Tulisan oleh "Sarah Charista" (14 buah)

Artikel

Opera Don Giovanni dan Pandangan Kierkegaard

Cerita dimulai dengan adegan Don Giovanni yang sedang berusaha menggoda seorang perempuan bernama Donna Anna, yang padahal sudah memiliki fiance bernama Don Ottavio. Relasi Don Giovanni dan Donna Anna tidak disetujui oleh ayahnya Donna Anna, yang disebut sebagai Commendatore, dan dia mencoba untuk menghalanginya. Kemudian terjadilah pergulatan antara Don Giovanni dan Commendatore, dan Don Giovanni membunuhnya dengan pisau.

Selengkapnya...

Artikel

Grand Concert Tour 2017: Suatu Refleksi

Sepertinya ada yang hilang dengan perkembangan budaya Indonesia. Ketertarikan akan musik klasik belum terlalu marak di kalangan masyarakat Indonesia. Adanya orang-orang yang sudah berprofesi memainkan musik klasik, dan munculnya berbagai jenis institusi pendidikan maupun gedung konser (Gedung Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Aula Simfonia Jakarta, Ciputra Artpreneur, dan Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail) tidak dapat menutup fakta bahwa musik klasik belum terdengar suaranya terlalu jelas di Indonesia.

Selengkapnya...

Artikel

How Do We Hear Christmas Carol?

Perayaan Natal tidak pernah dirayakan bahkan sampai 300 tahun setelah Tuhan Yesus lahir. Perayaan Natal pertama kali dicetuskan oleh Konstantin Agung sekitar tahun 336 ketika dia mulai mematenkan agama Kristen sebagai agama nasional dari kekaisaran Romawi. Memang sebenarnya banyak kandidat tanggal lain, tetapi mereka memutuskan untuk menjadikan tanggal 25 Desember sebagai hari peringatan Tuhan Yesus lahir.

Selengkapnya...

Artikel

Which Instrument Should I Use?

Semua orang pasti merasakan pentingnya the power of sound. Seperti yang terjadi bulan awal tahun 2018 ini, muncullah film musikal berjudul The Greatest Showman. Banyak orang berbondong-bondong mengantri tiket bioskop untuk menonton film tersebut.

Selengkapnya...

Artikel

Where Should I Place Art?

Bagaimana seharusnya kita meletakkan seni di dalam kehidupan ini? Pertanyaan ini sering kali muncul di tengah konteks kehidupan manusia yang sudah direduksi sedemikian rupa. Misalnya, ada orang yang menempatkan seni sebagai ajang mencari uang semata atau melihatnya sebagai pengisi waktu luang semata.

Selengkapnya...

Artikel

Seni adalah Pemborosan

“Belajar itu seumur hidup.” Sejak kita bayi, kita sudah belajar bagaimana memahami bahasa yang dipakai oleh orang tua kita, bagaimana berjalan agar tidak jatuh, bagaimana makan sendiri, dan sebagainya. Kita kemudian belajar di sekolah, dileskan oleh orang tua, masuk ke universitas, yang dengan kata lain kita dimasukkan ke dalam sebuah sistem untuk mempelajari berbagai bidang. Setelah menyelesaikan kuliah, kita masih terus belajar dalam dunia kerja, keluarga, masyarakat, dan dengan demikian dapat dikatakan bahwa hidup kita penuh dengan pembelajaran.

Selengkapnya...

Artikel

Living God's Story through Culture

Hidup manusia penuh dengan cerita, baik yang kita alami sendiri maupun orang lain, baik cerita masa lalu, sekarang, maupun angan-angan masa depan, baik cerita aktual maupun imajinasi, baik cerita tragedi maupun komik. Manusia hidup di tengah-tengah berbagai macam cerita ini.

Selengkapnya...

Artikel

Music, Message, and Cultural Mandate

Musik yang dahulu hanya dinikmati melalui indra pendengaran, sekarang, dengan perkembangan layar dan rekaman, dapat juga dinikmati dengan mata–music video.

Selengkapnya...

Artikel

Mendapatkan dengan Melepas (Sebuah Refleksi Grand Concert Tour 2018)

Ratusan tahun yang lalu, di mana teknologi belum berkembang seperti sekarang, musik hanyalah konsumsi kalangan elitis. Musik hanya dinikmati oleh orang-orang yang memiliki uang, orang-orang kaya yang bisa membayar komponis untuk menggubah lagu sekaligus menyewa musisi untuk memainkan lagu tersebut di dalam rumah mereka. Akibatnya, pemusik bukanlah profesi yang umum pada saat itu. Mereka, para musisi ini, hanyalah orang-orang yang mendedikasikan seluruh hidupnya kepada seni yang dia cintai atau yang dia kuasai. Rakyat marginal tidak memiliki akses ke dunia musik karena ekonomi yang tidak mencukupi. Musik hanya dinikmati dalam kalangan lingkup yang sempit.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk SPIK Keluarga 2019, kiranya firman yang akan dibawakan oleh setiap pembicara dapat memberikan pengertian yang holistik baik mengenai relasi kasih Tuhan dengan manusia maupun relasi kasih antarmanusia. Berdoa kiranya setiap peserta dapat mengerti prinsip kebenaran yang disampaikan dan mampu menerapkannya seturut hikmat-Nya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Yesus itu adalah firman Allah yang telah menjadi manusia, Kata kunci : "Firman Allah telah menjadi manusis"...

Selengkapnya...

Tapi mengapa terkadang semua manusia merasa kalau saat mereka sdh ada di puncak itu mereka sudah merasa mempunyai...

Selengkapnya...

 The purpose of the knowledge and the university is that we can share the growth and development of our society and...

Selengkapnya...

Artikel kotbah di atas isinya singkat padat dan jelas. Tuhan berkati penulisnya. Ijinkan saya kiranya dapt...

Selengkapnya...

Terimakasih,sangat terberkati artikel ini Tuhan Yesus Memberkati

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲