Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Allah, Kota Benteng Kita

Mazmur 46

Fakta bahwa Allah merupakan Kota Benteng kita adalah fakta yang menarik, indah, dan menenteramkan jiwa. Kenyataan bahwa Allah adalah Kota Benteng menjadikan kita memiliki tempat untuk (1) dilindungi dan tempat untuk (2) mendapatkan kekuatan. Di dalam Allah, Kota Benteng kita, kita juga (3) mendapatkan pertolongan dari kesesakan.

Sering kali di dalam kehidupan ini, kita diliputi oleh banyak suara di sekitar kita. Suara yang menakut-nakuti, suara yang mengancam, suara ketidakpastian hidup, dan suara yang menyuramkan hati dan suasana hidup. Mendengar suara sirene ambulans, sirene polisi, kegaduhan gempa bumi, membawa kita jadi teringat akan kematian dan betapa rapuhnya kehidupan ini. Tetapi di dalam Mazmur 46 ini, kita memiliki alasan sekali lagi untuk menenangkan hati kita yang takut dan gemetar. Di tengah-tengah bencana alam dan deru peperangan, berita bangsa melawan bangsa, kita boleh bersandar pada fakta bahwa Allah kita adalah TUHAN semesta alam yang menyertai kita. Dia menyertai kita seperti kota benteng yang sangat kuat, kokoh, dan aman bagi jiwa kita. Dia sendirilah yang akan menghentikan peperangan. Di dalam kota-Nya, kita aman dan tidak akan goncang.

Saya pribadi suka dengan istilah Kota Allah, kediaman yang Mahatinggi. Disebutkan kediaman berarti tempat di mana kita boleh berdiam dan beristirahat. Jiwa kita boleh minum dan beristirahat melepas lelah. Ketika kita melihat pekerjaan Tuhan, justru di situ kita boleh ditenangkan karena Allah sendiri yang berkata, “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa di bumi!” Tuhan semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Amin.

Lukas Yuan Utomo

Maret 2018

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk WRF General Assembly 2019 yang telah diadakan pada 8-12 Agustus 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Shalom Pak Pendeta. 1.Bagaimanakah saya boleh membeli buku hasil penulisan bapak? kerana saya berada di Malaysia...

Selengkapnya...

baik

Selengkapnya...

saya mau bertanya aja, kalau di katakan bahwa "when they were created, human can be self-centered",...atau...

Selengkapnya...

Terima kasih untuk renungan tentang kasih Allah.

Selengkapnya...

Asumsikan ada terbatas banyaknya bilangan genap jika dan hanya jika terdapat M yang merupakan bilangan terbesar dari...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲