Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Bagaimana Memaknai Masa-Masa Keemasan

Dalam kehidupannya di dunia ini, orang Kristen pasti mengalami masa-masa yang “naik” dan “turun”. Hal ini dapat dimengerti dengan melihat kepada kehidupan Yesus Kristus sendiri sebagai teladan dan model kehidupan orang Kristen. Berkenaan itu, peristiwa pemuliaan Kristus di atas gunung penting dan menarik untuk direnungkan.

Injil Lukas mencatat bahwa sebelum dimuliakan di atas gunung, Yesus untuk pertama kalinya memberitahukan tentang penderitaan-Nya di masa yang akan datang, bahwa Dia akan ditolak oleh imam-imam, ahli-ahli Taurat, dan penatua. Dia akan dibunuh, tetapi akan dibangkitkan pada hari ketiga. Yesus juga memperingatkan murid-murid- Nya bahwa mereka juga akan ikut menderita (Luk. 9:22-27).

Seminggu setelah peringatan akan masa yang kelam itu, Yesus membawa Petrus, Yohanes, dan Yakobus naik ke gunung untuk berdoa. Di situlah wajah dan pakaian Yesus menjadi bercahaya, sebuah peristiwa yang juga disebut transfigurasi Yesus. Selain itu, tampak pula Musa dan Elia bersama-sama dengan Dia. Penampakan Musa dan Elia di sini sangat penting. Ahli Taurat, imam, dan penatua menolak Yesus karena menganggap Yesus melawan Taurat Musa dan ajaran para nabi. Mereka mengira Musa dan Elia ada di pihak mereka. Pertemuan Musa dan Elia dengan Yesus mengukuhkan bahwa Yesuslah Mesias yang dinubuatkan oleh Musa dan para nabi.

Namun, peneguhan yang terpenting bukan datang dari nabi, tetapi dari Allah sendiri. Allah Bapa memberikan kesaksian bahwa, “Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia” (Luk. 9:35). Allah Bapa memerintahkan murid-murid Yesus untuk mendengarkan Yesus karena tampaknya mereka begitu terpesona dengan kehadiran Musa dan Elia. Mereka tidak sadar bahwa yang mereka ikuti setiap hari lebih mulia daripada para nabi itu.

Pemuliaan Kristus di gunung merupakan peristiwa keemasan yang langka terjadi dalam kehidupan Kristus. Sejak kelahiran-Nya, Yesus mengalami perendahan dan penghinaan, yang akan berpuncak pada kayu salib. Akan tetapi, transfigurasi adalah peristiwa Yesus paling dimuliakan oleh Allah Bapa di sepanjang hidup-Nya sebelum disalibkan. Tidak ada peristiwa pemuliaan kedua. Setelah turun gunung nanti, Yesus akan terus direndahkan, disalibkan, sampai akhirnya Dia dibangkitkan dan menerima kembali kemuliaan kekal-Nya.

Apa kaitannya peristiwa ini dengan kehidupan dan iman orang Kristen, pengikut Kristus? Mereka akan mengalami penghinaan di dalam dunia dan di tengah-tengah banyak pihak yang mengaku mewakili Allah. Akan tetapi, Allah akan menyatakan keberpihakan-Nya kepada pengikut Anak-Nya. Allah akan membenarkan mereka, seperti Dia membenarkan Anak-Nya di hadapan ahli Taurat dan orang Farisi. Sebelum sampai kepada pembenaran di pengadilan terakhir itu, orang Kristen akan mengalami banyak goncangan dan tantangan. Ada kalanya, mereka merasa konfirmasi dari Tuhan dan iman mereka begitu dikuatkan. Mereka mengalami masa-masa keemasan dalam iman mereka. Setelah itu, akan ada saatnya Allah membiarkan mereka diserang oleh musuh-Nya. Di saat-saat seperti itu, orang Kristen harus menyangkal diri dan sabar memikul salib mereka, setia dengan iman mereka, dan taat sepenuhnya seperti Kristus di masa-masa paling gelap-Nya. Kiranya Tuhan menolong kita menjadi pengikut Kristus sejati.

Erwan

Oktober 2016

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲