Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

3D

Tema besar yang menjadi benang merah seluruh rangkaian kisah di dalam Alkitab adalah tentang Kerajaan Sorga. Tuhan Yesus berulang-ulang mengajarkan perumpamaan yang biasanya dimulai dengan “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ....”. Tuhan Yesus mengisahkan tentang Kerajaan Sorga melalui perumpamaan lalang di antara gandum, biji sesawi dan ragi, atau pukat. Namun salah satu perumpamaan tentang Kerajaan Sorga paling pendek dapat kita temui di Matius 13:44, “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.” Hanya 1 ayat saja.

Namun di ayat pendek ini terkandung beberapa pelajaran penting tentang Kerajaan Sorga dengan penekanan yang berbeda dari perumpamaan lainnya. Pelajaran apa? 3D!
- Discovery
- Delight
- Decision

Di awal Injil Matius, terlihat ada sekelompok orang majus dari Timur sebagai real-life application dari perumpamaan harta terpendam. Mereka rela menempuh 1000+ km dan diperkirakan memakan waktu sekitar 40 hari perjalanan untuk mencari dan mencapai tempat lahirnya Sang Raja. Ketika mereka dituntun oleh bintang menuju suatu rumah dan mereka “discover” Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, bersukacitalah mereka. Kemudian mereka membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan emas, kemenyan dan mur kepada- Nya, persembahan yang biasanya diberikan kepada raja.

Menjelang akhir tahun, mari kita merefleksikan pengalaman-pengalaman “discovery” kita dalam mengikuti Tuhan sepanjang tahun 2021 yang membuat kita makin “delighting in him”? Lalu mari kita renungkan, apakah “decisions” yang kita ambil sepanjang tahun ini sudah berkenan di hadapan Tuhan ataukah justru menyedihkan hati-Nya? Semoga di momen Natal ini, kita boleh diberikan pengalaman menemukan anugerah Tuhan yang real. Kiranya anugerah ini memberikan sukacita dan kenikmatan kehadiran-Nya bagi kita. Terakhir, setelah sepanjang tahun mendapatkan anugerah Tuhan, komitmen apa yang kita ingin janjikan di hadapan Tuhan untuk tahun mendatang? Kiranya Tuhan menolong kita!

Heruarto Salim

Desember 2021

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk KKR Natal yang telah diselenggarakan di tujuh kota pada bulan Desember, yaitu di Bandung, Medan, Batam, Denpasar, Kupang, Surabaya, dan Jakarta. Kiranya momen Natal boleh menjadi momen banyak orang kembali kepada Tuhan, mengingat kasih-Nya yang besar, dan bertekad hidup di dalam kebenaran-Nya. Berdoa agar Terang yang sudah masuk ke dalam dunia terus menerangi seluruh aspek hidup orang yang beriman kepada-Nya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲