Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

You were Sealed!

Cincin kawin adalah tanda perjanjian antara seorang pria dan seorang wanita bahwa mereka adalah milik yang lainnya. Pada cincin yang mereka pakai di jari mereka, telah terukir nama pasangannya. Sunat dalam Perjanjian Lama adalah tanda perjanjian antara Allah dan Abraham bahwa ia dibenarkan oleh Allah. Abraham dibenarkan berdasarkan iman yang ditunjukkannya (Rm. 4:11). Oleh karena itu tanda sunat tidak memiliki arti apa-apa jikalau tidak ada iman kepada Allah. Sama seperti cincin kawin tidak memiliki arti apa-apa jikalau tidak ada kasih kepada pasangannya. Tanda sunat memisahkan antara orang-orang yang disunat dengan orang-orang yang tidak disunat; memisahkan antara umat Allah dengan bukan umat Allah.

Apakah yang menjadi tanda orang Kristen adalah umat Allah, milik Allah? Roh Kudus adalah meterai itu dan jaminan akan penebusan kita (redemption).

Kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan- Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. (Ef. 1.13-14)

Kita adalah milik Allah, kita telah dimeteraikan oleh Roh Kudus (you were sealed with the Holy Spirit). Karena itu janganlah kita mendukakan Roh Kudus Allah. Hendaklah kita membuang segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, fitnah, dan segala kejahatan. Hendaklah kita ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, seperti Allah di dalam Kristus telah mengampuni kita (Ef. 4:30-32).

You were sealed! Holy Spirit is the pledge of your inheritance!

Yana Valentina

Februari 2014

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

Terima kasih telah diingatkan bagaimana kasih Tuhan kepada kita, melalui reformasi yang dimotori Martin Luter dengan...

Selengkapnya...

Mohon maaf : Luther memanggil Copernicus sebagai “keledai/ orang bodoh yang mencari perhatian”, lengkapnya...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲