Resensi

Gerakan Karismatik dan Gereja Kita

Judul : Gerakan Karismatik dan Gereja Kita
Penulis : Dr. Hans Maris
Penerbit : Momentum
Tebal : x + 154 halaman
Cetakan : Ke-3 (2009)

Gerakan Pentakosta dan Karismatik begitu terasa pengaruhnya di berbagai gereja di sekitar kita. Fenomena yang terlihat seperti kemampuan berbahasa roh, penyembuhan, dan bernubuat membuat kita bertanya-tanya, apakah benar semuanya itu adalah karya Roh Kudus. 

Dr. Hans Maris membahas pertanyaan ini dalam bukunya Gerakan Karismatik dan Gereja Kita. Dimulai dari penjelasan tentang sejarah Gerakan Karismatik, buku ini memberikan pengamatan terhadap latar belakang kehidupan rohani, makna iman, dan pemahaman akan peran Roh Kudus yang dianut para pengikut Gerakan Karismatik.

Dari permulaan sejarah Gereja, telah muncul gerakan-gerakan yang mendesak gereja untuk memberikan penekanan lebih pada aspek pengalaman emosional dalam kehidupan iman. Bahkan sejak abad ke-2, Gerakan Montanus muncul dan menyatakan bahwa suasana gereja terlalu suam-suam kuku. Namun sinode Antiokhia memvonis ajaran yang mengklaim pewahyuan langsung oleh Roh Kudus ini sesat. 

Pada abad ke-18 ditandai dengan berkembangnya Gerakan Methodisme yang terbesar di seluruh dunia. Pendirinya, John Wesley, sangat menginginkan bukti ilahi bagi keselamatan pribadinya. "Yang paling penting dalam hidup orang percaya adalah memperoleh bukti melalui pengalaman iman yang terjadi melalui campur tangan Roh Kudus secara langsung." Menurutnya, kepastian yang diberikan melalui pengalaman emosional yang luar biasa, yang dianugerahkan oleh Roh Kudus, merupakan sumber kuasa yang sebenarnya bagi kehidupan orang Kristen. Pengalaman khusus ini di kemudian hari disebut sebagai berkat kedua (second blessing).

Pada abad ke-19 lahir Gerakan Kekudusan (Holiness Movement) yang menyebar ke seluruh dunia. Gerakan ini secara umum menyatakan perlunya pengalaman yang lebih mendalam setelah seseorang bertobat dan mengakui imannya. Pengalaman ini dilukiskan oleh Charles Finney sebagai "suatu perasaan seperti gelombang listrik yang berjalan melalui Anda, bagaikan gelombang kasih yang memecah." Bahkan R. A. Torrey memberikan tujuh langkah yang memastikan seseorang memperoleh berkat kedua, dengan menekankan perlunya tekad yang sungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Pola pikir ini serupa dengan Arminianisme di mana manusialah yang berperan dalam menentukan keselamatannya. Hal ini berlawanan dengan ajaran Reformasi yakni sola gratia.

Pada akhirnya, Gerakan Karismatik yang tidak jauh berbeda dengan gerakan-gerakan yang disebutkan di atas, muncul sekitar tahun 1960. Gerakan tersebut pada awalnya tidak dimaksudkan untuk menjadi gerakan tersendiri yang terpisah dari gerakan arus utama saat itu. Dengan berjalannya waktu dan dengan timbulnya suatu semangat baru – seperti jemaat yang bergairah karena melihat kesaksian-kesaksian, nubuat, dan kesembuhan – menyebabkan gerakan ini semakin terasa keterpisahannya. Tujuan Gerakan Karismatik adalah pemulihan kembali karunia-karunia Roh Kudus di dalam gereja, terutama glossolalia, nubuat, dan penyembuhan.

Seorang tokoh Karismatik, Andrew Murray, mengatakan bahwa kita memperoleh lebih banyak di dalam karya Roh Kudus daripada di dalam karya Kristus. Orang Karismatik menilai karya Kristus "hanya" pengampunan, "hanya" salib, "hanya" anugerah, dan berbeda dengan pembicaraan mengenai Roh Kudus tentang kemenangan, kesempurnaan, kehidupan tanpa dosa, dan pemuliaan. Hal ini merupakan suatu kesalahan. Dr. Hans Maris menekankan secara berulang-ulang dalam bukunya ini bahwa kita tidak boleh menganggap karya Roh Kudus lebih luas, indah, dan tinggi daripada karya Kristus. Karena pemikiran semacam ini mengakibatkan dua jenis kehidupan Kristen: pertama, yang di dalamnya Roh Kudus hanya berkarya saja; dan kedua, yang di dalamnya Roh Kudus dicurahkan sebagai Pribadi yang mendiami hati orang tersebut. Kehidupan yang kedua ini adalah persekutuan dengan Kristus. Kita ingat bahwa Reformasi memulihkan ajaran Alkitab dengan menyatakan bahwa keselamatan disajikan secara sempurna dalam karya Kristus saja. Apakah sola gratia dan sola fide – oleh anugerah saja dan hanya iman saja – hanya berlaku bagi orang-orang yang baru dalam iman dan tidak berlaku bagi yang sudah dewasa dalam iman? Benarkah Roh Kudus membawa kita ke tingkat yang lebih tinggi? Paulus menuliskan bahwa dia memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa selain Yesus Kristus yang disalibkan (1Kor. 2:1-2) justru kepada jemaat yang mengalami dorongan untuk mendapat pengalaman-pengalaman yang lebih tinggi. 

Ketika kita mengagung-agungkan pengalaman rohani yang membuat kita seakan-akan memiliki suatu tingkat rohani yang lebih tinggi, maka dengan mudah kita memusatkan perhatian pada pribadi kita dan pengalaman kita. "Saya begitu menderita, yang ada hanyalah keputusasaan. Yesus datang dalam kehidupan saya dan saya menerima Dia sebagai Juruselamat. Sejak saat itu saya selalu bersukacita sampai selama-lamanya" merupakan pola yang sering menjadi isi lagu rohani pop (gospel song). Seharusnya ketika Roh Kudus mengajar kita beriman, bukan pribadi kita lagi yang jadi pusat perhatian. Tujuan utama hidup kita seharusnya adalah Kristus bukan lagi diri sendiri (Gal. 2:20).

Bagaimana dengan pencurahan Roh Kudus dalam Kisah Para Rasul 2, 8, 10, dan 19? Buku yang juga mengambil referensi dari penulis Indonesia yaitu Dr. Stephen Tong dan Ir. Herlianto, menjelaskan empat alasan bagaimana peristiwa-peristiwa itu menandakan kejadian khusus. Tidak ada alasan untuk menuntut terjadinya pengulangan segala sesuatu itu pada zaman sekarang. 

Setengah buku ini merupakan tanya jawab yang menarik. Apakah penggunaan suasana yang menarik untuk memberitakan Injil hanyalah alat pemikat yang bersifat psikologis? Apakah kita malah memandang rendah Roh Kudus, berlawanan dengan mereka yang memberi penilaian Roh Kudus melampaui Kristus? Bagaimana dengan karismata (tanda-tanda penglihatan dan mimpi), bolehkah kita mengharapkannya? Apakah bahasa Roh itu alkitabiah? 

Adanya orang-orang yang dilepaskan dari ketergantungan obat-obatan, adanya penerimaan bagi jemaat yang kurang beruntung, adanya kehidupan rohani yang rajin seperti berpuasa dan berdoa bersama, membawa kita kepada suatu pertanyaan besar: "Apakah ajaran Gerakan Karismatik menyesatkan?" Bacalah buku ini agar kita mendapatkan pembahasan yang menyeluruh dan dapat dengan bijaksana menentukan pendirian kita yang pada akhirnya membawa kita kepada hidup yang takut akan Allah dengan benar. Kiranya Tuhan menolong kita!

Yuku Sugianto
Pemuda GRII Singapura

Yuku Sugianto

Juni 2010

19 tanggapan.

1. mark dari jakarta berkata pada 29 November 2011:

Sy berasal dri gereja kharismatik.. Sy sudah baca artikel diatas dan sy tdk setuju dgn tanggapan anda ttg gereja kharismatik. Sy tidak pernah diajarkan bahwa Roh kudus lebih utama dari Yesus, dan lagu2 yang dinaikan jg tidak melulu sy harus bersukacita polanya.. Banyak lagu tentang penganggungan kepada Allah Tritunggal.. Dan mengenai karunia Roh kudus sy awalnya tdk pernah tau ttg hal itu pada waktu sy menginjak gereja karena sy berlatar belakang buddhisme yg cukup kuat dan mengerti ttg ajarannya. Sy pernah melawan org yg sedang berbahasa roh dan yg sedang berdo memuji menyembah Tuhan di dlm gereja kharismatik dengan mantra2 buddhisme akhirnya tasbeh yg saya gunakan hancur dan sy terlempar dan sy melihat dewi yang sy sembah pada waktu itu lari di dlm penglihatan sy. Dan itu tdk mungkin imajinasi sy sebab saya begtu mengangungkan dewi atau bodhisatva tersebut Sy tidak pernah menyangka mereka yg sedang menyembah Tuhan dan sedang berdoa dlm bahasa roh bisa mengalahkan kuasa mantra tersebut.. Lalu sy diberitakan ttg Injil bahwa Yesus adalah sungguh Tuhan dan Dia mati lalu bangkit untuk menebus dan memberi kemenangan untuk saya.. Lalu setelah sy menyerahkan diri dan bertobat untuk menerima Yesus setelah itu beberapa minggu kemudian sy di penuhi Roh kudus dan berbahasa lidah tanpa diajar dan ditumpang tangan.. Sy mengalaminya ketika sy merenungkan alkitab dan sedang berdoa tb2 sy berkata-kata yg sy tdk mengerti dan sy dipenuhi rasa yang sangat damai yg tdk pernah saya alami sebelumnya dan rasa yg begitu kuat untuk mengabarkan injil kpd teman2 sy yg belum menerima Yesus. Dan sy terus di bimbing di gereja kharismatik tersebut untuk saling mengasihi, setia kepada perkara kecil, tunduk dan taat kpd pemimpin, merubah karakter yg buruk menjadi semakin serupa kpd Kristus, mempunyai hati hamba, bertahan dan terus bersyukur ktika mengalami penderitaan dan terus percaya kepada semua perkataan dan janji Tuhan dlm alkitab. Itu yg selalu diajarkan kpd saya sampai saat ini. Jadi tolong jgn lgsg menyimpulkan gerakan kharismatik seperti artikel diatas. Ga ad gereja yg sempurna di dunia ini. Gbu

2. Yuku berkata pada 1 December 2011:

Maaf, karena suatu hal pada artikel di atas tidak tercantum sumbernya. Sebetulnya artikel ini adalah resensi sebuah buku yang sudah tercantum di atas.

3. roy dari jakarta berkata pada 5 December 2011:

Saya setuju dengan tanggapan diatas, dan Hans Maris juga menekankan tidak boleh melarang orang berbahasa roh, karena memang itu karunia, hanya saja yang salah kecenderungannya akhir-akhir ini adalah, orang baru lengkap imannya bila berbahasa roh...padahal bahasa roh hanya karunia, paulus pun lebih mengutamakan orang yang berkata2 yang dapat dimengerti karena itu yang membangun jemaat. Intinya...melaksanakan kehendak Tuhan itu jauh lebih penting dari pada mendapatkan karunia-karunia itu, sekalipun karunia itu tidak dapat dikatakan tidak penting.

4. Adhya dari Jakarta berkata pada 5 December 2011:

Saya bersyukur kepada Tuhan karena pengalaman Iman yang anda lewati, dan yang paling saya bersyukur adalah bahwa anda (mark) dapat percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. tetapi pertobatan hanyalah awal dari perjalanan kita sebagai orang Kristen. masih banyak tantangan2x dan ujian yang akan kita lewati untuk menguji Iman kita.

Apakah orang Kristen tidak percaya adanya karunia roh? (kami percaya ada karunia roh) Apakah barbahasa roh tidak ada di dalam alkitab? (Kami percaya apa yang tertulis di alkitab adalah benar dan tidak bersalah).

tetapi, karunia roh seperti apa yang kita sebagai orang kristen harus percaya? Berbahasa Roh seperti apa yang kita harus percaya? apakah karena karunia Roh adalah sebuah fenomena mukjizat, sehingga kita harus segera percaya? Apakah Iblis / orang lain atau agama lain tidak dapat men-imitasi fenomena-fenomena tersebut?

ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan: 1. segala karunia Roh harus diuji. (1 yoh 4:1) ... janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

2. Harus sesuai dengan Alkitab. bila fenomena karunia roh tersebut tidak ada di alkitab, kemungkinan besar adalah salah. seperti contoh, ketika baptisan roh kudus, orang biasanya jatuh ke belakang (terlentang), sedangkan di dalam alkitab, semuanya jatuh kedepan (tersungkur). ini tidak sesuai. kenapa tersungkur, karena tidak tahan melihat kuasa Tuhan. dan tersungkur karena menyembah Allah. kalau terlentang, saya tidak tau artinya apa?

3. hasil buah Roh. Karunia diberikan untuk membangun gereja dan umatnya. kalau buah Roh tidak membangun, ini jelas bukan dari Tuhan. membangun apa? membangun iman agar tahan uji dan tahan cobaan. kalau iman yang murni seperti emas, maka akan tahan ujian dan cobaan, semakin di bakar semakin murni, tahan lama, tidak berkarat.

kalau karunia roh tidak melewati 3 syarat diatas, kemungkinan besar bukan dari Tuhan.

5. dina berkata pada 9 March 2012:

Menurut saya, jangan kita terlalu cepat menghakimi semua gerakan karismatik dlm gereja. Tapi tidak salah juga kalau kita berwaspada akan ajaran sesat dlm gereja. Karna Tuhan sendiri menyuruh kita untuk menguji apakah itu benar sesuai Firman Tuhan atau tidak. Sya setuju jika setiap org Kristen seharusnya dipenuhi Roh Kudus dan meminta dipenuhi Roh Kudus, namun tentang pengalamannya rohani tdk selalu harus berhsa lidah,tumbang dll.

6. Reddy dari Jakarta berkata pada 6 July 2012:

Mau ikutan diskusi, Saya ingin menanggapi yang dikatakan Adhya, sepertinya saudara Adhya perlu membaca kelanjutan dari 1 Yah 4:1 yaitu ayat 2 nya : Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus. jadi jelas jika bahwa semua roh kudus gereja karismatik yang menyembah Yesus sebagai Tuhan berasal dari Allah. Saya sudah baca bolak balik Alkitab tdk ada perkataan ataupun maksud bahwa bila orang kena urapan Roh kudus harus jatuh kedepan, baca 1 samuel 19 ayat 24 dikatakan saul rebah setelah kepenuhan Roh Allah. Saya sedih melihat orang karismatik dan non karismatik selalu berdebat mengenai hal ini. Sebenarnya masalahnya sangat sederhana : 1. Orang karismatik punya bahasa Roh dan karunia Roh merasa lebih rohani dari orang non karismatik. 2. Orang non karismatik merasa tidak punya bahasa Roh dan takut dibilang tidak rohani lalu sering mengklaim yang negatif mengenai bahasa Roh yang dimiliki orang karismatik. Hai Orang Karismatik dan Non Karismatik baca 1 Korintus 3:6. sebenarnya perdebatan ini sudah ada jaman paulus. Paulus mewakili orang yang punya karunia bahasa Roh dan karunia lainnya, sedangkan Apolos mewakili orang yang tidak punya karunia bahasa Roh (Saya bisa jelaskan lebih detail sejarahnya, kalau jelaskan disini bakalan terlalu banyak) dia ayat tersebut diatas dijelaskan bahwa paulus dan apolos saling membutuhkan. Jadi jangan lagi saling menjelekkan, tapi saling melengkapi. saya yakin Tuhan Yesus di surga akan tersenyum melihat anak-anak-Nya saling mendukung dan menopang.

7. Adhya dari Jakarta berkata pada 9 July 2012:

Terima kasih saudara Reddy untuk menanggapi komentar saya. Jujur, saya sebenarnya tidak berani men-judge roh mana dari Tuhan roh mana adalah roh palsu. Saya hanya bisa berdoa kepada Tuhan Yesus, agar diberikan ke-sensitiv-an untuk dapat membedakan roh palsu dan Roh Allah. Kekhawatiran saya berasal dari ayat Mat 7:22, dimana orang yang bernubuat, mengusir setan dan mengadakan banyak mujizat demi nama Tuhan malahan tidak dikenal oleh Tuhan sendiri.

Tetapi selama ini saya sangat sedih melihat bahwa banyak orang telah dibutakan oleh sesuatu yang menghambat orang-orang tersebut tidak lagi kritis maupun mencoba menggali kebenaran alkitab, tetapi menggantungkan pengalaman religious mereka kepada pengalaman pribadi melewati mujizat, bahasa roh (yang mungkin bukan dari Tuhan), dan lain-lain.

Pernyataan anda benar mengenai hal rebah bisa saja berarti kedepan maupun kebelakang (saya jujur saja tidak terlalu menguasai hal ini), namun hal tersebut hanyalah sebuah fenomena, tetapi fenomena yang bisa kita ambil contohnya (karena fenomena yang terlihat). yang saya tulis sebelumya, bahwa fenomena tersebut hanya sebuah "salah satu syarat" untuk orang awam dapat lebih kritis menanggapi fenomena2x yang ada di dalam ke-kristenan. fenomena tersebut HARUS didukung oleh kebenaran alkitab dan juga buah roh.

begitu juga dengan 1 Yoh 4:1 dan 2, dimana disitu walau 1 kalimat, tetapi mengandung deep understanding yang dalam. istilah: " setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia" artinya roh tersebut harus sesuai dengan seluruh kristologi Kristus di dalam Alkitab, roh itu tidak mewakili dirinya sendiri, melainkan Roh yang berperan untuk meng-guide orang kristen menuju kepada Kristus.

Fenomena yang saya lihat di dalam gereja-gereja karismatik dan liberal (bukan berarti semua gereja ya..) bahwa mereka sudah tidak lagi percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, melainkan hanya sebagai tokoh besar saja yang setara dengan agama-agama lain. sedangkan pernyataan pada 1 Yoh 4:1-2 bahwa Roh kudus harusnya mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Allah yang datang sebagai manusia. ini lah yang menjadi concern saya sebagai saudara seiman, bukan fenomena seperti bahasa roh maupun mujizat 2x lain. Terima Kasih

8. Adhya dari Jakarta berkata pada 9 July 2012:

Terima kasih saudara Reddy untuk menanggapi komentar saya. Jujur, saya sebenarnya tidak berani men-judge roh mana dari Tuhan roh mana adalah roh palsu. Saya hanya bisa berdoa kepada Tuhan Yesus, agar diberikan ke-sensitiv-an untuk dapat membedakan roh palsu dan Roh Allah. Kekhawatiran saya berasal dari ayat Mat 7:22, dimana orang yang bernubuat, mengusir setan dan mengadakan banyak mujizat demi nama Tuhan malahan tidak dikenal oleh Tuhan sendiri.

Tetapi selama ini saya sangat sedih melihat bahwa banyak orang telah dibutakan oleh sesuatu yang menghambat orang-orang tersebut tidak lagi kritis maupun mencoba menggali kebenaran alkitab, tetapi menggantungkan pengalaman religious mereka kepada pengalaman pribadi melewati mujizat, bahasa roh (yang mungkin bukan dari Tuhan), dan lain-lain.

Pernyataan anda benar mengenai hal rebah bisa saja berarti kedepan maupun kebelakang (saya jujur saja tidak terlalu menguasai hal ini), namun hal tersebut hanyalah sebuah fenomena, tetapi fenomena yang bisa kita ambil contohnya (karena fenomena yang terlihat). yang saya tulis sebelumya, bahwa fenomena tersebut hanya sebuah "salah satu syarat" untuk orang awam dapat lebih kritis menanggapi fenomena2x yang ada di dalam ke-kristenan. fenomena tersebut HARUS didukung oleh kebenaran alkitab dan juga buah roh.

begitu juga dengan 1 Yoh 4:1 dan 2, dimana disitu walau 1 kalimat, tetapi mengandung deep understanding yang dalam. istilah: " setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia" artinya roh tersebut harus sesuai dengan seluruh kristologi Kristus di dalam Alkitab, roh itu tidak mewakili dirinya sendiri, melainkan Roh yang berperan untuk meng-guide orang kristen menuju kepada Kristus.

Fenomena yang saya lihat di dalam gereja-gereja karismatik dan liberal (bukan berarti semua gereja ya..) bahwa mereka sudah tidak lagi percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, melainkan hanya sebagai tokoh besar saja yang setara dengan agama-agama lain. sedangkan pernyataan pada 1 Yoh 4:1-2 bahwa Roh kudus harusnya mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Allah yang datang sebagai manusia. ini lah yang menjadi concern saya sebagai saudara seiman, bukan fenomena seperti bahasa roh maupun mujizat 2x lain. Terima Kasih

9. Timothy dari Jakarta berkata pada 24 July 2012:

Seharusnya penulisan Artikel atau apapun yang mendiskusikan ajaran dan aliran orang lain ditulis dengan jujur dengan menyebut nama gerejanya. Jika di sebut gereja karismatik, gereja karismatik yang mana? bukankah tidak semua seperti itu? saya dari Gereja Pantekosta dan saya melihat apa yang ditulis di resensi ini tidak semuanya benar, kita tidak bisa menghakimi suatu gerakan hanya karena satu atau dua gereja yang "ngawur"! saya sering mendengar kotbah Pdt. stephen Tong, dan disegarkan oleh kotbahnya, Ia pernah mengatakan belum tentu semua yang menyebut diri reform adalah reform... gereja saya (Pantekosta) menentang gereja united pentecostal church yang tidak alkitabiah wlpn ada nama pentecostalnya..

10. orlando dari bekasi berkata pada 6 June 2013:

buat semua yg super beriman,mau kharismatok atau bukan ane minta semua utk fokus pada kebenaran ALKITAB,ente2 smua lebay,khususnya buat kharismatok jgn terlalu lebay bro.Kristus sangat sayang kita semua tanpa kecuali.berjaga2lah bukan berkoar2 sekte super benar,coba benar2 menyikapi dan meneladani ke 4 tokoh yg sangat hebat ini: 1. Nabi Musa (sekalipun musa seorang nabi pilihan tp tetap tak luput dari kesalahan sampai Musa pun tak ikut sampai ke tanah kanaan)

2. Raja salomo (manusia yg penuh anugerah hikmat yg luar biasa pun bs jatuh juga)

3. Rasul Petrus (murid yg sangat dikasihi pun bs menyangkal Kristus)

4. Rasul Paulus (seorang penjahat yang akhirnya menjadi rasul yg sangat rendah hati dan tdk loncat2 dan mengkomersilkan mujizat2 nya dihadapan para penguasa)

dilema 1,2,3 sangat membuka mata agar selalu waspada pada penyesatan jgn ke pedean krn sekte super benar,lihat no4 tanpa meminta tp terpilih,fiuhhhh...........belajarlah teladan mereka,jgn terlalu arogan merasa udah benar dan dipenuhi roh kudus.ingatlah iblis mulai mengadu domba gereja,setiap gereja sombong dan merasa benar itu bukan berasal dari Kristus.hanya iblis lah roh keangkuhan dan kecongkakan dan hanya iblis lah yg suka mencari2 kesalahan dan memuji diri. kecewa berat lihat org2 kristen yg sok benar dan mencela saudara seiman nya sendiri.

= S A L A M D A M A I K R I S T U S =

11. Meidi dari Bandung berkata pada 10 November 2013:

Jujur, perdebatan akan ajaran-ajaran itu membuat banyak orang bingung mengenai kebenaran mutlak akan kekristenan. Memang benar, segala sesuatu harus diuji berdasarkan kebenaran firman Tuhan, tapi bagaimana jika firman yang digunakan sebagai penguji malah disalahtafsirkan?

Terimakasih.

12. danny dari jakarta berkata pada 3 February 2014:

@reddy ayat di dalam samuel itu seperti yang pak tong sampaikan, dalam bahasa inggris propechy dalam PB selalu di kaitkan dengan berkotbah

dan di dalam 1 pasal tersebut, kata kepenuhan tidak di sertai dengan "rebah" hanya di ayat ke-24 saja di sertai "rebah" dalam KJV, rebah disana adalah "lay down" bukan "fall down" kalau jatuh kebelakang, maka "fall down" bukan "lay down"

saya adalah jemaat dari gereja karismatik terbesar di indonesia saya seorang Youth Leader, dan sekarang saya seorang aktivis

yang harus ditekankan disini adalah sola scriptura, bagaimana sekarang didalam gereja (karismatik terutama) tidak diajarkan lagi, yang diajarkan adalah Berkat dan penafsiran yang salah atas alkitab dan segala bentuk pembodohan jemaat lainnya seperti perpuluhan, buah sulung, PPW, dll

mari semua yang membaca artikel ini sadar, bahwa selama ini budaya gereja kebanyakan sekarang, condong kearah penafsiran alkitab secara sepotong" sehingga arti yang di dapat salah

saya pribadi mengalami yang dikatakan baptisan Roh Kudus saat umur saya 10thn, bersama teman" dalam sebuah ret-reat saat itu terjadi gempa bumi di daerah itu, dan kami malah merasa sesuatu yang "spektakuler", ada teman 1 retreat yang merasa ke surga dsb.

memang saat itu saya jadi rajin membaca alkitab, terutama perjanjian baru, dan saya suka ke gereja, namun setelah itu saya meninggalkan iman saya kepada Tuhan, dan menjadi atheis. dalam sebuah diskusi agama, ada beberapa teman kuliah berasa dari gereja karismatik yang saat itu sedang populer (gerejanya) dia membahas ayat alkitab yang sangat salah kaprah dan tidak berdasarkan kebenaran, dan dia salah seorang ketua pemuda saat itu. karena walaupun saya sudah meninggalkan iman saya, tapi saya masih ingat jelas yang pernah saya baca yang saya maksud adalah

BAYANGKAN, gereja sekarang sudah kehilangan fondasi gereja itu sendiri, melihat hal yang spektakuler melebihi kebenaran firman Tuhan, merasakan kelegaan sesaat, mendengar kotbah" yang tertawa yang mungkin itu menyakiti hati Tuhan, gedung gereja yang di dekor tanpa "pengetahuan" yang cukup akan dekornya, Halloween di adakan, bahkan di dekor ala "halloween" DIMANA dasar gereja sekarang ? saat imlek, lampion, lampu, dan semua hal berjenis merah di taruh dimana" tanpa tau arti dan maknanya

lebih baik, diadakan diskusi dengan beberapa denominasi gereja untuk meluruskan hal-hal ini.

13. Petra dari Jakarta berkata pada 15 February 2016:

Setuju sama masukan sdr. Danny mengenai diskusi terbuka antar denominasi untuk meluruskan (juka semua pihak bersedia)

gereja Kharismatik terlalu "bablas" dalam menafsirkan ALkitab terutama penekanan pada sisi emosional, bukan pada kebenaran sebagaimana dimaksud ALkitab. Sehingga fondasi dasar telah hilang,

Fondasi dasar adalah Alkitab sebagai kesatuan Firman ALlah, bukan bagian-bagian yg diinginkan saja. Sehingga ketika dasar itu hilang, maka wujud asli dari gereja Tuhan itu sendiri mulai samar-samar.

Akibatnya banyak hal-hal yg akan bermuara pada pembodohan, dalam arti sejatinya, karena pembodohan yang terbesar adalah ketika seseorang mengajarkan tidak sesuai maksud Firman Tuhan Alkitab.

ide-ide Kharismatik seperti disebutkan di atas buah sulung, perpuluhan, PPW, dll harus ditelaah kristis oleh orang-2 Kristen sebagaimana maksud sejatinya menurut Alkitab.

14. Reddy dari Jakarta berkata pada 11 July 2016:

Mau Ijin ikut diskusi lagi. saya hanya mau mengkomentari Danny dari Jakarta, mengaku pernah mendapat Baptisan Roh Kudus lalu sempat jadi atheis setelah itu, hal itu sama saja mengaku di besarkan ayah ibunya lalu bilang tidak pernah melihat ayah ibunya, hanya ada dua kemungkinan yakni Danny bohong atau hilang kesadaran (amnesia)- kalau dari mendapat Baptisan roh kudus lalu murtad menjadi pengikut Iblis masih mungkin. Dari awal saya tidak menganggap orang karismatik lebih rohani dari non karismatik, namun tolong jangan melakukan kesaksian dusta. Saya kenal banyak orang yang meskipun tidak karismatik namun tidak menjelekkan orang karismatik begitupula sebaliknya. Oknum kristen yang suka menjelakkan apalagi membuat kesaksian dusta sebaiknya bertobat karena Tuhan tidak membedakan orang karismatik dan non karismatik, Tuhan berkenan kepada manusia yang memililiki Iman kepadaNya tidak peduli apakah dari karismatik maupun dari non karismatik.

15. matheo landaita dari jakarta berkata pada 20 August 2016:

Shalom....wah seru ya Gw.nimbrung dah Masalah bahasa roh klo.menurut gw sbg roh penghibur sperti perkataan Tuhan yesus klo ada lebih ya bagus..heheh Btw gw dari kharismatik coyy biasa gereja full band kadang ada hening kadang bersukaria tergantung WLnya sih..hehhe tp kadang ada yg hysteris gitu berbicara tp ga ada yg tau dia ngomong apa, udah biasa deh klo begituan Klo gw sendiri sih belum pernah ..jadi malu tuinkk..karna kata pendeta harus ada baptisan roh kudus.. Setau gue sih yg bilang bukan Tuhan sendiri tp muridnya .. Ga tau knp ya setiap greja yg pernah gue samperin kok kotbhanya itu itu aja paling ayat2 itu mulu..gue tu pingin denger ayat yg sama pendeta ga pernah dibahas..nah loo emange ada. Wkwkw Maksutnya biar ga bosen sesekali bahas ayat tak ada seiotapun hukum taurat aku hilangkan dan aku datang membawa pedang..knp ayat ini jarang sekali dibahas.. pak pdm yg caem ayo dong dibahas.. Oiya sy kok penasaran sama pak steven tong ya .. Gue jg setuju banget klo pendeta tu yg dibahas teologi kemakmuran mulu..dateng ke greja biar kaya dsbnya..woee kita ke greja buat nyembah Tuhan gue gini aja udah bersukur..oiya trus kenapa sih istilah melayani pelayan dan pelayan itu selalu jd iman pokok tp sama sekali ga pernah bilang PATUHI TUHAN..repend obey serv..gimana elu mau melayani klo lo belum patuh.. termasul gue .mheheh Yg disini pasti bnyk pak pendeta barang kali mau bales postingan sy yg anti mainstream ini.

16. matheo landaita dari jakarta berkata pada 20 August 2016:

Shalom....wah seru ya Gw.nimbrung dah Masalah bahasa roh klo.menurut gw sbg roh penghibur sperti perkataan Tuhan yesus klo ada lebih ya bagus..heheh Btw gw dari kharismatik coyy biasa gereja full band kadang ada hening kadang bersukaria tergantung WLnya sih..hehhe tp kadang ada yg hysteris gitu berbicara tp ga ada yg tau dia ngomong apa, udah biasa deh klo begituan Klo gw sendiri sih belum pernah ..jadi malu tuinkk..karna kata pendeta harus ada baptisan roh kudus.. Setau gue sih yg bilang bukan Tuhan sendiri tp muridnya .. Ga tau knp ya setiap greja yg pernah gue samperin kok kotbhanya itu itu aja paling ayat2 itu mulu..gue tu pingin denger ayat yg sama pendeta ga pernah dibahas..nah loo emange ada. Wkwkw Maksutnya biar ga bosen sesekali bahas ayat tak ada seiotapun hukum taurat aku hilangkan dan aku datang membawa pedang..knp ayat ini jarang sekali dibahas.. pak pdm yg caem ayo dong dibahas.. Oiya sy kok penasaran sama pak steven tong ya .. Gue jg setuju banget klo pendeta tu yg dibahas teologi kemakmuran mulu..dateng ke greja biar kaya dsbnya..woee kita ke greja buat nyembah Tuhan gue gini aja udah bersukur..oiya trus kenapa sih istilah melayani pelayan dan pelayan itu selalu jd iman pokok tp sama sekali ga pernah bilang PATUHI TUHAN..repend obey serv..gimana elu mau melayani klo lo belum patuh.. termasul gue .mheheh Yg disini pasti bnyk pak pendeta barang kali mau bales postingan sy yg anti mainstream ini.

17. panda dari bogor berkata pada 4 April 2017:

Shallom ... Aku mau sedikit nimbrung mengenai hal ini walaupun tidak terlalu mengerti. Hehe. Saya hanya orang awam. Sedikit perkenalan dari saya ...

Saya berasal dari salah satu gereja suku terbesar di Indonesia, saya dari kecil tidak mengerti soal karunia-karunia Roh karena memang tidak diajarkan di gereja saya. Namun ketika saya SMA, saya mulai mengenal gerakan Karismatik dan sekarang saya berkuliah di kota yang berbeda dengan orangtua, saya rutin gereja di Mimbar Reformed Injili Indonesia (MRII).

Pendapat saya mengenai artikel di atas maupun fenomena dari gerakan Karismatik adalah ...

Saya tidak terlalu peduli gerakan Karismatik salah atau benar mengenai penggunaan Karismata, karena yang terpenting adalah salib Kristus diberitakan. Saya mengikuti teladan Paulus yang berkata dalam Filipi 1 ...

15. Ada orang yang memberitakan Kristus karena dengki dan perselisihan, tetapi ada pula yang memberitakan-Nya dengan maksud baik.

16. Mereka ini memberitakan Kristus karena kasih, sebab mereka tahu, bahwa aku ada di sini untuk membela Injil,

17. tetapi yang lain karena kepentingan sendiri dan dengan maksud yang tidak ikhlas, sangkanya dengan demikian mereka memperberat bebanku dalam penjara.

18. Tetapi tidak mengapa, sebab bagaimanapun juga, Kristus diberitakan, baik dengan maksud palsu maupun dengan jujur. Tentang hal itu aku bersukacita. Dan aku akan tetap bersukacita,

19. karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.

Ayat emasnya ada di ayat 18 Sebab bagaimanapun juga Kristus diberitakan baik dengan maksud palsu maupun dengan jujur.

Untuk menentukan siapa yang benar dan salah, lebih baik kita serahkan kepada Hakim sebenarnya yaitu Tuhan Yesus. Tugas kita adalah memberitakan Injil bukan menghakimi.

Dan yang terpenting adalah ... Tanda seseorang sudah memiliki Roh Kudus di dalam dirinya adalah buah-buah Roh yang dihasilkan. Bila seseorang mengaku sudah memiliki Roh Kudus atau dipenuhi Roh Kudus tetapi hidupnya senang berada dalam dosa, hal itu dapat diragukan. 1 Yohanes 1 ...

6. Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.

7. Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

Sekian dari saya. Shallom ...

18. Dedi dari Pematang Siantar berkata pada 15 May 2017:

1 Timotius 6:3-21 6:3 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita , 6:4 ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga, 6:5 percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan. 6:6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. 6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. 6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. 6:11 Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. 6:12 Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. 6:13 Di hadapan Allah yang memberikan hidup kepada segala sesuatu dan di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu: 6:14 Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya, 6:15 yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. 6:16 Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin. 6:17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. 6:18 Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi 6:19 dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya. 6:20 Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan, 6:21 karena ada beberapa orang yang mengajarkannya dan dengan demikian telah menyimpang dari iman. Kasih karunia menyertai kamu!

Gereja yang mengajarkan memburu kesuksesan finansial, kesuksesan karir dan Gereja yang menyatakan Tuhan Yesus malu punya pengikut miskin, itu adalah si penyesat, tuhanya mamon. Tuhan Yesus berfirman supaya kita mencari kerajaan allah dan kebenaranya dulu maka semua itu akan ditambahkan. Tuhan Yesus berfirman supaya kita tidak kwahtir akan hal apapun. Waspadalah pada si penyesat yang menghidupkan lagi perpuluhan padahal perpuluhan tidak pernah diajarakan Yesus, karna perpuluhan adalah untuk iman suku lewi dan kematian Yesus dikayub salib semua etnis bisa jadi imam, semua suku bisa jadi imam. Mereka menghidupkan lagi aturan yang sudah mati, karna aturan itu menguntungkan gerejanya secara finansial, dengan begitu mereka melawan ajaran Kristus.

19. Hendy dari Medan berkata pada 16 May 2017:

Salam damai sejahtera kepada semua saudara seiman. Karya yang paling agung yang dikerjakan Tuhan Yesus adalah ketika menyerahkan diriNya tergantung di atas kayu salib dan mati untuk menggantikan kita (orang berdosa). Siapakah kita? sehingga Yesus Kristus rela mengerjakan semuanya ini untuk kita (orang berdosa). Puji Tuhan, Yesus Kristus juga sudah bangkit untuk kita, sehingga: Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut (Rom 8:1-2). Siapakah Roh Kudus, pribadi ketiga dari Allah Tritunggal itu? Dia adalah Penolong, Penghibur, Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa (Yoh 14:15, 15:26) dan apa yang dikerjakan oleh Roh Kudus? Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman akan dosa (Yoh 16:8). Selebihnya teman2 bisa mencari tau dalam alkitab anda pada halaman KAMUS siapakah pribadi Roh Kudus itu? Ketika injil keselamatan diberitakan oleh pengkotbah manapun di seluruh dunia, jika tidak ada Roh Kudus yang turut bekerja menginsafkan orang2 berdosa yang mendengar, mustahil orang tersebut bisa bertobat. Inilah point yang terpenting bagi setiap kita orang berdosa untuk menyadari betapa seriusnya dosa sehingga kita perlu pertobatan dan beriman kepada Sang Juruselamat Yesus Kristus. Satu hal yang ingin saya sharingkan adalah fenomena apapun yang dialami oleh seorang petobat jika gereja tempat dimana ia mendengarkan kotbah dapat membawa dia mengerti dan insaf dari dosa, bersedia menyerahkan hidupnya kepada Tuhan Yesus dan terus diperbaharui oleh kebenaranNya maka itu adalah pekerjaan sejati dari Roh Kudus yang senantiasa menuntunnya. Saya pertama sekali mengenal Tuhan Yesus ketika berada di gereja 'K' dan dibaptis di sana kemudian saya dituntun oleh Tuhan ke gereja 'R' untuk lebih mengenal Dia dan mengerti kebenaranNya melalui pendalaman alkitab. Tidak ada gereja yang sempurna, gereja harus saling melengkapi, dan ujilah segala sesuatu, kiranya Tuhan menolong kita semua, Amin.

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk KKR Regional yang telah diadakan sepanjang tahun 2017 ini. Bersyukur untuk jiwa-jiwa yang telah mendengarkan Injil melalui pelayanan ini. Berdoa kiranya Tuhan memanggil lebih banyak lagi orang-orang untuk berbagian dalam pemberitaan Injil ini dan dipersiapkan dalam pelatihan pembicara awam.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Terima kasih buat ulasan nya, sy perlahan mengerti mengapa "pembiaran" tersebut di ijinkan Tuhan terjadi,...

Selengkapnya...

PERTANYAAN: "Apa perbedaan orang-orang dunia dengan orang-orang anak Kerajaan? " Ketika Yesus, Firman...

Selengkapnya...

Salam damai sejahtera kepada semua saudara seiman. Karya yang paling agung yang dikerjakan Tuhan Yesus adalah ketika...

Selengkapnya...

1 Timotius 6:3-21 6:3 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan...

Selengkapnya...

Puji sukur untuk penebusan Kristus bagi kita manusia yang telah hancur karena dosa, dipulihkan bahkan diberi hak...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲