Sersan & TKB

TKB Maret 2009

John Calvin Memulai Reformasi (1536 – 1538)

Pada bulan Maret 1536, John Calvin mulai menerbitkan edisi pertama Institutio Christianae Religionis sebagai pembelaan iman terhadap kaum Roma Katolik yang menganiaya kaum Protestan, serta menegakkan posisi iman kepercayaan kaum Protestan.

Pada tahun yang sama, Calvin memutuskan untuk meninggalkan Perancis karena tekanan dari pihak Roma Katolik dan menuju Strasbourg. Namun karena peperangan antara Francis I dan Charles V, maka Calvin harus mengambil jalan melewati Jenewa. Rencana awal Calvin hanyalah untuk tinggal satu malam saja di Jenewa, tetapi William Farel, seorang kaum reformasi Perancis yang melayani di Jenewa, meminta Calvin tetap tinggal untuk membantu dia mengerjakan reformasi di gereja lokal di sana, maka Calvin mengurungkan niatnya ke Strasbourg dan melayani di Jenewa.

Pada tahun 1537, Calvin ditahbiskan menjadi pastor untuk melayani bidang pastoral. Selama masa pelayanannya, Calvin mengajar jemaat dengan mengeksposisi ayat-ayat Alkitab. Pada tahun yang sama, Farel dan Calvin menerbitkan Articles concernant l'organisation de l'église et du culte à Genève, mengenai pemerintahan gereja dan tata cara ibadah.

Tetapi karena disiplin gereja yang diterapkan Calvin sangat ketat, ditambah lagi Calvin dan Farel menolak melangsungkan Perjamuan Kudus sebagai protes atas keputusan Dewan Kota yang meminta harus menggunakan roti tidak beragi, maka Dewan Kota Jenewa mengusir mereka pada tahun 1538. Setelah diusir, Calvin diundang oleh Martin Bucer dan Wolfgang Capito untuk melayani di Strasbourg. Pada bulan September 1538, Calvin memulai pelayanan di Strasbourg.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/John_Calvin

Maret 2009

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk kondisi pandemi COVID-19 yang sudah makin melandai. Berdoa kiranya setiap orang Kristen mengambil kesempatan untuk dapat memberitakan Injil dan membawa jiwa-jiwa kepada Kristus terutama di dalam momen Jumat Agung dan Paskah di bulan ini. Bersyukur untuk ibadah fisik yang sudah dilaksanakan oleh banyak gereja dan bersyukur untuk kesempatan beribadah, bersekutu, dan saling menguatkan di dalam kehadiran fisik dari setiap jemaat.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

Bagaimana jika Saat di Rafidim. bgs Israel tidak bersungut-sungut. Melainkan sabar dan kehausan tsb apakah mungkin...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲