Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Doa Bagi Bangsa

Jiwaku selalu teringat akan hal itu dan tertekan dalam diriku. Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis- habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! (Rat. 3:20-23)

Di dalam hidup yang berliku-liku ini, sering kali kita tersesat di tengah-tengah tumpukan masalah yang ada. Jiwa kita tertekan melihat lingkungan sekitar kita yang tidak bertuhan, yang tidak mengenal Tuhan, dan tidak memiliki kasih di dalam kehidupan. Apabila kita melihat keluarga besar yang menghina Tuhan, kolega kita yang hidupnya tidak memedulikan adanya Tuhan, dan masyarakat kita yang tidak berseru dan berharap kepada Tuhan, jiwa kita seharusnya sedih dan meratap.

Apa sebenarnya yang terjadi sehingga Tuhan tidak memulihkan kota di mana kita hidup dan segera datang membereskan ketidakadilan dan penderitaan di tengah-tengah masyarakat? Sesungguhnya Tuhan ingin kita berbalik kepada Dia, berdoa bagi orang-orang di sekitar kita yang kita kasihi. Tuhan ingin Dia menjadi bagian dalam hidup kita dan tinggal di dalam kita dan orang-orang di lingkungan sekitar kita. Apakah kita memiliki hati yang berdoa bagi bangsa dan dunia di mana kita hidup? Apakah hati kita pilu melihat kekejian di dalam masyarakat di sekitar kita? Apakah kita disegarkan senantiasa oleh rahmat Tuhan yang baru? Atau hati kita mulai acuh untuk berharap, mulai tidak peduli, dan bahkan menganggap enteng firman Tuhan? Jangan sampai kita akhirnya dibiarkan Tuhan menghina Tuhan dan binasa selama-lamanya.

Lukas Yuan Utomo

November 2016

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Sidang Tahunan Sinode (STS) GRII yang diadakan pada tanggal 28-30 Desember 2020. Berdoa kiranya melalui STS ini, setiap cabang GRII dapat mengerti visi dan misi Gerakan Reformed Injili dan dimampukan Tuhan untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya demi mencapai visi dan misi tersebut. Berdoa untuk setiap pemimpin Gerakan Reformed Injili, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dalam memimpin dan melayani zaman ini dengan kepekaan dan pengertian akan kehendak dan isi hati Tuhan.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲