Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Allah, Kota Benteng Kita

Mazmur 46

Fakta bahwa Allah merupakan Kota Benteng kita adalah fakta yang menarik, indah, dan menenteramkan jiwa. Kenyataan bahwa Allah adalah Kota Benteng menjadikan kita memiliki tempat untuk (1) dilindungi dan tempat untuk (2) mendapatkan kekuatan. Di dalam Allah, Kota Benteng kita, kita juga (3) mendapatkan pertolongan dari kesesakan.

Sering kali di dalam kehidupan ini, kita diliputi oleh banyak suara di sekitar kita. Suara yang menakut-nakuti, suara yang mengancam, suara ketidakpastian hidup, dan suara yang menyuramkan hati dan suasana hidup. Mendengar suara sirene ambulans, sirene polisi, kegaduhan gempa bumi, membawa kita jadi teringat akan kematian dan betapa rapuhnya kehidupan ini. Tetapi di dalam Mazmur 46 ini, kita memiliki alasan sekali lagi untuk menenangkan hati kita yang takut dan gemetar. Di tengah-tengah bencana alam dan deru peperangan, berita bangsa melawan bangsa, kita boleh bersandar pada fakta bahwa Allah kita adalah TUHAN semesta alam yang menyertai kita. Dia menyertai kita seperti kota benteng yang sangat kuat, kokoh, dan aman bagi jiwa kita. Dia sendirilah yang akan menghentikan peperangan. Di dalam kota-Nya, kita aman dan tidak akan goncang.

Saya pribadi suka dengan istilah Kota Allah, kediaman yang Mahatinggi. Disebutkan kediaman berarti tempat di mana kita boleh berdiam dan beristirahat. Jiwa kita boleh minum dan beristirahat melepas lelah. Ketika kita melihat pekerjaan Tuhan, justru di situ kita boleh ditenangkan karena Allah sendiri yang berkata, “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa di bumi!” Tuhan semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Amin.

Lukas Yuan Utomo

Maret 2018

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Sidang Tahunan Sinode (STS) GRII yang diadakan pada tanggal 28-30 Desember 2020. Berdoa kiranya melalui STS ini, setiap cabang GRII dapat mengerti visi dan misi Gerakan Reformed Injili dan dimampukan Tuhan untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya demi mencapai visi dan misi tersebut. Berdoa untuk setiap pemimpin Gerakan Reformed Injili, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dalam memimpin dan melayani zaman ini dengan kepekaan dan pengertian akan kehendak dan isi hati Tuhan.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲