Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Tahun Baru

Tahun 2013 telah datang dan tahun 2012 telah menjadi sejarah. Ada orang yang tidak dapat melewati tahun 2012 dan ada orang yang khawatir tentang ramalan kiamat 2012. Tahun 2012 menyimpan banyak peristiwa dengan terpilihnya Obama untuk kedua kali, Pilkada untuk Jakarta Baru, mendaratnya Curiosity* di Mars, ditemukannya Higgs Boson*, dan lain sebagainya. Di tengah- tengah Gerakan Reformed Injili, tahun 2012 dimulai dengan sukacita sesudah menggenapkan KKR Regional untuk 1 juta siswa dan dimulainya KPIN di berbagai kota, dan diakhiri dengan genapnya target 1,5 juta jiwa selama tahun 2012. Sekarang, di tahun 2013 dengan target 1,5 juta jiwa yang sama, apakah respons kita? Dan bagaimana dengan kehidupan Kristen kita masing-masing?

Saya mengajak kita menyimak tahun baru bangsa Israel. Tahun baru ini tercatat di dalam Keluaran 12 yang disebut hari Paskah (Passover). Tuhan menetapkan bulan tersebut menjadi bulan pertama bagi bangsa Israel dan selama bulan itu terdapat berbagai aktivitas untuk mempersiapkan hari Paskah. Pada hari Paskah tersebut mereka harus makan dengan pinggang berikat, tongkat di tangan, kasut di kaki dengan buru-buru. Tuhan menginginkan bangsa Israel meninggalkan Mesir yang menjadi lambang perbudakan dosa dengan segera dan tidak menunda-nunda. Bagaimana dengan kita? Apakah kita masih berlambat-lambat di dalam mengikut Tuhan dan tidak meninggalkan segala beban dosa yang merintangi kita (Ibr. 12:1-2)? Jika Tuhan memerintahkan bangsa Israel untuk memperingati Paskah turun-temurun sampai selama-lamanya, biarlah di tahun yang baru ini, di dalam persekutuan orang kudus, kita terus mengingat pengorbanan Kristus dan kesaksian pahlawan- pahlawan iman (Ibr. 11) yang mengelilingi kita bagaikan awan. Pdt. Stephen Tong mengatakan, “The moment God does not remember your sins is the moment you should remember it always. The moment of forgiveness is the moment of repentance. The paradoxical moment.”

Happy New Year!

*Curiosity: Objek buatan manusia terbesar seukuran mobil SUV yang diterbangkan ke Mars sebagai laboratorium penelitian dan menjadi wakil peradaban manusia.
*Higgs Boson: disebut partikel tuhan yang menjadi kunci untuk menentukan asal massa suatu materi.

Lukas Yuan Utomo

Januari 2013

2 tanggapan.

1. Manis Dhaci dari California berkata pada 16 January 2013:

Thanks for the great message, God bless!

2. Lukas Yuan Utomo dari Singapura berkata pada 18 January 2013:

You're welcome Manis!

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Amatir Bicara: Kadang-kadang Allah memakai Iblis untuk mencapai maksud-maksud ilahi-Nya dengan mengizinkan Iblis...

Selengkapnya...

Inilah seharusnya y dimiliki setiap orang percaya, bukan menjadi suatu komunitas "VIV". Karena sering yg...

Selengkapnya...

Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲