Resensi

Perubahan yang Sejati... Mungkinkah???

Judul Buku: BAGAIMANA ORANG BERUBAH
Penulis: Timothy S. Lane dan Paul Tripp
Penerjemah: Chrisnah Ruston
Tebal: xi + 314 Halaman
Penerbit: Momentum, 2011

Pernahkah Anda berpikir atau berusaha untuk mengubah orang lain atau situasi yang terjadi di sekitar Anda? Pernahkah Anda menjadikan mereka sebagai alasan atau pembelaan Anda atas kesalahan yang Anda perbuat? Pernahkah Anda merasa kecewa karena usaha Anda gagal atau bahkan rencana yang sudah Anda buat tidak berjalan dengan lancar sebagaimana yang Anda harapkan? Jika ya, buku “Bagaimana Orang Berubah” merupakan buku yang penting dan perlu untuk Anda baca.

Buku yang diterbitkan di pertengahan tahun 2011 ini merupakan terjemahan dari buku aslinya yang berjudul “How People Change”. Buku ini ditulis oleh Timothy S. Lane dan Paul Tripp. Sebagai konselor dan anggota dewan pengajar di Christian Counselling and Educational Foundation dan juga dosen theologi praktis di Westminster Theological Seminary, Timothy S. Lane dan Paul Tripp memberikan pola perubahan Alkitabiah secara jelas dan praktis sehingga dapat diaplikasikan di dalam kehidupan Anda sehari-hari. Bahkan, perubahan itu tidak sekadar merupakan rumusan Alkitabiah melainkan juga menunjukkan kepada Anda bagaimana Allah berkarya dan menjadikan Anda sebagai seorang pribadi yang sesuai dengan kehendak-Nya.

Keunikan buku ini adalah buku ini tidak hanya memaparkan teori, melainkan juga menyampaikan kebenaran melalui gambaran cerita yang ada. Timothy S. Lane dan Paul Tripp memberitahukan kepada Anda kisah-kisah nyata yang dialami oleh banyak orang dan menggambarkan bagaimana anugerah Allah bekerja dalam hidup mereka dan juga dalam hidup Anda. Bahkan, buku ini menjadi hidup karena Anda juga diminta untuk menambahkan kisah Anda sendiri sehingga setiap hal yang diuraikan di dalam buku ini memiliki kaitan dengan diri Anda secara pribadi.

Melalui buku ini, penulis membawa Anda dalam perjalanan menjelajahi 16 bab. Di dalam 6 bab pertama, Anda akan dibawa untuk melihat diri Anda sendiri dari sudut pandang Alkitab. Anda akan melihat diri Anda secara jujur di dalam terang firman Tuhan. Setiap hal yang mungkin tanpa Anda sadari telah menggantikan Injil sebagai pusat kehidupan Anda – seperti formalisme, legalisme, mistisisme, aktivisme, biblisisme, psikologisme, dan sosialisme – akar masalahnya adalah kebutaan akan identitas sejati diri Anda di dalam Kristus. Akibatnya, banyak orang yang mengaku beriman kepada Tuhan, tetapi hidup mereka gagal untuk menghasilkan buah iman yang diharapkan.

Setelah Anda melihat celah terang Injil, Anda akan diajak untuk mencermati harapan-harapan palsu yang ada di sekitar Anda. Banyak teori perubahan yang kosong dan menipu hadir bertopeng sebagai hikmat Alkitab dengan meminjam beberapa aspek kebenaran Alkitab. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menyadari sepenuhnya ke mana Allah membawa Anda. Penulis memberikan tiga petunjuk. Pertama, jika Anda ingin melangkah ke arah yang benar, Anda perlu mengetahui tujuan akhir Anda. Kedua, rincian dari hidup Anda hanya masuk akal ketika dipandang dari sudut pandang kekekalan. Ketiga, kekekalan mengajarkan kepada kita hal yang benar-benar penting dalam hidup.

Perjalanan Anda menuju tujuan hidup Anda tidak dapat dilepaskan dari pernikahan Anda dengan Kristus sehingga semua momen hidup Anda dipenuhi dengan kesempatan untuk mengubah Anda kepada keserupaan dengan Dia. Perubahan ini merupakan sebuah proyek komunitas karena Alkitab memanggil Anda untuk berelasi dengan orang lain di dalam Kristus. Ironisnya, banyak orang Kristen menjalin relasi hanya untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan diri sendiri. Padahal, pekerjaan penebusan melibatkan relasi seseorang dengan Kristus dan juga relasi orang tersebut dengan sesama. Bagaimana dengan Anda?

Hati adalah pusat proses perubahan yang Tuhan lakukan di dalam diri Anda sebagai Penebus Anda. Penulis membagi gambaran besar kehidupan ke dalam 4 unsur yakni Panas Terik, Semak Belukar, Salib, dan Buah. Dalam bab 7 sampai dengan bab 14, Anda akan melihat bagaimana pola keempat unsur tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan Anda secara pribadi. Perubahan bukan hanya terjadi pada saat Anda datang kepada Kristus, melainkan juga terjadi secara terus-menerus sebagai gaya hidup yang didorong oleh kesadaran tentang kebutuhan Anda akan penebusan melalui pengudusan progresif. Model perubahan yang ditawarkan dalam buku ini memberikan pengharapan kepada Anda bahwa perubahan sejati bukanlah sebuah mimpi melainkan dapat dicapai bila Kristus menjadi sumber perubahan yang kekal ketika Anda bergumul dengan jujur tentang hidup Anda di dalam Tuhan.

Sebagai penutup buku ini, penulis memberikan kisah tentang sepasang suami istri di bab 15 dan kisah tentang satu gereja di bab 16. Kedua kisah ini merupakan kisah nyata yang ditulis oleh penulis untuk menjadi cerminan bagi Anda, keluarga Anda, atau bahkan gereja di mana Anda berjemaat saat ini. Kebenaran Alkitab memberikan kepada kita pengetahuan sejati tentang diri kita, wawasan sejati ke dalam langkah perubahan, dan harapan sejati bahwa hal ini sungguh-sungguh dapat terjadi jika Anda berada di dalam Dia dan Dia berada di dalam Anda. Semoga buku ini menolong Anda bertumbuh di dalam anugerah sebagai individu yang Tuhan tempatkan di dalam komunitas iman. Bertumbuhlah dalam anugerah dan di dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya segala hormat, kuasa, dan kemuliaan, dulu, sekarang, dan selama-lamanya. Amin.

Anton Surya Senjaya
Pembaca PILLAR

Anton Surya Senjaya

Februari 2013

2 tanggapan.

1. Rindang dari Bengkulu berkata pada 21 February 2013:

Thank you.. God bless

2. Jerry dari Jayapura Papua berkata pada 9 September 2015:

Shaloom.sya merese dibangun dalam pengertian dan pemahaman yang benar tentang beberapa artikel ini. Sya rindu untu memiliki beberapa artikel selanjutnya yang diterbitkan dalam buletin Pillar ini. Lebih dari itu bagaimana caranya memiliki buku yang berjudul : BAGAIMANA ORANG BERUBAH. Penulis Timothy S. Lane dan Paul Tripp. Terima kasih untuk informasinya. Tuhan memberkati.

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲