Sersan & TKB

TKB September 2008

Salah satu penyebab terjadinya Skisma (Perpecahan) Timur-Barat (East-West Schism) antara Gereja Ortodoks Timur (gereja Timur) dan Gereja Katolik Roma (gereja Barat) pada masa abad pertengahan (Medieval) adalah mengenai istilah Filioque. Filioque adalah bahasa Latin yang berarti “dan Anak”. Istilah ini disisipkan di dalam Pengakuan Nicea setelah kalimat: “And in the Holy Ghost, the Lord and Giver of life, who proceedeth from the Father and the Son” (Et in Spíritum Sanctum, Dóminum et vivificántem: qui ex Patre Filióque procédit). Istilah ini pertama kali muncul pada Konsili ketiga di Toledo, Spanyol, pada tahun 589 untuk menghadapi bidat Arius yang tidak mengakui kesetaraan Allah Anak dan Allah Bapa. Istilah ini dipermasalahkan oleh Phontius, Patriach dari Konstantinopel pada abad ke-10 didalam konflik dengan Paus Nicholas I. Phontius menggunakan istilah ini sebagai bahan konflik dengan Paus yang menghentikan dia dari jabatannya, sehingga hal ini memperuncing isu doktrinal antara Timur dan Barat. Sebenarnya istilah ini sudah ada di dalam Alkitab, di mana Roh Kudus disebut juga “Roh Anak”, “Roh Kristus”, “Roh Yesus Kristus” (Gal. 4:6, Rm. 8:9 dan Flp. 1:19) dan di dalam Injil Yohanes yang menyatakan Roh Kudus diutus oleh Yesus (Yoh. 14:16, 15:26, 16:7).

Sumber:

http://www.ccel.org/ccel/schaff/npnf214.ix.iv.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Filioque

http://en.wikipedia.org/wiki/Nicene_Creed

September 2008

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di Sumatra Utara yaitu di kota Kisaran, Rantauprapat, Pematangsiantar, dan Tarutung pada 7-10 Mei 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Mungkin Mordekhai boleh disebut sebagai orang yang tunduk kepada hukum kerajaan, tetapi dia bukanlah orang yang...

Selengkapnya...

Hallo pak Stephen Tong, saya mau bertanya apakah kita percaya terlebih dahulu baru menerima roh kudus? Atau roh kudus...

Selengkapnya...

Salam. Terima kasih sebelumnya, saya sangat terberkati dengan pesan yang disampaikan. Namun alangkah baiknya definisi...

Selengkapnya...

Sangat memberkati. Mohon berbagi renungan harian nya. Terima kasih banyak Tuhan Yesus memberkati

Selengkapnya...

Menurut saya, Yang harus kita tanyakan dalam diri kita adalah apakah musik puji-pujian/lagu yg kita bawakan tersebut...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲