Tulisan oleh "Stephen D. Prasetya" (9 buah)

Artikel

Alkitab Dasar KEHIDUPAN Orang Kristen?

Istilah “wahyu” bukanlah suatu istilah yang asing di telinga kita. Buletin Pillar selama dua bulan terakhir ini telah membahas tema ini secara panjang lebar. Dikatakan bahwa wahyu adalah penyataan Allah akan diri-Nya, baik melalui cara yang supranatural maupun melalui ciptaan-Nya (natural); di mana yang pertama disebut Wahyu Khusus, dan yang kedua disebut Wahyu Umum. Kedua wahyu ini tidak bisa dipisahkan antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan dan perbedaannya.

Selengkapnya...

Resensi

Dosa, Keadilan, dan Penghakiman

Judul : Dosa, Keadilan, & Penghakiman Penulis : Pdt. Dr. Stephen Tong Penerbit : LRII Tebal : vi + 166 halaman Tahun : 1993 Cetakan : 5

Selengkapnya...

Artikel

Reformed Evangelical Movement: "The Battle Song of the Age"

Adakah hal yang berubah di atas dunia ini? Tidak ada hal di atas dunia ini yang tidak berubah. Bahkan abad 20 yang baru 11 tahun yang lalu kita lewati adalah abad di mana terjadi banyak sekali perubahan baik secara struktur sosial, moralitas, sampai pada nilai-nilai yang dianggap benar. Dari abad yang dimulai dengan babak agrikultur sampai pada babak industrialisasi dan ditutup dengan babak informasi, sering kali abad ke-20 diinterpretasikan sebagai abad dengan perkembangan yang paling cepat sepanjang sejarah manusia.

Selengkapnya...

Artikel

The Cost of Liberty

Junta Militer Myanmar, yang dipelopori oleh partai The State Peace and Development Council’s (SPDC) telah memerintah Myanmar sejak tahun 1962. Selama kurang lebih 50 tahun, Myanmar harus tunduk di bawah kuasa militer dan belajar untuk mengunci mulutnya. Potensi berupa kekayaan alam dan kekayaan intelektual semuanya terpendam di bawah tumpukan tanah dan darah yang mewarnai masa pemerintahan Junta Militer.

Selengkapnya...

Artikel

Jan Hus: The Burning Bohemian Goose of Reformation

Pembicaraan mengenai Reformasi tidak akan bisa dilepaskan dari nama-nama besar seperti Martin Luther, John Calvin, Theodore Beza, dan John Knox. Para pahlawan iman ini telah melakukan tugasnya di dunia, menjadi alat Tuhan untuk menunjukkan kebenaran Tuhan di tengah-tengah dunia yang serong.

Selengkapnya...

Artikel

I Labor, Therefore I Am: Refleksi Dunia Kerja Metropolitan

Setiap pagi, masa-masa dewasa justru menyapa kita dengan sepiring masalah keuangan dengan sedikit hiasan bunga hutang di atasnya, yang dihidangkan bersama dengan secangkir tekanan sistem sosial yang baru saja diseduh. Hari-hari indah yang dahulu kita bayangkan sebagai sekotak coklat, ternyata adalah hari-hari yang dipenuhi dengan peningkatan kadar asam lambung dan tekanan darah. Bahkan, tidak jarang kita temui diri ini merindukan masa-masa kecil yang carefree, asalkan fasilitas-fasilitas yang kita nikmati sebagai orang dewasa tidak dicabut dari kita – sebuah impian yang sebenarnya ironis.

Selengkapnya...

Artikel

Revisiting Our Desolation Row

Pada sebuah malam yang normal di Jakarta - angin panas yang meniup, tingkat polusi udara yang berada di ambang batas “beracun”, dan bunyi klakson kendaraan yang sesekali terdengar – terpampang sebuah pemandangan yang sangat lazim terlihat di jalanan kota besar pada jam pulang kantor, kemacetan arus lalu lintas “stadium empat”. Di tengah-tengah kemacetan yang demikian pelik, yang sebenarnya sudah mendarah daging bagi penduduk kota Jakarta, terdapat satu keunikan yang paling tidak disadari oleh seorang pendatang ketika pertama kali menghirup aroma khas jam pulang kantor ala kota Jakarta. Sebuah keunikan yang saya sendiri sempat pertanyakan kurang lebih delapan tahun yang lalu, “Mengapa banyak orang berjejer dan mengangkat tiga jari mereka? Apakah mereka bermaksud untuk mencari tumpangan? Bukankah ada banyak bus yang lalu lalang di ruas jalan ini? Atau jangan-jangan tarif bus terlalu mahal untuk mereka?”

Selengkapnya...

Artikel

People of Purchased Identity and The Law

Identitas adalah sebuah isu yang secara menarik dibukakan di seluruh paparan Alkitab. Di dalam membahas mengenai identitas Allah dan identitas manusia, mahkota ciptaan, Allah menyatakan keduanya melalui penceritaan mengenai suatu bangsa. Bangsa ini, baik dari segi geografis, ekonomis, maupun politis, tidak memiliki potensi yang signifikan di masanya. Akan tetapi, apa yang Allah kerjakan untuk mengukuhkan identitas dari sekelompok manusia ini dicatat di dalam kitab Allah; dan oleh karenanya, posisinya menjadi tidak tergantikan di dalam signifikansinya, baik secara positif maupun negatif, bagi penceritaan mengenai identitas manusia di hadapan Allah. Bangsa itu adalah bangsa Israel, sebuah bangsa yang namanya memiliki arti “Umat yang bergulat/bergaul dengan Allah”.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk pimpinan Tuhan selama 30 tahun bagi GRII.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Syalom.......!!! Selamat siang pa saya mau inggin bertanya berkolaborasi dengan zaman milenial pa,pertanyaannya...

Selengkapnya...

Sebenernya simple mengenai ilmu tentang hidup. Ya kita harus terima kenyataan , dan kita harus punya tujuan hidup....

Selengkapnya...

maaf ternyata kesalahan pada setingan di komputer saya, syalom

Selengkapnya...

hurufnya sulit di baca... mungkin akan leih baik klw menggunakan huruf standart syalom TUHAN MEMBERKATI

Selengkapnya...

Sepertinya bagian Penutup tidak menjawab pertanyaan. Sy sebagai org awam yg mau datang kpd TY jadi bingung dengan...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲