Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Ndeso

Hati-hati mengejek orang ndeso sekarang, bisa-bisa dilaporkan oleh orang yang bajunya metropolitan tapi hatinya lebih kampungan dari orang ndeso antah berantah sekalipun. Orang kota mengejek orang dari kampung dengan julukan ndeso.

Di Alkitab, Nathanael yang berasal dari kota Kana, sebuah kota kecil dan miskin yang lebih mirip desa sebenarnya, pernah mengejek kota Nazaret. Ketika Ia mendengar Filipus berkata Ia telah menemukan Juru Selamat yaitu Yesus dari Nazaret. Natanael dengan melengos sinis berkata, “mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Orang ndeso mengejek sesama ndeso lainnya. 

Manusia suka melecehkan hal-hal yang rendah, tetapi Tuhan Allah suka memakai hal-hal yang rendah untuk menyatakan kemuliaan-Nya. Ketika Tuhan Yesus inkarnasi dan mulai menggenapi misi Kerajaan Sorga, Ia memanggil 12 orang ndeso sebagai tim elit-Nya. Hah, ndak salah? Iya tidak salah, seperti Ia memakai Abraham dan Sarah yang mandul untuk menjadi bangsa yang besar.

Orang-orang ndeso yang lari terbirit-birit ke segala arah ketakutan ketika Guru mereka ditangkap di Taman Getsemani seperti dicatat dalam Kitab Injil, adalah orang-orang yang pergi ke segala arah, segala kota, segala benua memberitakan Injil Kristus tanpa gentar. Kita dari desakah atau dari kota besarkah? Keduanya sama-sama bisa dipakai Tuhan. Tidak penting kita ndeso atau tidak, yang lebih penting adalah apakah kita siap dipakai Tuhan ke segala kota dan desa yang paling ujung sekalipun?

Heruarto Salim

September 2017

1 tanggapan.

1. ande weo dari kota kupang -NTT berkata pada 26 September 2017:

amin..sering Tuhan memakai orang2 yang dianggap tak berarti..lemah dan tak dianggap tuk mempermalukan hikmat dunia supaya nyata dari Allah saja datang peninggian itu

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk rangkaian KKR yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong di Malaysia yaitu Johor Bahru dan Muar pada tanggal 18-22 November 2019. Berdoa kiranya Roh Kudus memelihara iman dari setiap orang yang telah mendengarkan Injil dan merespons terhadap panggilan untuk menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat melalui rangkaian KKR ini.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Dengan cara yang sama, Roh Kudus akan menelanjangimu. Kalau engkau mengakui tuntunan tangan Roh Kudus yang gagah...

Selengkapnya...

Hidup sejati adalah kehidupan yg sebenarnya terjadi setelah kematian di Dunia ini. Sebab kehidupan di Dunia ini...

Selengkapnya...

Terima kasih renungan yg inspiratif. Kekristenan saat ini memang sdh jauh dari pesan injil, orang2 lebih mengejar...

Selengkapnya...

Tulisan yang baik dan mengingatkan kita sebagai manusia yang selalu mengejar hikmmat dunia dan ternyata semuanya...

Selengkapnya...

Diusia berapakah seseorang bisa pacaran? Melihat fenomena jaman sekrang, bayak remaja2 kristen atau anak2 sekolah,...

Selengkapnya...

© 2010, 2020 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲