Sersan & TKB

TKB Maret 2009

John Calvin Memulai Reformasi (1536 – 1538)

Pada bulan Maret 1536, John Calvin mulai menerbitkan edisi pertama Institutio Christianae Religionis sebagai pembelaan iman terhadap kaum Roma Katolik yang menganiaya kaum Protestan, serta menegakkan posisi iman kepercayaan kaum Protestan.

Pada tahun yang sama, Calvin memutuskan untuk meninggalkan Perancis karena tekanan dari pihak Roma Katolik dan menuju Strasbourg. Namun karena peperangan antara Francis I dan Charles V, maka Calvin harus mengambil jalan melewati Jenewa. Rencana awal Calvin hanyalah untuk tinggal satu malam saja di Jenewa, tetapi William Farel, seorang kaum reformasi Perancis yang melayani di Jenewa, meminta Calvin tetap tinggal untuk membantu dia mengerjakan reformasi di gereja lokal di sana, maka Calvin mengurungkan niatnya ke Strasbourg dan melayani di Jenewa.

Pada tahun 1537, Calvin ditahbiskan menjadi pastor untuk melayani bidang pastoral. Selama masa pelayanannya, Calvin mengajar jemaat dengan mengeksposisi ayat-ayat Alkitab. Pada tahun yang sama, Farel dan Calvin menerbitkan Articles concernant l'organisation de l'église et du culte à Genève, mengenai pemerintahan gereja dan tata cara ibadah.

Tetapi karena disiplin gereja yang diterapkan Calvin sangat ketat, ditambah lagi Calvin dan Farel menolak melangsungkan Perjamuan Kudus sebagai protes atas keputusan Dewan Kota yang meminta harus menggunakan roti tidak beragi, maka Dewan Kota Jenewa mengusir mereka pada tahun 1538. Setelah diusir, Calvin diundang oleh Martin Bucer dan Wolfgang Capito untuk melayani di Strasbourg. Pada bulan September 1538, Calvin memulai pelayanan di Strasbourg.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/John_Calvin

Maret 2009

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

Terima kasih telah diingatkan bagaimana kasih Tuhan kepada kita, melalui reformasi yang dimotori Martin Luter dengan...

Selengkapnya...

Mohon maaf : Luther memanggil Copernicus sebagai “keledai/ orang bodoh yang mencari perhatian”, lengkapnya...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲