Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Dia Bangkit!

Lazarus sakit... Marta dan Maria sudah menyampaikan berita ini kepada Tuhan Yesus dan meminta pertolongan-Nya. Tetapi Tuhan Yesus tidak segera menuju ke Betania untuk menyembuhkan Lazarus. Dia sengaja membiarkan Lazarus. Marta percaya bahwa Tuhan Yesus bisa menyembuhkan Lazarus jika Dia ada sebelum Lazarus mati. Tetapi sekarang Lazarus sudah mati. Tuhan Yesus mengatakan bahwa Lazarus akan bangkit. Ini diucapkan Tuhan Yesus bukan untuk menghibur Martha, bahwa “orang-orang bangkit pada akhir zaman”. Tuhan Yesus mengatakan, “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya.” (Yoh. 11:25- 26) Martha mengatakan bahwa dia percaya tetapi ketika Tuhan Yesus menyuruh agar batu yang menutup kubur diangkat, Martha menunjukkan ketidakmengertiannya dan ketidakpercayaannya, “Tuhan, … sudah empat hari ia mati.” Tuhan Yesus menegur Martha, “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?” Kemudian Tuhan Yesus berseru, “Lazarus, marilah keluar!” lalu Lazarus, orang mati itu bangkit, hidup, dan ke luar.

Semua manusia sudah mati di dalam dosa, mereka terpisah dari Allah, Sumber Hidup. Tetapi mereka yang mati ini jika percaya kepada Tuhan Yesus (karena mendengar suara-Nya) akan dibangkitkan dan diberikan hidup. Hidup yang diberikan adalah hidup yang kekal. Tidak ada lagi kematian karena mereka telah dilahirkan kembali dari benih yang tidak fana, yaitu firman Allah. Walaupun tubuh boleh mati, tetapi secara rohaniah mereka senantiasa diperbaharui.

Tuhan Yesus adalah kebangkitan dan hidup. Dia telah mati di kayu salib, tetapi Dia telah bangkit dan naik ke sorga, Dia hidup untuk selama-lamanya. Dia akan datang kembali dan membawa umat- Nya untuk bersama-sama dengan-Nya dalam hidup kekal. Maut telah dikalahkan, kita adalah umat pemenang karena Yesus Kristus. Berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah dalam pekerjaan Tuhan karena semuanya itu tidak pernah sia-sia. (1Kor 15:54-58)

Dia bangkit!

Yana Valentina

April 2013

6 tanggapan.

1. Rindang dari Jakarta berkata pada 6 April 2013:

thax...apakah ini renungan yang langsung dari pak Pdt Stephen Tong.? Tq

2. Juan dari Singapura berkata pada 6 April 2013:

Dear Rindang,

Renungan mingguan ini ditulis secara bergilir oleh beberapa redaksi PILLAR. Khotbah Pdt. Stephen Tong bisa dilihat dalam bagian "Transkrip".

Redaksi PILLAR

3. Setiawan Werokila dari Garut berkata pada 10 April 2013:

Pak/Bu, bagaimana caranya menjadi member situs ini? saya mau tanya, di masa kecil saya di Garut(1980 an- 1990 an), gereja saya GKI Garut...kemudian beberapa tahun, GKI Garut berubah menjadi GII Garut( itu masih sama ya ? ).....di batam saya ke gereja GRII(koq ini namanya beda lagi ya)....aduh pusing euy....apakah pak Caleb sama Pak Stephen satu visi? trus arti kata " injili" maksudnya menginjili? mohon penjelasan ya Pak/Bu....makasih Tuhan berkati.

4. Juan dari Singapura berkata pada 10 April 2013:

Dear Setiawan,

Untuk saat ini, mungkin yang dapat dilakukan adalah berlangganan edisi online dengan cara membuka fitur "Berlangganan Pillar" pada menu di bagian kiri atas.

Mengenai pertanyaannya, saya akan soroti bukan dari sudut pandang institusi/organisasi.

Gereja seharusnya berusaha sekuat mungkin untuk kembali kepada Alkitab secara utuh & segiat mungkin memberitakan injil. Pengertian Alkitab secara utuh & terstruktur akan membentuk kerangka yang kuat. Semangat memberitakan injil akan menjadi kekuatan dinamis yang terus membakar dan sekaligus aspek penting dalam pertumbuhan gereja. Keduanya tidak bisa dipisah.

Saya rasa analogi yang baik adalah bagaikan tulang & daging pada manusa. Tulang memberikan struktur, sedangkan daging memberikan kehangatan & keindahan. Keduanya harus ada.

Jadi dalam melihat suatu gereja, mungkin kita bisa refleksi/evaluasi. Apakah gereja ini sudah mendorong jemaat untuk mengerti & setia kepada Firman Tuhan? Apakah gereja ini sudah mendorong jemaat untuk memberitakan Injil?

Buletin PILLAR juga sudah beberapa kali mengulas topik mengenai gereja. Semoga artikel-artikel tersebut dapat dibaca & menjadi berkat.

Redaksi PILLAR

5. bengbeng dari Bandung berkata pada 11 April 2013:

Dear Redaksi...

Pa' ST dengan Gerakan Reformednya saya byk membaca dari beberapa site internet dan memang kita harus Back to the Basic (BIBLE). Tapi saya menemukan website GOLGOTHA MINISTRY. Didirikan & digembalakan oleh Pdt. Budi Asali, M.Div

Sama2 REFORMED....tapi kenapa tidak bergabung dalam Sinode GRII yaa.....apakah kedua beliau tdk cocok/ apakah ada History sebelumnya......

Terimakasih.

6. Noverius dari Nias berkata pada 18 July 2016:

thnx... Renungan yg sangat memberkati. Gbu

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲