Tulisan oleh "Trisfianto Prasetio" (10 buah)

Artikel

Melihat Keindahan pada Rumus Fisika

Apakah betul sains dan agama itu saling bertentangan? Atau sebenarnya ada hal yang lebih mendasar daripada itu?

Selengkapnya...

Artikel

Allah Bersama-sama dengan Kita

Ada 2 momen penting yang diperingati oleh orang-orang Kristen yaitu Paskah dan Natal. Jikalau kita membandingkan kedua perayaan itu di kehidupan sehari-hari, maka terlihat ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya. Kita sebagai orang Kristen pun tanpa disadari ikut terseret oleh arus dunia di dalam memaknai momen Natal ini. Kita dengan senang hati mengikuti cara dunia memaknai Natal. Sering kali kita melupakan tujuan merayakan Natal yang sesungguhnya.

Selengkapnya...

Resensi

Wisdom and Wonder: Common Grace in Science and Art

Theologi Reformed mengenal dua jenis anugerah, yakni anugerah khusus (particular grace) dan anugerah umum (common grace). Anugerah khusus adalah anugerah keselamatan yang diberikan kepada umat pilihan-Nya. Sedangkan anugerah umum berupa alam ciptaan yang keindahan dan kompleksitasnya dapat dinikmati oleh semua orang, entah itu orang percaya atau bukan. Abraham Kuyper adalah salah satu theolog yang memopulerkan kata “common grace” dan memakai kata tersebut sebagai judul bukunya. Karya aslinya ditulis dalam bahasa Belanda, tapi kemudian Christian’s Library Press menerjemahkannya dalam bahasa Inggris. Buku Wisdom and Wonder: Common Grace in Science and Art adalah proyek terjemahan pertama dari total tiga volume buku tersebut. Alasan utama penerbit melakukan proyek ini adalah kurangnya tendensi sebagian besar gereja Injili dalam menjangkau kaum intelektual. Hal ini mengakibatkan bidang-bidang intelektual seperti sains dan seni dipakai oleh manusia untuk melawan Tuhan. Melalui buku ini, Abraham Kuyper menegaskan kembali sains dan seni adalah anugerah umum yang Allah berikan untuk menyatakan kebenaran, keindahan, dan kebaikan bagi manusia.

Selengkapnya...

Artikel

Allah dan Probabilitas

Hidup ini tidak selalu berjalan dengan penuh kepastian atau terprediksi sesuai pemikiran dan pengalaman kita. Siapa pun pasti menyadari bahwa ada ketidakpastian dalam hidup ini yang tidak mampu kita kontrol dan prediksi. Ada persentase kemungkinan untuk suatu peristiwa dapat terjadi di luar yang ditunggu-tunggu. Dalam ranah ilmiah, kita menyebutnya sebagai probabilitas.

Selengkapnya...

Artikel

What is Providence of God?

Providensia Allah menyatakan bahwa Allah terus berinteraksi dengan manusia, dan hal ini seharusnya memberikan penghiburan dan pengharapan bagi manusia.

Selengkapnya...

Artikel

Human Rights, Man’s Dignity, and Sin

Salah satu isu global yang masih diperdebatkan dengan panas hingga saat ini adalah mengenai isu LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender). Walaupun beberapa negara di Eropa, seperti Belanda, sudah lama melegalkan pernikahan sejenis, tetapi isu ini bergejolak besar ketika Amerika melegalkannya sekitar bulan Juli 2015. Semenjak saat itu beberapa negara mengikuti langkah Amerika dengan melegalkan pernikahan sejenis. Negara terakhir yang melakukannya adalah Taiwan. Bagi sebagian orang hal ini adalah sebuah kemajuan di dalam penghargaan terhadap hak asasi manusia (HAM).

Selengkapnya...

Artikel

Kebangunan Epistemologi bagi Pemuda Kristen

Sebagai pemuda kita tidak dapat lepas dari pengetahuan. Ada rentang kira-kira 20 tahun lebih hidup kita dari anak-anak sampai pemuda diisi dengan pengejaran akan pengetahuan melalui sekolah dan universitas. Ketika kita kelak beranjak dewasa, pengetahuan yang kita kejar semakin bervariasi mulai dari relasi pasangan hidup, keluarga, hubungan pekerjaan, dan tentunya pengenalan akan Tuhan yang semakin dalam. Bagaimana kita mengetahui sesuatu adalah kebenaran dengan benar?

Selengkapnya...

Artikel

Esther: God's Presence in Every Moment of Life

Jikalau kita membaca keseluruhan Alkitab secara teliti, kita akan melihat bagaimana Allah menyatakan kehadiran-Nya dengan cara yang limpah. Ada kalanya Allah hadir dengan kemuliaan-Nya, sehingga siapa pun yang melihat-Nya pasti akan mati. Sebaliknya, Allah juga bisa hadir dengan kasih melalui inkarnasi Yesus Kristus.

Selengkapnya...

Artikel

Imanuel, Apa Maknanya di Abad ke-21 Ini?

Salah satu konteks pergumulan yang dibahas adalah mengenai pergumulan tubuh manusia. Bahwa di zaman postmodern ini, aspek tubuh menjadi sesuatu yang sangat diperhatikan oleh manusia. Hal ini sangat kontras dengan zaman modern yang cenderung tidak menaruh perhatian pada aspek tubuh manusia. Bagi mereka, manusia dinilai dari rasionya, bukan dari tubuh fisiknya. Sehingga di zaman modern wajah jelek tidak menjadi soal, yang penting rasionya dapat berjalan dengan baik.

Selengkapnya...

Artikel

Memahami Nubuat di Alkitab dari Perspektif Kitab Yoel

Seperti yang kita ketahui, Alkitab banyak menuliskan tentang nubuat atau wahyu. Sejak kejatuhan manusia pertama saja, Allah menyatakan nubuat tentang keselamatan melalui keturunan perempuan, tetapi banyak di antara kita yang tidak memperhatikan secara detail setiap perkataan nubuat, sehingga kita sering kali kehilangan atau melewatkan makna yang limpah darinya.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk pimpinan dan penyertaan Tuhan terhadap Calvin Institute of Technology (CIT) yang sedang dalam tahap Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Tahun Ajaran 2019/2020.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Yesus itu adalah firman Allah yang telah menjadi manusia, Kata kunci : "Firman Allah telah menjadi manusis"...

Selengkapnya...

Tapi mengapa terkadang semua manusia merasa kalau saat mereka sdh ada di puncak itu mereka sudah merasa mempunyai...

Selengkapnya...

 The purpose of the knowledge and the university is that we can share the growth and development of our society and...

Selengkapnya...

Artikel kotbah di atas isinya singkat padat dan jelas. Tuhan berkati penulisnya. Ijinkan saya kiranya dapt...

Selengkapnya...

Terimakasih,sangat terberkati artikel ini Tuhan Yesus Memberkati

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲