Resensi

Reformasi & Theologi Reformed

Judul: Reformasi & Theologi Reformed
Pengarang: Pdt. Dr. Stephen Tong
Penerbit: Lembaga Reformed Injili Indonesia
Tebal: 90 halaman
Cetakan: Ke-4 (September 1999)

Seberapa tahukah kalian mengenai perbedaan antara ajaran Luther dan Calvin? Apakah prinsip-prinsip dasar Theologi Reformasi yang dilakukan oleh para reformator? Apakah relevansi Theologi Reformasi pada masa sekarang ini? Pertanyaan-pertanyaan tadi adalah sebagian dari pertanyaan-pertanyaan yang kadang tersembul di benak kita atau ditanyakan oleh orang-orang lain yang ingin tahu lebih banyak tentang Reformed. Pertanyaan-pertanyaan mendasar dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut ketika hendak dicari jawabannya. Buku berjudul Reformasi & Theologi Reformed ini berisi sebagian jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin timbul ketika menyelidiki Theologi Reformed.

Sejarah dan latar belakang reformasi diuraikan di dalam buku ini. Mulai dari filsafat yang mempengaruhi theologi Abad Pertengahan, latar belakang pemikiran Luther, kelemahan gereja Katolik Roma pada masa itu, pengaruh Agustinus dalam pemikiran reformasi, hingga pemakuan 95 tesis reformasi di pintu gerbang gereja Schloβkirche di Wittenberg, Jerman pada tanggal 31 Oktober 1517 oleh Martin Luther.

Martin Luther dan para reformator setelahnya seperti Calvin, Zwingli, dan Melanchthon pada dasarnya tidak ingin menyerang, merombak doktrin, dan memecahkan gereja, melainkan mempengaruhi gereja agar kembali setia kepada Allah. Mereka menolak tradisi yang telah berakar di gereja Katolik Roma seperti kekuasaan Paus adalah yang tertinggi, termasuk berhak meniadakan dosa, penjualan karcis penebusan dosa, ajaran Maria sebagai ratu sorga dan ibu Tuhan, dan lain-lain. Pengikut Kristus diharapkan untuk kembali pada pengajaran yang utuh, seimbang, dan sesuai dengan Alkitab, bukan filsafat atau pikiran manusia. Dalam praktiknya, Gerakan Reformasi diharapkan mampu merobohkan yang salah dan membangun kembali yang benar, serta ketat dalam menjalankan disiplin gereja. Adapun terdapat pula perbedaan pandangan antara Luther dan Calvin yaitu dalam doktrin Allah, Kristologi, doktrin dosa, dan doktrin gereja. Semuanya dijelaskan satu-persatu di dalam buku ini.

Pdt. Dr. Stephen Tong mengingatkan bahwa sikap positif mengoreksi diri terus-menerus mengakibatkan dampak sampingannya dalam sejarah gereja Reformed sehingga ada yang menjadi liberal atau terseret arus theologi modern. Tapi justru gereja yang liberal menjadi berkurang anggotanya. “Hal ini disebabkan dalam liberalisme tak ada lagi Injil yang murni dan iman kepercayaan yang akurat serta murni yang dapat dipelihara....” (hlm. 47).  Maka dari itu hamba Tuhan yang telah melayani Tuhan selama lebih dari 50 tahun ini mendirikan Gerakan Reformed Injili supaya mempunyai dasar ajaran firman Tuhan yang mendalam dan ketat, selain itu juga aktif dalam mengabarkan Injil.

Adapun dijelaskan pula penentang dari Reformasi yaitu Kontra Reformasi dari Katolik Roma dan gerakan Reformasi Radikal dari orang-orang yang merasa kurang puas dengan para reformator. Dibentuklah kaum Jesuit oleh Loyola yang usahanya dalam mendidik seseorang untuk setia pada Katolik Roma dan keketatan pendidikannya patut diacungi jempol, tetapi menghalalkan segala cara dalam Kontra Reformasi. Sehingga lambat laun ditutuplah sekolah Jesuit tersebut.

Pandangan tradisi Reformed dan lima prinsip dasar dari doktrin keselamatan dan doktrin Allah yang dikenal dengan akronim TULIP dijelaskan dengan gamblang. Sebuah prinsip yang menyatakan perubahan status dari orang berdosa menjadi orang kudus oleh karena penebusan Kristus. TULIP terdiri dari:

1.  Total Depravity (kerusakan total manusia yang berdosa)

2.  Unconditional Election (pilihan Allah yang tanpa syarat)

3.  Limited Atonement (penebusan Kristus hanya terbatas bagi umat pilihan)

4.  Irresistible Grace (anugerah Roh Kudus yang tidak dapat ditolak)

5.  Perseverance of the Saints (ketekunan orang kudus sampai pada akhirnya)

Dijelaskan pula pengaruh Theologi Reformed di dalam penghargaan terhadap hak manusia, sastra, budaya, dan musik. Teknologi produksi yang paling akurat adalah berasal dari negara-negara yang dipengaruhi oleh Theologi Protestan seperti Jerman, Swiss, Swedia, dan sebagainya. Adanya mandat budaya memungkinkan orang Kristen menjadi terang di segala bidang kehidupan, mulai dari polisi, hakim, profesor, guru, pedagang, dan lain-lainnya. Ini terlihat dari nilai kejujuran lebih dijunjung tinggi di negara-negara Barat daripada negara-negara agama lain maupun komunis. Pdt. Dr. Stephen Tong menasihatkan bahwa gereja yang baik haruslah membenahi doktrinnya, hidup menurut etika yang sesuai ajaran Alkitab, membenahi makna hidup dan pelayanan, memuliakan Tuhan di bidang-bidang yang berbeda, dan mendorong pekabaran Injil.

Buku ini merupakan rangkaian dari seri Theologi Reformed karya Pdt. Dr. Stephen Tong, pendiri Lembaga Reformed Injili Indonesia, seorang yang telah mempersembahkan hidupnya melayani Tuhan sejak 1957. Ia memberikan contoh nyata dari pengalamannya di buku ini untuk mempermudah pembaca memahami isi yang disampaikan. Buku ini mudah dipahami dan bukanlah buku yang penuh dengan terminologi khusus serta filsafat yang berat. Diharapkan buku ini dapat menjadi pengantar untuk mengenal Reformed dan wawasan Theologi Reformed. Pembaca awam yang telah lama menjadi orang Kristen namun masih merasa belum banyak mengetahui tentang Theologi Reformed maupun orang yang baru mengenal Theologi Reformed dianjurkan untuk membacanya.

 

Hadi Salim Suroso

Pemuda GRII Singapura

Hadi Salim Suroso

Juli 2009

29 tanggapan.

1. christ dari Solo berkata pada 7 November 2011:

Maaf saya kurang mengerti dengan point no 3 yaitu : 3. Limited Atonement (penebusan Kristus hanya terbatas bagi umat pilihan).

mungkin bisa dijelaskan lebih banyak lagi, terimakasih sebelumnya

2. yunus agung kristanto dari bandung berkata pada 1 March 2012:

tolong bantu saya untuk mendapatkan info mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teologi.... termasuk perkembangan kekristenan atau yang lainnya....... timakasih

3. Linda dari Palembang berkata pada 23 August 2012:

Mengenai Iman, bagaimana mengenai iman seorang penjahat yang disalib disebelah Yesus, karena dia bertobat / beriman kepada Yesus / percaya Yesus adalah Juruselamat/dapat menyelamatkannya pada waktu itu dan kita tahu, Yesus memberi jaminan bahwa ia selamat. Artinya bila seseorang dia diajak ke gereja tentu saja dengar khotbah atau tanya jawab dengan pendeta lalu dia percaya, artinya dia sudah beriman karena dia percaya. bagi pendeta tentu saja tugasnya adalah membimbing orang tersebut.

4. obed dari NTT berkata pada 26 September 2012:

apakah mereka yang di luar gereja (yang tidak percaya kepada)Yesus tidak selamat?

5. julia dari NTT berkata pada 24 October 2012:

seseorang yang sudah lahir baru dalam Kristus dan tentunya Roh Kudus selalu dalam hati dan hidupnya, apakah jika seseorang itu ketika ia melakukan kesalahan Roh Kudus tetap dalam hati dan hidupnya? mkzie

6. Lukas Yuan Utomo dari Surabaya berkata pada 4 November 2012:

Hi Julia,

Iya, Roh Kudus tetap di dalam hati dan hidup orang tersebut. Hanya saja Roh Kudus didukakan oleh kelakuan kita dan api-Nya menjadi padam. Kiranya Tuhan boleh terus mau memakai kita, melembutkan hati kita masing-masing, dan biarlah roh kita menyala-nyala dalam melayani Tuhan. Roma 12:11.

Grace n Peace, Lukas Yuan Utomo. Redaksi PILLAR

7. Lukas Yuan Utomo dari Surabaya berkata pada 4 November 2012:

Hi Obed,

Mereka yang tidak percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat tidak dapat bertemu dengan Bapa dan tetap tinggal di dalam dosa (Yoh. 16:8-10). Karena Yesus Kristus adalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup (Yoh. 14:6). Dan Yesus Kristus adalah satu-satunya Juruselamat yang menanggung dosa dunia.

Grace n Peace, Lukas Yuan Utomo. Redaksi PILLAR

8. Bobby Felix dari Jakarta berkata pada 18 May 2013:

Mereka menolak tradisi yang telah berakar di gereja Katolik Roma seperti kekuasaan Paus adalah yang tertinggi, termasuk berhak meniadakan dosa, penjualan karcis penebusan dosa, ajaran Maria sebagai ratu sorga dan ibu Tuhan, dan lain-lain.

TANGGAPAN>>> Maria, ibu Tuhan : Lukas 1:43 Maria, ratu Sorga : Karena Yesus adalah Raja Sorga, maka Maria sbg ibunya adalah Ratu Sorga (silahkan pelajari konsep Raja-Ratu di PL, dimana yg disebut Ratu bukanlah istri Raja tapi Ibu dari Raja) Penjualan karcis penebusan dosa : Praktek yg salah (menyimpang), namun ajaran yg mendasarinya adalah benar & alkitabiah. Paus meniadakan dosa : Koreksi, lbh tepatnya melepaskan (ikatan) dosa : Mat 18:18 Kekuasaan Paus adalah yg tertinggi : Lihat & pelajari "gesture" rasul Petrus pada sidang di Yerusalem (kis 15:7), jg "gesture" rasul Petrus sbg pemimpin para rasul ketika menyatakan perlunya pengganti Yudas (Kis 1:15-16), dan juga ketika menjelaskan bhw org2 tdk sedang mabuk (kis 2:14-15).

Jadi terbukti semua doktrin yg diajarkan Gereja Katolik tidak ada yg bertentangan dgn Alkitab. Yg ada adalah doktrin Gereja Katolik bertentangan dgn tafsir/interpretasi Alkitab kalian.

Salam

9. dony dari bandung berkata pada 19 November 2013:

Hati-hati dengan Tulip.

10. Carlos dari Pontianak berkata pada 20 November 2013:

Sudah baca bukunya Donny? Jikalau belum, ayuk coba baca =)

Tulip itu salah satu kesimpulan dari pengertian dan pembelajaran akan prinsip-prinsip yang Alkitab ajarkan. Coba baca dan renungkan dulu apa yang menjadi dasar dan kebenaran penyusunan Tulip tersebut. Klo terlalu cepat ambil sikap "hati2" dan menolak misal hanya karena preferensi pribadi, nanti kita melewatkan pembentukan, perubahan, teguran atau koreksi yang Tuhan ingin lakukan dalam hidup kita. Sayang sekali. Hati-hati =)

11. Felix dari Medan berkata pada 23 December 2013:

Semakin saya membaca Alkitab kok saya semakin menemukan bahwa Katolik lah yang sesuai dengan Alkitab seperti contoh pada opini saudara Boby...sedangkan ketika periode yang dianggap reformasi yang salah adalah praktek atau manusianya bukan doktrinnya....sola scriptura saja saya tidak menemukan dasarnya di Alkitab...saya tidak menemukan di Alkitab yang menyatakan hanya Alkitablah sumber kebenaran utama...trus saya tambah bingung dgn Yohanes 21:25 "Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu"...berarti Alkitab gak komplet dunk?... salam

12. Roy dari Batam berkata pada 24 December 2013:

untuk saudara Bobby Felix: apa ada ayat di Alkitab yang menyatakan Maria itu Ratu Sorga? apa hanya karena Maria dipilih Allah untuk mengandung dan melahirkan Mesias, maka Maria sebegitu tinggi statusnya sampai disebut Ratu Sorga???anda melakukan loncatan kesimpulan dengan berdasar pada PL...Yesus jelas adalah Raja tapi bukan termasuk kategori raja - raja dunia...itu berarti anda merendahkan dan tidak mengenal siapa Yesus itu dan statusnya sebagai Raja. Dia adalah Raja yang unik, satu - satunya....yang tertinggi, sehingga kalau Dia adalah yang tertinggi mengapa perlu Ratu Sorga lagi...saya bertanya sekarang...mengikuti logika anda, lebih tinggi mana antara Raja Sorga dan Ratu Sorga menurut versi anda?

"Penjualan karcis penebusan dosa : Praktek yg salah (menyimpang), namun ajaran yg mendasarinya adalah benar & alkitabiah, mana penjelasan ayat - ayat Alkitabnya bung? buktikan kalau memang idulgensia itu benar & alkitabiah? bukankah itu tidak lebih dari sekedar cara mencari duit karena gereja bangkrut karena korupsi di dalamnya, sehingga merohanikan praktik ini dan membodohi umat pada abad - abad pertengahan (tidak heran abad - abad itu juga disebut abad kegelapan)? kalau sekarang di gereja anda dipraktikkan indulgensia, saya mau tanya, anda mau beli tidak surat pengampunan dosa itu?

Paus meniadakan dosa : Koreksi, lbh tepatnya melepaskan (ikatan) dosa : Mat 18:18 Kekuasaan Paus adalah yg tertinggi

Nah, ini yang aneh...anda baca tidak perikop keseluruhan ayat tersebut, itu berbicara tentang menegur kesalahan seorang saudara dalam jemaat dan pentingnya 2 atau 3 saksi untuk hal tersebut...ini dibaca gereja Katolik malah ditafsirkan dan dijadikan dasar mengenai kekuasaan Paus sebagai tertinggi...di mana hubungannya? Alkitab berbicara tentang 2 & 3 saksi, gereja Katolik malah berbicara tentang satu kekuasaan tinggi....kagak nyambung....

Lihat & pelajari "gesture" rasul Petrus pada sidang di Yerusalem (kis 15:7), jg "gesture" rasul Petrus sbg pemimpin para rasul ketika menyatakan perlunya pengganti Yudas (Kis 1:15-16), dan juga ketika menjelaskan bhw org2 tdk sedang mabuk (kis 2:14-15).

Bung....apa maksudnya nih "gesture", bagaimana "gesture" rasul Petrus ketika ditegur rasul Paulus di Surat Galatia, ini kok tidak anda kutip?

13. obed dari NTT berkata pada 3 January 2014:

Mohon maaf...sy masih kembali pada pokok pertanyaan sy. Sy percya bhw Yesus adalah Jalan menuju ke keselamatan. Pertanyaan lnjutan sy adalah... apakah mungkin...bg mrka yg tdk percya kepda Yesus (non kristen...atau KTP... jika tb wktu drgnya Tuhan...merka dpt diselamatkan?) Hal ini mnurut sy kn Roh dpt menolong ssorg akhirnya beriman secara tepat dan bebar.tq

14. Juan dari Singapura berkata pada 4 January 2014:

Halo Obed,

Hanya Yesus-lah satu-satunya Jalan, dan Kebenaran, dan Hidup. Tidak ada pilihan atau alternatif lain.

Roh Kudus melahirbarukan hati seseorang, dan memimpin orang tersebut untuk percaya kepada Kristus. Ketika seseorang sungguh-sungguh bertobat dan beriman dengan benar, pekerjaan Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus tidak bisa dipisahkan. Allah Bapa yg merencanakan keselamatan, Allah Anak yg inkarnasi dan mati disalib, Allah Roh Kudus yg melahirbarukan seseorang.

--

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Kis 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Roma 8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" 8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

15. Felix dari Medan berkata pada 5 January 2014:

1 Raja-raja 2: 19 Batsyeba masuk menghadap raja Salomo untuk membicarakan hal itu untuk Adonia, lalu bangkitlah raja mendapatkannya serta tunduk menyembah kepadanya; kemudian duduklah ia di atas takhtanya dan ia menyuruh meletakkan kursi untuk bunda raja, lalu perempuan itu duduk di sebelah kanannya.

Yesus memberi kuasa kepada muridnya (para rasul) untuk mengampuni dosa begitupun Paus dan para imam sebagai penerus para rasul

Matius 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Matius 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Matius 18:15 "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

Matius 18:16 Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.

Matius 18 : 18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. (para rasul dinasehatkan untuk mengingatkan umat jika dirasa perlu para rasul bisa meminta opini/keterangan 1-2 orang lain atau jemaat, yang memutuskan tetap rasul)

Yohanes 20 : 21-23 Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu." Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

Kis 15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.

16. Bobby Felix dari Jakarta berkata pada 8 January 2014:

Pro : Roy

Roy menulis : untuk saudara Bobby Felix: apa ada ayat di Alkitab yang menyatakan Maria itu Ratu Sorga?

TANGGAPAN>>> 1. Kami (katolik) bukanlah seorang sola scripturist 2. Apakah ada ayat di Alkitab bhw utk dpt diimani,sebuah dogma harus tertulis di Alkitab? Alkitab berkata sebaliknya yakni agar berpegang teguh pada Tradisi baik yg tertulis maupun yg lisan (2 Tes 2:15).

Roy menulis : apa hanya karena Maria dipilih Allah untuk mengandung dan melahirkan Mesias, maka Maria sebegitu tinggi statusnya sampai disebut Ratu Sorga???anda melakukan loncatan kesimpulan dengan berdasar pada PL...Yesus jelas adalah Raja tapi bukan termasuk kategori raja - raja dunia...itu berarti anda merendahkan dan tidak mengenal siapa Yesus itu dan statusnya sebagai Raja. Dia adalah Raja yang unik, satu - satunya....yang tertinggi, sehingga kalau Dia adalah yang tertinggi mengapa perlu Ratu Sorga lagi...saya bertanya sekarang...mengikuti logika anda, lebih tinggi mana antara Raja Sorga dan Ratu Sorga menurut versi anda?

TANGGAPAN>>> 1. Penggelaran Maria sbg Ratu Sorga sama sekali tidak merendahkan kedudukan kedudukan Yesus sbg Raja Sorga. 2. Mana kedudukan lebih tinggi : Raja Sorga atau Ratu Sorga? Jawab : Raja Sorga.

Roy menulis : "Penjualan karcis penebusan dosa : Praktek yg salah (menyimpang), namun ajaran yg mendasarinya adalah benar & alkitabiah, mana penjelasan ayat - ayat Alkitabnya bung? buktikan kalau memang idulgensia itu benar & alkitabiah? bukankah itu tidak lebih dari sekedar cara mencari duit karena gereja bangkrut karena korupsi di dalamnya, sehingga merohanikan praktik ini dan membodohi umat pada abad - abad pertengahan (tidak heran abad - abad itu juga disebut abad kegelapan)? kalau sekarang di gereja anda dipraktikkan indulgensia, saya mau tanya, anda mau beli tidak surat pengampunan dosa itu?

TANGGAPAN>>> Lihat posting selanjutnya

Roy menulis : Paus meniadakan dosa : Koreksi, lbh tepatnya melepaskan (ikatan) dosa : Mat 18:18 Kekuasaan Paus adalah yg tertinggi

Nah, ini yang aneh...anda baca tidak perikop keseluruhan ayat tersebut, itu berbicara tentang menegur kesalahan seorang saudara dalam jemaat dan pentingnya 2 atau 3 saksi untuk hal tersebut...ini dibaca gereja Katolik malah ditafsirkan dan dijadikan dasar mengenai kekuasaan Paus sebagai tertinggi...di mana hubungannya? Alkitab berbicara tentang 2 & 3 saksi, gereja Katolik malah berbicara tentang satu kekuasaan tinggi....kagak nyambung....

TANGGAPAN>>> Anda yg salah menangkap tulisan saya (dan ini dpt dipahami karena tidak ada tanda baca "." (titik). Ini disebabkan ketika menulis tanggapan, saya menuliskannya spasi kebawah, tp terformat oleh sistem nyambung kesamping). Jadi format tulisan saya : Paus meniadakan dosa : /// Koreksi, lbh tepatnya melepaskan (ikatan) dosa : Mat 18:18. /// Kekuasaan Paus adalah yg tertinggi : Lihat & pelajari "gesture" rasul Petrus pada sidang di Yerusalem (kis 15:7), jg "gesture" rasul Petrus sbg pemimpin para rasul ketika menyatakan perlunya pengganti Yudas (Kis 1:15-16), dan juga ketika menjelaskan bhw org2 tdk sedang mabuk (kis 2:14-15). ///

17. Bobby Felix dari Jakarta berkata pada 8 January 2014:

Pro : Roy

Roy menulis : Bung....apa maksudnya nih "gesture", bagaimana "gesture" rasul Petrus ketika ditegur rasul Paulus di Surat Galatia, ini kok tidak anda kutip?

TANGGAPAN>>> Memang Petrus pernah ditegur Paulus, namun hal ini tidak bs membantah gesture Petrus sbg pemimpin diantara para rasul sebagaimana telah saya berikan pada posting saya yg lalu. Apakah jika SBY ditegur itu berarti membantah kepresidenan SBY? Justru berbeda dgn beberapa pemimpin yg ketika berkuasa, tidak boleh dikritik, tidak boleh ditegur, dsb, Petrus terbuka utk teguran, kritikan jika memang salah. Teguran/kritikan thd pemimpin tidak membatalkan kepemimpinan seseorang, malah sebaliknya menunjukan kerendahan hati utk mau dikoreksi & memperbaiki diri. Sekarang saya paparkan dasar2 kealkitabiahan doktrin indulgensi (berupa bangunan prinsip) :

Prinsip 1 : Bahwa Dosa mengakibatkan kebersalahan (guilty) & hukuman. Dasar Alkitabiah "kebersalahan": Yes 1:18, Maz 51:2,7 /// Dasar Alkitabiah "hukuman" : Yes 13:11, Pengkotbah 12:14.

Prinsip 2 : Hukuman ada 2 : Sementara (temporal) & Kekal (Eternal). Dasar Alkitabiah "Hukuman kekal" : Dan 12:2 /// Dasar Alkitabiah "Hukuman sementara" : Kej 3:16-19.

Prinsip 3 : Hukuman sementara tetap diberikan meskipun dosa diampuni. Dasar Alkitabiah : 2 Sam 12 :13-14, Bil 14:13-23, Bil 20:12.

Prinsip 4 : Tuhan memberkati sejumlah org sbg reward thd org lain. Dasar Alkitabiah : Kej 17:6-8,Rom 11:28, Mat 15:22-28.

Prinsip 5 : Tuhan dpt mengurangi/membebaskan hukuman sbg reward Allah thd org lain. Dasar Alkitabiah : Kej 18:16-33, 1 Raja2 11:11-13.

Prinsip 6 : Tuhan mengurangi/membebaskan hukuman melalui Gereja. Dasar Alkitabiah : Yoh 20:21-23, Mat 18:18.

Prinsip 7 : Tuhan memberkati jiwa/Roh seorang Kristen sbg reward thd org Kristen yg masih hidup. Dasar Alkitabiah : 2 Makabe 12:42.

Karena ini sebuah "bangunan prinsip", maka sebelum menyetujui/menerima prinsip 7, harus setuju/menerima prinsip sebelumnya terlebih dahulu (prinsip 6), begitu seterusnya sampai prinsip 1 (prinsip dasar). Jadi silahkan anda mulai mempelajari prinsip 1, jika anda setuju, lanjut prinsip 2, jika setuju lanjut prinsip 3, smp pada prinsip dimana anda tidak setuju. Nanti akan ada penjelasan lebih lengkapnya (penjelasan masing2 prinsip tidak ditulis berhubung terbatasnya kuota menuliskan tanggapan).

Roy menulis : kalau sekarang di gereja anda dipraktikkan indulgensia, saya mau tanya, anda mau beli tidak surat pengampunan dosa itu?

TANGGAPAN>>> Sampai sekarangpun pemberian indulgensia masih dipraktekan (karena indulgensia adalah ajaran yg Alkitabiah), hanya saja praktek yg salah (yakni dgn penjualan surat) tidak lagi dipraktekan. Sama saja sprt ajaran perpuluhan & penyimpangan praktek perpuluhan. Ajaran perpuluhan tetap berjalan, praktek perpuluhan yg menyimpang hrs ditinggalkan.

Salam

18. Crusader dari Bandung berkata pada 13 January 2014:

Saya menemukan tulisan dalam yang membahas Luther cukup menarik buat pertimbangan: Martin masih dipengaruhi filsafat lama dan terlebih kepentingan lama. Sistem yang dia pertahankan tidak melahirkan kesetaraan para rasul, yang sudah pernah dia amini namun dia khianati. Sistem yang dia pertahankan melahirkan penindasan yang berulang dalam sejarah. Agama yang dia anut sebenarnya sudah menjelaskan inti alam semesta dan manusia. Sekalipun dia kadang mengerti dan kadang tidak mengerti atau pura-pura tidak mengerti. Inti dari agamanya, yaitu dari induknya Judaisme sampai Kristen adalah:

Pada mulanya manusia itu bebas dan merdeka, Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin alam semesta dan segala isinya. Manusia memiliki peranan mengolah alam semesta untuk kesejahteraan umat manusia. Manusia sebagai pemimpin alam semesta juga berarti memberi manusia peranan untuk memanfaatkan juga melindungi alam semesta dan segala isinya. Tuhan memberi manusia kekuatan untuk memilih yang baik dan jahat. Seiring perjalanan waktu dan bertambah banyaknya manusia, maka manusia yang tadinya makhluk bebas dibawah Tuhan menjadi properti (benda/harta) dibawah negara. Manusia yang tadinya makhluk merdeka dibawah Tuhan menjadi properti dibawah manusia lain.

Terjadilah apa yang disebut dalam bahasa Perancis exploitation d’l’homme par l’homme dan exploitation de nation par nation (eksploitasi manusia oleh manusia lain dan eksploitasi suatu bangsa oleh bangsa lain). Misalnya pada zaman Musa, bahwa semua orang di Mesir adalah properti dari Firaun, itu bukan hanya rakyat biasa tetapi termasuk keluarga Firaun sendiri seperti para putrinya. Kenapa bisa demikian? Karena Negara itu adalah Firaun itu sendiri, semua manusia di Mesir adalah properti negara, ketika Firaun adalah negara, maka semua manusia di Mesir adalah properti Firaun. Terjadilah apa yang disebut dalam bahasa Perancis de l’etat c’est moi (negara adalah saya), kata Louis XIV yang menjalin persekutuan dengan Ottoman pada masa itu, yang memiliki prinsip sama. Sumber: http://manifestosenja.com/2014/01/martin-luther-melempar-boomerang-kepada-muhammad-dan-paus/ http://manifestosenja.com/2013/12/martin-luther-berdarah-judas-germania-evangelische-reich-1/

19. Carlos dari Pontianak berkata pada 14 January 2014:

Alo Bobby dan Felix,

Jikalau menurut anda, Maria adalah ratu sorga dengan dasar 1 Raja2 2:19, maka maksud anda Yesus juga menyembah Maria? Jikalau anda mempelajari juga konsep raja-raja seperti dalam kitab Raja-Raja, seperti saran anda, maka anda akan menemukan juga bahwa ketika seorang raja meninggal, maka biasa anaknya menjadi raja menggantikan dia. Berarti sebelum Yesus ada Raja Sorga lain yaitu Yusuf yang adalah papanya Yesus di dunia ini? Kedengarannya salah ya...=)

Saya percaya Maria juga tidak mengganggap dan tidak mengakui dirinya sebagai ratu sorga. Karena Maria sendiri dengan rendah hati dan jujur mengatakan dirinya hanyalah hamba Tuhan (Lukas 1:38), tidak lebih dari itu =). Meninggikan seseorang pada suatu posisi yang pribadi itu sendiri tidak menyetujuinya adalah tidak tepat =)

Yoh 21:25, Alkitab memang tidak mencatat semua tapi apa yang dicatat, Alkitab sendiri katakan bahwa ini sudah cukup. Sudah cukup untuk apa? Untuk percaya bahwa Yesus adalah Kristus dan Yesus adalah Anak Allah, bukan yang lain (Yoh 20:30-31) =)

Ada kok ayat di Alkitab yang menyatakan Sola Scriptura. Mungkin karena sudah tidak percaya ada Sola Scriptura, jadi tidak bisa menerima? =) Ayatnya misal ada di Ulangan 4:2; 12:32; Wahyu 22:18-19. 2 Tes 2:15, jikalau kita baca ayatnya sampai tuntas, "tradisi" yang dimaksudkan disini diterjemahkan oleh LAI sebagai ajaran-ajaran yang diterima dari Paulus. Jadi bukan berarti "semua macam tradisi". Karena ada pengujinya yaitu ajaran Paulus baik secara lisan dan (yang tentunya selaras juga dengan) ajaran Paulus yang tertulis. Bukankah Perjanjian Baru sudah memuat pengajaran Paulus yang tertulis? Kembali lagi Sola Scriptura =)

Mat 16:18, secara pemakaian kata, bahasa Yunani dari "Petrus" dan "batu karang" memang mirip hingga seolah-olah interpretasi Alkitab yang demikian itu benar dan lebih gampang diterima. Tapi apakah benar Tuhan mendirikan gereja diatas diri Petrus dan yang kemudian diteruskan Paus? Gereja atau bangunan apapun harus memiliki fondasi yang kokoh dan tidak goyah. Karena jika dasarnya goyah, semua bangunan diatasnya akan runtuh. Yesus memberikan ilustrasi rumah dan dasar/fondasi untuk menjelaskan pentingnya fondasi yang kuat dalam Mat 7:24-27. Apakah pribadi Petrus sendiri memenuhi kualifikasi itu? Bukan hanya pernah ditegur Paulus karena bersikap munafik, Petrus lari meninggalkan Yesus ketika Ia ditangkap dan disalib. Ia pun pernah ditegur keras oleh Yesus sendiri dan disebut oleh Yesus sebagai iblis (Mat 16:23). Memang teguran ini tidak membuat kepemimpinan Petrus menjadi hilang, juga teguran ini bisa membuat orang rendah hati. Tapi teguran-teguran ini jelas membuktikan bukanlah pribadi yang bernama Petrus yang menjadi dasar/batu karang bagi jemaat Tuhan. Masakan Yesus membangun jemaat-Nya diatas pribadi yang disebut-Nya iblis? Dasar yang begitu goyah dan tidak kokoh?

20. Carlos dari Pontianak berkata pada 14 January 2014:

Pilihan Yesus pasti tidak salah, dan Yesus memilih dasar yang sungguh-sungguh kokoh. Maka, kita harus melihat dasar kokoh apakah yang dimaksudkan Yesus disini, yang bukan sekedar pribadi Petrus saja. Kalimat Yesus dalam Mat 16:18 tidak bisa dilepaskan dari kalimat yang diucapkan Petrus di Mat 16:16. Pengakuan Petrus akan Yesus sebagai Mesias, Anak Allah yang hidup-lah yang diikuti dengan Matius 16:17-18. Kalimat pengakuan yang penting yang mutlak perlu pada tiap jemaat Tuhan. Efesus 2:20 mengatakan gereja dibangun diatas dasar para rasul dan para nabi (perhatikan bukan hanya satu rasul disini, ataupun pimpinan rasul), dimana Yesus menjadi batu penjuru. Batu penjuru adalah batu pertama yang diletakkan sebagai dasar yang sangat penting dan struktur bangunan akan didirikan mengikuti batu penjuru ini. Yesus menjelaskan dalam Luk 24:27 bahwa kitab Musa dan kitab Nabi2 menuliskan tentang Dia. Berita dan nama Yesus Kristus sebagai satu-satu-Nya Juru Selamat (Kis 4:12) inilah yang diteriakkan para rasul. Diatas nama inilah, diatas pengakuan inilah gereja Tuhan berdiri, bukan diatas diri Petrus.

Kalimat Yesus dalam Mat 16:18 tidak memiliki arti bahwa Petrus memiliki otoritas yang lebih besar dibandingkan rasul lain, tidak memiliki arti ada jabatan khusus bagi Petrus ataupun ada hak istimewa dari kelanjutan jabatan Petrus =)

Dalam Mat 16:19, Petrus memang menerima kalimat yang pertama, namun ini tidak hanya berhenti pada Petrus saja. Dalam Mat 18:18, perhatikan bahwa yang menerima kalimat ini diperluas luas lagi yaitu kepada para murid (Mat 18:1; Yoh 20:23) dan berlaku juga sampai pada zaman ini untuk semua murid Kristus., bukan hak istimewa golongan tertentu saja.

Mengikat dan melepas di dunia, mengikat dan melepas juga di surga bukan karena ada kuasa khusus yang bisa dilakukan oleh individu, golongan tertentu bahkan murid2. Namun adalah suatu berita afirmasi berdasarkan perkataan Yesus sendiri, berdasarkan realita yang Allah lakukan. Ketika Injil Yesus Kristus diberitakan dan manusia percaya, bertobat, Allah sudah menyatakan bahwa dosanya diampuni, ia dilepaskan dari kuasa kegelapan dan dipindahkan kedalam Kerajaan-Nya (Kol 1:13-14). Apa yang sudah dikerjakan dan dinyatakan Allah, hanya itulah yang dapat diafirmasi oleh kita sebagai murid. Jikalau Allah tidak mengikat, tidak ada artinya manusia di dunia mengatakan bahwa ia mengikat. Jikalau Allah mengikat, pernyataan manusia bahwa ia melepas tidak ada padanan dengan realita surgawi =)

21. Bobby Felix dari Jakarta berkata pada 16 January 2014:

Pro : Carlos

1) Yg dipersamakan adalah (konsep) jabatan Raja-Ratu, bukan perbuatan Raja-Ratu, dimana dlm PL yg disebut Ratu bukan istri Raja melainkan bunda Raja. 2) Apakah setiap yg menjadi Raja harus memiliki bapak seorang Raja? Apakah Saul (Raja pertama kerajaan Israel) memiliki bapak seorang Raja? Jika Saul sang Raja Israel pertama menjadi Raja tanpa harus memiliki papa seorang Raja, tidak ada alasan utk menuntut Yusuf (papanya Yesus) hrs menjadi Raja. 3A) Sudah cukup bukan berarti boleh tidak mengimani yg tidak tercatat, karena rasul meminta kita utk berpegang pada ajaran yg lisan pula (2 Tes 2:15). 3B) Jika kamu mengartikan Yoh 20:30-31 bhw apa yg dicatat telah cukup untuk percaya bahwa Yesus adalah Kristus dan Yesus adalah Anak Allah, maka silahkan anda buang ke-26 kitab PB lainnya dan hanya memakai injil Yohanes sbg pedoman iman saudara krn bukankah yg dicatat penginjil Yohanes menurut anda telah cukup? 3C) Dalam Yoh 20:30-31 sama sekali tidak ada disebutkan/dinyatakan "cukup" sebagaimana yg kamu nyatakan. 4) Ul 4:2; 12:32; Why 22:18-19 memerintahkan utk tidak menambah atau mengurangi perintah Tuhan, bukan perintah utk meyakini hanya yg tertulis saja. Walaupun tidak tertulis (dlm kitab suci) namun bila itu perintah Tuhan, hrs ditaati. Jadi Ul 4:2; 12:32, Why 22:18-19 tidak bs dipakai sbg dalil bagi sola scriptura. Justru seorang sola scripturist sprt anda bs jatuh pada pelanggaran atas ke 3 ayat tsb, lantaran perintah Tuhan/Firman Tuhan anda tolak krn anda tidak menemukan bukti tertulis dlm kitab suci (anda bs jadi telah mengurangi perintah/Firman Tuhan yakni perintah/Firman Tuhan yg terdapat pada ajaran lisan). 5) 2 Tes 2:15, apa definisi anda ttg SELARAS? Apakah sebuah ajaran iman yg tidak ada tertulis/tercatat dlm kitab suci tp tidak bertentangan dgn yg tertulis/tercatat dlm kitab suci masih dapat dikatakan SELARAS? Jika Ya, maka Katolik dpt dgn yakinnya menjawab bhw ajaran lisan (Tradisi Lisan) yg Gereja Katolik ajarkan semuanya SELARAS dgn ajaran tertulis (kitab suci), sebaliknya sebagai konsekuensi & perintah sang rasul anda harus menerima & mengimani ajaran lisan yg SELARAS tsb meskipun tidak tercatat dlm kitab suci, setuju?. 6A) Mat 16:18 kekuatan fondasi Petrus tdk bs dilihat dari perbuatan pribadi Petrus tp dari "kekokohan" ajaran yg diajarkan Petrus, sebab bila yg dilihat adalah perbuatannya, maka para nabi & para rasul yg dijadikan dasar Gereja jg bukanlah pribadi2 yg bebas dari berbuat salah. Sehingga "Kekokohan" disini berarti apa yg diajarkan Petrus ( & penerus2nya) tidak dapat salah. 6B) Paling bawah : Batu Penjuru (Yesus), diatas Batu Penjuru : Batu Karang (Petrus), terikat pada Batu Karang : Dasar Gereja (para Nabi & para Rasul). 7) Mat 18:18, Yoh 20:23 Apa penting & gunannya AFIRMASI?

22. Roy dari Batam berkata pada 17 January 2014:

Bobby, tentu saja, Roma Katolik tidak mengakui dan menolak Sola Scriptura, tapi apa sebenarnya anda mengerti tentang doktrin Sola Scriptura ini? adalah umum bahwa Katolik Roma seringkali mengutip 2 Tes.2:15 untuk membuktikan Alkitab tidak cukup dan ada lagi tradisi lisan seperti yang disebutkan Rasul Paulus yang harus diikuti. Masalahnya bung, kalau saya mengikuti penafsiran anda, mengapa hanya pada ayat ini Rasul Paulus menyebutkan kepada satu jemaat untuk mengikuti tradisi lisan? bagaimana jemaat di Roma, Korintus, Efesus, Filipi, Galatia dan Kolose? mengapa rasul Paulus tidak menyuruh mereka untuk mengikuti "tradisi lisan"ini? berarti ayat ini hanya berlaku untuk jemaat Tesalonika donk? dan apakah anda bisa menyebutkan ayat - ayat lain dari rasul lain seperti Petrus dan Yohannes yang menyuruh jemaatnya untuk mengikuti "tradisi lisan"? ada tidak? kalau tidak ada bukankah itu berarti anda mengeneralisir satu ayat itu saja untuk dipakai sebagai acuan untuk "tradisi lisan" ini? Yang kedua bung, saya mau bertanya nih tentang "tradisi lisan" ini...bahwa ada ajaran Yesus dan Rasul yang tidak tercatat di Alkitab namun terus ada secara lisan lewat gereja Roma Katolik, coba donk beri saya satu kutipan saja perkataan langsung yang keluar dari mulut Yesus atau rasul yang tidak ada tercatat pada Alkitab tapi ada dalam tradisi lisan, tolong ya, saya mau tahu apa memang ada..... Ketiga, kalau memang ada "tradisi lisan" ini, batasannya sampai sejauh apa? memang seberapa banyak sih perkataan Yesus dan rasul yang tidak dicatat di Alkitab yang ada pada "tradisi lisan" ini? kalau Alkitab Protestan kan jelas, 66 kitab dan itu cukup. Nah, kalau "tradisi lisan" ini ada tidak cukupnya? kalau tidak ada, maka sebenarnya dasar Gereja Katolik Roma itu ada sih memang, tapi tidak pernah cukup, terus berubah, tidak tetap karena Alkitab tidak cukup, tradisi lisan tidak cukup karena tergantung pada gereja sebagai otoritas penafsir tertinggi yang sejarah sudah tunjukkan berkali-kali berubah (lihat saja konsili Trente, Vatikan I&II) sehingga tidak heran, sepanjang sejarah gereja Katolik Roma, banyak tradisi, dogma, doktrin yang diciptakan dan ditambahkan..doktrin Maria sebagai ratu sorga - titel ratu pertama kali disebut oleh Paus Martin di abad ke - 7, lalu ditambahkan oleh Paus Sixtus IV di abad berikutnya titel Ratu Sorga...dan terus bertambah di abad ke-18, bahwa Maria terlahir tanpa dosa, demikian juga dengan idulgensia yang tercatat mulai dipraktikkan dan diresmikan oleh Paus Urbanus II pada abad ke-11...dan entah apalagi doktrin, dogma yang baru di kemudian hari yang dihasilkan oleh gereja Katolik Roma, yang sebenarnya menunjukkan bahwa keselamatan yang sekarang ada pada penganut agama Katolik Roma, bukan keselamatan sama sekali, karena dasarnya tidak cukup, tidak hanya Kristus tapi harus ada Maria dan siapa tahu ada pengantara lain kelak yang didoktrinkan oleh gereja Katolik Roma, tidak cukup iman tapi harus ada 7 sakramen, idulgensia, purgatori dan entah apa lagi nanti ke depan yang didogmakan oleh gereja Katolik Roma....dan ini semua hanya menunjukkan bahwa dasar iman gereja Katolik Roma itu tidak pernah cukup, terus berubah, terus bertambah dan ini mengerikan....syukur kepada Tuhan untuk Reformasi Protestan untuk mengubah sejarah dunia dan menuntun umatNya melihat kecukupan Alkitab (jika Alkitab tidak cukup, maka Alkitab bukan Firman Tuhan), kecukupan karya Tuhan Yesus Kristus untuk keselamatan kita(Solus Christos) tanpa perlu ada pengantara Maria lagi yang dianggap ratu sorga (sewaktu Stefanus dilempari batu, ia mengatakan melihat Tuhan Yesus berdiri di sebelah kanan Bapa, tapi si Maria kok nggak ada ya?)

23. john dari jakarta berkata pada 18 January 2014:

Tuhan Yesus adalah ALLAH SEMESTA (bagi semua orang) karena manusia adalah ciptaanNYA, terlepas AGAMA nya apa. Tuhan Yesus adalah Kepala Gereja, kita pengikut2nya. Jadi You have faith being Catholic so be it... You have faith being Protestant so be it.. Pantekost so be it.. dan seterusnyaa... Debat dengan analisa yang sangat kompleks dan hanya untuk membenarkan Keyakinan menurut pengertian diri sendiri dan memaksakan pemikiran supaya orang lain setuju adalah konyol saudara2. Manusia dengan segala pengetahuannya tidak bisa memahami pemikiran ALLAH. ALLAH hanya memberikan kita 2 HUKUM UTAMA, menjalaninya saja harus banyak minta RAHMAT ALLAH saudara2. Lihatlah GEREJA yang dibangun manusia (secara fisik) karena ada perbedaan pendapat dari para imam, harus membangun sebuah gereja lain dan lain dan lain dan lain...... ROH KUDUS adalah SATU dari ALLAH. Kenapa harus banyak Gereja yang didirikan manusia??? Apakah kehendak TUHAN jika manusia membangun banyak gereja hanya karena hal yang diperdebatkan seperti contoh di atas??? apakah kita lantas menjadi BENAR dihadapan TUHAN ALLAH KITA YANG MAHA RAHIM? secara kita manusia2 beriman tidak sepakat dengan apa yang kita anggap itu adalah yang berasal dari ROH KUDUS? Adakah ROH KUDUS memberikan pertentangan bagi UMATNYA mengenai ajaran ALLAH YANG SEJATI???? Siapakah manusia paling bijaksana yang sanggup untuk menilai bahwa GEREJA mu TIDAK ALKITABIAH, GEREJA ku ALKITABIAH???? Konyol sekali kita ini saudara2.... Kita harus bersatu tanpa memandang fisik gereja, tanpa perlu menyanggah apa yang diyakini orang lain dan mengclaim pengertian diri sendiri lebih benar. KEEP IT TO YOUR SELF, Selama pengertianmu membawa kamu lebih dekat kepada TUHAN YESUS dan membuat kamu lebih MENGASIHI, berani BERKORBAN bagi mereka yang kurang beruntung... maka bukankah itu lebih INDAH hasilnya saudara2??? Pada akhirnya... segala yang kamu YAKINI HARUS DIPERTANGGUNGJAWABKAN secara pribadi kepada TUHAN ALLAH yang kita sembah. Salam Damai.

24. Bobby Felix dari Jakarta berkata pada 18 January 2014:

Pro : Roy

Sebaliknya sebelum anda memprotes sikap Gereja Katolik & lalu berprinsip sola scriptura, sdh taukah anda, alasan mengapa katolik mensejajarkan Tradisi dgn Alkitab ? Ayat 2 Tes 2:15 : Bukannya tdk cukup tp menunjukan sumber iman bukan hanya dari Tradisi tertulis saja (yakni kitab suci) tp jg dari Tradisi lisan (yakni Tradisi Suci-istilah katekismus). Lalu, jika di satu jemaat Paulus memberi suatu nasehat, bukan berarti nasehat itu hanya berlaku bagi jemaat dimana surat Paulus ditujukan. Sekarang...menurut anda, apakah nasehat Paulus kpd jemaat Tesalonika berlaku bagi anda & gereja anda atau tidak berlaku? Jika berlaku : Ikutilah nasehat Paulus tsb (termasuk nasehat Paulus dlm 2 Tes 2:15). Jika tidak berlaku : Buanglah surat Tesalonika tsb. Ajaran Tradisi lisan : semua ajaran2 yg diwartakan Gereja Katolik yg tdk tercatat (eksplisit) dlm Kitab Suci. Tidak perlu dipentingkan kutipan kata2 persis yg keluar dari mulut Yesus/para Rasul krn toh kata2 Yesus dikutip dgn kata2 yg saling berbeda antar penulis injil. Yg hrs dipentingkan inti/maksud perkataan Yesus tsb. Ajaran Tradisi lisan bukanlah berupa kutipan kata2 Yesus/para Rasul tp berupa ajaran. Batasannya smp sejauh apa? Smp wafatnya rasul terakhir (Yohanes). Sejak wafatnya rasul Yohanes, tdk ada lg ajaran Tradisi lisan baru. Pasca wafatnya rasul Yohanes, Gereja hanya meneruskan segala ajaran (baik tertulis maupun lisan) dari Yesus & para Rasul. Seberapa banyak? Sebanyak apa yg diwartakan Gereja Katolik. NO...Paus/Gereja tidak menambah ajaran, melainkan hanya meneruskan ajaran (baik tertulis maupun lisan) dari Yesus/para Rasul. YES Gereja dibawah pimpinan penerus Petrus adalah satu2nya otoritas penafsir. NO...tidak ada & tidak akan pernah ada yg berubah perihal ajaran iman & moral dlm Gereja Katolik. NO...dogma ditetapkan krn mulai ada keraguan/perselisihan terhadap sebuah ajaran iman yg diimani Gereja, dan bukan berarti sblm dogma itu ditetapkan Gereja tdk mengimaninya. Ini prinsip penting yg hrs mjd mindsetmu. Kamu ngak mau dibilang kan bhw dogma "Yesus adalah Allah" adalah ajaran baru lantaran baru ditetapkan pada abad 4 (konsili Nicea) sebagaimana yg sering dikatakan bbrp muslim? Sebaliknya mengapa Gereja tdk pernah mendogmakan "Allah Mahakuasa"? Itu karena sepanjang sejarah, tidak pernah ada dispute/yg meragukan ajaran ke-Maha Kuasa-an Allah. Mengapa Stefanus tdk melihat Maria di Sorga, krn Maria belum wafat.Kedua, apakah ada ketentuan seorang Ratu hrs selalu ada disamping Raja? Apakah kamu jg akan mensyukuri banyaknya aliran & berbedanya (bahkan bertentangan) ajaran dlm gereja protestan pasca reformasi? Akan banggakah kamu dgn sejarah dunia yg berubah yakni banyaknya pilihan ajaran gereja, buah dari reformasi?

25. Martua Siringoringo dari Jakarta berkata pada 19 January 2014:

YESUS adalah Center Of The Bible (YEUSS adalah pusat dari pemberitaan Alkitab) yang lainya hanyalah pelengkap cerita dari kehadiran TUHAN YESUS datang ke dunia ini. Jadi fokus pemberitaan kita adalah TUHAN YESUS KRISTUS yang adalah JURUSELAMAT DUNIA. Jangan meleset dari situ, apabila meleset katanya dosa.

Itulah yang harus kita beritakan kepada orang-orang yang mau mendengarkannya supaya mereka beroleh keselamatan. Bukan membahas Maria, Ibu-Nya YESUS adalah Ratu Surga. Bukan itu yang menjadi fokus pemberitaan kita, tapi hanya TUHAN YESUS sajalah yang mau kita perkenalkan kepada semua orang, supaya semua orang yang datang kepada-Nya dan mengaku bahwa YESUS adalah TUHAN dan JURUSELAMAT. supaya mereka di baptis oleh TUHAN YESUS dengan Roh Kudus-Nya dan mereka menjadi anak-anak Allah, karena setiap orang yang dituntun oleh Roh Allah adalah anak-anak Allah.

Dan anak-anak Allah adalah pewaris Kerajaan Allah

Jadi kita harus menghindar dari pemberitaan yang bertentangan dengan damai sejahtera.

Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati kita semua!!!

26. Martua Siringoringo dari Jakarta berkata pada 19 January 2014:

Pro: All my friends in the name of Jesus Christ.

Jesus is The Center of the Holy Bible. Yesus adalah pusat pemberitaan Alkitab. Dan yang lainnya hanyalah merupakan pelengkap dari cerita kedatangan TUHAN YESUS ke dunia ini dua ribu tahun yang lalu. Jadi yang menjadi fokus pemberitaan kita kepada semua orang adalah YESUS adalah TUHAN dan JURUSELAMAT DUNIA. Jadi bukan Maria, Ibu-Nya YESUS yang kita beritakan sebagai Ratu Sorga. Kata orang apabila meleset pemberitaannya berarti dosa.

Jadi yang kita beritakan kepada semua orang hanyalah TUHAN YESUS saja, agar mereka datang kepada-Nya dan percaya bahwa YESUS adalah yang utus Allah ke dunia ini untuk menyelamatkan mereka dari segala dosa dan pelanggaran kita.

Dan setiap orang yang percaya kepada-Nya, bahwa YESUS adalah TUHAN dan JURUSELAMAT, maka DIA akan membaptis mereka (kita) dengan ROH KUDUS-NYA dan mereka (kita) pun menjadi selamat dan disebut anak-anak Allah, karena hidup mereka (kita) telah dituntun oleh ROH ALLAH. Dan setiap orang yang dituntun oleh Roh Allah adalah anak-anak Allah.

Dan anak-anak Allah adalah pewaris Kerajaan Allah.

Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati kita semua!!!

27. Felix dari Medan berkata pada 20 January 2014:

Yohanes 20:30-31 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, 20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya. (Saya kok tidak mendapat kata atau pengertian "cukup", btw interpretasi sendiri yah?), maaf saya bukan ahli Alkitab

Ulangan 4:2 Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu. Ulangan 12:32 Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya a ataupun menguranginya. WAhyu 22:18-19 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini." (Kok gak ada yah turutilah hanya perkataanKu yang tertulis?)...aku jadi bingung....

28. toni dari toni berkata pada 23 January 2014:

tentang penolakan ajaran Maria: mengapa gereja gereja yg didirikan para rasul tetap berdoa dan melakukan penghormatan pada Maria.malaikat gabriel pun menghormat pd Maria dgn mengatakan salam Maria. Terpujilah engkau. dgn kata "yg dipilih Allah. setahu saya alkitab dikodifikasi dan disaring mana apokript dan mana canonic oleh gereja gereja yg semua berdoa pd bunda Maria. di injil Yohanes sendiri di akhir injil ysb dikatakan bhwa klau.semua dicatat duniapun tak akan cukup.artinya bnyak ajaran para rasul yg tdk dicatat. klau dilihat dr sejarah penyusunan alkitab tersebut jelas bhwa warta para rasul lbh dahulu dibanding tersusunnya alkitab sehingga pewartaan tsb dicatat.alkitab.kis para rasul surat.dll. dr bukti gereja ortodok mulai siro malabar/malankara syria yerusalem koptic tawahedo yunani roma, semua memiliki tradisi beddoa pd Maria.bhkan penampakan Maria pertama terjadi di spanyol pada rasul Yakobus. smpi hr inipun ada ajaran merayakan terangkatnya Maria ke surga dilakukan semua gereja para Rasul di atas.

Pertanyaan: mengapa tdk meneruskan tradisi tsb tdk diikuti sdng di injil Yohanes jls dikatakan bnyak ajaran yg tdk tertulis. salah satu bukti ajaran tentang Maria meski tdk tertulis tp nyata dilakukan seluruh gereja para rasul. ao pakah ajaran para rasul salah?adakah rasul yg gerejanya mengajarkan umatnya tdk menghormat pd Maria sbgai Teotokos? gereja mana dan siapa rasulnya. Kekuasaan Paus: ada ayat Yesus memberi perintah pd Petrus: Gembalakan domba dombaKu!!apabila seorang kau ampuni dosa dosanya Akupun mengampuni bila dosa seseorang kau anggap ada Akupun menganggap ada. apakah Paus sbgai penerus Petrus kehilangan kewenangan mengampuni Dosa sdng ayat di atas menyatakan kuasa itu ada. Apabila seseorang membantu gereja secara financial,tdk berhak dosanya di ampuni,sedang yg tdk memyumbangpun diampuni bila meminta pengampunan. Yesus menyatakan bhwa "di atas batukaramg(Petrus) ini ku dirikan jemaatKu."klau gereja yg didirikan Petrus tdk memiliki kewenangan Petrus, dimana gereja Petrus saat ini,dan benarkah gereja tsb ada dari dulu smp sekarang spti kata Yesus.(mautpun tdk sanggup menguasainya".

29. Johanes dari Jakarta berkata pada 28 January 2014:

Tradisi Suci yang tidak terdapat dalam Alkitab: 1. Inti iman Kristen yang paling utama : TRINITAS. Alkitab dengan sangat samar menyatakan Allah adalah Trinitas!, kalau membuka seluruh halaman Alkitab maka dipastikan Anda tidak menemukan istilah Trinitas di sini. siapa yang mengajarkan Trinitas? Terima kasih kepada TradisiSuci yg dimaksud dalam surat Paulus . 2 . Kursi Musa yg disebut oleh Yesus dalam Injil Matius 23:2: Ahli Ahli Taurat dan orang orang Farisi telah menduduki "kursi Musa", tidak pernah ada terdapat dalam seluruh kitab suci baik PL dan PB yang menjelaskan dengan baik apakah dan bagaimana dan siapa yang mewariskan kursi Musa itu. Yesus sendiri ternyata menggunakan Tradisi Suci ini utk mengajar. lantas kita? 3. Penggunaan patung patung Kudus dalam peribadatan. Tradisi Suci mengizinkan kita menggunakan patung patung Kudus dalam ibadah (baca gedung gereja) sejauh itu tidak menjadi sarana penyembahan. Anda sekalian silakan buka YouTube dan mencari kata kunci " Wittenberg Chruch" gereja tempat asal mula reformasi Luther dikobarkan dan perhatikan apakah sampai dengan sekarang patung patung itu tetap ada atau tidak. Apakah hg selanjutnya terjadi dengan gereja gereja sesudah reformasi? berapa jauhnya perbedaan gereja Anda dengan gereja Wittenberg tsb dari sisi tata liturgical dan penempatan ruang liturgi. Berapa kali Anda mendengar khotbah pendeta Anda menentang patung patung di gereja? Silakan berkunjung ke gereja Wittenberg tempat Martin Luther berkotbah. 4. Sejarah para rasul Kristus dan hari kematian mereka semua dan cara mereka matii menyandang gelar martir Kudus. kapankah diperingati? Semuanya tidak tercatat dengan baik di Alkitab. Kalau Anda mau mengetahui hari pesta peringatan dan cara kematian mereka satu per satu. Datanglah ke Gereja Katolik, semuanya terpelihara baik dengan Tradisi Suci. 5. Berdoa kepada (mohon doa ) dari para orang Kudus terutama St Maria adalah dengan sebutan doa : ora pro nobis (disingkat OPN)do akanlah kami adalah seruan doa yang sangat banyak ditemukan dalam dinding dinding kotakombe tempat pengungsian jaman Kristen awal ditindas dan diburu. Ini adalah kesaksian tradisi suci yang indah dimana org jaman sekarang mempertanyakan: dimana terdapat dalam Alkitab. seperti Istilah Trinitas, Alkitab memberikan kita suatu gambaran bahwa doa orang benar, besar kuasanya jika didoakan. maka dengan demikian doa doa orang Kudus menjadi penggenapan dari nast ini. Dimana mereka jauh lebih dibenarkan oleh Allah lagi ketimbang kita yang masih hidup. 6. Dlllll. Intinya Tradisi Suci menjadi kelanjutan dari karya Roh Kudus yang indah dari yang Firman yang dikanonkan dalam huruf huruf dalam Alkitab. masihkah kita menganggap Tradisi Suci itu tidak penting dan hanya Alkitab saja?

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Nama
Kota
Alamat imel
Pastikan alamat imel anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui imel.
 
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk KIN bagi Guru Sekolah Minggu dan Guru Pendidikan Agama Kristen yang akan diadakan pada tanggal 11-16 November 2014. Berdoa untuk setiap orang yang telah mendaftarkan diri dan diterima untuk mengikuti acara ini, kiranya Tuhan mempersiapkan mereka untuk dapat menerima setiap firman yang diberitakan sehingga mereka dibangkitkan untuk dapat memberitakan Injil dan membangun karakter setiap anak didik mereka.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
melihat kehidupan Jonathan Edwards sepertinya tidak ada disiplin rohani dalam diri kita, yang bisa kita banggakan,...

Selengkapnya...

Thanks. Ini utk aku, bila aku org percaya sedang sekarat.

Selengkapnya...

Apakah ini kita yang akan hadapi maut tersebut atau orang lain (misal salah satu keluarga sudah mau sekarat). Kalau...

Selengkapnya...

Maksudku pada waktu merenggang nyawa, ada waktu beberapa detik menit

Selengkapnya...

Mengenai menghadapi maut, Tuhan Yesus menyatakan di dalam alkitab dalam Matius 25: 1-13. Mengenai gadis yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2014 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲