Sersan & TKB

TKB November 2008

Pietism

Pietism merupakan suatu gerakan pada akhir abad ke-17 hingga abad ke-18. Gerakan ini sangat mempengaruhi gereja Protestan dan Anabaptis, misalnya: Methodist, Wesleyanism, Brethren, Holiness Movement, dan Pentecostalism. Pietism pada awalnya diprakarsai oleh Philipp Jacob Spener dengan tujuan untuk melakukan pembaharuan di dalam gereja Lutheran yang sudah mulai melemah. Beliau mengajukan metode-metode untuk mengobarkan gereja, antara lain:

1. Ecclesiolae in ecclesia (gereja di dalam gereja), perlu adanya pendalaman Alkitab secara pribadi ataupun suatu kelompok kecil di dalam gereja.

2. Semua orang Kristen adalah imam sehingga orang awam perlu berbagian di dalam menjalankan fungsinya di dalam gereja.

3. Penekanan practice (pelaksanaan) terhadap pengertian keKristenan yang sudah diperoleh sebagai satu kesatuan pelaksanaan dan pengertian.

4. Bukan dengan serangan, seruan, dan tantangan terhadap orang-orang belum percaya, melainkan orang-orang belum percaya harus diperlakukan dengan simpati sehingga mereka baru bisa percaya kepada Kristus.

5. Penekanan aspek devotional di dalam universitas.

6. Pendekatan baru di dalam berkhotbah, di mana bukan dengan teguran keras ataupun retoris, melainkan menekankan iman dan praktika di dalam kehidupan.

Gerakan ini sangat mementingkan devotional life secara pribadi kepada Tuhan, sehingga aspek individualisme tersebut secara tidak langsung mempersiapkan zaman Pencerahan (Enlightenment). Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa gerakan ini juga ikut bersumbangsih menggairahkan gereja pada zaman itu dan menekankan peran kaum awam di dalam gereja.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Pietism

November 2008

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk kondisi pandemi COVID-19 yang sudah makin melandai. Berdoa kiranya setiap orang Kristen mengambil kesempatan untuk dapat memberitakan Injil dan membawa jiwa-jiwa kepada Kristus terutama di dalam momen Jumat Agung dan Paskah di bulan ini. Bersyukur untuk ibadah fisik yang sudah dilaksanakan oleh banyak gereja dan bersyukur untuk kesempatan beribadah, bersekutu, dan saling menguatkan di dalam kehadiran fisik dari setiap jemaat.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

Bagaimana jika Saat di Rafidim. bgs Israel tidak bersungut-sungut. Melainkan sabar dan kehausan tsb apakah mungkin...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲