Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Berita di atas Padang Rumput: Dulu dan Sekarang

Dalam bagian awal Injil Lukas, dikisahkan bagaimana berita tentang kelahiran Yesus diberitahukan kepada gembala-gembala yang menjaga kawanan domba mereka di padang. Malaikat tiba-tiba menampakkan diri kepada mereka disertai dengan sinar kemuliaan Tuhan. Para gembala memang terlatih untuk menghadapi serangan binatang buas yang ingin menerkam ternak mereka, tetapi mereka tidak siap dengan malaikat yang membawa kemuliaan Tuhan pada saat itu. Malaikat yang kuat itu ternyata datang bukan untuk menghancurkan, tetapi membawa berita keselamatan.

“Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan,” kata malaikat Tuhan.

Ada hal yang sangat misterius di dalam berita ini, yang menyebabkan berita ini tidak akan bosan- bosan dikabarkan sampai Tuhan Yesus datang kembali. Kabar itu tidak diberikan kepada para pemimpin militer dan politik, tetapi para gembala. Malaikat sebagai hamba terlihat lebih mulia daripada Tuannya. Ditambah lagi, tanda Juruselamat lahir adalah palungan di kandang binatang.

Di manakah segala kuasa dan kemuliaan Kristus yang dipantulkan oleh para malaikat? Jika kita melihat kepada palungan, tentulah kita tidak akan menyangka bahwa bayi itu adalah penguasa dunia. Kita mengetahui itu ketika malaikat dan bala tentara sorga menampakkan diri mereka dengan segala kemuliaan sorgawi. Ada ribuan tentara tidak kasatmata di belakang bayi dalam palungan.

Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari di sini. Kekuatan dari Sang Bayi itu nyata, tetapi tidak tampak. Sebagai orang Kristen, kekuatan kita bukan berasal dari politik, ekonomi, ataupun militer yang kelihatan. Di balik layar, ada kekuatan tak terkira yang sedang mengawasi berjalannya sejarah. Kerendahan hati Sang Bayi bukan disebabkan oleh kelemahan dan keterbatasannya, tetapi oleh kekuatan di balik layar yang disembunyikannya. Rendah hati yang sejati bukan lahir dari keminderan, tetapi dari semangat inkarnasi.

Marilah kita beritakan bijaksana Tuhan yang Mahabesar ini kepada dunia. Apakah kemuliaan yang dunia cari dapat melampaui kemuliaan malaikat yang berkilau-kilau? Meskipun demikian, malaikat dengan segala kemuliaannya memuji dan meninggikan bayi dalam palungan itu. Mereka mengetahui bahwa kemuliaan mereka jauh di bawah bayi itu. Mereka datang bukan untuk memberitakan kemuliaan diri mereka, tetapi kemuliaan bayi Kristus yang tidak terlihat. Bagaimana dengan kita?

KKR Natal Akbar Pdt. Dr. Stephen Tong di Gelora Bung Karno pada malam 22 Desember ini dapat menjadi ajang kita mengabarkan berita itu. Seorang hamba Tuhan akan mengabarkan berita tentang bayi Kristus di atas lapangan rumput yang terbuka, mengingatkan pada kisah Injil Lukas di mana kabar itu pertama kali diberitakan kepada gembala di padang. Kali ini, berita itu akan disampaikan bukan kepada sekelompok gembala, tetapi kepada ribuan orang. Maukah Anda mengambil bagian dalam pemberitaan yang besar ini?

Erwan

Januari 2012

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲