Ponder

Reminder

Telepon seluler dewasa ini telah dilengkapi dengan sistem pengingat (reminder) yang canggih. Dapat mengingatkan Anda untuk bangun pagi hari, jadwal yang harus dipenuhi, bahkan jatuh tempo hutang dan tagihan yang harus dibayarkan. Namun, kadang reminder tersebut bisa menjengkelkan dan membuat galau. Sebabnya? Anda tidak ingin bangun, tapi alarm telepon seluler membangunkan Anda dari tidur lelap pagi hari karena semalaman tidak bisa tidur. Atau reminder mengingatkan ulang tahun mantan pacar yang baru saja memutuskan hubungan dengan Anda! Menyebalkan, bukan?

Tahukah Anda bahwa Alkitab memiliki reminder yang menurut saya tidak pernah menyebalkan, bahkan selalu membawa sukacita? Cobalah untuk menanyakan daftar hewan atau tumbuhan apa saja yang ada di dalam Alkitab pada mesin pencari di internet. Daftar tersebut mungkin terasa biasa saja, meski seharusnya membuat Anda tercengang ketika merenungkannya lebih jauh. Mengapa? Karena Tuhan memakai hal-hal yang kita rasa biasa untuk menyatakan anugerah-Nya yang luar biasa!

Perhatikanlah burung-burung di udara! Perhatikanlah bunga-bunga yang ada! Tuhan berkata bahwa burung tersebut tidak mengusahakan ladang dan tidak perlu berdagang untuk mendapatkan makanan. Bunga-bunga yang mekar indah, tidak perlu mengerti harmonisasi warna dan teknik merancang untuk memamerkan keindahannya. Lalu kita galau soal makan, minum, dan hal tak penting lainnya sampai-sampai kekhawatiran menggerogoti sukacita hidup kekristenan kita.

Kita membiarkan kekhawatiran mengikuti kita dari sejak bangun di pagi hari sampai menjelang tidur di malam hari. Kita mengabaikan reminder Tuhan berupa burung-burung di udara dan bunga-bunga yang indah (Mat. 6:26, 28). Di mana pun Anda tinggal, umumnya dapat melihat burung yang melintas terbang dan bunga yang mekar. Jadi? Jadi, setiap kali melihat burung atau bunga, apa yang mampir di benak Anda? Familieritas atau janji pemeliharaan Tuhan? Saat Anda sedang galau, ada baiknya pergi ke hutan kota atau tempat di mana Anda bisa menemukan burung-burung yang beterbangan menyatakan janji Tuhan.

Tempat lain yang kerap Anda kunjungi adalah supermarket atau pasar untuk berbelanja. Di sana Anda dapat menemukan bagian penjualan buah-buahan. Buah-buahan tersebut dipajang sedemikian rupa untuk memikat mata. Berwarna-warni dan segar. Yang membuat jengkel, kadang buah yang dijual sudah mulai layu dan tidak segar, atau buah yang dibeli ternyata masam! Tapi penampakan buah-buahan lebih sering memikat daripada menjengkelkan. Lalu, reminder apa yang dapat Anda temukan di situ? Matius 7:16-18; Yohanes 15:2, 5; Lukas 13:6; dan ayat-ayat lainnya yang dapat Anda cari sendiri mengingatkan bahwa hidup adalah untuk berbuah. Tiap kali Anda melihat buah atau menjumpai pohon yang sedang berbuah, teringatkah Anda akan panggilan Tuhan untuk berbuah? Saat menyadari panggilan Tuhan ini, kekhawatiran seharusnya tersingkir.

Tuhan itu terlalu baik. Dia menyediakan berbagai macam reminder akan janji-janji-Nya. Dia tahu bahwa kita mudah lupa. Dia tahu bahwa kita mudah galau dan kehilangan arah. Ada banyak reminder yang Tuhan sediakan di sekitar kita. Masalahnya, apakah Anda peka akan hal itu? Mulailah dengan membuka Alkitab dan cobalah untuk membuat daftar dari reminder yang Tuhan berikan lalu temukan hal itu dalam kehidupan sehari-hari Anda! Saya percaya, Anda akan lebih banyak mengucap syukur setelahnya! Soli Deo Gloria.

Ev. Maya Sianturi
Pembina Remaja GRII Pusat
Kepala SMAK Calvin

Ev. Maya Sianturi

Juni 2015

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Amatir Bicara: Kadang-kadang Allah memakai Iblis untuk mencapai maksud-maksud ilahi-Nya dengan mengizinkan Iblis...

Selengkapnya...

Inilah seharusnya y dimiliki setiap orang percaya, bukan menjadi suatu komunitas "VIV". Karena sering yg...

Selengkapnya...

Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲