Tulisan oleh "Rolando Kaizer" (14 buah)

Artikel

Manusia Hidup - Imago Dei

Dalam Perjanjian Lama, ada tiga jabatan yang diberikan oleh Tuhan melalui pengurapan kepada orang yang dipilih-Nya di Israel untuk mengatur bangsa itu. Ketiga jabatan itu adalah nabi, raja, dan imam. Walaupun Alkitab tidak menulis secara eksplisit ketiga jabatan ini secara bersamaan, tetapi memang dalam narasi Perjanjian Lama kita akan menemukan tiga jabatan itu saja yang representatif. Hakim-hakim berfungsi seperti seorang nabi, maka tidak ada jabatan hakim karena seperti nabi.

Selengkapnya...

Artikel

Polycarpus

Polycarpus adalah seorang Bapa gereja yang hidup tepat setelah zaman para rasul. Karena lahir pada tahun 69, maka dia masih sempat bertemu dengan para rasul dan tokoh-tokoh kekristenan awal. Dia adalah murid langsung dari rasul Yohanes dan berdomisili di Smirna (sekarang menjadi kota Izmir di daerah Turki) sepanjang hidupnya. Tidak banyak tulisan Polycarpus yang bertahan sampai sekarang. Tulisannya yang paling utama dan masih ada hanyalah suratnya kepada jemaat di Filipi. Meski demikian, surat ini cukup menggambarkan tentang theologinya, kesungguhannya dalam menggembalakan, dan kepeduliannya akan ajaran sesat yang beredar saat itu.

Selengkapnya...

Artikel

Augustine on Language

Pada zaman sekarang, kita dipaksa untuk belajar dan memikirkan hal-hal tertentu saja, terutama yang berkaitan dengan yang membawa profit bagi diri kita. Bidang yang kita pelajari dalam pendidikan formal pun sifatnya semakin lama semakin menyempit. Akhirnya, banyak bidang yang tidak sempat kita sentuh dan wilayah pengetahuan kita kurang meluas. Bidang bahasa atau linguistik adalah salah satu bidang yang jarang dibahas dan diperhatikan dalam konteks pemuda. Bidang ini dianggap tidak menarik dan hanya mengulas tentang hal yang dapat kita ketahui dan gunakan sehari-hari. Berbeda sekali dengan Bapa Gereja Agustinus yang mempelajari banyak sekali bidang dan salah satunya adalah bahasa. Agustinus menulis sebuah buku tentang tata bahasa (De grammatica), enam buku tentang ritme musik, dan lima buku lainnya tentang dialektika, retorika, geometri, aritmetika, dan filsafat. Semangat pembelajaran Agustinus perlu kita teladani agar bidang pengetahuan yang kita miliki tidak sempit dan disintegratif.

Selengkapnya...

Artikel

Medieval Era

Menurut para sejarawan, Abad Pertengahan dimulai sejak kejatuhan Kerajaan Romawi pada tahun 476. Kejatuhan Kerajaan Romawi ini terjadi tepat setelah masa seorang theolog agung yang bernama Agustinus dari Hippo. Kejatuhan ini disebabkan oleh penyerangan terus-menerus oleh bangsa barbar yang bernama Visigoth pada tahun 410. Akhirnya pada tahun 476 ibukota Kerajaan Romawi berhasil diduduki dan dikuasai oleh raja barbar yang bernama Odoacer.

Selengkapnya...

Artikel

Reformasi: Suatu Kelahiran yang Sulit namun Pasti

Kemapanan adalah hal yang mengerikan dalam dunia ini. Kita bisa melihatnya sendiri dalam sejarah. Yang sering kali mampu menghancurkan orang Kristen bukanlah senjata, kekerasan, pengucilan, atau apa pun yang menyakitkan, melainkan keamanan, kemapanan, kenikmatan, kesejahteraan, dan kemakmuran. Pencobaan inilah yang juga ternyata mengguncang kekristenan pada masa sebelum Reformasi.

Selengkapnya...

Artikel

The Puritans Post-Reformation Era

Di zaman ini, istilah puritan telah menjadi istilah yang agung. Ketika kita mendengar istilah ini, langsung terpikirkan tentang raksasa-raksasa iman yang mempertuhankan Allah yang benar dalam seluruh aspek hidup mereka. Nuansa istilah puritan demikian memang tidak salah. Tetapi perlu kita ketahui sejarahnya bahwa istilah puritan pada awalnya bukanlah pujian, melainkan ejekan. Istilah itu pertama kali disebutkan pada tahun 1560 di daerah Inggris. Mengapa istilah itu bisa tercetus?

Selengkapnya...

Artikel

Unseen Danger

Tuhan menciptakan manusia dengan sangat ajaib. Ia menciptakan kita berbeda dengan makhluk lainnya. Kita diciptakan menurut peta dan teladan Allah, cerminan dari kemuliaan Allah sendiri. Bukan hanya itu, Allah juga memberikan manusia tubuh dan roh, Dia sendiri yang menghembuskan nafas-Nya kepada manusia dan memberikan kekekalan dalam hati manusia. Maka hidup manusia sudah pasti berbeda dengan makhluk lainnya yang tidak dicipta demikian. Binatang, misalnya, hanya memiliki tubuh jasmani dan menjalankan hidupnya sesuai dengan insting yang dimilikinya. Binatang tidak punya pemikiran, kebudayaan, cinta kasih, iman, dan lain-lain. Oleh sebab itu, kita perlu mengkaji bagaimana seharusnya manusia hidup sebagai peta dan teladan Allah dalam dunia ini.

Selengkapnya...

Artikel

Allah, Manusia, Hukum, dan Kerajaan-Nya

Zaman yang kita tinggali sekarang adalah zaman yang meneriakkan tentang “kebebasan” dengan menggebu-gebu. Manusia sudah muak akan otoritas dan tidak mau lagi mengikuti tradisi. Orang-orang cenderung bersikap individualis, terutama di kota-kota besar di mana perkembangan teknologi terjadi begitu pesat. Hal ini tercermin dari isu-isu yang muncul saat ini, yang sering kali membuat hati kita ngilu.

Selengkapnya...

Artikel

Mahasiswa Kristen?

Kita menyebut diri kita sebagai mahasiswa Kristen. Apa artinya menjadi mahasiswa Kristen? Apa bedanya dengan mahasiswa lain yang belajar ilmu pengetahuan, sama seperti kita?

Selengkapnya...

Artikel

Misi Kerajaan Allah

Suatu hari ada seorang pengkhotbah di dalam sebuah gereja meneriakkan, “Siapakah yang mau sembuh hari ini dari segala penyakitnya? Siapakah yang ingin lepas dari kesulitan dan kemiskinan? Siapakah yang ingin mencapai kesuksesan dan hidup sebagaimana layaknya anak raja? Mintalah seluruhnya kepada Tuhan dengan penuh iman dan engkau akan mendapatkannya. Berdoalah lebih keras dan giat agar Tuhan mendengar doamu!”

Selengkapnya...

Artikel

Predestinasi: Suatu Pendekatan Melalui Pengenalan Akan Allah Tritunggal

Bagaimana kita bisa mengerti mengenai predestinasi dengan baik? Ketika orang berbicara tentang predestinasi, biasanya langsung dipertentangkan dengan kebebasan manusia. Bagaimana manusia bisa memiliki kebebasan jika segala hal sudah ditetapkan sejak semula? Apakah manusia tetap bertanggung jawab atas dosa-dosanya jika semua sudah ditetapkan? Bukankah manusia tidak mempunyai kekuatan melawan apa yang sudah digariskan Tuhan?

Selengkapnya...

Artikel

Huldrych Zwingli

Huldrych Zwingli, atau biasa dilafalkan Ulrich Zwingli, adalah seorang reformator Swiss yang lahir pada tanggal 1 Januari 1484 di desa Wildhaus, Swiss. Ayahnya adalah seorang petani, penggembala ternak, dan pernah menjadi hakim desa. Ayahnya bisa menjadi hakim desa karena cukup aktif dalam hal perpolitikan. Dari pengalaman bersama ayahnya di pegunungan-pegunungan Swiss menggembalakan ternak, Zwingli belajar dan menanamkan jiwa patriotisme dan kecintaannya yang sangat mendalam kepada negara Swiss.

Selengkapnya...

Artikel

Allah Dunia Akademis

Para orang tua Kristen mungkin memiliki ketakutan tertentu ketika akan mengirimkan anaknya untuk menempuh pendidikan tinggi. Dari sekian banyak ketakutan yang ada, salah satunya adalah mengenai iman. Mengapa?

Selengkapnya...

Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di kota pertama yaitu Kabanjahe pada tanggal 23 April 2019. Berdoa untuk rencana 100 kota yang akan dikunjungi di seluruh penjuru Indonesia dan 50 kota di luar negeri. Berdoa untuk Pdt. Dr. Stephen Tong, kiranya Tuhan memberikan kuasa untuk memenangkan jiwa-jiwa dan kekuatan untuk memberitakan Injil di masa tua beliau. Berdoa untuk setiap persiapan di kota-kota yang akan dikunjungi sehingga kemuliaan Tuhan dinyatakan sekali lagi di zaman ini.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Satu sisi kehidupan Daud akan pengenalan kepada Allah yang meneguhkanku dan membuat saya bertobat, apapun yang...

Selengkapnya...

saya bertanya saja. apa kalau saya beribadah menggunkan drum saya masuk neraka?

Selengkapnya...

Yang saya pahami, Langit yang baru dan Bumi yang baru adalah tempat tinggal manusia2 yg telah diselamatkan, dan...

Selengkapnya...

5 Tahun yg Lalu,saya Mengalami Suatu Dorongan Yg Begitu Kuat Melalui Firman ini,Saya Juga sempat Pergi...

Selengkapnya...

saya mendoakan senor rekan pelayanan saya yang sakit kanker, segala cara telah dilakukannya, hanya tinggal menunggu...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲