Sersan & TKB

TKB Maret 2008

Pada zaman gereja awal, seorang tokoh gereja bernama Arius (250 - 336AD) mengajarkan doktrin Allah yang unik, yaitu keunikan dan keberbedaan Allah secara mutlak – hanya ada satu Allah yang adalah kekal, tidak memiliki titik awal, tidak diciptakan, benar adanya, bijaksana adanya, baik adanya, dan berdaulat. Allah yang satu tersebut tidak mungkin mempunyai natur yang terbagi dengan yang lain, kalau tidak demikian maka hubungan Pencipta-ciptaan menjadi kabur dan dapat berakibat berbalik menjadi Politeisme. Allah yang dimaksudkan oleh Arius adalah Allah Bapa bukan Allah Tritunggal. Allah Anak (Kristus) dianggap sebagai makhluk ciptaan yang memiliki titik awal dan merupakan ciptaan unik dan berbeda dari ciptaan lainnya, namun tidak mengambil bagian dalam atribut keilahian Allah. Kepercayaan tersebut kemudian dinamakan sebagai Arianisme, yang kemudian dinyatakan sebagai bidat. Arianisme mengundang reaksi bantahan keras dari seorang tokoh gereja yang bernama Athanasius (297 - 373AD), mengeluarkan tulisan berjudul “On The Incarnation” (335AD) yang menegaskan doktrin Trinitas, yaitu tiga Pribadi di dalam satu, Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Ketiga-Nya hadir secara bersamaan, tidak diciptakan dan kekal adanya.

Maret 2008

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk rangkaian KKR Jumat Agung dan Paskah 2022 yang telah diadakan di beberapa kota sepanjang bulan April 2022. Bersyukur untuk kebenaran firman Tuhan yang telah diberitakan dan untuk jiwa-jiwa yang telah mendengarkan berita Injil, tentang karya penebusan Kristus di atas kayu salib dan kebangkitan-Nya mengalahkan kuasa maut. Berdoa kiranya Roh Kudus membimbing setiap orang yang telah menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadi mereka dan memelihara iman mereka dalam menghadapi tantangan zaman ini sampai akhir hidup mereka. 

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

Bagaimana jika Saat di Rafidim. bgs Israel tidak bersungut-sungut. Melainkan sabar dan kehausan tsb apakah mungkin...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲