Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Doa dan Injil

Yesus berkata: Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Sebagai seorang Kristen, kita percaya akan kedaulatan Allah dan pemeliharaan-Nya. Dan terkadang kita malah tergoda untuk tidak berdoa karena hal tersebut. Bagaimana dengan kehidupan doa pribadi kita? Semoga kita tidak demikian. Tetapi bila kita kesulitan berdoa, mari kita sama-sama merenungkan mengapa kita sulit berdoa. Karena sebenarnya pengertian kedaulatan Allah dan kebergantungan kepada Allah sama-sama terdapat di dalam Kitab Suci.

Paul Miller mengatakan bahwa “Doa = Ketidakberdayaan”. Allah ingin kita datang kepada- Nya dengan tangan kosong, letih lesu, dan berbeban berat. Sedangkan naluri kita ingin mengusir ketidakmampuan dan ketidakberdayaan kita sebelum kita datang kepada Allah. Inilah yang menyebabkan kita kesulitan berdoa dan sangat berat untuk memulai berdoa. Tetapi justru keadaan letih dan berat itulah yang Tuhan ingin kita bawa kepada-Nya.

Karena itu, apabila kita menyadari hati Allah yang sesungguhnya di dalam Injil, bahwa Dia adalah Abba, Bapa, yang mengasihi kita, maka kita akan tergerak untuk berdoa. Doa adalah cermin dari Injil. Kita yang rindu menyenangkan Tuhan, mendapatkan anugerah untuk boleh datang kepada-Nya di dalam keletihan, beban berat, dan ketidakberdayaan. Kita dibebaskan oleh-Nya dari budak dan menjadi anak-anak Allah. Bukankah ini adalah kemerdekaan yang sejati?

Lukas Yuan Utomo

Juli 2015

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di Bangka dan Belitung pada tanggal 25-28 Juni 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Memperdebatkan Yesus adalah Tuhan dan Yesus adalah Manusia ataupun Tritunggal Allah dengan orang yang belum menerima...

Selengkapnya...

Syalom, terdapat kesalahan penulisan ayat pd bagian penutup artikel yg berjudul "Jealous Love" di atas....

Selengkapnya...

Mungkin Mordekhai boleh disebut sebagai orang yang tunduk kepada hukum kerajaan, tetapi dia bukanlah orang yang...

Selengkapnya...

Hallo pak Stephen Tong, saya mau bertanya apakah kita percaya terlebih dahulu baru menerima roh kudus? Atau roh kudus...

Selengkapnya...

Salam. Terima kasih sebelumnya, saya sangat terberkati dengan pesan yang disampaikan. Namun alangkah baiknya definisi...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲