Sersan & TKB

Serba-serbi Paus

Paus yang adalah pemimpin tertinggi umat Katolik berkedudukan di Vatikan, dekat Roma. Paus diakui umat Katolik sebagai penerus kepemimpinan Rasul Petrus, pemimpin pengikut Kristus di dunia. Hingga kini telah ada 265 Paus. Di dalam sejarah, mayoritas Paus berasal dari Italia, terutama dari abad-abad terakhir, selebihnya kebanyakan dari negara-negara Eropa lain. Tapi ada pula beberapa Paus yang berasal dari Syria dan Afrika Utara pada abad-abad awal kekristenan.

Ada Paus yang pernah berdiam di luar Roma, yaitu di Avignon, Perancis pada tahun 1309-1376. Ini tidaklah pertama kali, karena sebelumnya pernah pula Paus tinggal di luar Roma, yaitu di Orvieto, Viterbo, Perugia pada abad ke-13, suatu era yang dikenal dengan nama the wandering Popes. Pada tahun 1378-1417 terjadi dua orang yang sama-sama diakui sebagai Paus, satu di Roma, satu di Avignon, dikenal dengan nama Western Schism. Dualisme kepemimpinan ini terjadi karena alasan politis, bukan theologis. Bahkan pada tahun 1409-1415 ada tiga orang yang diakui sebagai Paus. Sebelumnya juga pernah ada Paus tandingan atau anti-Paus, dengan total ada 37 orang. Umumnya Paus menjabat hingga wafat, meskipun ada beberapa perkecualian, yang terakhir ialah Paus Benedictus XVI yang mengumumkan pengunduran dirinya pada tanggal 28 Februari 2013.

Berikut beberapa keputusan dari Paus:

  • Paus Pius XII secara formal mendeklarasikan kenaikan Maria ke sorga sebagai dogma pada tahun 1950, meski kepercayaan itu sudah ada sejak ratusan tahun sebelumnya.
  • Paus Leo XIII adalah Paus pertama yang menetapkan Maria sebagai perantara serta menetapkan doa Rosario tiap bulan Oktober pada tahun 1883.
  • Paus Paulus III adalah Paus pertama pada masa Counter Reformation di abad 16, dan memulai Council of Trent sebagai jawaban atas gerakan Reformasi Protestan.
  • Paus Innocent III secara resmi mendeklarasikan 7 sakramen dan kepercayaan pada transubtansiasi, yaitu roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus pada waktu perjamuan kudus, pada tahun 1215.
  • Paus Urban II adalah Paus pertama yang memulai perang salib pada Council of Clermont tahun 1095.
  • Paus Julius I pada abad ke-4 menetapkan tanggal 25 Desember sebagai hari Natal.
  • Paus Soter, Paus ke-12 yang hidup pada abad ke-2, menetapkan bahwa pernikahan valid bila diberkati oleh pendeta dan secara resmi merayakan Paskah.
  • Paus ke-8, Telesphorus yang hidup pada abad ke-2, adalah Paus yang menetapkan misa tengah malam sebelum Natal, perayaan Paskah pada hari Minggu, dan masa 40 hari menjelang Paskah.

Sumber:
http://www.newadvent.org/
http://www.wikipedia.org/
http://www.stuardtclarkesrome.com/pontiffs.html

Redaksi Pillar

Maret 2013

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

Berdoa untuk Gerakan Reformed Injili dalam menjalankan mandat Injil melalui pemberitaan Injil baik secara pribadi, berkelompok, maupun massal.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Menurut saya artikel yg membingungkan...terakhir dinyatakan iman dan perbuatan baik tidak dapat dipisahkan.....awal...

Selengkapnya...

Awalnya saya bingung, saya sedang berlatih agar bisa menjadi seorang atlet tinju profesional.. Namun bagaimanakah...

Selengkapnya...

Contoh lain bhw di dlm Alkitab terdapat konsep seseorang dpt memperoleh pengurangan atau pembebasan hukuman sbg...

Selengkapnya...

Akan tetapi, seseorang tidak perlu bergantung pada dirinya saja untuk melunasi utang tersebut. Kekristenan pada zaman...

Selengkapnya...

Gereja Roma Katolik pada zaman itu memercayai dua hal yang fundamental berkaitan hal ini. Pertama, bahwa manusia...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲