Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Be Kind and True

Mungkin ada beberapa dari kita yang sudah menonton film “Cinderella”. Cerita diawali dengan ibu Cinderella yang memberikan pesan terakhirnya kepada Cinderella yang masih kecil, yaitu “Have courage and be kind.” Pesan ini terus diingat dan dilakukan oleh Cinderella sampai ia dewasa, bahkan dalam keadaan yang sulit. Pesan yang terus menyertai hidupnya sampai akhirnya ia lepas dari segala penderitaan akibat ibu tirinya dan menikah dengan putra mahkota dan hidup bahagia selamanya. Pesan cerita ini cukuplah baik, yaitu mengajarkan kepada penonton agar “Have courage and be kind.”

Kitab Amsal 3:3-4 mengatakan, “Do not let kindness and truth leave you; bind them around your neck, write them on the tablet of your heart. So you will find favor and good repute in the sight of God and man” atau dalam bahasa Indonesia “Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.” Raja Salomo memberikan pesan, “Be kind and true.”

Kebaikan harus dijaga oleh kebenaran, dan kebenaran harus dijalankan di dalam kebaikan. Kebaikan tanpa kebenaran dapat menjerumuskan, keberanian tanpa kebenaran dapat berbahaya, kebenaran tanpa kebaikan bisa menjadi kejam. Hanya Allah yang baik, dan hanya Yesuslah kebenaran. Hanya satu cara untuk memperoleh perkenan Tuhan yaitu kebaikan kita harus berada di dalam kebaikan Allah, dan kebenaran yang kita kerjakan harus berada di dalam kebenaran Yesus. Tidak ada yang baik dan benar di dalam diri manusia. Apa yang dianggap kebaikan dan kebenaran oleh manusia sangatlah lemah dan rapuh. Oleh karena itu, “kalungkanlah” pesan Raja Salomo dan “ukirlah di dalam hati”, “Be kind and true” di dalam Tuhan dan kita akan memperoleh penghargaan dari Tuhan maupun manusia.

Seperti Cinderella yang terus mengingat dan melakukan pesan ibunya, marilah kita terus mengingat dan melakukan pesan Raja Salomo, orang paling bijak yang pernah ada di muka bumi. “Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau,” “Be kind and true.

Yana Valentina

Maret 2016

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi yang telah menjangkau 17 kota di Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Amatir Bicara: Kadang-kadang Allah memakai Iblis untuk mencapai maksud-maksud ilahi-Nya dengan mengizinkan Iblis...

Selengkapnya...

Inilah seharusnya y dimiliki setiap orang percaya, bukan menjadi suatu komunitas "VIV". Karena sering yg...

Selengkapnya...

Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲