Sersan & TKB

TKB Juli 2006

Asal Usul Bank

Sebelum munculnya bank modern, seperti yang umum kita ketahui sekarang, operasi perbankan sudah banyak dijalankan dalam bentuk tradisional, yaitu dalam bentuk tukar menukar uang ataupun memberikan pinjaman. Dalam hukum Hammurabi, Raja Babylon (1792-1750 SM), tertulis beberapa paragraf yang menyinggung perihal perbankan. Berdasarkan catatan-catatan yang masih tertinggal, dipercaya bahwa di zaman Babylon inilah beroperasi kegiatan perbankan mula-mula. Seiring dengan perkembangan, pada tahun 1000 SM, transfer deposito bank kepada pihak ketiga sudah umum dilakukan. Juga di kalangan kerajaan ataupun kuil (temple), mereka memberikan pinjaman menggunakan harta mereka sendiri. Notabene, orang-orang di zaman itu suka menitipkan emas mereka di kuil-kuil karena kuil adalah salah satu tempat kunjungan tetap mereka. Dan alasan lainnya adalah karena kuil adalah tempat suci sehingga para pencuri tidak berani beraksi. Istilah ‘bank’ sendiri berasal dari bahasa Itali yaitu banco (Inggris: bench), yaitu suatu kursi panjang di mana para penukar mata uang biasanya duduk untuk menjalankan bisnis mereka. (Author: Aliz Granger, The Canadian Encyclopedia)

Juli 2006

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk BCN 2021 dan NRETC 2021 yang telah dilaksanakan. Bersyukur untuk puluhan ribu anak-anak dan remaja yang mengikuti kedua acara ini. Berdoa kiranya Roh Kudus menyertai mereka dalam pertumbuhan iman mereka, memberikan pengertian akan signifikansi Gereja di dalam dunia ini, dan menyadari besarnya anugerah yang diberikan Tuhan melalui Gereja di dalam dunia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲