Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

God Matters

Apa yang akan terjadi dengan dunia ini jika hukum tidak ada? Sebuah film aksi horor menceritakan tentang adanya satu hari dalam setahun di mana segala sesuatu diperolehkan oleh hukum, termasuk membunuh. Pada malam film ini ditayangkan, terjadilah pembunuhan oleh seorang remaja terhadap dua remaja lain. Dalam beberapa hari pelakunya ditangkap, polisi menduga pelaku tidak mengenal orang yang dibunuhnya, tidak memiliki motif, dan bertindak sendiri. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Di dalam Kitab Ester 8:11 dicatat bahwa Raja Ahasyweros mengeluarkan perintah bahwa pada tanggal 13 bulan yang ke-12, orang Yahudi diizinkan untuk membunuh musuh-musuh mereka. Hari yang ditetapkan oleh Haman untuk membinasakan seluruh orang Yahudi berbalik menjadi hari kemenangan bagi semua orang Yahudi. Haman mati di tiang gantung yang dia siapkan sendiri, seluruh keluarganya mati, bahkan semua musuh orang Yahudi mati. Di dalam bukunya The Story of the World, Susan Wise Bauer mengatakan bahwa manusia bisa menyingkirkan pemerintah, tetapi tidak bisa menyingkirkan kejahatan yang ada di dalam manusia (It only gets rid of governments, but it doesn’t get rid of evil inside human beings).

Dunia membuang Tuhan karena merasa tidak perlu Tuhan. Hanya ketika manusia merasa tidak berdaya, barulah ia mencari Tuhan. Seperti seorang anak yang merasa hidupnya oke dan tidak perlu orang tuanya. Ketika pemeliharaan orang tuanya terhambat barulah ia sadar bahwa selama ini ia oke karena bantuan orang tuanya.

Amsal 29:25-27
Takut kepada orang mendatangkan jerat,
  tetapi siapa percaya kepada TUHAN, dilindungi.
Banyak orang mencari muka pada pemerintah,
  tetapi dari TUHAN orang menerima keadilan.
Orang bodoh adalah kekejian bagi orang benar,
  orang yang jujur jalannya adalah kekejian bagi orang fasik.

Roma 12:2-3
Jangan kamu menjadi serupa dengan dunia ini,
  tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu.
Jangan kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan,
  Tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Tuhan telah banyak berbicara kepada kita melalui Alkitab. Masalahnya adalah apakah kita mau mendengar dan melakukan perintah-Nya? Seorang anak akan selamat selama ia mendengar dan melakukan nasihat orang tuanya. Dunia ini bukan dunia yang sakit, tetapi dunia yang berdosa. Oleh karena itu, solusinya bukan moral dan terapi, tetapi pengampunan Allah dan mengampuni sesama. Darah Kristus yang menyingkirkan kejahatan yang ada di dalam hati manusia. Dengan demikian kita bisa hidup damai dengan Allah dan sesama.

Marilah kita berubah oleh pembaruan budi kita dan percaya kepada TUHAN, karena God and His Word matters.

Yana Valentina

Agustus 2021

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk SPIK bagi Generasi Baru dengan tema Roh Kudus VI yang akan diadakan pada tanggal 18 September 2021. Berdoa kiranya setiap kita digerakkan oleh Tuhan untuk membawa banyak orang untuk dapat mengikuti acara ini dan mengerti akan pekerjaan Roh Kudus yang sejati di dalam kehidupan orang percaya. Berdoa kiranya Tuhan menggerakkan hati banyak orang. Berdoa untuk setiap hamba Tuhan yang akan membawakan sesi-sesi dalam SPIK ini, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dan memberikan kuasa kepada mereka untuk memberikan pengertian bagi setiap jemaat dan menguatkan iman serta pengenalan akan karya Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲