranya Roh Kudus memimpin setiap jiwa yang telah mendengarkan firman Tuhan ini, terutama untuk anak-anak, sehingga firman Tuhan tersebut dapat berakar di dalam hati.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

November 2016

Kekristenan sering diidentikkan dengan kasih, karena Kristus, Sang Anak Allah, rela mati di atas kayu salib. Kasih Allah di dalam Kristus sering kali digambarkan dengan kasih ibu, atau para pendidik, di dalam mendidik anak didiknya, tetapi bagaimanakah pendidikan yang kristiani, menggambarkan Kristus yang sesungguhnya?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Desember 2016

1. Bersyukur untuk rangkaian KPIN NTB dan Flores 2016 yang telah diadakan di Sumbawa Besar, Mataram, Maumere, dan Ende pada tanggal 22-25 November 2016. Bersyukur untuk pimpinan dan penyertaan Tuhan dalam rangkaian KPIN ini yang telah menjangkau 140 kota selama 4 tahun ini.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Desember 2016

Christmas is coming! Dunia menyambutnya dengan diskon besar-besaran, hiasan megah berkerlap-kerlip di mana-mana. Gereja tidak kalah sibuk menyambutnya dengan kegiatan menghias pohon Natal, latihan koor dengan lagu-lagu Natal, dan lain sebagainya. Hari-hari yang sibuk di mana tidak sempat lagi ada perenungan yang mendalam.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Januari 2017

1. Bersyukur untuk rangkaian KKR Natal 2016 yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong di 17 kota baik di Indonesia maupun di luar negeri yang telah diadakan sepanjang bulan Desember 2016.

Selengkapnya...

Liputan & Wawancara

Natal Bukan Hari Kebencian, Natal Adalah Hari Cinta Kasih: Liputan KKR Natal 2016

Desember adalah bulan yang sangat penting untuk orang Kristen di seluruh dunia, karena di bulan inilah kita merayakan hari kelahiran Tuhan Yesus, Sang Penebus. Bagi Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) dan Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI), bulan ini selalu dirayakan dengan rangkaian Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Natal di berbagai tempat, baik di dalam maupun luar negeri.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Januari 2017

Tahun 2016 dilalui dengan banyak lembaran hitam baik di dalam maupun di luar negeri. Aksi demo ratusan ribu orang di Jakarta, pencobaan bom di berbagai tempat di Indonesia, pembunuhan duta besar Rusia di Turki, aksi penabrakan truk yang menyebabkan tewasnya sedikitnya 9 orang dan puluhan luka-luka, serta jutaan rakyat Suriah yang sengsara karena perang yang berkepanjangan.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Februari 2017

1. Bersyukur untuk Wisuda STTRII IX dan SPRII I pada tanggal 4 Februari 2017. Berdoa kiranya setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan theologi mempunyai hati yang berkobar untuk mengabarkan Injil dan memenangkan jiwa bagi Kristus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Februari 2017

Tahun 2017 adalah tahun yang khusus karena kita akan merayakan dan memperingati 500 tahun Reformasi. Bagaimanakah kita merayakannya?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Maret 2017

1. Berdoa untuk acara peringatan 500 tahun Reformasi yang diadakan di berbagai tempat di dunia. Bersyukur untuk pimpinan Tuhan selama 500 tahun ini sehingga gereja mampu untuk memelihara iman dan ajaran yang bersandar kepada firman Tuhan yang sejati.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Maret 2017

Tidak terasa 2 bulan sudah berlalu dari tahun 2017, PILLAR terus menyajikan seri Reformasi-500 untuk membawa kita mengingat para pahlawan iman yang memperjuangkan Reformasi. Oleh karena itu edisi ini kita akan masuk ke mesin waktu dan kembali ke abad-abad awal untuk melihat sebuah survei singkat pergumulan kebenaran dari Perjanjian Lama hingga masa Reformasi seperti yang dibahas dalam artikel “Sola Scriptura under Fire #1”. Artikel “Post Tenebras Lux” juga menelusuri proses perkembangan prolegomena theologi mulai dari era Gereja Mula-mula hingga sekarang. Tuhan menjaga gereja-Nya tetap setia, demikian juga Ia menjaga hamba-hamba-Nya seperti William Chalmers Burns yang kisah hidupnya menggetarkan jiwa setiap orang yang membacanya.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

April 2017

Ada satu kata yang akan terus terngiang ketika kita membaca artikel demi artikel dalam edisi ini: Otoritas.  Artikel “Reformation 500” membahas tantangan terhadap otoritas Alkitab dalam zaman modern.

Selengkapnya...

Pokok Doa

April 2017

Berdoa untuk acara peringatan 500 Tahun Reformasi yang akan diadakan di Jakarta, pada tanggal 14-20 November 2017, dengan tema “Why Reformation? What’s Next?

Selengkapnya...

Pokok Doa

Mei 2017

1. Bersyukur untuk KKR Regional yang telah diadakan sepanjang tahun 2017 ini. Bersyukur untuk jiwa-jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui pelayanan ini. Berdoa kiranya Tuhan memanggil lebih banyak lagi orang-orang untuk berbagian dalam pemberitaan Injil ini dan dipersiapkan dalam pelatihan pembicara awam.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Mei 2017

Seri ketiga dari Reformation 500 - Sola Scriptura under Fire membuka artikelnya dengan kutipan Pdt. Stephen Tong, “Kita hidup di zaman yang lebih berat dibanding dengan Martin Luther, karena kita menghadapi begitu banyak tantangan filsafat zaman.”

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juni 2017

Berdoa untuk rangkaian peringatan 500 Tahun Reformasi di seluruh dunia, khususnya untuk rangkaian kebaktian di lebih dari 30 kota yang akan diadakan oleh STEMI, baik di Indonesia, Asia, Australia, maupun Amerika Serikat sepanjang bulan Juli s/d November 2017.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juni 2017

Reformasi adalah terang yang menguak kegelapan yang melanda kekristenan selama berabad-abad lamanya. Terang ini mencerahkan dan membawa umat melihat keindahan dan signifikansi kebenaran-kebenaran dalam Alkitab.

Selengkapnya...

Pokok Doa

Juli 2017

1. Bersyukur untuk NRETC 2017 yang telah diadakan pada tanggal 15-18 Juni 2017. Bersyukur untuk setiap remaja yang telah mengikuti acara ini, kiranya melalui NRETC ini, Tuhan membangkitkan sekelompok generasi muda Kristen yang mengerti akan firman Tuhan yang sejati, yang mengerti akan kehendak Allah, dan memperjuangkannya di dalam hidup mereka.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Juli 2017

Salah satu fakta universal yang tidak mungkin terbantahkan adalah adanya fakta dosa dalam dunia ini. Dosa merupakan hal yang kompleks yang terwujudkan dalam berbagai bentuk dan aspek. Artikel Doctrine of Man and Sin menyoroti dosa sebagai pengkhianatan relasi yang digambarkan oleh pengkhianatan Gomer terhadap Nabi Hosea. Mengerikan memang!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Agustus 2017

Berdoa untuk KKR Regional 2017 yang telah kembali diadakan seiring dengan mulainya tahun ajaran baru di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Berdoa untuk setiap tim yang sedang melayani di berbagai penjuru Indonesia sepanjang bulan Agustus 2017 ini, kiranya Tuhan menyertai mereka dan mengurapi mereka dengan kuasa untuk memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

Agustus 2017

Indonesia merayakan Ulang Tahun Kemerdekaannya yang ke-72 di tengah-tengah maraknya isu terorisme dan potensi konflik SARA.

Selengkapnya...

Pokok Doa

September 2017

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Meja Redaksi

September 2017

Edisi bulan ini lebih gemuk dari biasanya, 20 halaman sebagai bukti pembahasan tentang sumbangsih pemikiran kekristenan dan Reformasi sangat berlimpah dan menyentuh banyak bidang dan aspek kehidupan.

Selengkapnya...

Transkrip

Pengakuan Iman Rasuli – Bagian 6: Butir Pertama (6)

Iman adalah hal yang paling serius dalam hidup manusia. Tanpa iman kepercayaan, tidak seorang pun diperkenan Allah. Di hadapan Allah bukan kelakuan yang diperhitungkan, karena kelakuan kita bobrok penuh kepura-puraan. Kelakuan manusia semua bercacat-cela sehingga tidak memperkenan Allah. Martin Luther mengatakan, “Iman adalah penerimaan terhadap penerimaan.” Iman berarti aku menerima fakta, fakta bahwa aku telah diterima oleh Tuhan.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲