Liputan & Wawancara

Konvensi Injil Nasional - Jakarta 2013

Dengan membawa semangat penginjilan yang didukung dengan doktrin Reformed yang konsisten dan setia pada firman Tuhan, tanpa kita sadari Gerakan Reformed Injili telah membawa berkat bagi banyak orang di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Gerakan Reformed Injili yang dimulai oleh Pdt. Dr. Stephen Tong melewati Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI) telah menjadi salah satu tonggak penginjilan massal di seluruh Indonesia, melalui berbagai pelayanan yang diwujudkan dalam Kebaktian Pembaruan Iman Nasional (KPIN) dan juga KKR Regional. Tuhan memberikan beban dalam hati beliau akan betapa pentingnya untuk terus mengobarkan api dan semangat penginjilan, terutama di negara Indonesia ini. Untuk meresponi beban ini, beliau mengadakan suatu Konvensi Injil Nasional (KIN) yang bertujuan untuk memperlengkapi, mendidik, dan membakar semangat penginjilan umat Kristen di seluruh Indonesia, terutama bagi para hamba Tuhan yang sudah ‘tertidur’.

KIN diadakan pada tanggal 4–10 November 2013 di Reformed Millennium Center Indonesia (RMCI), Kemayoran, Jakarta. Peserta KIN terdiri dari para hamba Tuhan, penginjil, dan guru-guru yang sudah terjun ke dalam penginjilan dari seluruh Indonesia. Proses persiapan dan pendaftaran peserta menjadi sesuatu yang sangat sulit mengingat hampir 80 persen dari peserta berasal dari luar kota Jakarta. Panitia harus menyeleksi pendaftaran, kemudian juga menyediakan penerbangan dan tempat penginapan, terutama bagi para peserta yang mempunyai kemampuan ekonomi yang sangat terbatas. Bagi para panitia sendiri mempersiapkan hal ini bukanlah suatu hal yang mudah karena sebagian dari mereka harus mengorbankan waktu dan mengambil cuti dari pekerjaan sehari-hari mereka.

Ketika acara dimulai, total sekitar 2.500 orang hadir di dalam KIN ini, dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Dalam satu minggu ini, acara KIN yang dimulai dari 07.30 pagi hingga 10.30 malam setiap harinya, memuat lebih dari 30 sesi yang dibawakan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong dan hamba-hamba Tuhan Reformed Injili lainnya.

Kekhawatiran terbesar dalam KIN ini adalah kesehatan Pdt. Dr. Stephen Tong, karena beliau telah dideteksi dengan penyakit jantung yang harus segera ditangani dengan operasi bypass, sehingga resiko beliau mengalami serangan jantung sangat besar, terutama saat beliau terlalu lelah. Tetapi beliau justru dengan sengaja menunda jadwal operasi hingga seluruh acara KIN selesai, mengingat begitu pentingnya acara ini.

Puncak dari acara KIN adalah Kebaktian Pembaruan Iman Nasional (KPIN) Jakarta 2013 yang diadakan di Lapangan Parkir Barat PRJ Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 9 November 2013. Jakarta adalah kota ke-68 setelah KPIN diadakan di banyak kota dan daerah di seluruh Indonesia. KPIN Jakarta dihadiri oleh sekitar 13.000 orang.

Pada akhirnya, baik para peserta maupun para panitia bersama-sama bersukacita dan mendapatkan banyak sekali berkat melalui KIN ini. Kita bersama-sama diberikan kesempatan menyaksikan pekerjaan Tuhan yang begitu besar yang melampaui kemampuan dan kekuatan manusia. Dan yang terpenting, biarlah melalui KIN ini api dan semangat penginjilan yang mulai padam dapat dikobarkan kembali di seluruh pelosok Indonesia, agar mandat Injil Tuhan terus dijalankan, Injil yang sejati terus diberitakan, membawa manusia kembali kepada Kristus, Sang Pencipta itu sendiri.

Redaksi Pillar

Desember 2013

1 tanggapan.

1. Rudy sutanto dari Surabaya berkata pada 3 February 2014:

Saya sangat tertarik untuk dapat mengikuti program KIN yg diadakan oleh p.tong,apakah untuk tahun 2014 ada program itu,mohon bisa diberi infonya terima kasih ,Yesus memberkati

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk pelayanan Tim Aksi Kasih (TAK) GRII untuk COVID-19 yang telah melayani pembagian Alat Pelindung Diri (APD) untuk 213 rumah sakit/puskesmas dan pembagian sembako di 31 provinsi di Indonesia. Berdoa kiranya melalui pelayanan ini, gereja dapat menjadi saluran kasih.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2020 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲