Liputan & Wawancara

Liputan Kegiatan STEMI Desember 2008

Desember merupakan bulan yang penting bagi orang Kristen karena kedatangan Tuhan Yesus ke dunia diperingati. Dalam merayakan Natal, STEMI memiliki keunikan tersendiri, yaitu merayakan Natal dengan mengadakan penginjilan. Mengapa tidak dirayakan dengan pesta Natal? Karena kedatangan Tuhan Yesus tidak ada hubungannya dengan kelimpahan materi, kemewahan, ataupun kemegahan dunia, namun Dia lahir dalam sebuah kandang binatang yang tidak terbayangkan bau dan kotornya. Tidak ada seorang pun yang mau menerima Dia, padahal Dia datang ke dunia untuk menebus dosa manusia. Mari kita meresponi Natal dengan benar, dengan membawa dunia ini kembali kepada Bapa melalui Kristus.

Pada tanggal 24 Desember 2008 yang lalu, sekitar 2000 pemuda dan remaja datang untuk mendengarkan Firman Tuhan melalui KKR Natal Pemuda Remaja 2008 yang diadakan oleh STEMI. KKR ini dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong yang dalam khotbahnya menjelaskan mengenai 3 (tiga) jenis orang dalam sejarah, yaitu orang yang mengikuti sejarah, orang yang mempelajari sejarah, dan orang yang menciptakan sejarah. Tuhan Yesus adalah orang yang menciptakan sejarah dan orang-orang yang taat pada panggilan Tuhan menjadi bagian dari sejarah. Nama mereka mungkin tidak dikenal dalam sejarah dunia, namun nama mereka tercantum dalam sejarah Allah yang kekal. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita taat pada panggilan Tuhan? Melalui KKR Pemuda Remaja 2008 ini, banyak pemuda remaja menyerahkan diri mereka untuk taat pada panggilan Tuhan, menjadi hambaNya yang setia.

Kebangunan rohani hari itu dilanjutkan dengan diadakannya Kebaktian Natal 2008 oleh GRII. Kebaktian ini merupakan kebaktian Natal gabungan seluruh GRII/MRII/PRII seluruh Jabodetabek dan dihadiri oleh lebih dari 6000 orang. Firman Tuhan yang diberitakan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong menjadi berkat bagi banyak orang yang hadir dan melalui altar call yang dilakukan, banyak orang meresponi panggilan Tuhan untuk menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat hidup mereka.

Rangkaian perayaan Natal 2008 tidak berhenti pada dua kebaktian tersebut. Pada tanggal 28 Desember 2008 yang lalu, STEMI mengadakan konser “Complete Choruses from Messiah Oratorio by G. F. Handel” untuk umum secara gratis sebagai bagian dari pelaksanaan Mandat Budaya yang diberikan oleh Tuhan Yesus. Messiah adalah sebuah oratorio yang menceritakan kehidupan Tuhan Yesus sejak Ia dinubuatkan untuk datang sampai dengan saat kematianNya. Ayat-ayat Alkitab yang digunakan dalam oratorio ini merupakan ayat-ayat pilihan yang paling menceritakan kehidupan Tuhan Yesus dari seluruh ayat Alkitab lainnya. Begitu indahnya oratorio ini sehingga dalam setahun lebih dari 500 kali oratorioini dinyanyikan di berbagai belahan dunia. Paduan suara gabungan Jakarta Oratorio Society Combined Choirs dan Reformed Oratorio Society yang terdiri 160 orang menyanyikan seluruh bagian chorus Messiah secara lengkap dan Firman Tuhan yang diberitakan melalui lagu-lagu Messiah tersebut menjadi berkat bagi sekitar 9000 orang yang hadir.

Tahun 2008 ditutup dengan diadakannya National Reformed Evangelical Convention 2008 for Workers and
Youth, yaitu sebuah acara retreat yang telah diadakan selama lima tahun berturut-turut. Tahun ini menjadi tahun terakhir diadakannya NREC dengan tema Iman, Pengetahuan, dan Pelayanan. Peserta sejumlah kurang lebih 1300 orang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan penjuru dunia, seperti Singapura, Taiwan, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Cina, dan Jerman. Seperti tahun-tahun sebelumnya, retreat ini dipenuhi dengan sesi-sesi yang padat di mana peserta diperlengkapi dengan pengajaran yang setia kepada Firman Tuhan. Hal yang berbeda adalah pada tahun ini, NREC diadakan pada pergantian tahun 2008 ke 2009 yang menjadi akhir dan awal yang indah dan penuh berkat melalui setiap Firman Tuhan yang diberitakan dan persekutuan yang dialami oleh setiap peserta.

Syukur kepada Tuhan atas seluruh berkat penyertaan dan pimpinan yang diberikanNya sepanjang tahun 2008 ini. Biarlah kita yang telah mendapatkan berkat yang berlimpah boleh menjadi saluran berkat bagi orang lain dan memuliakan namaNya dalam setiap aspek hidup kita. Soli Deo Gloria.

Angel Sentana
Pemudi GRII Pusat

Angel Sentana

Januari 2009

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Amatir Bicara: Kadang-kadang Allah memakai Iblis untuk mencapai maksud-maksud ilahi-Nya dengan mengizinkan Iblis...

Selengkapnya...

Inilah seharusnya y dimiliki setiap orang percaya, bukan menjadi suatu komunitas "VIV". Karena sering yg...

Selengkapnya...

Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲