Q&A

Q&A April 2006

Q: Apakah setan dapat membaca pikiran manusia dan tahu doa kita?
Tahu sedikit, bahkan ia bisa membaca sedikit pikiran Allah. Kitab Suci mengatakan bahwa setan tahu waktunya sudah dekat, sehingga ia turun untuk mengacaukan dunia. Tapi tidak apa-apa. Kalau kita penuh integritas, kita tidak perlu takut apapun diketahui. Tetapi kalau kita banyak dosa, kita baru menyembunyikan banyak hal. Kita tidak perlu takut setan tahu, musuh tahu, kompetitor kita tahu. Kuasa yang bersama kita jauh lebih besar dari kuasa yang mau menghancurkan kita. Itulah sebabnya, jangan takut karena Allah beserta kita.

Q: Apa ada kehendak bebas pada malaikat?
Yang mempunyai roh baru memiliki kebebasan. Yang bersifat roh kekal, hanya empat yaitu Allah, manusia, malaikat, dan setan. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang material (body) dan spiritual (soul). Tubuh kita adalah materi, sehingga kita butuh roti, tapi juga ada roh yang rohaniah, sehingga membutuhkan Firman. Keutuhan ini membuat kita hidup di dua dunia pada saat yang sama. Malaikat atau setan hanyalah roh murni. Roh punya beberapa ciri khas: 1) eksistensi kekal; 2) punya will/volition; dan 3) punya tuntutan tanggung jawab di hadapan Tuhan. Binatang tidak punya hal ini, karena ia tidak punya roh yang kekal. Binatang tidak memiliki kesadaran kekekalan akan eksistensi dirinya. Malaikat yang menyalahgunakan kebebasan jatuh dan dibuang sebagai setan, yaitu roh-roh jahat. Semua roh dan malaikat harus menyembah Allah. Dalam lagu Handel juga dikatakan, “Let All the Angels Worship Him”. Maka ketika malaikat melawan Tuhan, ia dibuang karena menggunakan kebebasan untuk melawan Tuhan. Malaikat pilihan (1 Tim. 5:21) adalah malaikat yang menggunakan kebebasannya dengan rela untuk taat kepada Allah. Maka mereka dikonfirmasikan kekal selama-lamanya.

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

Terima kasih telah diingatkan bagaimana kasih Tuhan kepada kita, melalui reformasi yang dimotori Martin Luter dengan...

Selengkapnya...

Mohon maaf : Luther memanggil Copernicus sebagai “keledai/ orang bodoh yang mencari perhatian”, lengkapnya...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲